Bukan hanya kentang dan singkong, ubi ungu juga bisa menjadi bahan membuat donat. Simak langkah dan resep donat ubi ungu dalam penjelasan di bawah ini.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas resep dan cara membuat donat ubi ungu. Kue donat ubi seringkali dibuat sebagai alternatif dari donat kentang atau donat singkong. Resep donat ubi ungu empuk dan tidak kalah nikmat dengan resep donat lainnya.

Resep donat ketela ini merupakan salah satu kreasi makanan dari ubi ungu dari beberapa kreasi olahan yang berasal dari ubi jalar lainnya. Selain itu, olahan ubi ungu kekinian ini juga bisa dicoba sebagai ide bisnis yang menarik. Selain itu, ubi ungu juga bisa dijadikan olahan lainnya, seperti misal resep roti ubi ungu.

Selain donat ubi ungu, terdapat juga donat singkong atau donat kentang yang bisa Sedulur coba. Yuk, mari kita langsung saja simak pembahasan cara membuat donat ubi ungu dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 7 Macam Donat Aneka Rasa yang Enak dan Bikin Nagih

Resep Donat Ubi Ungu yang Nikmat dan Super Praktis Membuatnya

1. Bahan yang Dibutuhkan

1.   Bahan yang Dibutuhkan
nusantaratv.com

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat donat ubi ungu adalah:

  • 150 gram terigu protein tinggi
  • 100 gram terigu serba guna
  • 100 gram ubi ungu
  • 40 gram gula pasir (3 sdm)
  • 1 butir telur (60 gram)
  • 1 sdm susu bubuk
  • 40 gram butter (boleh diganti margarin)
  • 1/4 sdt garam halus
  • 1 sdt ragi instant
  • 70-75 ml susu cair hangat (bisa pakai air hangat)

2.  Bersihkan Ubi dan Mengukusnya

2.  Bersihkan Ubi dan Mengukusnya
id.wikihow.com

Langkah selanjutnya dalam membuat donat ubi ungu adalah dengan mengupas ubi dan membersihkannya sebelum masuk pada proses pembuatan donat. Cuci bersih berkali-kali, disarankan mencuci hingga empat kali. Hal ini untuk menghilangkan getah yang terdapat pada ubi ungu, dan juga agar ubi ungu bisa dapat diolah dengan mudah dalam proses pembuatan donat. Lalu kukus ubi ungu hingga lembek dan haluskan hingga benar-benar lembut

3. Buat Adonan Donat

3. Buat Adonan Donat
blog.elevenia.co.id

Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan semua bahan dan mulai membuat adonan donat dari ubi ungu. Siapkan sebuah wadah, masukkan terigu, ragi, susu bubuk, ubi ungu yang sudah dihaluskan, gula dan telur. Aduk rata hingga menjadi sebuah adonan.

Jangan lupa menuangkan susu cair secara perlahan, uleni hingga adonan kalis dan tambahkan mentega dan garam. Uleni kembali hingga kalis dan elastis, lalu bentuk bulat dan pindahkan dalam wadah. Diamkan selama 40 menit hingga adonan donat mengambang.

4. Cetak Donat dan Goreng

4. Cetak Donat dan Goreng
selarasa.com

Setelah adonan mengembang, cetak adonan dan buat buat sebagaimana bentuk donat. Sedulur bisa dengan bebas menentukan ukuran donat, sesuai selera Sedulur. Namun disarankan jangan membentuk cetakan donat terlalu besar, cetak sedang agar donat bisa matang dengan mudah saat digoreng.

Siapkan minyak panas, usahakan dalam jumlah yang banyak dan panaskan terlebih dahulu. Goreng donat ubi hingga kering dan berubah warna. Setelah donat matang, angkat donat dan tiriskan. Sedulur bisa menambahkan toping gula halus atau juga meses ceres. Resep donat dari ubi ungu pun telah siap dilakukan. Jangan lupa sediakan bahan untuk membuat donat, Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super.

Baca Juga: 15 Resep Membuat Donat Kentang yang Empuk Dan Nagih

Beli Bahan Membuat Donat Ubi di Aplikasi Super

Beli Bahan Membuat Donat Ubi di Aplikasi Super
superapp.id

Sedulur bisa menyediakan ubi jalar sebagai persediaan dan juga sebagai bahan membuat donat di atas dengan membelinya di Aplikasi Super. Jangan lupa juga untuk klik di sini bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super. Melalui Super Eats, Aplikasi Super menyediakan berbagai bahan kebutuhan makanan, baik itu sayuran, buah-buahan, daging dan berbagai bahan lainnya.

Jangan lupa juga untuk klik di sini agar Sedulur bisa mengunjungi laman Aplikasi Super. Pelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi, karena banyak program menarik yang super menguntungkan untuk Sedulur. Yang paling penting, selalu ada bonus dan kejutan menarik yang dapat membuat Sedulur untung super melimpah dari Aplikasi Super.