Minyak kemiri banyak manfaatnya, yuk simak beberapa cara membuat minyak kemiri di bawah ini!

Mengetahui cara membuat minyak kemiri akan sangat bermanfaat untuk Sedulur, karena minyak kemiri itu sendiri memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terutama untuk bagian rambut. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas beberapa cara membuat minyak kemiri untuk rambut

Cara membuat minyak kemiri yang akan dibahas meliputi cara mengolah minyak kemiri, cara membuat minyak kemiri alami, cara menggunakan kemiri untuk rambut, dan juga tahapan awal yaitu cara sangrai kemiri untuk dijadikan minyak. Agar bisa berfungsi sebagai kemiri penumbuh rambut, langsung saja kita simak pembahasan cara membuat minyak kemiri di bawah ini.

Baca Juga: Ternyata Ini 10 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut, Bikin Sehat!

-->

Cara Super Mudah dan Praktis Membuat Minyak Kemiri Sendiri di Rumah

1. Membuat Minyak Kemiri dengan Cara Dibakar

1. Membuat Minyak Kemiri dengan Cara Dibakar
urusandunia.com

Cara pertama dalam cara membuat masker kemiri adalah dengan cara dibakar. Cara pertama ini merupakan langkah paling mudah dalam membuat minyak kemiri sendiri di rumah. Langkah yang harus Sedulur lakukan yang pertama adalah menyiapkan biji kemiri yang telah terkupas sempurna dari cangkangnya.

Selanjutnya Sedulur bakar biji kemiri hingga benar-benar gosong seperti arang. Setelah biji kemiri gosong, Sedulur lanjut dengan menghaluskan biji kemiri dengan cara diblender agar minyak dari biji kemiri keluar. Blender biji kemiri hingga halus, dan lalu disaring menggunakan penyaring yang paling lembut, agar minyak bisa tersaring sempurna.

2. Membuat Minyak Kemiri dengan Cara Diperas

2. Membuat Minyak Kemiri dengan Cara Diperas
diodona.id

Cara membuat minyak kemiri satu ini merupakan cara yang paling umum digunakan. Langkah pertama yang harus Sedulur lakukan dengan menyiapkan biji kemiri yang telah terkupas sempurna. Selanjutnya, Sedulur bisa memblender biji kemiri atau memarut biji kemiri, tergantung keinginan Sedulur. Namun jika ingin lebih mudah dan simpel, Sedulur bisa memblender kemiri hingga halus.

Setelah kemiri halus, Sedulur bisa menambahkan air sedikit demi sedikit. Lalu simpan dalam wadah tertutup selama 24 jam penuh. Setelah disimpan seharian, Sedulur lalu masak dengan menggunakan api sedang hingga mengeluarkan minyak kemiri. Lalu peras dan saring agar mendapatkan minyak kemiri yang sesuai dengan kebutuhan Sedulur.

Baca Juga: Intip Manfaat dari Kandungan Gizi Jamur Tiram, Kamu Wajib Tahu!

3. Membuat Minyak Kemiri dengan Cara Disangrai

3. Membuat Minyak Kemiri dengan Cara Disangrai
serumpi.com

Terakhir dalam cara membuat minyak kemiri yaitu dengan cara disangrai. Pertama, Sedulur kupas biji kemiri hingga terpisah dari cangkangnya. Lalu sangrai biji kemiri dengan menggunakan wajan anti lengket. Menyangrai berarti menggoreng tanpa minyak.

Setelah disangrai, lalu tumbuk biji kemiri hingga halus dan kemudian tambahkan air. Setelah itu, Sedulur peras tumbukan biji kemiri yang telah disangrai, hingga minyak dari biji kemiri keluar. Cara disangrai adalah cara paling mudah untuk mendapatkan minyak kemiri yang dibutuhkan.

Setelah membaca penjelasan di atas, sangat mudah membuat minyak kemiri. Dibandingkan dengan harus membeli minyak kemiri yang digunakan untuk perawatan atau kecantikan rambut. Semoga penjelasan cara membuat minyak kemiri di atas bisa membantu Sedulur membuat minyak kemiri sendiri.

Namun jika tidak ingin repot, Sedulur bisa membeli minyak kemiri dengan harga murah namun tetap berkualitas. Sedulur bisa membelinya hanya di Aplikasi Super. Sedulur tinggal klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super. Sedulur juga wajib  pantengin Aplikasi Super, karena banyak program menarik dan bonus yang menguntungkan dari Aplikasi Super. Klik di sini juga untuk mengunjungi laman dari Aplikasi Super.