Sedulur memiliki keluhan asam urat? Yuk, simak pembahasan cara membuat obat asam urat dari daun salam di bawah ini. Agar tetap sehat, asam urat lewat!

Manfaat daun salam untuk asam urat hanya salah satu dari sekian banyak manfaat yang diberikan oleh asam urat. Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan menjelaskan tentang cara membuat obat asam urat dari daun salam. Seperti diketahui, bahwa manfaat daun salam untuk asam urat sangat efektif dan bekerja dengan cepat.

Sebelum membahas mengenai cara membuat obat asam urat dari daun salam dan cara membuat rebusan daun salam kering, ada baiknya kita simak terlebih dahulu beberapa fakta menarik mengenai daun salam di bawah ini.

Baca Juga: Ternyata Ini Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

-->

Beberapa Fakta Menarik Seputar Daun Salam

Beberapa Fakta Menarik Seputar Daun Salam
tokopedia.com

Daun salam berasal dari pohon yang merupakan penghasil daun rempah yang sudah digunakan sejak zaman dahulu di Indonesia sebagai bumbu dapur. Dalam bahasa latin, daun salam memiliki nama ilmiah yaitu Syzygium polyanthum. Masyarakat internasional juga mengenalnya dengan nama Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel.

Di Indonesia sendiri, daun salam dikenal dengan nama yang berbeda di beberapa daerah, di daerah berbahasa Melayu mengenal daun salam dengan nama ubar serai, di daerah Jawa dikenal dengan nama manting, sedangkan di pulau Sumatera dengan dengan nalam meselengan.

Daun salam juga memiliki aroma yang sangat harum dan juga bisa tumbuh di mana pun, termasuk di halaman rumah. Lantas, apa saja kandungan dari daun salam, sehingga bisa mengobati berbagai penyakit termasuk manfaat daun salam untuk asam urat.

Baca Juga: 20+ Manfaat Kunyit yang Ajaib Untuk Kesehatan & Pengobatan

Kandungan Daun Salam

Kandungan Daun Salam
detik.com

Sebelum masuk ke pembahasan cara membuat obat asam urat dari daun salam dan cara minum daun salam untuk asam urat. Ada baiknya menyimak informasi mengenai kandungan daun salam sebelum membahas mengenai cara membuat obat asam urat dari daun salam. Kandungan dari daun salam adalah:

  • Energi: 313 kilokalori (kkal)
  • Karbohidrat: 75 gram (g)
  • Protein: 7,6 g
  • Lemak: 8,3 g
  • Kolesterol: 0 miligram (mg)
  • Serat: 26,3 g
  • Folat: 180 mikrogram (mcg)
  • Niacin: 2 mg
  • Pyridoxine: 1,7 mg
  • Riboflavin: 0,4 mg
  • Vitamin A: 6.185 International Unit (IU)
  • Vitamin C: 46,5 mg
  • Sodium: 23 mg
  • Potassium: 529 mg
  • Kalsium: 834 mg
  • Zat Besi: 43 mg
  • Magnesium: 120 mg
  • Fosfor: 113 mg
  • Zinc: 3,7 mg

Dari kandungan di atas, sudah pasti cara membuat obat asam urat dari daun salam menjadi pilihan. Bukan hanya asam urat, berbagai masalah penyakit lain pun bisa diatasi oleh daun salam jika melihat kandungannya di atas. Yuk, mari kita langsung masuk ke pembahasan mengenai cara membuat obat asam urat dari daun salam.

Cara Membuat Obat Asam Urat Dari Daun Salam

1. Air Rebusan Daun Salam

1. Air Rebusan Daun Salam
sajiansedap.grid.id

Cara membuat obat asam urat dari daun salam yang pertama adalah dengan menjadikannya air rebusan. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan paling umum dilakukan. Karena, Sedulur tinggal mengambil beberapa lembar daun salam, membersihkannya dan lalu merebusnya. Air rebusan tersebut, Sedulur minum secara rutin dan akan ampuh sebagai obat asam urat alami.

2. Dijadikan Bubuk

2. Dijadikan Bubuk
doktersehat.com

Cara membuat obat asam urat selanjutnya dengan menggunakan daun salam adalah dengan menjadikannya bubuk yang sangat halus dan lembut. Membuat obat asam urat satu ini, Sedulur harus dan wajib mengeringkan daun salam terlebih dahulu. Sedulur bisa menjemurnya dengan menggunakan sinar matahari, hingga daun salam benar-benar kering. Lalu setelah kering, Sedulur bisa tumbuk atau blender daun salam hingga menjadi bubuk, dan memasukkannya dalam tablet atau langsung minum.

3. Menjadikan Jamu

3. Menjadikan Jamu
alodokter.com

Cara terakhir adalah dengan menjadikannya jamu. Jamu merupakan minuman herbal yang sudah sejak lama dikenal sebagai minuman berkhasiat bagi orang Indonesia. Sedulur bisa menjadikan daun salam sebagai jamu dengan ditambah rempah-rempah lainnya, seperti jahe, kunyit dan juga cengkeh. Bukan hanya asam urat, penyakit lainnya bisa diatasi dengan daun salam.

Semoga penjelasan mengenai cara membuat obat asam urat yang berasal dari daun salam di atas bisa membantu Sedulur untuk meredakan sakit asam urat yang diderita. Bukan hanya mengobati, daun salam juga bisa dikonsumsi untuk mencegah.

Sedulur wajib menyediakan daun salam, baik sebagai bumbu masakan atau juga untuk menjaga tubuh Sedulur agar tetap sehat. Sedulur bisa membeli daun salam sebagai persediaan di Aplikasi Super, agar Sedulur lebih untung super melimpah. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super.

Aplikasi Super menyediakan setiap bahan yang berkualitas dengan harga murah. Selain itu, terdapat beberapa program menarik dan menguntungkan dari Aplikasi Super. Sedulur bisa terus pantengin Aplikasi Super untuk mendapatkan kesempatan yang menguntungkan tersebut.

Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi. Jangan lupa untuk panting Aplikasi Super karena akan banyak bonus dan kejutan menarik yang diberikan oleh Aplikasi Super yang akan membuat Sedulur semakin untung.