Goals setting adalah salah satu bagian penting dari hidup seseorang. Goals setting mampu memotivasi kita untuk menjalani hidup yang lebih baik lagi, pastinya dengan lebih terarah terhadap tujuan akhir tertentu.

Sedulur penasaran mengenai topik goals setting adalah beserta manfaat dan cara mencapainya? Temukan informasi lengkap dari topik tersebut dalam pembahasan di bawah ini, yuk!

BACA JUGA: 10 Contoh Cerpen Pendidikan, Penuh Motivasi dan Pesan Moral

Pengertian goals setting adalah

goals setting adalah
Depositphotos

Mengutip dari kamus kenamaan Merriam-Webster, goals setting berasal dari kata benda goal set. Arti dari goal set sendiri adalah “A preparatory set oriented toward a goal,”, atau dapat kita terjemahkan menjadi serangkaian persiapan/rencana yang berorientasi pada suatu tujuan.

Secara sederhana, Sedulur dapat memahami goals setting adalah sebagai sesuatu yang diupayakan di dalam hidup Sedulur. Tujuan di dalamnya dapat menjadi objek dan motivasi dari setiap kegiatan yang Sedulur lakukan sehari-hari. Dalam perkara karier misalnya, goals setting bisa membantu Sedulur untuk merencanakan perjalanan profesional serta memantapkan visi dan misi dalam pekerjaan.

Goals setting adalah salah satu konsep yang memiliki pengaruh besar di dalam hidup setiap individu. Tanpa tujuan tersebut, bisa jadi kehidupan Sedulur menjadi terombang-ambing, tidak jelas arahnya kemana. Pun jika ternyata tujuan yang Sedulur tetapkan itu tidak begitu realistis, ada kemungkinan besar nantinya Sedulur akan kecewa berat jika ia tidak tercapai.

Maka dari itu, ada baiknya bagi Sedulur untuk menetapkan goals setting yang masuk akal, sesuai dengan kemampuan diri, serta memiliki perhitungan yang akurat untuk rencana-rencana menggapainya.

BACA JUGA: 7 Keutamaan dan Adab Menuntut Ilmu Menurut Islam

Manfaat goals setting adalah

goals setting adalah
Depositphotos

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari goals setting, mulai dari membantu untuk menjaga fokus hingga menjadi motivasi menjalani keseharian yang padat.

BACA JUGA: Ini Prediksi Karir & Kesehatan Shio Kambing di 2023, Lengkap!

1. Membantu untuk menjaga fokus

Tujuan yang Sedulur tetapkan dapat menjadi alat utama untuk menjaga fokus, mulai dari fokus pada pekerjaan hingga kehidupan secara garis besar.

2. Menghindari mimpi sesaat

Goals setting juga mampu membantu Sedulur untuk terjebak dalam angan-angan belaka. Tidak mengapa jika Sedulur memiliki mimpi yang besar, tetapi pastikan bahwa Sedulur memiliki modal untuk menggapainya.

3. Mendorong untuk meraih tujuan yang lebih besar

Tujuan yang Sedulur tetapkan dapat menjadi ‘kanvas’ untuk melihat seberapa jauh pencapaian hidup saat ini. Dengan melihatnya secara luas, secara tidak langsung ia mendorong Sedulur untuk meraih tujuan yang lebih besar.

4. Menjadi motivasi sehari-hari

Goals setting juga mampu berperan sebagai motivasi dalam aktivitas keseharian Sedulur.

Cara mencapai goals setting adalah

goals setting adalah
Depositphotos

Setelah mencermati pembahasan dari pengertian goals setting adalah dan manfaatnya, mungkin sekarang terbesit di pikiran Sedulur “Bagaimana cara mencapai goals setting?”. Jawaban dari pertanyaan tersebut telah dijabarkan secara rinci pada pembahasan berikut ini.

BACA JUGA: 50 Ayat Alkitab tentang Natal, Sambut Kelahiran Yesus Kristus

1. Menetapkan tujuan

Depositphotos

Cara pertama untuk menggapai goals setting adalah dengan menetapkan tujuan itu sendiri. Berbicara mengenai karier, Sedulur diharapkan mampu membuat tujuan utama dari pekerjaan yang dilakoni. Rangkaian tujuan tersebut nantinya secara tidak langsung bisa menjadi motivasi dalam bekerja.

Misalnya bekerja karena ingin hidup lebih baik, memiliki banyak aset tabungan, mengembangkan prestasi, menghidupi keluarga, dan banyak lainnya. Dengan menggunakan tujuan tersebut, Sedulur nantinya tidak hanya bekerja untuk mengejar gaji saja. Sedulur akan menyadari bahwa aktivitas bangun pagi, bersiap ke kantor, pulang terjebak macet tersebut memiliki makna yang lebih mendalam.

Bayangkan jika Sedulur tidak memiliki tujuan sama sekali, pasti akan malas pada saat bekerja. Hasil pekerjaan yang tidak maksimal bukan hanya akan berdampak pada performa diri, namun juga relasi Sedulur kepada kolega kerja. Hal ini tentunya akan membuat kekacauan dalam hidup Sedulur. 

2. Memanfaatkan formula SMART

Depositphotos

 

Salah satu langkah cepat untuk menetapkan dan mencapai goals setting adalah dengan menggunakan formula SMART. Apa itu formula SMART? SMART adalah singkatan dari Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Timely.

  • Specific – Dapat diartikan sebagai tujuan yang jelas tentang apa, kapan, dan dimana. Sedulur harus mampu bisa menggapainya dengan aspek-aspek tersebut. Contohnya jika ingin naik jabatan, maka Sedulur perlu menentukan kapan dan bagaimana caranya. 
  • Measurable – Dapat diartikan sebagai tujuan yang mampu diukur, baik itu dari segi target dengan adanya patokan yang realistis.
  • Attainable – Dapat diartikan sebagai realistis, sehingga tujuan tidak terlalu sulit atau bahkan mustahil untuk dicapai. Contoh yang tidak bisa ditiru adalah ketika Sedulur ingin memiliki kendaraan baru, tetapi saat ini saja Sedulur kesulitan untuk mencukupi kehidupan sehari-hari.
  • Relevant – Dapat diartikan sebagai tujuan yang memiliki jangka panjang.
  • Timely – Dapat diartikan sebagai tujuan yang memiliki tenggat waktu. Dengan batasan tersebut, Sedulur akan menjadi lebih bersemangat untuk menggapainya sehingga tidak terbiasa menunda-nunda.

3. Membuat goals setting secara tertulis

Depositphotos

Langkah selanjutnya yang dapat Sedulur terapkan adalah dengan menulis setiap goals setting. Menulis tiap-tiap tujuan yang hendak dicapai dapat memberikan kesan bahwa apa yang Sedulur cita-citakan bukan hanya sekedar angan-angan saja.

Selain tulisan mengenai seluk-beluk target, Sedulur juga bisa menambahkan sepenggal dua penggal kata motivasi sederhana. Tentunya kata motivasi tersebut harus mudah diingat dan mengandung makna yang mendalam.

Letakkan tulisan tersebut di tempat strategis agar mudah dilihat dan dibaca sehingga memudahkan sebagai pengingat. Semakin sering Sedulur mengingatnya, maka akan semakin bersemangat untuk segera mewujudkannya pula.

4. Menjabarkan action plan

Depositphotos

Walaupun telah ditulis sedemikian detail, goals setting adalah sia-sia jika Sedulur tidak memiliki taktik jitu untuk mencapainya. Sedulur harus mampu berpikir secara realistis bahwa tujuan tersebut akan satu per satu menjadi kenyataan.

Tentukan langkah apa saja yang harus dilakukan sehingga proses untuk mencapai goals setting tersebut tidak terbuang begitu saja. Jangan pernah sepelekan langkah kecil dan jangan pernah merasa waktu itu panjang sehingga terus bersantai.

Dalam fase action plan ini, coba untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin, bisa mulai dari hal-hal kecil sederhana yang Sedulur mampu kembangkan untuk mencapai hal besar. Contohnya adalah melakukan setiap pekerjaan dengan semaksimal mungkin dan terus belajar hal-hal baru.

5. Konsisten

Depositphotos

Langkah terakhir yang dapat Sedulur terapkan dalam mencapai goals setting adalah dengan konsisten pada setiap tujuan. Perlu disadari bahwa nantinya akan banyak rintangan yang menghadang, baik dari dalam diri sendiri maupun dari lingkungan pekerjaan.

Maka, konsisten pada tujuan yang akan dicapai bisa menjadi pegangan kuat agar lebih teguh dalam setiap proses yang dilakoni. Butuh kerja keras, komitmen, dan juga kesabaran karena memang tidak mudah untuk mencapai target Sedulur.

Memiliki target, mimpi ataupun tujuan kenapa Sedulur harus bekerja, sangatlah penting agar tidak sekedar mengejar uang. Dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan tadi, pasti membuat goals setting adalah memungkinkan untuk diwujudkan.

Nah Sedulur, demikian informasi singkat mengenai goals setting adalah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.