Senang berkunjung ke destinasi wisata sejarah? Yuk, simak penjelasan di bawah ini mengenai Museum Mpu Tantular di Sidoarjo!

Salah satu museum bersejarah yang ada di Indonesia adalah Museum Mpu Tantular. Museum Mpu Tantular merupakan salah satu museum tertua yang ada di Indonesia. Terdapat beberapa koleksi Museum Mpu Tantular Sidoarjo yang menarik dan unik sebagai bagian dari koleksi pamer museum.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas beberapa info menarik terkait Museum Mpu Tantular di Sidoarjo. Termasuk pembahasan mengenai sejarah Museum Mpu Tantular, daftar koleksi Museum Mpu Tantular dan informasi lainnya berkaitan dengan museum di Jawa Timur satu ini. Yuk, mari kita langsung saja simak ulasannya.

Baca Juga: 9 Museum di Surabaya Paling Hits & Unik. Wajib Ke Sini!

-->

Info Wisata Museum Mpu Tantular di Sidoarjo

1. Alamat Museum Mpu Tantular di Sidoarjo

1. Alamat Museum Mpu Tantular di Sidoarjo
superradio.id

Sebagai sebuah kota yang cukup banyak terdapat peninggalan kuno, hal tersebut menunjukan bahwa Sidoarjo merupakan salah satu kota ramai di masa lalu. Meskipun, dalam setiap era kerajaan di masa lalu, setiap kota akan dengan cepat berubah bergantung dengan siapa penguasanya.

Museum Mpu Tantular merupakan salah satu Museum di Indonesia yang memiliki koleksi yang berasal dari masa kerajaan dan masa klasik di Indonesia. Salah satu tempat wisata di Sidoarjo ini, terletak di Jalan Raya Buduran, Sidoarjo. Terletak persis di sebelah barat Jembatan Layang Buduran. Bagi Sedulur yang memiliki rasa ketertarikan yang tinggi terhadap sejarah, Sedulur bisa mengunjungi tempat wisata satu ini

2. Sejarah Pembentukan Museum

2. Sejarah Pembentukan Museum
triptrus.com

Museum Mpu Tantular di Sidoarjo memiliki sejarah panjang, cikal bakal museum ini awalnya merupakan lembaga kebudayaan yang bernama Stedelijk Historisch Museum Soerabaia yang didirikan oleh Godfried Hariowald von Faber. Seorang warga Eropa di Surabaya yang berkembangsaan Jerman. Museum tersebut diresmikan pada 25 Juli 1937.

Godfried merupakan seorang berkebangsaan Jerman yang lahir di Surabaya. Dia memiliki ketertarikan pada dunia sejarah dan purbakala sehingga membentuk perkumpulan yang kemudian semakin lama semakin berkembang yang pada akhirnya lahir sebagai sebuah museum dengan nama Stedelijk Historisch Museum Soerabaia.

Baca Juga: Menarik! Ini Sederet Keunikan Museum Kesehatan Surabaya

3. Berawal dari Surabaya lalu Pindah Ke Sidoarjo

3. Berawal dari Surabaya lalu Pindah Ke Sidoarjo
idntimes.com

Pada awalnya, lokasi museum berada di Surabaya. Namun seiring bertambahnya koleksi dan adanya perluasan serta tuntutan kebutuhan, museum pun dipindah ke Sidoarjo. Adapun pergantian nama menjadi Museum Mpu Tantular dilakukan pada tahun 1974 dan resmi menjadi museum negeri, hal tersebut dilakukan setelah Indonesia merdeka.

Museum ini terbilang cukup luas dengan keberadaan taman dan area terbuka yang tertata rapi. Di bagian halaman, kamu akan menemukan banyak koleksi berupa arca seperti Dwarapala, Lingga-Yoni, Kala, hingga beberapa peninggalan zaman batu seperti menhir, pandhusa, dan lain-lain. Pada satu area khusus, kamu juga akan mendapati lima arca Dhyani Buddha yang dikelilingi tanaman cantik.

4. Koleksi yang Tersedia di Museum Mpu Tantular Di Sidoarjo

4. Koleksi yang Tersedia di Museum Mpu Tantular Di Sidoarjo
tribunnews.com

Museum Mpu Tantular di Sidoarjo ini memiliki beberapa koleksi, yaitu koleksi arca, koleksi batik, koleksi klasik dan koleksi penemuan. Salah satu koleksi unik yang ada di Museum Mpu Tantular di Sidoarjo ini adalah koleksi arva yang terdiri dari banyak jenis. Arca-arca tersebut ditemukan dan berasal dari setiap masa yang berbeda di masa lalu.

Selain unik, arca-arca tersebut juga merupakan koleksi kebanggan dan juga koleksi andalan yang dimiliki oleh museum. Setiap museum wajib memiliki koleksi masterpiece atau andalan. Oleh karena itu, Museum Mpu Tantular di Sidoarjo menjadikan koleksi arca yang banyak merupakan salah satu koleksi andalan yang dimiliki.

5. Salah Satu Alternatif Tempat Wisata di Sidoarjo

5. Salah Satu Alternatif Tempat Wisata di Sidoarjo
bratapos.com

Dengan keberadaan Museum Mpu Tantular, para wisatawan lokal, mancanegara dan juga warga setempat mendapatkan satu alternatif tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi untuk mengisi waktu liburan. Dengan beragamnya tempat wisata di sebuah daerah, menunjukan tingkat perekonomian yang semakin berkembang.

Sekian informasi seputar Museum Mpu Tantulas yang berhasil Superapp.id rangkum, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan Sedulur. Jangan lupa untuk menggunakan Aplikasi Super selama Sedulur menghabiskan liburan di Sidoarjo.

Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super. Jangan lupa pantengin terus Aplikasi Super, karena akan ada flash sale bernama Super Bohay yang pelaksanaannya diperpanjang hingga tanggal 20 Desember 2020 nanti. Jangan sampai Sedulur menyia-nyiakan kesempatan emas ini.

Sedulur bisa klik di sini untuk mempelajari Super Bohay lebih lanjut. Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi, terdapat banyak program menarik yang bisa Sedulur ikuti untuk mendapatkan keuntungan.