Setiap museum memiliki keunikan, termasuk museum kesehatan Surabaya, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Masih jarang museum dengan tema kesehatan di Indonesia, Sedulur mungkin bisa menghitungnya dengan jari. Salah satu museum kesehatan yang ada di Indonesia adalah Museum Kesehatan Dr. Adhyatma MPH, yang terletak di Surabaya. Museum ini juga dikenal dengan nama Museum Kesehatan Surabaya.

Terdapat sederet fakta unik dan menarik yang ada di museum satu ini. Sederet fakta unik yang ada di museum satu ini mengarah kepada beberapa hal yang mengerikan yang berkaitan dengan dunia ghaib dan hal-hal yang berbau mistis. Sedulur yang sangat menyukai ketegangan dengan nuansa horor wajib simak fakta penjelasan di bawah ini.

Apa saja fakta dan keunikan yang menyelimuti Museum Kesehatan Surabaya yang dimaksud? Yuk, mari kita langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Surabaya Yang Terkenal, Wajib Kesini!

Daftar Fakta dan Keunikan Museum Kesehatan Surabaya

1. Memiliki Nama Resmi Museum Kesehatan Dr. Adhyatma MPH

1.   Memiliki Nama Resmi Museum Kesehatan Dr. Adhyatma MPH

Museum Kesehatan Surabaya sebenarnya memiliki nama resmi yaitu Museum Kesehatan Dr. Adhyatma MPH. Dr. Adhyatma merupakan sosok menteri kesehatan yang menjabat pada tahun 1988-1992. Dr. Adhyatma merupakan sosok yang fokus memperhatikan dan terjun langsung dalam dunia kesehatan.

Dr. Adyatma merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga yang juga berprofesi sebagai dosen, dan peneliti LIPI di bidang kesehatan. Museum Kesehatan Surabaya digagas oleh Dr. Haryadi Soeparto, yang konon kabarnya memiliki kemampuan indera keenam.

2. Dikenal dengan Nama Museum Kesehatan Surabaya

2.   Dikenal dengan Nama Museum Kesehatan Surabaya

Kendati memiliki nama resmi Museum Kesehatan Dr. Adhyatma MPH, namun masyarakat Surabaya secara umum mengenalnya dengan nama Museum Kesehatan Surabaya, karena tema utama dalam museum ini berisi materi pameran yang berkaitan dengan dunia kesehatan.

Sejarah Museum Kesehatan Surabaya ini dirintis sejak tahun 1990, yang menggunakan tempat yang dulunya merupakan bangunan bekas rumah sakit kulit dan kelamin. Museum ini diresmikan pada 14 September 2004, oleh Menteri Kesehatan pada saat itu yaitu Ahmad Sujudi. Museum ini tidak hanya memamerkan tentang alat-alat kesehatan, namun juga beberapa alat kesehatan tradisional yang berbau klenik dan perdukunan.

3. Memiliki Nama Lain Yaitu Museum Santet

3.   Memiliki Nama Lain Yaitu Museum Santet

Museum satu ini juga dikenal luas oleh sebagian masyarakat karena memiliki nama lain yaitu, museum santet. Nama museum santet Surabaya begitu melekat karena beberapa alat pamer di museum ini yang memamerkan alat-alat kesehatan tradisional yang berbau klenik dan perdukunan.

Hal tersebut juga yang menimbulkan kesan angker pada museum satu ini. Ditambah lagi alat-alat pamer dan juga bangunan bekas rumah sakit yang digunakan semakin memperkuat keangkeran museum kesehatan Surabaya dan menasbihkannya sebagai salah satu museum angker di Indonesia.

Baca Juga: 20 Wisata Kuliner Surabaya Enak & Murah. Wajib Ke Sini!

4. Terdapat Ruangan yang Bernama ‘Dunia Lain’

4.   Terdapat Ruangan yang Bernama Dunia Lain

Mendengar nama ruangan Dunia Lain, Sedulur mungkin akan langsung mengarah pada hal-hal ghaib. Padahal faktanya ruangan Dunia Lain dalam museum ini merupakan sebuah tempat yang dulunya sempat digunakan sebagai ruang jenazah pada saat bagunan ini beroperasi sebagai rumah sakit.

Ruangan Dunia Lain di museum ini, saat ini memamerkan beberapa tulang belulang manusia yang telah diawetkan dan juga jenazah yang telah diawetkan yang dijadikan sebagai alat pamer. Dalam ruangan ini, Sedulur akan mendapatkan pelajaran tentang bagaimana jenazah disemayamkan dengan berbagai cara yang ada di Indonesia, termasuk juga mempelajari bagaimana cara mengawetkan jenazah.

Selain itu, museum kesehatan Surabaya juga memiliki beberapa ruangan yang dibagi berdasarkan jenis koleksi yang dipamerkan. Semua ruang diberi nama depan sasana. Seperti Sasana Adhyatma, Sasana Kencana dan Sasana Kespro. Di antara sasana-sasana itu, ada satu ruang sasana yang kental aura mistis dan klenik, namanya Sasana Budaya.

5. Memamerkan Foto Tokoh Kesehatan Indonesia

5.   Memamerkan Foto Tokoh Kesehatan Indonesia

Sedulur juga akan mendapatkan edukasi tentang tokoh-tokoh kesehatan yang ada di Indonesia. Hal itu dikarenakan terdapat beberapa gambar tokoh penting di dunia kesehatan Indonesia yang dipamerkan di museum ini. Tokoh yang dimaksud di antaranya adalah para menteri kesehatan yang pernah menjabat dari masa ke masa. Ada juga gambar tokoh kesehatan Indonesia dan internasional, dan dokter dunia yang berperan penting pada perkembangan ilmu kesehatan.

Bukan hanya itu, di museum kesehatan Surabaya ini Sedulur juga dapat menemukan beberapa koleksi wayang yang berkaitan dengan bidang kesehatan pada cerita pewayangan. Beberapa tokoh wayang tersebut adalah:

  • Sadewa
  • Limbuk
  • Abiyasa
  • Krisna
  • Raden Samba Wisnubrata

6. Kental dengan Aroma Mistis

6.   Kental dengan Aroma Mistis

Beberapa koleksi museum ini yang berkaitan dengan klenik, santet dan perdukunan semakin memperkuat aroma mistis yang terdapat dalam museum satu ini. Hal tersebut juga sekaligus sebagai daya tarik utama museum ini yang mendorong para pengunjung bermain ke museum kesehatan Surabaya.

Terutama bagi para komunitas yang menyukai hal-hal berbau horor atau para komunitas yang mencari sosok hantu, selalu rutin mengunjungi museum ini sebagai bagian dari agenda kegiatannya yang menegangkan tersebut. Selain itu, gedung bekas rumah sakit kulit dan kelamin semakin memperkuat aroma mistis yang juga memunculkan beberapa cerita mistis yang menyelimutinya.

Wajar belaka banyak cerita mistis yang meliputi bangunan-bangunan tua, seperti yang Sedulur ketahui, banyak bangunan tua, terutama bangunan yang berasal dari zaman Belanda, selalu diselimuti dengan cerita-cerita horor yang menyeramkan, dengan beberapa urban legend yang melihat berbagai sosok tak kasat mata. Hal tersebut juga terjadi di museum kesehatan Surabaya.

7. Menjadi Salah Satu Objek Wisata Edukatif

7.   Menjadi Salah Satu Objek Wisata Edukatif

Museum merupakan salah satu objek wisata edukatif yang menjadi pilihan bagi para pengunjung. Terutama anak sekolah. Setiap sekolah selalu rutin mengajak siswanya untuk berkunjung ke museum, berlibur sekaligus belajar. Museum di surabaya ini juga memiliki kedua komponen penting tersebut, yaitu berlibur dan belajar.

Para pengunjung bisa belajar berbagai informasi seputar kesehatan di museum ini, sekaligus juga berlibur dengan menikmati beberapa pameran yang terdapat dalam museum ini yang juga mengandung nilai-nilai edukatif. Hal tersebut yang menjadikan museum satu ini muncul menjadi objek wisata edukatif yang penting di Kota Surabaya.

Semoga penjelasan mengenai beberapa fakta unik tentang museum kesehatan Surabaya bisa menambah wawasan Sedulur dan juga bisa semakin meyakinkan Sedulur untuk berkunjung ke museum satu ini. Jangan lupa juga untuk menggunakan Aplikasi Super ketika Sedulur sedang berada di Surabaya.

Dengan menggunakan Aplikasi Super, setiap kebutuhan Sedulur dijamin akan terpenuhi. Sedulur bisa klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut, dan agar hidup Sedulur semakin mudah dan menguntungkan tentunya.