Seperti apa sih cara mengatasi ketombe yang baik dan benar? Yuk, mari kita simak ulasannya di bawah ini!

Setiap orang pasti kesal ketika menyadari rambutnya dipenuhi dengan ketombe, selain menyebabkan kulit kepala gatal-gatal, ketombe juga menandakan rambut dan kulit kepala tidak terawat. Selain melakukan cara mengatasi ketombe, tentu saja tindakan untuk menghilangkan ketombe pun harus dilakukan.

Biasanya penyebab ketombe berlebihan adalah kulit kepala yang kering dan tidak cocoknya produk shampo yang digunakan. Maka jika kondisinya demikian, sudah seharusnya melakukan cara mengatasi ketombe parah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas cara mengatasi ketombe dan melakukan perawatan rambut berketombe dengan menggunakan bahan-bahan alami. Selain itu, terdapat juga beberapa tips menghilangkan ketombe. Langsung saja kita simak bagaimana tips dan cara mengatasi ketombe dan gatal dengan bahan alami yang bisa Sedulur lakukan.

-->

Baca Juga: 10 Cara Merawat Rambut Keriting Agar Sehat & Mudah Diatur

Daftar Cara Menghilangkan Ketombe Secara Cepat dengan Bahan Alami!

1. Lidah Buaya

1.   Lidah Buaya
sehatq.com

Lidah buaya sudah terkenal sebagai bahan alami untuk mengatasi segala permasalahan rambut, mulai dari rambut bercabang, rambut kering, hingga ketombe pun bisa dilakukan dengan menggunakan lidah buaya secara rutin. Cara mengatasi ketombe dengan lidah buaya cukup mudah, Sedulur hanya perlu menghaluskan daging lidah buaya dan mengoleskannya pada kulit kepala dan rambut secara merata. Diamkan sebentar lalu bilas.

Lidah buaya secara efektif dapat mengatasi segala permasalahan rambut, termasuk ketombe. Hal tersebut dikarenakan lidah buaya mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi dan sejumlah vitamin yang akan memberikan manfaat untuk kesehatan rambut.

2. Daun Sirsak

2.   Daun Sirsak
merdeka.com

Salah penyebab ketombe adalah rambut yang kurang sehat dan cara mengatasinya adalah menyehatkan rambut dengan memberikannya asupan yang cukup. Daun sirsak mengandung acetogenin yang merupakan sekumpulan aktif yang memiliki sitotoksik yang mampu membunuh racun dan menyehatkan kembali kulit kepala.

Cara menggunakan daun sirsak untuk menghilangkan ketombe adalah dengan menumbuk daun sirsak hingga halus, lalu tambahkan sedikit air dan gunakan sebagai masker rambut, oleskan hingga mengenai kulit kepada dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas rambut dan kepala menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin, rambut pun akan sehat dan terhindar dari ketombe.

3. Jeruk Nipis

3.   Jeruk Nipis
merdeka.com

Cara mengatasi rambut selanjutnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis, Jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C. Tidak hanya vitamin C namun juga vitamin B1, B2, B3, B5, serta kandungan lainnya yang bermanfaat untuk mengatasi ketombe. Sedulur bisa menggunakan jeruk nipis untuk dapat menebalkan rambut dan juga mengatasi kebotakan. Selain itu, jeruk nipis juga sangat bermanfaat untuk membasmi ketombe.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi ketombe adalah dengan memeras buah jeruk dan mencampurkannya dengan air secukupnya. Oleskan pada rambut dan diamkan hingga air jeruk nipis meresap pada kulit kepala. Lalu bilas dengan air, jika bisa usahakan menggunakan air hangat.

Baca Juga: Cara Merawat Rambut Agar Sehat dan Berkilau

4. Lemon

4.   Lemon
solidstars.com

Kandungan lemon tidak jauh berbeda dengan jeruk nipis. Sangat bermanfaat sebagai bahan alami untuk mengatasi rambut berketombe dan segala macam persoalan yang dialami oleh rambut. Sedulur bisa melakukan cara mengatasi ketombe menggunakan lemon sebagaimana Sedulur melakukan cara mengatasi ketombe menggunakan jeruk nipis. Karena hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk menyehatkan kulit kepala.

5. Minyak Kemiri

5.   Minyak Kemiri
merdeka.com

Cara mengatasi ketombe selanjutnya yaitu dengan menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri sangat ampuh dan sudah digunakan sejak lama sebagai bahan alami untuk menyuburkan rambut. Selain itu, minyak kemiri juga dipercaya efektif dalam menghilangkan ketombe. Caranya sangat mudah, untuk mengatasi ketombe menggunakan minyak kemiri.

Sedulur disarankan menggunakan minyak kemiri sebelum keramas. Oleskan minyak kemiri kepada seluruh rambut Sedulur, disarankan hingga mengenai kulit kepala. Selanjutnya, Sedulur bisa mendiamkannya selama 30 menit. Lalu, Sedulur bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih.

6. Minyak Zaitun

6. Minyak Zaitun
faktualnews.co

Cara mengatasi ketombe secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Dengan menggunakan minyak zaitun, Sedulur bahkan mampu untuk menghilangkan ketombe secara permanen. Caranya Sedulur tinggal mengoleskan minyak zaitun secara merata ke seluruh rambut Sedulur, dan juga hingga mengenai kulit kepala. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

Bukan hanya dapat menghilangkan ketombe, dengan menggunakan minyak zaitun juga Sedulur dapat membuat rambut Sedulur lebih cemerlang dan berkilau. Rambut Sedulur akan lebih sehat dengan menggunakan minyak zaitun.

7.   Bawang Merah

7. Bawang Merah
health.grid.id

Orang tua zaman dulu biasanya sering mengoleskan bawang merah halus di kepada kulit kepala bayi. Hal tersebut dilakukan karena percaya bahwa bawang merah dapat menyuburkan rambut. Bahkan dapat membuat rambut menjadi lebih lebat. Sedulur juga bisa melakukan hal tersebut untuk menghilangkan ketombe.

Menggunakan bawang merah sebagai cara mengatasi ketombe dengan cara alami adalah keputusan yang tepat. Sedulur tinggal menghaluskan bawang lalu mengoleskannya pada rambut dan kulit kepala, lalu diamkan selama 10 menit dan bilang menggunakan air bersih. Hal ini dapat secara efektif menghilangkan kulit kepala.

8. Garam

8.   Garam
klikdokter.com

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi ketombe adalah garam. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, garam juga dipercaya dapat memberikan manfaat untuk kecantikan, termasuk juga untuk kesehatan rambut.

Cara yang bisa Sedulur lakukan sebagai cara mengatasi ketombe dengan menggunakan garam adalah dengan mengoleskan garam pada kulit kepala dan diamkan selama 10 menit. Lalu bilas kepala dan rambut Sedulur hingga bersih dari garam menggunakan air panas. Hal tersebut dijamin akan sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe.

9. Menghindari Sinar Matahari

9.   Menghindari Sinar Matahari
suara.com

Cara mengatasi ketombe yang harus Sedulur lakukan adalah dengan menghindari sinar matahari. Sinar matahari dapat merusak rambut, terutama lagi ditambah dengan polusi yang akan membuat rambut menjadi kering, bercabang dan pecah-pecah. Untuk itu, ketika akan beraktivitas di luar rumah, disarankan untuk menggunakan topi atau penutup kepala.

Hal tersebut dapat membuat rambut Sedulur menjadi kering, kotor dan berketombe. Maka, alih-alih melakukan cara mengatasi ketombe, ada baiknya Sedulur juga melakukan pencegahan agar rambut Sedulur tidak lagi berketombe dengan menghindari sinar matahari secara langsung.

10. Rutin Menggunakan Shampo

10.   Rutin Menggunakan Shampo
winnetnews.com

Rutin menggunakan shampo dan conditioner secara teratur dan sesuai aturan pakai dapat membantu Sedulur untuk menjaga kesehatan rambut. Walaupun penggunaan conditioner disarankan tidak setiap hari, hal tersebut sudah cukup dan sangat penting bagi kesehatan rambut. Jangan lupa bilas conditioner dengan air dingin agar kelembaban rambut terjaga. Rambut akan sehat ketombe pun hilang

Agar dapat membuat rambut menjadi berwarna hitam alami dan juga semakin berkilau, Sedulur gunakan shampo yang sesuai dengan bentuk rambut Sedulur. Karena bentuk rambut setiap orang berbeda, dan shampo maupun conditioner juga terdapat khusus untuk rambut berbeda-beda.

11. Rutin Memijat Kulit Kepala

11.   Rutin Memijat Kulit Kepala
winnetnews.com

Cara mengatasi ketombe yang sederhana yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan rutin memijat kulit kepala. Hal ini dikarenakan salah satu penyebab ketombe adalah kulit kepala yang kering dan tidak sehat.

Lakukan secara rutin untuk memijat-mijat kulit kepala. Disarankan melakukan pijat kulit kepala ketika berkeramas. Alangkah lebih baiknya menggunakan air hangat saat berkeramas. Karena, air hangat akan membantu pori-pori kulit kepala melebar dan menyerap nutrisi dan vitamin yang ada pada shampo.

Lakukan pijat dengan gerakan melingkar selama beberapa menit, selain sehat bagi kulit kepala dan rambut, memijat juga akan membantu Sedulur rileks sejenak.

12. Perhatikan Nutrisi Rambut

12.   Perhatikan Nutrisi Rambut
medcom.id

Cara mengatasi ketombe yang paling ampuh adalah dengan memperhatikan nutrisi rambut. Akan sangat percuma Sedulur melakukan cara merawat rambut dengan benar namun di sisi lain tidak memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Cara merawat rambut pun akan sia-sia jika kebutuhan nutrisi untuk rambut tidak tercukupi.

Berikut ini beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut agar tetap sehat dan mengkilau:

  • Protein: telur, ikan, daging, dan kacang-kacangan
  • Vitamin A: wortel, labu, bayam, susu, telur, dan yogurt
  • Vitamin B: kuning telur, hati, salmon, alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian, dan produk susu
  • Vitamin C: jeruk, stroberi, dan paprika
  • Vitamin D: ikan berlemak, dan kuning telur
  • Vitamin E: biji bunga matahari, almond, bayam, dan alpukat
  • Zat besi: tiram, kerang, telur, daging merah, dan bayam
  • Zinc: tiram, daging sapi, dan biji labu
  • Omega 3: salmon, sereal, sarden, dan yogurt

Semoga cara mengatasi ketombe yang telah dijelaskan di atas bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Sedulur untuk melakukan perawatan rambut dan kulit kepala. Jangan lupa juga untuk membeli obat dan nutrisi untuk rambut di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan barang dan perawatan kecantikan, termasuk untuk menjaga kesehatan rambut.

Sedulur bisa download Aplikasi Super terlebih dahulu dengan klik di sini. Dan juga di bulan Desember ini, Aplikasi Super akan mengadakan flash sale besar-besar yang bisa Sedulur ikuti. Sedulur bisa klik di sini untuk mempelajari Super Bohay lebih lanjut. Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi, terdapat banyak program menarik yang bisa Sedulur ikuti untuk mendapatkan keuntungan.