Yuk simak resep pempek ikan di bawah ini, mudah dan sangat praktis membuatnya!

Terdapat beberapa cara membuat pempek ikan, diantaranya cara membuat pempek ikan yang lembut dan cara membuat pempek sederhana. Beberapa bahan pembuatan pempek dibutuhkan agar dapat melakukan cara membuat adonan pempek yang lembut.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas resep empek empek ikan beserta dengan cara membuatnya, agar pempek lembut dan nikmat ketika dimakan. Beberapa resep pempek ikan yang lumrah dimasak adalah resep empek empek ikan gabus dan resep pempek ikan tenggiri.

Yuk, mari langsung saja kita simak pembahasan cara membuat empek empek yang enak dan cara membuat kuah pempek sederhana dalam resep pempek empuk dan kenyal di bawah ini.

Baca Juga: 10 Resep Pempek Palembang Paling Enak. Bisa Jadi Bisnis!

Resep Pempek Ikan Enak, Praktis dan Sederhana!

1. Bahan yang Dibutuhkan

1.   Bahan yang Dibutuhkan
lemonilo.com

Bahan yang dibutuhkan dalam resep pempek ikan adalah:

  • 500 gr ikan tenggiri
  • 1 butir putih telur
  • 250 ml air
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt penyedap jamur
  • 350 gr tepung sagu
  • Air secukupnya untuk merebus
  • Telur secukupnya (untuk isian)

2. Giling dan Haluskan Ikan Tenggiri

2.   Giling dan Haluskan Ikan Tenggiri
bukalapak.com

Setelah bahan terkumpul, langkah pertama yang harus Sedulur lakukan adalah membuat ikan tenggiri menjadi halus dengan cara digiling. Sedulur bisa menggunakan mixer atau food processor untuk menggiling ikan tenggiri, pastikan ikan tenggiri sangat halus dan lembut.

3. Buat Adonan Pempek Ikan

3.   Buat Adonan Pempek Ikan
kapanlagi.com

Langkah selanjutnya dalam resep pempek ikan adalah membuat adonan pempek ikan. masukkan ikan tenggiri yang telah digiling halus dalam baskom, masukkan putih telur, air, garam dan penyedap jamur, aduk semua bahan hingga rata dalam basko. Selanjutnya masukkan tepung sagu, dan aduk kembali hingga rata. Ambil 150 gr adonan dan beri isian 1 butir telur.

Baca Juga: Perbedaan Tepung Terigu, Tapioka dan Maizena yang Wajib Sedulur Ketahui

4. Rebus Pempek Ikan

4.   Rebus Pempek Ikan

Langkah selanjutnya adalah merebus pempek ikan yang telah dicetak. Siapkan air dalam panci, dan rebus hingga mendidih. Masukkan pempek ikan yang telah dicetak, dan rebus hingga matang. Jika pempek mengapung, hal tersebut menandakan pempek telah matang dan siap dikonsumsi. Angkat pempek dan tiriskan.

5. Siapkan Cuko Pempek

5.   Siapkan Cuko Pempek
cookpad.com

Tidak nikmat memakan pempek tanpa menggunakan cuko. Untuk membuat cuko, bahan yang Sedulur butuhkan adalah:

  • 300 gram gula merah
  • 700 ml air
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 8 bawang putih
  • 10 cabai rawit merah
  • 1 sendok makan asam jawa dilarutkan dengan sedikit air
  • Sedikit garam
  • Sedikit cuka putih

Langkah pertama membuat cuko pempek adalah dengan menghaluskan bawang putih dan cabai rawit, setelah halus tambahkan dengan cuka dan garam. Diamkan selama 30 menit, agar bahan saling meresap dan tercampur. Lalu masak dengan bahan lainnya yang telah disediakan, masak hingga mendidih dan agak kental. Diamkan selama semalam, agar cuko lebih meresap dan saring cuko setelah didiamkan selama satu malam. Cuko pun siap dinikmati dengan resep pempek  ikan di atas.

Beli Bahan Membuat Pempek Ikan di Aplikasi Super

Beli Bahan Membuat Pempek Ikan di Aplikasi Super

Semoga penjelasan resep pempek ikan di atas bisa membantu Sedulur bagi yang ingin mencoba membuat sendiri pempek ikan khas Palembang. Agar semakin memudahkan Sedulur, Sedulur bisa membeli pempek ikan di Aplikasi Super, karena Aplikasi Super memiliki bahan yang lengkap dengan harga yang super murah. Selain itu, belanja di Aplikasi Super juga akan sangat menguntungkan karena Aplikasi Super seringkali memberikan beberapa bonus yang akan memberikan kita keuntungan lebih lagi.

Jangan lupa juga untuk pantengin terus Aplikasi Super, karena sebentar lagi Aplikasi Super akan meluncurkan Super Bohay. Super Bohay merupakan flash sale akhir tahun dari Aplikasi Super yang diadakan pada tanggal 12-13 Desember. Banyak sembako yang dijual dengan harga super murah, seperti minyak goreng, mie instan, tepung serbaguna, sarden dan banyak lagi.

Klik di sini bagi yang tertarik untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut, dan jangan lupa untuk download Aplikasi Super dan gunakan Aplikasi Super agar hari-hari Sedulur lebih mudah dijalani. Jangan lupa juga untuk ikutan flash sale Super Bohay 12.12 dan 12.13. Super Borong Habis, Shay!