Sedulur pasti pernah makan gulai nangka, kan? Yuk, ini resep gulai nangka di bawah ini. Mudah dan praktis dibuatnya.

Gulai nangka atau sayur nangka merupakan salah satu makanan berkuah santan yang nikmat. Bagi Sedulur yang hobi makan masakan padang, pasti seringkali mencicipi gulai nangka. Hal tersebut dikarenakan gulai nangka memiliki cita rasa yang mampu menggugah selera makan.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas resep gulai nangka muda dan juga gulai nangka padang. Termasuk membahas cara membuat gulai nangka dan cara masak gulai nangka yang baik seperti apa. Agar menghasilkan bumbu gulai nangka muda yang nikmat, Sedulur perlu mengetahui bahan dan cara membuat sayur nangka santan yang nikmat melalui penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 20 Resep Olahan Daging Sapi yang Menggugah Selera

Resep dan Cara Membuat Sayur Nangka yang Wajib Sedulur Coba Di Rumah

1. Bahan yang Dibutuhkan

1.   Bahan yang Dibutuhkan
Sumber: 4muda.com

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep sayur nangka adalah:

  • 1/4 kg nangka muda
  • 200 g daging tetelan
  • 550 ml santan
  • 1 lembar daun kunyit
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang sereh geprek

Selain beberapa bahan di atas, Sedulur juga wajib menyiapkan beberapa bumbu halus, yaitu:

  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari kunyit
  • 2 buah kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 10 buah cabai merah keriting
  • secukupnya gula, garam, kaldu bubuk

2. Bersihkan Nangka Terlebih Dahulu

2.   Bersihkan Nangka Terlebih Dahulu
Sumber: resepkoki.com

Setelah bahan terkumpul, sebelum lanjut ke cara pembuatan resep masakan padang sayur nangka ini, Sedulur perlu membersihkan nangka mudah yang telah disiapkan. Membersihkan nangka muda ini dalam rangka untuk menghilangkan getah nangka. Baik dalam resep sayur nangka jawa atau gulai nangka padang, membersihkan nangka menjadi hal yang harus, karena getah nangka selain lengket bisa membuat tenggorokan gatal.

Baca Juga: Kreasi Resep Tahu Bakso Ayam Untuk Jualan. Dijamin Laris!

3. Tumis Bumbu Halus Hingga Wangi

3.   Tumis Bumbu Halus Hingga Wangi
Sumber: sajiansedap.grid.id

Langkah selanjutnya dalam cara membuat sayur nangka santan adalah dengan menumis bumbu halus terlebih dahulu, hingga bumbu halus mengeluarkan aroma wangi. Lalu masukkan daun kunyit, daun salam, batang sereh, dan daun jeruk. Tumis kembali hingga aroma wangi semakin kuat.

Lalu masukkan tetelan daging sapi, aduk dengan bumbu halus yang sedang ditumis hingga daging tetelan berubah warna. Lalu masukkan nangka muda yang telah dibersihkan dan masak hingga nangka layu.

4. Masukkan Santan Kelapa

4.   Masukkan Santan Kelapa
Sumber: cookpad.com

Setelah daging tetalan berubah warna dan nangka muda layu ditumis, langkah selanjutnya dalam membuat sayur nangka adalah dengan menuangkan santan kelapa dalam wajan. Tambahkan juga gula, gara, kaldu bubuk dan penyedap rasa. Kecilkan api, lalu aduk secara perlahan dan terus menerus, agar santan tidak pecah. Masak hingga nangka benar-benar empuk dan kuah agak menyusut dan kenta. Jangan lupa koreksi rasa hingga sesuai selera.

5. Sayur Nangka Siap Disajikan

5.   Sayur Nangka Siap Disajikan
Sumber: cookpad.com

Langkah terakhir resep sayur nangka ayam atau tetelan, adalah menyajikannya dengan sepiring nasi atau kerupuk. Nikmati gulai selagi masih hangat, terutama di tengah musim hujan seperti saat ini, menu makan satu ini akan sangat membuat kita bergairah untuk makan.

Semoga cara membuat sayur nangka di atas bisa menambah pengetahuan resep dan menambah variasi menu yang bisa Sedulur masak di rumah. Jangan lupa untuk membeli bahan untuk membuat resep di atas dengan membelinya di Aplikasi Super.

Kelengkapan barang di Aplikasi Super sangat terjamin, begitu juga dengan kualitas setiap barangnya. Sedulur juga bisa klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi. Terdapat beberapa program menarik yang bisa Sedulur nikmati sebagai persembahan dari Aplikasi Super.