Tidak harus mengeluarkan uang untuk liburan, yuk simak daftar tempat wisata di bawah ini, agar Sedulur bisa liburan murah!

Terdapat berbagai macam destinasi liburan murah yang bisa Sedulur pilih untuk mengisi waktu liburan akhir tahun Sedulur. Berbagai jenis destinasi wisata murah bisa Sedulur nikmati.  Mulai dari tempat liburan murah, tempat liburan akhir tahun yang murah dan juga bagaimana cara berlibur murah namun tetap nyaman.

Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan memberikan rekomendasi liburan akhir tahun yang murah, yang berlokasi di wilayah Jawa Timur yang bisa Sedulur pilih. Beberapa destinasi merupakan tempat wisata murah yang bahkan tidak membutuhkan uang masuk atau biaya lainnya.

Sedulur bisa memilih tempat wisata termurah untuk menghabiskan waktu liburan keluarga yang murah. Yuk, mari kita langsung simak saja ulasan tempat liburan yang asik dan murah, yang cocok dijadikan destinasi liburan keluarga di sekitar Jawa Timur.

-->

Baca Juga: Wisata Surabaya North Quay yang Indah & Memanjakan Mata

Daftar Tempat Liburan Murah di Jawa Timur!

1. Kebun Binatang Surabaya

1. Kebun Binatang Surabaya
Sumber: hargetiket.net

Tempat liburan murah yang pertama adalah Kebun Binatang Surabaya. Kebun binatang Surabaya bertempat di Jalan Setail No. 1 Kecamatan Wonokromo, Surabaya. Kebun binatang merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang ramai dikunjungi karena letaknya yang berada di tengah kota Surabaya. Selain itu, banyak satwa lucu yang bisa menghibur kita di kebun binatang Surabaya ini.

Tiket masuknya pun sangat murah, Sedulur hanya perlu mengeluarkan uang sejumlah Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000 per orangnya, untuk dapat mengunjungi dan masuk ke Kebun Binatang Surabaya.

2.   Ciputra Waterpark
Sumber: travelpromo.com

Sedulur mencari tempat liburan murah dan mewah untuk menghabiskan waktu bersama keluarga? Ciputra Waterpark sangat cocok untuk Sedulur datangi. Terletak di Kawasan Waterpark Boulevard Citraland, Kecamatan Sambilkerep, Surabaya. Sedulur bisa menghabiskan waktu untuk bersantai Bersama keluarga di wahana satu ini.

Banyak wahana permainan air yang bisa kita coba di tempat wisata di Surabaya satu ini, di antaranya yaitu lintasan seluncuran, kolam arus, Tempat wisata satu ini sangat cocok untuk dikunjungi saat weekend.

3. Taman Dewi Cemara Cettar Kediri

3.   Taman Dewi Cemara Cettar Kediri
Sumber/; wisataoke.com

Tempat liburan murah di kawasan Jawa Timur, kali ini di daerah Kediri. Taman ini merupakan salah satu tempat wisata di Papar, Kediri. Tempat wisata yang sedang booming di Kediri ini merupakan tempat buatan yang memiliki beberapa objek yang bisa dinikmati. Selain itu, beberapa objek wisata di taman ini melibatkan penduduk Kecamatan Papar itu sendiri.

Seperti salah satunya yaitu objek Crop Circle yang memiliki luas sekitar 2.1 hektar. Crop Circle yang dimaksud merupakan sebuah sawah dan ladang yang dibentuk dengan unik sehingga memperlihatkan pemandangan yang sangat indah. Tempat wisata satu ini terletak di Desa Kedungmalam, Kec. Papar, Kediri, Jawa Timur.

Baca Juga: 11 Wisata Kuliner Sidoarjo Paling Enak & Murah. Wajib Kemari!

4. Candi Surowono

4.   Candi Surowono
Sumber: agtvnews.com

Satu lagi tempat wisata di Kediri yang cocok sebagai destinasi liburan murah adalah Candi Surowono. Kota Kediri sangat erat kaitannya dengan Kerajaan Kediri yang pada masa lalu sempat mencapai punjak kekuasaannya. Kediri saat ini merupakan ibukota Kerajaan Kediri di masa lalu. Banyak peninggalan yang ada di Kota Kediri, salah satunya Candi Surowono.

Candi ini memiliki ukuran 8 x 8 meter, dan telah dibangun sejak tahun 1400 Masehi. Salah satu bukti sejarah dan sekaligus catatan panjang sejarah Kediri yang juga turut memperkaya sejarah nasional Indonesia itu sendiri. Tempat liburan murah satu ini terletak di Surowono, Canggu, Badas, Kediri, Jawa Timur.

5. Pantai 3 Warna Malang

5.   Pantai 3 Warna Malang
Sumber: pantainesia.com

Bagi Sedulur yang ingin menghabiskan waktu liburan di pantai dan tidak membutuhkan biaya yang mahal, pantai di Malang merupakan jawabannya. Malang merupakan daerah yang memiliki pantai yang sangat banyak, salah satu yang cocok dikunjungi sebagai tempat liburan murah adalah Pantai 3 Warna.

Pantai di Malang satu ini merupakan pantai yang paling keren dan paling hits di Malang. Selain itu, pengelolaan pantai ini juga sangat baik, sehingga pantai memiliki kebersihan yang terjaga, dan pelestarian yang sangat profesional. Pantai ini memiliki 3 warna yang indah, merah, hijau dan biru yang merupakan kombinasi pantai yang sangat menarik.

6. Air Terjun Antrokan

6.   Air Terjun Antrokan
Sumber: ksmtours.com

Setelah pantai, tempat wisata lainnya yang bisa Sedulur kunjungi sebagai tempat liburan murah adalah air terjun. Kali ini merupakan air terjun yang terletak di daerah Jember. Air terjun ini semakin mengukuhkan bahwa Jember merupakan tempat segudang wisata alam. Letak air terjun antrokan ini tidak berada jauh di daerah pusat kota Jember. Ketinggian air terjun memang cukup rendah, namun pemandangan yang disuguhkan sangat indah.

Biasanya air terjun mencapai ketinggian hingga 17 meter. Meskipun pemandian ini tidak mencapai ketinggian tersebut, namun kondisi lingkungan di sekitarnya yang sangat bersih dan asri sangat mendukung untuk lebih menikmati suasana alam di air terjun satu ini.

7. Teluk Love

7.   Teluk Love
Sumber: wowhii.com

Selain sebagai tempat liburan murah, destinasi wisata satu ini juga sangat unik. karena destinasi wisata ini merupakan sebuah teluk yang memiliki bentuk hati yang oleh karenanya diberi nama teluk love. Teluk love juga merupakan salah satu tempat wisata kekinian di Jember yang sangat hits tahun 2020 ini.

Selain itu, karena pemandangannya yang unik, teluk love juga merupakan ikon wisata cinta yang sudah pasti banyak dikunjungi oleh sepasang sejoli. Para remaja sudah pasti menjadi salah satu jenis pengunjung yang banyak mendatangi tempat wisata di Jember satu ini.

8. Taman Botani Sukorambi

8.   Taman Botani Sukorambi
Sumber: travelpromo.com

Masih berbicara tempat liburan murah di Jember, selanjutnya merupakan destinasi wisata yang sedang hits. Salah satu tempat wisata di Jember yang mengusung konsep eco green park adalah Taman Botani Sukorambi. Di tempat wisata ini Sedulur akan diajak untuk menjelajahi taman sekaligus belajar tentang alam dengan cara yang sangat menyenangkan.

Mulai dari belajar teknik hidroponik secara langsung dengan para pakarnya, mengenal satwa liar dan juga hewan ternak, lalu hingga bermain di rumah pohon hingga bermain air di kolam pelangi. Mengajak anak-anak untuk mengenal alam sangat cocok ke tempat ini. Tempat wisata satu ini berlokasi di Jalan Mujahir, Sukorambi, Jember, Jawa Timur.

9. Goa Maharani Lamongan

9.   Goa Maharani Lamongan
Sumber: hargatiket.net

Salah satu daerah di Jawa Timur yang kaya akan tempat wisata adalah kota Lamongan. Lamongan memiliki tanah yang berjenis kering, dengan kandungan kapur yang tinggi yang terdapat di dalamnya. Jenis tanah tersebut seringkali menciptakan goa ketika terkena air, tentunya hal tersebut merupakan proses alam yang dimiliki oleh lamongan. Dengan waktu lama, dari puluhan bahkan hingga ratusan tahun agar membentuk sebuah goa.

Proses di atas yang menjadikan Goa Maharani terbentuk. Salah satu tempat wisata Lamongan ini juga dipercaya sebagai tempat penyebaran Islam pada waktu itu. Sedulur akan melihat pemandangan yang menakjubkan ketika memasuki Goa Maharani.

10. Monumen Van Der Wijk

10.   Monumen Van Der Wijk
Sumber: jejakpiknik.com

Salah satu tempat yang wajib Sedulur datangi ketika berkunjung ke kota Lamongan adalah monumen Van der Wijck. Sekilas nama ini memang tidak asing karena sudah diangkat ke layar lebar. Namun, ternyata peristiwa tenggelamnya kapal Van der Wijck adalah sebuah kisah nyata.

Monumen ini dibangun untuk mengenang peristiwa naas yang terjadi pada tahun 1936. Meskipun sudah berlalu beberapa puluh tahun yang lalu, namun kenangan pahit masih terus membekas, ibarat goresan luka yang tidak akan pernah hilang, walaupun luka tersebut telah sembuh sekalipun.

11. Wisata Bahari Lamongan

11.   Wisata Bahari Lamongan
Sumber: hargatiket.net

Tempat wisata murah terakhir adalah Wisata Lamongan Bahari. Tempat wisata ini juga merupakan tempat wisata paling hits di Lamongan dan Jawa Timur, yang muncul sebagai pilihan utama setiap keluarga menghabiskan waktu liburan. Setiap waktu libur, tempat wisata ini akan ramai dikunjungi oleh masyarakat. Terutama, pada hari libur nasional, atau hari raya umat Islam tempat wisata ini akan sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Sedulur jangan kaget dengan riuhnya pengunjung jika datang ke tempat wisata ini di saat hari libur nasional.

Semoga daftar tempat liburan murah yang telah diulas di atas bisa menjadi referensi bagi Sedulur yang ingin menghabiskan waktu berlibur di Jawa Timur. Jangan lupa juga untuk download dan menggunakan Aplikasi Super selama Sedulur menghabiskan waktu liburan di Jawa Timur.

Menggunakan Aplikasi Super akan memudahkan hidup Sedulur dan juga memberikan keuntungan bagi Sedulur. Dalam kondisi apapun Aplikasi Super siap melayani setiap kebutuhan sembako yang dibutuhkan oleh Sedulur Super sekalian.

Aplikasi Super akan memberikan pelayanan yang maksimal dan prima bagi setiap Sedulur Super sekalian. Hal ini dikarenakan Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia.

Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi. Mulai gunakan Aplikasi Super dari sekarang, agar Sedulur semakin mudah dan menguntungkan setiap harinya.