Liburan akhir tahun semakin dekat, yuk simak tips super hemat liburan akhir tahun di bawah ini!

Sedulur sudah merencanakan liburan akhir tahun? Jika belum, Sedulur harus mulai merencanakannya dari sekarang. Karena liburan akhir tahun semakin dekat, dan jangan sampai Sedulur tidak merencanakan liburan sama sekali. Hal yang paling penting lainnya adalah, Sedulur wajib merencanakan liburan akhir tahun dengan tips super hemat.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini, akan membahas tips liburan akhir tahun yang bisa Sedulur terapkan agar Sedulur bisa mengunjungi tempat liburan akhir tahun yang murah dan menyenangkan. Sedulur tidak memerlukan persiapan yang merepotkan untuk melakukan liburan akhir tahun murah meriah.

Selain biasanya terdapat banyak promo liburan akhir tahun, Sedulur juga harus melakukan tips di bawah ini, agar liburan yang Sedulur lakukan bisa super hemat dan tidak mengeluarkan banyak biaya. Yuk, langsung saja kita simak daftar tipsnya di bawah ini.

-->

Baca Juga: 25 Tempat Wisata di Kediri Paling Khas dan Memorable 2020

Daftar Tips Hemat Liburan Akhir Tahun untuk Sedulur Super!

1. Buat Daftar Perjalanan Liburan

Buat Daftar Perjalanan Liburan
Sumber: liputan6.com

Hal yang pertama yang wajib Sedulur lakukan adalah membuat daftar perjalanan liburan. Dengan melakukan ini, Sedulur akan bisa menghitung perkiraan jumlah biaya yang akan Sedulur keluarkan. Sedulur bisa menghitung biaya yang dibutuhkan ke setiap objek wisata yang Sedulur datangi, biaya transportasi yang dibutuhkan, biaya penginapan hingga biaya jajan dan lainnya.

Tanpa membuat daftar perjalanan, liburan akhir tahun Sedulur akan keteteran dan kebingungan. Dampaknya, biaya yang akan Sedulur keluarkan akan tinggi dan melebihi anggaran liburan akhir tahun yang Sedulur tentukan.

2. Lakukan Survei Destinasi Wisata
Sumber: getthematic.com

Sebelum berangkat liburan, dan telah menyiapkan daftar perjalanan. Untuk memastikan bahwa tempat yang Sedulur kunjungi sesuai dengan ekspektasi liburan Sedulur , Sedulur wajib melakukan Survei destinasi wisata. Sedulur bisa melakukan survei dan riset melalui internet, buku-buku wisata, atau brosur dari agen travel.

Selain itu, dengan melakukan riset, Sedulur bisa mulai menghitung kisaran uang yang dibutuhkan untuk berlibur ke tempat yang akan Sedulur datangi, dan juga Sedulur bisa mengetahui jika ada promosi atau diskon sehingga kemauan kamu untuk berhemat menjadi lebih mudah.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Surabaya Yang Terkenal, Wajib Kesini!

3. Lakukan Pemesanan Dari Jauh-Jauh Hari

3. Lakukan Pemesanan Dari Jauh-Jauh Hari
Sumber: tribunnews.com

Setelah melakukan riset dari daftar perjalanan yang Sedulur lakukan, agar liburan Sedulur bisa hemat, Sedulur wajib melakukan pemesanan dari jauh-jauh hari. Terutama pemesanan tiket perjalanan hingga pemesanan tempat penginapan. Kedua hal tersebut merupakan hal penting yang harus Sedulur siapkan jauh-jauh hari.

Biasanya, menyiapkan dari jauh-jauh hari, Sedulur akan mendapatkan harga tiket perjalanan yang murah dan juga penginapan yang juga murah, dibandingkan dengan melakukan pemesanan secara mendadak. Hal ini tentu saja akan membuat biaya perjalanan liburan akhir tahun menjadi super hemat.

4. Pilih Hari Biasa atau Weekday

4. Pilih Hari Biasa atau Weekday
Sumber: JD.id

Untuk menekan biaya liburan agar tidak mahal dan tidak mengeluarkan uang banyak, Sedulur bisa menentukan hari untuk berlibur di hari biasa. Umumnya, liburan akhir tahun akan menyediakan waktu yang panjang, Sedulur bisa memilih hari hari biasanya, seperti dari hari senin hingga jumat.

Karena umumnya, masyarakat berlibur di akhir pekan yang akan membuat banyak biaya berlibur semakin mahal. Terutama biaya penginapan, di akhir pekan, biaya penginapan akan naik menjadi dua hingga tiga kali lipat.

5. Utamakan Kenyamanan Dari Pada Kemewahan

5. Utamakan Kenyamanan Dari Pada Kemewahan
Sumber: dinimon.com

Lupakan tentang liburan mewah jika Sedulur ingin berhemat dalam liburan. Namun jangan sampai melupakan kenyamanan liburan, walaupun Sedulur sangat ketat dan disiplin untuk melakukan liburan hemat. Kenyamanan harus menjadi hal yang utama.

Utamakan kenyamanan Sedulur dalam berlibur, baik dalam memilih transportasi, tempat tinggal, atau pemandu liburan. Asalkan nyaman, semua pasti akan senang. Dan pastinya akan lebih menyenangkan lagi jika Sedulur bisa liburan dengan nyaman dan aman. Liburan nyaman tidak harus mewah, banyak alternatif yang bisa dilakukan untuk dapat berlibur hemat namun nyaman.

6. Jangan Lupa Bawa Uang Tunai

6. Jangan Lupa Bawa Uang Tunai
Sumber: nusabali.com

Membawa uang tunai juga bisa membuat perjalanan liburan Sedulur menjadi lebih hemat, karena Sedulur bisa membatasi jumlah uang tunai yang dibawa. Sesuaikan biaya perjalanan dengan jumlah uang tunai yang Sedulur bawa, jangan gunakan uang yang melebihi uang tunai yang Sedulur bawa. Biasanya biaya perjalanan liburan akan boros karena Sedulur tidak mematok jumlah uang yang digunakan saat liburan.

7. Catat Pengeluaran Selama Liburan

7. Catat Pengeluaran Selama Liburan
Sumber: finansialmu.com

Jangan lupa untuk mencatat setiap pengeluaran yang Sedulur gunakan saat berlibur, karena dengan mencatat setiap pengeluaran, Sedulur akan mengetahui jumlah uang yang Sedulur keluarkan dan bisa menahan pengeluaran jika di catatan tersebut, pengeluaran Sedulur telah berlebih.

8. Jangan Belanja Terlalu Berlebihan

. Jangan Belanja Terlalu Berlebihan
Sumber: republika.com

Akan aneh rasanya jika berlibur tidak belanja barang atau makanan. Setiap tempat wisata atau tempat liburan memiliki barang atau makanan khasnya yang bisa dijadikan oleh-oleh. Sedulur harus menentukan biaya untuk berbelanja oleh-oleh, dan yang paling penting Sedulur harus menahan untuk tidak belanja berlebihan. Karena biasanya, pada bagian ini jumlah biaya liburan akan membengkak.

Semoga daftar tips liburan hemat yang dijelaskan di atas bisa membantu Sedulur agar bisa melakukan liburan hemat, namun tetap mengutamakan kenyamanan liburan. Agar liburan Sedulur lebih hemat dan menguntungkan, Sedulur bisa menggunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan Sedulur.

Aplikasi Super siap menyediakan barang kebutuhan liburan dengan harga murah dan layanan lain yang Sedulur butuhkan. Seperti pulsa, data internet dan bayaran lainnya yang dibutuhkan selama liburan. Download Aplikasi Super sekarang juga agar liburan Sedulur bisa nyaman dan menyenangkan. Jangan lupa juga klik di sini untuk mengunjungi Aplikasi Super, karena terdapat banyak program menarik hari Sedulur Super sekalian.