Yuk, simak berbagai khasiat dan manfaat air garam di bawah ini. Agar tubuh Sedulur semakin sehat dan bugar!

Air garam merupakan salah satu cairan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Garam adalah salah satu senyawa yang mengandung yodium yang sangat tinggi. Yodium merupakan salah satu senyawa yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat.

Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan membahas beberapa khasiat dan manfaat air garam. Terutama manfaat air garam untuk kesehatan. Manfaat bisa Sedulur dapat dari minum air garam atau mengoleskannya. Baik digunakan untuk berkumur, karena kumur air garam bisa membersihkan gigi dan gusi. Untuk itu, Sedulur juga perlu mengetahui cara membuat larutan garam yang pas.

Tanpa berlama-lama, yuk langsung saja kita simak manfaat minum air garam dan khasiat lainnya yang bisa diberikan oleh garam untuk kesehatan tubuh Sedulur Super sekalian.

Baca Juga: Sederet Manfaat Kentang Untuk Wajah. Nomor 5 Wajib Dicatat!

Daftar Manfaat Air Garam untuk Kesehatan Tubuh, Sedulur Super Wajib Tahu!

1. Mengatasi Sinus

1.  mengatasi sinus
Sumber: klikdokter.com

Manfaat dari air garam yang pertama yaitu dapat mengatasi gejala sinus, pilek, dan alergi. Dengan membersihkan hidung menggunakan air garam akan bisa membantu Sedulur untuk menjaga saluran hidung terbuka sehingga dapat menghilangkan lendir kental yang sudah mengering dan dapat menyebabkan penyakit pernafasan.

2. Mengatasi Dehidrasi

2. mengatasi dehidrasi
Sumber: alodokter.com

Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat tubuh lemas dan tidak bisa menjalankan aktivitas apapun. Jika Sedulur rutin meminum air garam dalam jumlah yang normal dan sesuai takaran, Sedulur akan dapat menghindar dari dehidrasi dari dalam tubuh, dan aktivitas sehari-hari Sedulur pun tidak akan terganggu.

3. Melawan Infeksi dalam Tubuh

Melawan Infeksi dalam Tubuh
Sumber: alodokter.com

Air garam teruji dengan kemampuannya yang dapat bertarung melawan bakteri dengan menarik kadar air dari sel-sel bakteri itu sendiri. Hal tersebut dapat menyebabkan bakteri hancur seketika. Oleh karena itu, ketika Sedulur sedang sakit dan mengalami infeksi, sebelum memutuskan untuk periksa ke dokter dan konsumsi obat-obatan, ada baiknya Sedulur melakukan terapi minum air garam terlebih dahulu. Karena garam bermanfaat untuk melawan infeksi.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

4. Melancarkan Sistem Pencernaan
Sumber: healt.kompas.com

Manfaat larutan garam selanjutnya adalah dapat membantu kerja sistem pencernaan. Manfaat ini bisa didapatkan disebabkan kandungan garam yang bisa membantu tubuh untuk memproduksi enzim tertentu, enzim tersebut bertugas membantu sistem pencernaan dalam bekerja.

5. Menjadi Obat Kumur

5. Menjadi Obat Kumur
Sumber: alodokter.com

Jika Sedulur mengalami masalah pada mulut, baik itu aroma mulut yang tidak sedap, gusi yang bengkak, atau gigi yang sakit. Semua itu bisa dihilangkan dengan menjadikan garam sebagai larutan untuk obat kumur. Sedulur hanya perlu berkumur menggunakan air garam. Karena biasanya aroma bau yang tidak sedap dari mulut disebabkan oleh bakteri sisa makanan yang menempel pada gigi, atau juga gusi yang sedang peradangan.

Baca Juga: Terkuak! Ini Manfaat Rendaman Air Ketumbar Bagi Kesehatan

6. Meredakan Sariawan

6. Meredakan Sariawan
Sumber: halodoc.com

Sedulur mungkin sudah tidak asing lagi dengan manfaat dari garam yang satu ini, yaitu dapat meredakan sariawan. Garam sangat mampu membunuh bakteri dan virus yang ada di dalam mulut yang menyebabkan sariawan. Dengan berkumur menggunakan air garam, sariawan yang Sedulur alami dapat reda dan sembuh dengan sendirinya.

7. Menghilangkan Sakit Tenggorokan

7. Menghilangkan Sakit Tenggorokan
Sumber: klikdokter.com

Cairan kumur menggunakan larutan garam juga bisa bermanfaat untuk meredakan sakit tenggorokan. Jika Sedulur mulai merasakan gejala sakit pada tenggorokan, langsung gunakan cairan kumur garam untuk menyembuhkannya. Agar lebih optimal dan lebih cepat sembuh, Sedulur bisa menambahkan lemon atau jeruk nipis, kandungan vitamin C dapat membuat sakit tenggorokan cepat hilang.

8. Mengobati Bibir Pecah-Pecah

8. Mengobati Bibir Pecah-Pecah
Sumber: klikdokter.com

Memiliki bibir kering dan pecah-pecah merupakan hal yang sangat mengganggu dan menyebalkan. Menggunakan garam bisa menjadi alternatif untuk menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah. Manfaat garam satu ini akan lebih optimal jika dicampurkan dengan krim untuk bibir. Campurkan krim untuk bibir dengan tiga sendok garam, aduk hingga rata dan oleskan pada bibir. Bibir pecah-pecah pun akan sembuh dengan sendirinya.

9. Menghilangkan Jerawat

9. Menghilangkan Jerawat
Sumber: alodokter.com

Memiliki jerawat yang mengganggu? Tidak usah khawatir, Sedulur bisa menyembuhkannya dengan menggunakan garam. Tidak usah heboh dan repot membeli skin care, menggunakan garam dan memanfaatkannya secara optimal dapat membuat jerawat pada wajah kita hilang. Jerawat memang seringkali membuat kita tidak percaya diri, karena sangat mengganggu jika dilihat oleh orang lain. Semprotkan air garam hangat pada wajah setiap sebelum tidur, dan biarkan selama kita tertidur.

10. Detoks Kulit Wajah

10. Detoks Kulit Wajah
Sumber: kitakini.news.com

Khasiat garam selanjutnya adalah sebagai detoks kulit. Manfaat air garam selalu digunakan sebagai salah satu bahan campuran di setiap salon kecantikan yang digunakan untuk facial dan perawatan kulit. Hal tersebut dilakukan karena salah satu manfaat yang dimiliki garam adalah untuk detoks kulit. Garam dipercaya dapat membuat kulit lembab sempurna dan sekaligus dapat menghilangkan bakteri yang dapat menutupi pori-pori kulit

11. Menghilangkan Mata Bengkak

11. Menghilangkan Mata Bengkak
Sumber: soulofjakarta.com

Garam jika digunakan sebagai bahan kecantikan garam dapat membuat wajah menjadi lebih bersinar dan lebih terlihat segar. Salah satunya yaitu manfaat garam untuk menghilangkan mata bengkak. Mata bengkak sering dialami ketika Sedulur terlalu sering begadang atau kekurangan tidur. Oleskan air garam di sekitar mata dan kantung mata. Maka mata bengkak dan kantung mata yang menggantung akan hilang dengan sendirinya.

12. Menyembuhkan Kaki yang Terinfeksi

12. Menyembuhkan Kaki yang Terinfeksi
Sumber: alodokter.com

Sedulur pernah mengalami infeksi setelah melakukan perawatan kaki? Jika iya, sebelum memutuskan untuk periksa ke dokter, Sedulur bisa mencoba ramuan alami untuk menghilangkan infeksi pada kaki dengan bahan dasar garam. Caranya cukup dengan memasukkan secangkir garam pada air hangat, oleskan air garam tersebut pada kaki yang terinfeksi dan jika bisa endam kaki yang terinfeksi dan tunggu hingga beberapa menit. Karena garam sangat ampuh untuk mengobati luka dan infeksi.

13. Menurunkan Berat Badan

13. Menurunkan Berat Badan
Sumber: klikdokter.com

Jika Sedulur mengalami kesulitan untuk mengontrol berat badan, ada baiknya Sedulur konsumsi garam secara normal sesuai takaran, karena garam berfungsi untuk mengurangi nafsu makan. Jika kandungan garam telah banyak di dalam tubuh, nafsu makan akan semakin berkurang.

14. Menyembuhkan Penyakit Liver

14. Menyembuhkan Penyakit Liver
Sumber: alodokter.com

Dengan mengkonsumsi air garam bagi para penderita sakit liver akan mampu untuk melawan penyakit liver itu sendiri. Air garam ketika masuk dalam tubuh akan mampu untuk meregenerasi sel-sel hati yang rusak karena banyak alasan. Penyakit liver adalah sebuah penyakit yang mengalami kerusakan hati. Dengan mengonsumsi air garam hangat, sel-sel hati yang rusak akibat sakit liver akan dapat beregenerasi dan membuat kita sembuh dari penyakit liver.

15. Meningkatkan Kualitas Tidur

15. Meningkatkan Kualitas Tidur
Sumber: alodokter.com

Agar kesehatan tubuh dapat semakin baik dan optimal, Sedulur perlu memperbaiki kualitas tidur. Hal tersebut juga sekaligus untuk menghilangkan stress dan kecemasan. Dengan mengonsumsi air garam secara cukup dan tidak berlebihan akan mampu dan dapat mengelola tingkat hormon dalam tubuh, yang akan berdampak pada kualitas tidur yang baik dan meningkat tinggi.

Semoga daftar manfaat dari garam yang telah dijelaskan di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur dan dapat membantu Sedulur memanfaatkan garam dengan baik. Beli garam yang berkualitas di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super menyediakan segala kebutuhan dapur, termasuk garam dengan kualitas yang baik dan harga yang murah.

Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi. Jangan lupa untuk download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya. Mulai gunakan Aplikasi Super dari sekarang, agar kehidupan sehari-hari dapat dijalani lebih mudah.