Apa saja sih museum Surabaya yang paling hits, unik dan terkenal? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Surabaya sebagai sebuah kota yang bersejarah, sudah pasti menyimpan segudang cerita dan peristiwa menarik di dalamnya. Salah satu tempat yang menyimpan banyak peristiwa sejarah yang bisa dinikmati sebagai sarana wisata adalah museum. Beberapa museum yang ada di Surabaya menyimpan sejumlah koleksi yang menjadi saksi sejarah.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar museum di Surabaya yang bisa menjadi rekomendasi berlibur dan berwisata sekaligus juga mendapatkan wawasan dan pengetahuan tambahan. Sebagai salah satu kota bersejarah dalam sejarah kemerdekaan Indonesia, Surabaya sudah pasti memiliki beberapa museum yang hits, unik dan menarik. Apa saja daftar museum di Surabaya yang dimaksud? Yuk, mari kita langsung simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Surabaya Yang Terkenal, Wajib Kesini!

-->

Daftar Museum di Surabaya yang Hits, Unik dan Menarik. Sedulur Wajib Berkunjung!

1. Museum Kesehatan Surabaya

1.   Museum Kesehatan Surabaya

Museum pertama yang dibahas adalah museum kesehatan Surabaya. Museum ini memiliki sejumlah koleksi yang berkaitan dengan dunia kesehatan. Mulai dari kesehatan modern, hingga kesehatan tradisional. Bahkan, yang menjadi keunikan museum ini adalah terdapat beberapa koleksi benda kesehatan yang berbau klenik dan perdukunan.

Hal tersebut juga yang menjadikan museum kesehatan ini dikenal dengan nama museum santet di Surabaya. Selain itu, bangunan yang digunakan oleh museum Surabaya ini menggunakan bangunan bekas rumah sakit kulit dan kelamin, hal tersebut semakin menambah aroma mistis dan keangkeran museum satu ini.

Namun, dibalik semua keangkeran yang menyelimuti museum ini, Sedulur masih bisa menikmatinya dengan tenang dan santai. Karena banyak pengetahuan dan informasi yang bisa Sedulur dapat di museum ini. Walaupun angker dan berbau mistis, namun dua hal tersebut justru yang menjadi daya tarik dari museum satu ini.

2. Museum Loka Jala Crana

2.   Museum Loka Jala Crana

Museum Surabaya ini menyimpan benda koleksi yang berkaitan dengan peralatan TNI angkatan laut. Museum ini telah berdiri sejak tahun 1969. Sedulur bisa menyaksikan benda bersejarah yang ada di museum ini, seperti kendaraan tempur, dan koleksi planetarium. Berkaitan dengan planetarium, dalam kawasan museum ini terdapat tempat wahana edukasi yang bernama Planetarium Surabaya.

Alamat planetarium Surabaya dan museum ini sama, yaitu berlokasi di jalan Tanjung Emas, Morokrembangan, Krembangan, Surabaya. Salah satu tempat wisata edukatif yang bisa Sedulur datangi dan menjadi salah satu rekomendasi untuk menghabiskan waktu berlibur di Surabaya.

Baca Juga: 20 Wisata di Jember Paling Hits Tahun 2020. Wajib Ke Sini!

3. Museum Surabaya

3.   Museum Surabaya

Museum ini menjadi museum kebanggaan kota Surabaya. Berada dan terletak di pusat kota Surabaya, museum ini memiliki bangunan yang sangat megah. Museum yang menggunakan bangunan yang telah berdiri sejak tahun 1877, yaitu bangunan zaman penjajahan Belanda, semakin menambah kemegahan dan keistimewaan museum satu ini.

Sedulur bisa melihat berbagai benda sejarah, baik dari masa penjajahan hingga masa bersejarah lainnya. Benda yang menyimpan sejarah tentang kehidupan masyarakat Surabaya dari tiap zaman. Sebagai manusia yang hidup di masa ini, kita harus mengetahui bagaimana nenek moyang kita bertahan dan menjalani hidup, hal tersebut bisa kita dapatkan salah satunya dengan melihat benda-benda bersejarah yang ada di Museum Surabaya sebagai salah satu koleksinya.

4. Monumen Jalesveva Jayamahe

4.   Monumen Jalesveva Jayamahe

Selain sebagai sebuah museum Surabaya, tempat ini juga merupakan sebuah monumen yang dibuat khusus sebagai penghargaan kepada TNI. Salah satu bangunan yang menjadi ikon dari museum ini adalah Patung Laksamana yang berukuran tinggi. Bukan hanya sebagai ikonik untuk museum Surabaya ini saja, namun juga menjadi ikon kebanggaan untuk kota Surabaya itu sendiri.

Dalam Patung Laksamana yang besar dan tinggi, di bawahnya terdapat beberapa ruangan yang terdiri dari ruang teater, foto-foto dokumentasi sebagai bagian dari pameran museum. Museum dan monumen ini juga berada di bawah pengelolaan Markas Komando Armada Maritim Surabaya.

Namun sayangnya museum dan monumen ini tidak dibuka setiap hari untuk publik. Museum dan monumen ini hanya dibuka pada waktu dan hari tertentu, biasanya pada hari kebanggaan dan kebesaran TNI dan hari bersejarah di Indonesia museum dan monumen ini buka.

5. Museum WR Soepratman

5.   Museum WR Soepratman

Salah satu tokoh penting dalam Sejarah Kemerdekaan Indonesia, WR Soepratman seorang pencipta lagu nasional, lagu kebanggaan bangsa Indonesia yaitu Indonesia Raya. Museum WR Soepratman menggunakan bangunan bekas rumah tinggal belai sendiri. Museum ini dulunya merupakan rumah dari Rukiyem Supartijah, kakak kandung dari Soepratman, yang tinggal di rumah ini hingga akhir hayatnya.

Selain itu, rumah ini juga menjadi tempat persembunyian Soepratman yang lari dari kejaran penjajah Belanda saat ini. Oleh karena itu, rumah tersebut sangat mengandung nilai tinggi bagi sejarah kehidupan bangsa Indonesia, termasuk juga bagi kehidupan WR Soepratman. Snagat wajar jika tempat tersebut dijadikan sebagai museum yang khusus didedikasikan bagi seorang pahlawan bernama WR Soepratman.

6. Museum Bank Indonesia

6.   Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia di Surabaya ini beralamat di Jalan Garuda Nomor 1, yang menggunakan bangunan bank bekas masa penjajahan Belanda. Bank yang dimaksud bernama De Javasche Bank, sebuah bank penting pemerintah kolonial Belanda yang bertugas mengatur dan mengelola keuangan Belanda saat itu.

Bangunan Museum Bank Indonesia juga saat ini merupakan bangunan cagar budaya sebagai aset utama yang dimiliki oleh Bank Indonesia. Sedulur bisa mempelajari banyak hal terkait dengan keuangan dan perekonomian dengan berkunjung ke museum Surabaya satu ini.

7. Museum Kapal Selam

7.   Museum Kapal Selam

Museum Surabaya selanjutnya, yang juga sebagai monumen kejayaan dunia militer Indonesia adalah museum kapal selam. Bagi Sedulur yang menyukai dunia militer, terutama militer kelautan, bisa mengunjungi tempat wisata di Surabaya satu ini. Karena monumen kapal selam ini menyimpan banyak informasi terkait dunia militer laut.

Selain itu, museum ini juga bisa dikunjungi bagi yang sangat menyukai sejarah. Karena kapal selam yang dijadikan monumen menyimpan banyak cerita sejarah yang sangat berarti bagi kedaulatan negara Indonesia. Lokasi monumen kapal selam ini berada di Jalan Pemuda No. 39, Kecamatan Genteng, Surabaya. Lokasinya berada di daerah pusat kota Surabaya.

8. Museum 10 Nopember

8.   Museum 10 Nopember

Bagi Sedulur yang sangat menyukai sejarah, museum Sepuluh Nopember merupakan tempat wisata di Surabaya yang tepat untuk dikunjungi. Peristiwa 10 November di Surabaya merupakan peristiwa heroik yang membangkitkan semangat kemerdekaan masyarakat Indonesia saat melawan penjajah Belanda.

Ada banyak fasilitas yang bisa Sedulur nikmati di museum Surabaya satu ini, di antaranya display museum dilengkapi dengan foto dan teks sejarah, mushola, tempat berteduh, dan toilet. Tiket masuk untuk berkunjung ke museum satu ini juga sangat murah, yaitu hanya Rp. 2000 saja.

Museum Sepuluh Nopember terletak di Jalan Pahlawan, Alun-Alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya. Jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata di Surabaya satu ini ya, agar kita bisa menikmati liburan sambil menambah pengetahuan terkait sejarah.

9. House of Sampoerna

9.   House of Sampoerna

Museum Surabaya terakhir yang juga sebagai rekomendasi adalah House of Sampoerna. House of Sampoerna merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ini memiliki pajangan yang edukatif dan menarik berkaitan dengan perkembangan perusahaan rokok Sampoerna.

Terdapat museum yang menjelaskan tentang perjalanan Sampoerna sebagai produsen rokok besar yang ada di Indonesia. House of Sampoerna terletak di pusat kota Surabaya dan kita tidak akan kesulitan untuk tiba di tempat wisata satu ini. House of Sampoerna tepatnya terletak di Taman Sampoerna No. 6, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya. Kita juga bisa mempelajari bagaimana Sampoerna bisa sukses menjalankan bisnis rokok hingga sebesar saat ini.

Semoga penjelasan mengenai beberapa museum Surabaya di atas bisa menambah wawasan Sedulur dan juga bisa semakin meyakinkan Sedulur untuk berkunjung ke museum Surabaya sebagai destinasi untuk berlibur. Jangan lupa juga untuk menggunakan Aplikasi Super ketika Sedulur sedang berada di Surabaya.

Dengan menggunakan Aplikasi Super, setiap kebutuhan Sedulur dijamin akan terpenuhi. Sedulur bisa klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut, dan agar hidup Sedulur semakin mudah dan menguntungkan tentunya.