Sedulur sudah tahu cara menghitung diskon yang benar dan mudah? Jika belum, yuk mari simak penjelasannya di bawah ini.

Bagi Sedulur yang sangat doyan belanja, melihat harga diskon sudah pasti sebuah kebahagiaan. Mendadak kita akan sangat kalap dan tergesa-gesa membeli barang yang memiliki harga yang sedang diskon. Namun, tahan dulu. Sesuka apapun Sedulur dalam belanja, ketika melihat harga diskon, Sedulur harus tetap hati-hati.

Jangan sampai Sedulur tertipu dengan angka diskon, baik diskon 20%, diskon 5%, bahkan hingga diskon 40%. Sedulur harus menghitung secara seksama harga awal dan jumlah diskon. Terkadang, setelah dihitung harga yang dipotong tidak begitu signifikan. Dan Sedulur telah masuk perangkap marketing yang dijalankan oleh penjual tersebut.

Tentu saja untuk mengetahui hal tersebut, Sedulur perlu mengetahui cara menghitung diskon beserta cara menghitung persen diskon. Baik menghitung menggunakan rumus mencari diskon atau menggunakan cara cepat menghitung diskon dan juga cara cepat menghitung persen tanpa kalkulator. Karena pada dasarnya banyak cara mencari diskon yang bisa Sedulur lakukan.

-->

Dalam artikel kali ini, Superapp.id akan menjelaskan beberapa cara menghitung diskon yang bisa Sedulur lakukan agar tidak terkecoh dengan perangkap para pedagang. Dalam artikel ini juga akan disertai contoh harga diskon dan promo harga diskon beserta dengan cara menghitungnya. Selain itu juga akan dijelaskan beberapa istilah dalam perdagangan yang memiliki makna hampir sama dengan diskon. Yuk, mari kita langsung simak saja ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Cara Menghitung Tagihan PDAM dengan Benar & Akurat

Daftar Cara Menghitung Diskon yang Benar dan Mudah Beserta Contohnya

Daftar Cara Menghitung Diskon yang Benar dan Mudah Beserta Contohnya

Sebelum masuk ke penjelasan cara menghitung diskon, kita simak dulu contoh kasusnya sebagai berikut. Bila dalam sebuah pusat perbelanjaan, terdapat sebuah barang yang memiliki harga senilai Rp. 125.000, dan kemudian barang tersebut dinyatakan memiliki diskon sebesar 20%, lalu berapa sekiranya harga diskon dan harga akhir dari barang tersebut? Berikut cara menghitungnya.

1. Cara Menghitung Diskon Pertama

1.   Cara Menghitung Diskon Pertama

Cara menghitung diskon pertama yang bisa Sedulur lakukan dari contoh kasus di atas adalah sebagai berikut. Sedulur mencari 20 % dari 125.000. Cara menghitungnya sangat mudah, Sedulur tinggal menghitung 125.000×10/100 = 25.000. Jumlah diskon 20% dari 125.000 dalan 25.000. Maka Sedulur tinggal mengurangi 125.000 – 25.000 = 100.000. Harga akhir dari barang tersebut dengan jumlah diskon 20% adalah Rp. 100.000, sedangkan harga diskonnya adalah Rp. 25.000

2. Cara Menghitung Diskon Kedua

2.   Cara Menghitung Diskon Kedua

Cara pertama memang sangat mudah, namun termasuk cara menghitung diskon yang membutuhkan waktu lama untuk melakukannya. Terdapat cara menghitung diskon kedua yang lebih mudah dan membutuhkan cara mudah, yaitu sebagai berikut. Sedulur tinggal mengurangi jumlah diskon dengan 100%. Dalam contoh kasus terdapat diskon 20%, maka 100%-20% = 80%. Selanjutnya, Sedulur tinggal melakukan penghitungan yaitu 80/100×125.000 = 100.000. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan dan lebih cepat juga.

Selain itu terdapat juga beberapa jenis diskon yang juga sama menggiurkannya. Sedulur wajib simak beberapa jenis diskon di bawah ini beserta dengan contoh dan penjelasannya.

Baca Juga: 1 Sendok Teh Berapa Gram? Ini Cara Hitung Paling Mudah

3. Diskon Ganda dan Cara menghitungnya

3.   Diskon Ganda dan Cara menghitungnya

Mendapatkan diskon tunggal saja sudah membuat kita kegirangan minta ampun, apalagi diskon ganda. Diskon ganda yang umumnya bisa kita temukan adalah seperti 50%+20%. Namun contoh diskon ganda tersebut bukan berarti jumlah diskon menjadi 70%.  Maksud dari contoh diskon ganda tersebut adalah, harga awal dihitung diskon 50% terlebih dahulu, hasilnya kemudian dihitung lagi dengan diskon 20%.

Contohnya, sebuah barang yang memiliki harga Rp.300.000, mendapatkan diskon ganda 50%+20%. Maka cara menghitung diskon adalah pertama 300.000 didiskon 50% adalah 50/100×300.000 = 150.000. Selanjutnya hitung 150.000 dengan diskon 20%. 80/100×150.000 = 120.000. Maka harga akhirnya adalah Rp. 120.000 setelah dikurangi diskon ganda

4. Diskon Buy 3 Get 2 Free

4.   Diskon Buy 3 Get 2 Free

Jenis diskon satu ini merupakan salah satu cara memberi diskon pada pelanggan dengan cara lainnya. Terdapat contoh misalnya sebuah barang yang memiliki tulisan Buy 1 Get 1 Free atau Buy 3 Get 2 Free. Maka Sedulur akan berpikir bahwa Sedulur mendapatkan 2 barang dengan harga 1 barang atau mendapatkan 5 barang dengan harga 3 barang. Namun sebenarnya barang tersebut sudah mendapatkan harga diskon.

Contohnya jika terdapat barang yang memiliki tulisan Buy 3 Get 2 Free, berikut cara menghitung diskonnya.

Sedulur hanya perlu menjumlahkan total harga barang, misalnya harga awalnya adalah Rp.200.000 maka, 200.000 x 3 = 600,000. Dengan membayar Rp. 600.000 tersebut, Sedulur akan mendapatkan 5 jenis barang dengan nilai 5 x 200 Ribu = 1 juta rupiah. Dengan melihat cara menghitung diskon diatas, maka Sedulur sama saja mendapatkan keuntungan seharga Rp. 400.000. Jumlah diskon dari barang tersebut adalah Rp. 400.000

5. Promo Cashback

5.   Promo Cashback

Selain jenis diskon yang telah dijelaskan di atas, terdapat juga jenis diskon lainnya dengan istilah “Promo Cashback”. Promo jenis ini sebenarnya adalah semacam harga promosi yang biasanya dianggap sebagian besar orang akan mendapatkan uang tunai ketika membeli suatu barang. Namun sebenarnya promo ini biasanya diberikan dalam bentuk voucher.

Contohnya, ketika Sedulur menemukan barang yang Promo Cashback dengan bertuliskan setiap belanja minimal Rp. 100,000, Sedulur akan mendapatkan cashback senilai Rp. 500.000. Sebenarnya cashback yang akan Sedulur terima adalah bentuk voucher, atau bahkan bisa juga dalam bentuk poin yang nantinya akan bisa Sedulur tukarkan dengan produk atau jenis barang lainnya. Hal ini merupakan salah satu strategi marketing yang biasa dilakukan untuk menarik pelanggan selain menerapkan sistem diskon.

Semoga contoh jenis diskon berserta dengan cara menghitung diskon yang telah dijelaskan di atas bisa memberikan wawasan bagi Sedulur yang sangat menyukai belanja dan mudah tergiur dengan harga diskon. Agar tidak terlalu kalap dan tidak mudah terkecoh dengan permainan diskon yang terjadi.

Gunakan Aplikasi Super Agar Sedulur Bisa Membeli Barang dengan Harga Diskon Setiap Saat

Gunakan Aplikasi Super Agar Sedulur Bisa Membeli Barang dengan Harga Diskon Setiap Saat

Jika Sedulur menginginkan belanja dengan harga murah seperti harga diskon, sebenarnya Sedulur tinggal melakukan belanja di Aplikasi Super. Tanpa diskon sekalipun, setiap barang yang ada di Aplikasi Super telah mendapatkan harga murah, tentu saja dengan kualitas terbaik. Harga murah mudah berarti kualitas barang buruk.

Kenyataan tersebut, bukan berarti Aplikasi Super tidak sama sekali memiliki diskon. Banyak juga barang yang sudah memiliki harga murah dan juga mendapatkan harga diskon di dalamnya. Terutama bagi pelanggan setia Aplikasi Super yang tergabung dalam Mitra Super Center komunitas pengusaha yang dimiliki oleh Aplikasi Super. Banyak diskon harga dengan prioritas pelayanan yang bisa didapatkan. Hal tersebut tentu saja sangat menguntungkan, tidak perlu menunggu barang mendapatkan diskon terlebih dahulu.

Menggunakan Aplikasi Super bukan hanya memberikan keuntungan dan kemudahan dalam hal belanja sembako atau kebutuhan lainnya. Dalam kondisi apapun Aplikasi Super siap melayani setiap kebutuhan sembako dan kebutuhan sehari-hari lainnya yang dibutuhkan oleh Sedulur Super sekalian.

Aplikasi Super akan memberikan pelayanan yang maksimal dan prima bagi setiap Sedulur Super sekalian. Hal ini dikarenakan Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia. Seperti apapun kondisi yang terjadi, Aplikasi Super sebagai sebuah platform digital yang bergerak di bidang sembako selalu siap untuk memberikan pelayanan bagi setiap Sedulur Super, para pelanggan setia Aplikasi Super.

Klik di sini bagi Sedulur yang tertarik untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut, jangan lupa juga download Aplikasi Super bagi Sedulur yang belum memiliki aplikasinya. Gunakan Aplikasi Super saat ini juga, dan jalani hidup dengan mudah dan menguntungkan, juga Sedulur akan mengalami diskon berlimpah dalam setiap barang kebutuhan sehari-hari.