Salah satu menu andalan keluarga, yuk simak cara membuat resep kari ayam kentang di bawah ini!

Resep kari ayam kentang merupakan salah satu resep yang harus Sedulur kuasai, dari mulai cara pengolahan dan pembuatannya, hingga cara menyajikannya. Hal tersebut karena kari ayam kentang merupakan salah satu menu andalan keluarga.

Kari ayam kentang merupakan salah satu menu makan yang selalu dihidangkan di hari-hari penting, seperti hari raya Idul Fitri salah satunya. Sedulur tentu saja harus menguasai resep kari ayam kentang agar Sedulur bisa tinggal membuatnya.

Bumbu kari kentang terkenal dengan kandungan rempahnya yang dominan, terutama pada bumbu kari ayam spesial. Superapp.id dalam artikel kali ini akan menjelaskan resep ayam kentang yang diolah dengan menjadikannya ayam bumbu kari. Seperti apa saja resep dan cara membuatnya? Yuk, mari kita langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: 5 Resep Kari Ayam Sederhana, Enak & Mudah Buat di Rumah

Cara Membuat dan Resep Kari Ayam Kentang yang Enak dan Gurih

1. Bahan yang Dibutuhkan

1.   Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat resep kari ayam kentang, Sedulur memerlukan bahan-bahan yaitu:

  • Kentang 4 buah
  • Ayam kampung 1 kg
  • Santan encer 700 ml
  • Santan kental 125 ml
  • Minyak goreng 3 sendok makan
  • Kayu manis 2 cm dan batang serai dua buah yang telah dimemarkan

Selain bahan-bahan di atas, Sedulur juga harus menyiapkan beberapa bumbu dan rempah untuk memperkuat rasa kari ayam kentang itu sendiri, bumbu dan rempah yang dimaksud adalah:

  • Bawang merah 10 buah
  • Cabai merah 6 buah
  • Bawang putih 2 siung
  • Kunyit 5 cm, kemiri 4 butir
  • Jahe 2 cm
  • Jintan 1 sendok teh
  • Ketumbar 1 sendok makan dan,
  • Garam 1 sendok teh

2. Siapkan Bahan Sebelum Proses Memasak Kari Ayam Kentang

2.   Siapkan Bahan Sebelum Proses Memasak Kari Ayam Kentang

Sebelum masuk ke proses memasak resep kari ayam kentang, Sedulur ada baiknya menyiapkan bahan-bahan sambil sekaligus cek bahan yang sudah dibeli, barangkali ada bahan yang terlewat atau kurang. Sedulur bersihkan semua bahan, terutama mengupas kentang dan membersihkan ayam kampung.

Jangan lupa juga menghaluskan semua bumbu dan rempah yang telah Sedulur siapkan. Bumbu dan rempah di atas harus dihaluskan hingga benar-benar lembut agar kuah kari menjadi semakin gurih dan nikmat.

Baca Juga: 20 Resep Olahan Daging Sapi yang Menggugah Selera

3. Tumis Bumbu Halus dan Daging Ayam

3.   Tumis Bumbu Halus dan Daging Ayam

Langkah pertama dalam cara memasak kari ayam kentang adalah menumis bumbu halus terlebih dahulu. Siapkan minyak 3 sdm dan masukkan dalam panci lalu tumis menggunakan api sedang. Tumis bumbu hingga mengeluarkan aroma wangi.

Setelah bumbu halus mengeluarkan aroma wangi, Sedulur bisa memasukkan daging ayam kampung dan aduk rata dengan bumbu halus yang sedang ditumis. Aduk rata terus hingga ayam dapat meresap bumbu halus agar dapat memperkaya rasa daging ayam itu sendiri.

4. Tambahkan Santan dan Kentang

4.   Tambahkan Santan dan Kentang

Setelah daging cukup menyerap bumbu halus, langkah selanjutnya adalah memasukkan santan. Pertama Sedulur masukkan terlebih dahulu santan kental, aduk rata secara perlahan agar santan tidak pecah. Selanjutnya masukan santan cair dan dan garam dan bumbu perasa lainnya. Aduk hingga mendidih dan ayam matang dan juga lunak.

Jangan lupa untuk cek rasa, jika rasa sudah pas dan sesuai selera, Sedulur masukkan kentang yang telah dipotong sesuai selera Sedulur, dan masukkan juga kayu manis dan batang serai yang telah disediakan. Aduk rata hingga kentang matang dan kuah kari mendidih. Setelah kentang matang, matikan api dan kari ayam kentang siap disajikan.

5. Kari Ayam Kentang Siap Disajikan

5.   Kari Ayam Kentang Siap Disajikan

Kari ayam kentang pun siap disajikan dan dinikmati dengan sepiring nasi. Namun, jika Sedulur ingin langsung memakan kari ayam kentang tanpa menggunakan nasi, hal tersebut tidak menjadi masalah, karena terdapat kentang yang memiliki kalori yang sama dengan nasi. Jangan lupa juga untuk menyiapkan jus buah atau es teh manis, sebagai penetralisir rasa santan agar Sedulur tidak mudah mual saat mengkonsumsi kari ayam.

Semoga resep kari ayam kentang yang telah dijelaskan di atas bisa memberikan panduan bagi Sedulur yang ingin memasak kari ayam kentang sendiri di rumah. Jangan lupa untuk menyiapkan semua bahannya dan membelinya di Aplikasi Super. Karena setiap bahan dan barang keperluan dapur yang dijual di Aplikasi Super memiliki kualitas baik dengan harga yang super murah.

Sedulur bisa cek langsung dengan download Aplikasi Super terlebih dahulu, jangan lupa juga untuk klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut lagi. Mulai gunakan Aplikasi Super saat ini juga, agar hidup Sedulur bisa lebih mudah dan menguntungkan.