Yuk, simak langkah membuat dan resep batagor kuah di bawah ini. Agar Sedulur bisa membuat sendiri di rumah.

Batagor berkuah merupakan merupakan salah satu inovasi dari jajanan batagor. Batagor yang biasanya disajikan dengan bumbu kacang, dibuat inovasi dengan disajikan berkuah. Cara membuat batagor berkuah tidak begitu sulit, salah satu faktor pentingnya adalah kaldu yang dijadikan kuahnya.

Salah satu batagor yang menggunakan kuah yang terkenal adalah batagor kuah bandung. Bandung merupakan tempat asal lahirnya jajanan batagor, berbagai jenis inovasi dari batagor banyak lahir di Bandung, seperti batagor bakar contoh lainnya.

Superapp.id dalam artikel kali ini akan membahas langkah dan cara membuat kuah batagor. Terdapat beberapa resep batagor kuah, di antaranya yaitu resep batagor kuah sederhana, resep batagor kuah bandung dan resep batagor kuah yang umum Sedulur. Yuk, mari kita langsung saja simak resep membuat batagor yang berkuah di bawah ini.

Baca Juga: Resep Lumpia Udang yang Super Nendang. Nikmat Banget!

Langkah dan Resep Membuat Batagor Kuah yang Mudah dan Bikin Nagih

1. Bahan yang Dibutuhkan

1.   Bahan yang Dibutuhkan

Bahan yang Sedulur butuhkan untuk membuat batagor yang berkuah terdiri dari dua jenis, pertama untuk membuat batagornya, kedua untuk membuat kuahnya. Bahan untuk membuat batagornya adalah:

  • 300 gr daging ayam, haluskan
  • 100 gr udang, haluskan
  • 150 gr tepung tapioka
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • Kulit pangsit secukupnya
  • Tahu putih secukupnya, potong segitiga dan goreng hingga kulitnya kecoklatan
  • Air panas secukupnya
  • 4 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam

Selanjutnya, Sedulur juga membutuhkan bahan untuk membuat kuah batagor yang terdiri dari:

  • Tulang dan kulit ayam secukupnya
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • 2 batang seledri
  • 2 batang daun bawang potong panjang-panjang
  • gula, garam, kaldu bubuk dan merica secukupnya
  • air secukupnya

2. Membuat Adonan Batagor

2.   Membuat Adonan Batagor

Setelah bahan terkumpul, cara pertama yang harus Sedulur lakukan adalah membuat adonan batagor terlebih dahulu. Campurkan tepung tapioka, daging ayam, udang, daun bawang dan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, merica bubuk, gula dan garam.

Tuangkan air panas secara perlahan dan aduk hingga adonan kental. Jika adonan terlalu encer, Sedulur bisa menambahkan kembali tepung tapioka dan bahan lainnya, sebaliknya jika adonan terlalu kental Sedulur bisa menambahkan air panas secara perlahan. Usahakan adonan memiliki kekentalan yang pas, tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental.

Baca Juga: Kreasi Resep Sosis Bakar Pedas. Manjain Lidah Banget!

3. Goreng Batagor Hingga Kering

3.   Goreng Batagor Hingga Kering

Cara selanjutnya adalah menggoreng batagor. Terdapat dua jenis batagor yang harus Sedulur goreng. Pertama menggunakan tahu dan kedua menggunakan kulit pangsit. Pertama belah tahu yang telah Sedulur beli menjadi dua bagian, dan masukkan adonan di dalam tahu. Buat beberapa batagor tahu sesuai kebutuhan Sedulur.

Selanjutnya, ambil kulit pangsit, dan masukkan adonan batagor ke dalamnya, dan bungkus dengan bentuk sesuai selera. Buat beberapa buah sesuai kebutuhan Sedulur. Setelah batagor  tahu dan pangsit siap, Sedulur panaskan minyak menggunakan api kecil dan goreng batagor dengan metode deep frying agar batagor renyah dan kriuk di luar dan bagian dalamnya lembut. Angkat batagor yang telah matang dan tiriskan.

4. Buat Kuah Batagor

4.   Buat Kuah Batagor

Bagian penting dalam jajanan batagor berkuah adalah kuah kaldunya. Cara membuatnya sangat mudah, Sedulur tinggal merebus air, dan masukkan semua bahan untuk membuat kuah batagor hingga masak dan mendidih. Jangan lupa juga cek rasa, jika sudah pas kaldu batagor siap dinikmati.

Dalam batagor kuah, kualitas kuah kaldu menjadi faktor penentu nikmatnya menikmati batagor berkuah. Sedulur harus memastikan bahwa kuah kaldu batagor yang Sedulur buat memiliki rasa yang nikmat dengan tingkat kegurihan yang mantap.

5. Sajikan Batagor dengan Kuah

5.   Sajikan Batagor dengan Kuah

Setelah matang dengan cara digoreng, dan kuah kaldu batagor pun mendidih dan rasanya sudah pas. Langkah terakhir adalah menyajikan batagor kuah. Ambil beberapa buah batagor yang telah digoreng, potong-potong batagor dengan ukuran sesuai selera dan masukan dalam mangkuk. Lalu siram batagor dengan kuah dan batagor berkuah pun siap dinikmati.

Semoga langkah membuat dan batagor kuah yang dijelaskan di atas bisa memandu Sedulur untuk membuat batagor kuah sendiri di rumah. Sedulur juga bisa menyiapkan bahan-bahan pembuatannya dan membelinya di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super menyiapkan segala bahan kebutuhan dapur dengan harga super murah.

Sedulur bisa cek langsung dengan download Aplikasi Super terlebih dahulu, jangan lupa juga untuk klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut lagi. Mulai gunakan Aplikasi Super saat ini juga, agar hidup Sedulur bisa lebih mudah dan menguntungkan.