Yuk, mari kita simak daftar perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan untuk buah hati Sedulur.

Sebagai orang tua baru, Sedulur tentu saja harus menyediakan perlengkapan bayi baru lahir. Terdapat beberapa daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli, hal itu penting karena berkaitan dengan kebutuhan bayi untuk pertumbuhan bayi itu sendiri.

Terdapat beberapa macam perlengkapan bayi. Alangkah lebih baiknya Sedulur menyiapkan perlengkapan bayi lengkap agar tidak harus membeli lagi perlengkapan bayi lainnya. Superapp.id dalam artikel kali ini akan menyelaskan daftar perlengkapan bayi yang harus disiapkan. Mulai dari perlengkapan bayi utama, untuk mandi, untuk kebersihan bayi dan lain sebagainya.

Mempunyai bayi merupakan setiap idaman setiap pasangan suami istri. Bayi merupakan buah hati yang akan semakin memperkuat bahtera rumah tangga. Bagi para pasangan suami istri yang menjalani rumah tangga secara lama, menghadapi bayi bukan sesuatu hal baru.

-->

Akan berbeda kondisinya dengan pasangan suami istri baru, memiliki seorang bayi merupakan pengalaman pertama yang menakjubkan. Namun, biasanya pengalaman pertama selalu membutuhkan panduan, terutama terkait mempersiapkan perlengkapan bayi.

Yuk, kita langsung simak saja daftar perlengkapan bayi yang wajib dan harus Sedulur siapkan di bawah ini.

Baca Juga: Daftar Harga Perlengkapan Bayi. Murah & Super Lengkap

Daftar Perlengkapan Bayi yang Baru Lahir yang Wajib Disiapkan!

1. Perlengkapan Utama Bayi

1. Perlengkapan Utama

Perlengkapan bayi yang utama seperti baju, celana dan pakaian bayi lainnya menjadi hal utama yang Sedulur harus pikirkan. Sedulur memang harus menyediakan barang perlengkapan ini agak banyak karena sebagai bahan ganti agar bayi tetap nyaman.

Para orang tua umumnya menyiapkan perlengkapan bayi di antaranya yaitu 2 pak popok/ diaper, 1 perlak atau alas tahan air, setengah lusin kain bedong bayi, setengah lusin celana panjang, setengah lusin celana pendek, setengah lusin baju lengan panjang, setengah lusin baju lengan pendek, setengah lusin jumper lengan pendek dan lusin jumpsuit yang menutup kaki.

2. Bedong

2.   Bedong

Perlengkapan bayi satu ini sangat penting karena untuk membalut tubuh sang buah hati agar tetap hangat. Namun Sedulur juga harus tetap memperhatikan cara menggunakan bedong, jangan terlalu ketat menggunakan bedong kepada bayi, agar bagi tidak sulit bergerak dan menghambat pertumbuhan.

3. Sarung Tangan

3.   Sarung Tangan

Bayi pada umumnya harus selalu menggunakan sarung tangan, agar menghindari kedinginan dan menghindari luka pada kuku bayi yang masih rawan. Namun jangan juga menggunakan sarung tangan bayi berlebihan, karena akan mengganggu sensitivitas sensorik bayi.

4. Kaos Kaki

4.   Kaos Kaki

Kaos kaki ini memiliki fungsi sama seperti sarung tangan, yang untuk menghindari kedinginan dan menghindari kuku kaki bayi agar tidak luka karena masih rawan. Namun juga jangan terlalu berlebihan agar fungsi sensorik bayi tidak terhambat.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Ikan Salmon Untuk Bayi Agar Kuat dan Sehat

5. Sepatu Bayi

5.   Sepatu Bayi

Sepatu bayi ini memiliki fungsi sebagai penghangat badan dan juga sekaligus untuk menghias bayi agar terlihat lebih baik dan lebih gaya jika berpergian. Walaupun memang faktanya bayi yang baru lahir belum bisa berjalan dan tidak perlu diberi sepatu, namun sepatu bayi juga bisa berfungsi sebagai kaos kaki.

6. Mantel Mandi Bayi

6.   Mantel Mandi Bayi

Mantel mandi bayi ini berbeda dengan handuk dan harus dikhususkan terpisah dengan peralatan mandi. Karena mantel bayi ini berfungsi untuk membuat bayi cepat kering ketika setelah mandi. Namun mantel mandi ini juga sepertinya tidak terlalu penting, Sedulur juga harap mempertimbangkan dengan baik perlengkapan bayi yang harus dibeli.

7. Peralatan Mandi Bayi

7. Perlengkapan Mandi

Peralatan bayi satu ini sangat penting, yang harus Sedulur siapkan adalah bak mandi khusus bayi, waslap khusus, dan handuk khusus bayi,. Bayi harus memiliki peralatan mandi yang khusus dan terpisah, demi menjaga kebersihan untuk tumbuh kembang bayi.

8. Perlengkapan Tidur

8. Perlengkapan Tidur

Perlengkapan selanjutnya yang harus disiapkan adalah perlengkapan tidur, bayi membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dibandingkan balita. Oleh karena itu perlengkapan tidur bayi harus nyaman, berikut daftar perlengkapan bayi untuk tidur, seperti bantal dan guling, sprei kasur, nursing cover.

9. Boks Tempat Tidur

9.   Boks Tempat Tidur

Perlengkapan bayi satu ini sangat penting, karena kenyamanan tidur bayi harus diutamakan, agar bayi mendapatkan kualitas tidur yang baik demi tumbuh kembang bayi. Boks tempat tidur bayi ini juga akan membuat Sedulur tenang, karena keamanannya sangat terjaga.

10. Popok Sekali Pakai

10.   Popok Sekali Pakai

Sedulur tidak perlu mempertanyakan lagi perlengkapan satu ini, popok sekali pakai harus selalu Sedulur sediakan sama seperti menyediakan baju dan celana. Sedulur juga lebih baik menyediakan popok sekali pakai karena lebih praktis dan higienis.

11. Pelembab Ruangan

11. Pelembab Ruangan

Suhu dan kelembaban ruangan bayi juga harus tetap dijaga agar bayi mendapatkan udara yang sehat dengan kualitas udara yang bayi. Oleh karena itu Sedulur sebagai orang tua yang baik dan bijak harus menyediakan alat pelembab udara atau humidifier

12. Alat Pembuat Makanan Bayi

12.   Alat Pembuat Makanan Bayi

Bayi harus memiliki makanan khusus, yang jarang sekali ada yang menjualnya. Sedulur harus menyiapkan alat steam khusus untuk membuat makanan bayi agar lembut dan mudah dicerna oleh bayi. Setelah sang bayi bisa mengunyah dan disarankan untuk memakan sesuatu, Sedulur tentu saja harus menyiapkan makanan bayi yang sesuai dengan saran dokter anak. Jangan lupa juga untuk membeli makanan dengan kualitas terbaik, ya!

13. Kursi Makan Bayi

13.   Kursi Makan Bayi

Kursi makan bayi ini akan dibutuhkan ketika bayi Sedulur mulai beranjak tumbuh, kursi makan bayi ini akan memudahkan bayi pada saat makan, karena bayi cenderung akan tidak bisa diam ketika waktu makan tiba, kursi makan bayi ini juga akan mengamankan bayi saat makan.

14. Tempat Ganti Pokok

14.   Tempat Ganti Pokok

Mengganti popok bayi tidak harus di tempat khusus. Sedulur bisa melakukannya di tempat tidur dengan diberi alas terlebih dulu. Namun, jika Sedulur ingin lebih aman dan lebih mudah, Sedulur bisa membeli tempat ganti popok khusus untuk bayi.

15. Kursi Goyang Bayi

15.   Kursi Goyang Bayi

Bayi baru lahir sebenarnya tidak terlalu membutuhkan kursi goyang. Perlengkapan ini biasanya digunakan jika bayi sudah mulai bisa duduk. Kursi goyang ini juga bisa membuat bayi nyaman dan juga bisa dijadikan untuk menenangkan bayi jika menangi.

16. Penghangat Botol Susu

16.   Penghangat Botol Susu

Peralatan bayi satu ini sangat penting untuk mensterilkan botol susu, karena botol susu merupakan alat penting yang akan sering digunakan dan harus tetap dijaga kebersihannya. Salah satu cara untuk menjaga tetap steril adalah dengan menghangatkan botol susu.

17. Perlengkapan Menyusui

17. Perlengkapan Menyusui

Perlengkapan ini dibutuhkan oleh setiap ibu, hal tersebut tentu saja untuk kepentingan sang bayi. Peralatan menyusui sangat dibutuhkan, hal ini untuk kenyamanan sang bayi dan juga untuk kenyaman sang ibu juga. Yang harus disiapkan adalah bra khusus untuk menyusui, pompa ASI, botol pompa dan lain sebagainya.

Daftar perlengkapan menyusui yang harus dilengkapi oleh Sedulur yang dimaksud adalah:

  • 1 lusin bra menyusui
  • 1 pak breast pad
  • 5 pak pembalut nifas
  • 1 stagen
  • 2 – 3 baju menyusui
  • 1 pak minuman atau makanan ASI booster
  • 1 pompa ASI elektrik
  • 1 – 2 lusin botol ASI
  • 2 pak kantong ASI
  • 2 botol susu
  • 1 tas pompa ASI

Perlengkapan bayi satu ini merupakan perlengkapan penting karena bayi masih mengandalkan ASI untuk asupan gizi demi tumbuh kembang bayi itu sendiri.

18. Perlak Bayi

18.   Perlak Bayi

Perlak atau alas anti air ini akan berfungsi sebagai alas kasur bayi untuk menghindari air kencing bayi mengenai kasur langsung saat tidak memakai popok sekali pakai. Alasi lagi bagian atasnya dengan kain tipis seperti kain untuk membedong ini agar kulit bayi tetap nyaman.

19. Sabun Khusus Bayi

19.   Sabun Khusus Bayi

Sedulur wajib memilih sabun bayi yang bebas beraroma parfum dan tidak mengandung detergen berbahaya, karena aroma parfum ini akan membuat kulit bayi yang sensitif akan iritasi. Selain itu, pilih sabun yang tidak terlalu banyak menghasilkan busa, anti bakteri dan memiliki kandungan yang dapat melembabkan kulit bayi.

20. Shampo Bayi

20.   Shampo Bayi

Sedulur juga ada baiknya menyiapkan sabun yang juga sekaligus berfungsi sebagai shampo bayi, agar rambut bayi juga bisa tumbuh dengan baik dan juga rambut bayi bisa terawat dengan baik. Hindari penggunaan shampo yang berlebihan agar tidak terkena mata bayi yang masih sensitif.

21. Body Lotion Bayi

21.   Body Lotion Bayi

Perlengkapan bayi ini cenderung sangat penting, karena kulit bayi masih sangat sensitif terkenal iritasi dan rawan terluka. Untuk mencegah hal tersebut, Sedulur wajib memberikan body lotion khusus bayi agar kulit bayi tetap terjaga dan terhindar dari segala macam bahaya dan penyakit.

22. Peralatan Kebersihan

22.   Peralatan Kebersihan

Bayi masih rentan terhadap virus, bakteri dan kuman, oleh karena itu perlengkapan kebersihan bayi juga harus turut serta diperhatikan, berikut daftar perlengkapan kebersihan bayi untuk menjaganya agar tetap bersih. Di antaranya detergen khusus, sabun cuci khusus, kapas bulat khusus bayi. Alkohol 70% untuk mensterilkan barang kebersihan seperti gunting kuku, botol dan lainnya.

Berikut ini akan Superapp.id runutkan perlengkapan bayi yang dibutuhkan agar Sedulur bisa mempersiapkannya dengan baik, di antaranya adalah:

  • 2 detergen khusus untuk bayi
  • 2 sabun cuci untuk botol susu dan peralatan lainnya
  • 1 sikat botol bayi
  • 1 pak kasa hidrofil steril
  • Alkohol 70% untuk membersihkan tali pusar dan mensterilkan gunting kuku bayi
  • 1 gunting kuku khusus bayi
  • 1 set sisir bayi model combo
  • 1 botol baby oil untuk pijat bayi
  • 1 botol minyak telon
  • 2 pak kapas bulat
  • 1 toples ukuran kecil atau sedang
  • 2 baby bibs katun

23. Pembersih Botol

23.   Pembersih Botol

Alkohol 70% untuk mensterilkan barang kebersihan seperti gunting kuku, botol dan lainnya. Selain itu Sedulur juga harus menyiapkan sikat dan lap steril khusus untuk membersihkan botol. Jangan lupa juga menyiapkan toples ukuran kecil dan sedang sebagai cadangannya.

24. Perlengkapan Bepergian

24.   Perlengkapan Bepergian

Walaupun disarankan untuk tidak banyak bepergian terlebih dahulu, namun jika dalam kondisi penting dan keadaan mendadak bayi juga harus Sedulur bawa serta. Perlengkapan bepergian ini juga berfungsi untuk menyimpan segala kebutuhan bayi yang harus dibawa selama bepergian. Salah satu barang yang paling penting untuk disiapkan adalah stroller dan gendongan bayi.

Semoga daftar perlengkapan bayi yang telah diulas di atas bisa memberikan gambaran bagi Sedulur sebagai orang tua baru. Jangan lupa untuk membeli beberapa perlengkapan di Aplikasi Super, agar Sedulur bisa berhemat dan mendapatkan untung. Karena harga setiap barang di Aplikasi Super jauh lebih murah dengan kualitas terbaik, hal ini akan membuat Sedulur lebih menguntungkan.

Menggunakan Aplikasi Super bukan hanya memberikan keuntungan dan kemudahan dalam hal belanja belanja kebutuhan perlengkapan bayi saja, namun juga untuk kebutuhan sembako dan kebutuhan dapur. Dalam kondisi apapun Aplikasi Super siap melayani setiap kebutuhan sembako dan kebutuhan apapun yang dibutuhkan oleh Sedulur Super sekalian untuk menjalankan kegiatan sehari-hari..

Aplikasi Super akan memberikan pelayanan yang maksimal dan prima bagi setiap Sedulur Super sekalian. Hal ini dikarenakan Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia.

Seperti apapun kondisi yang terjadi, Aplikasi Super sebagai sebuah platform digital yang bergerak di bidang sembako selalu siap untuk memberikan pelayanan bagi setiap Sedulur Super, para pelanggan setia Aplikasi Super. Sedulur juga boleh klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi, karena banyak informasi dan program dari Aplikasi Super yang bisa menuntun Sedulur mendapatkan untung super melimpah.