Rambut Sedulur bercabang? Yuk, simak cara mengatasi rambut bercabang di bawah ini. Agar rambut Sedulur sehat dan bernutrisi.

Bagi sebagian orang, memiliki rambut bercabang merupakan hal yang sangat mengganggu. Rambut bercabang menunjukan bahwa rambut sedang dalam kondisi yang tidak sehat. Hal tersebut tentu saja harus segera ditangani dengan cara yang tepat.

Superapp.id dalam artikel kali ini akan membahas cara mengatasi rambut bercabang dengan tepat, mulai dari cara mengatasi rambut bercabang dengan lidah buaya hingga menggunakan shampo untuk rambut bercabang.

Terdapat beberapa cara mengatasi rambut bercabang, yaitu diantaranya cara mengatasi rambut bercabang dan rontok, cara mengatasi rambut bercabang dan patah, cara mengatasi rambut bercabang dan mengembang, cara mengatasi rambut bercabang parah, hingga cara menghilangkan rambut bercabang tanpa dipotong.

Yuk, langsung saja kita simak cara mengatasi rambut bercabang yang bisa Sedulur lakukan dengan mudah dan terbukti ampuh dengan menyimak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Cara Merawat Rambut Tetap Sehat, Lembut & Berkilau

Daftar Cara Mengatasi Rambut Bercabang yang Terbukti Ampuh!

1. Gunakan Kondisioner Rambut

1. Gunakan Kondisioner Rambut

Cara mengatasi rambut bercabang yang pertama adalah dengan menggunakan kondisioner rambut secara rutin dan teratur. Kondisioner rambut dapat membantu rambut Sedulur mendapatkan nutrisi yang cukup dan membuat rambut menjadi lebih sehat.

Gunakan kondisioner rambut seminggu sekali setelah berkeramas, jangan terlalu sering dan terlalu jarang menggunakan kondisioner, hal ini bertujuan agar rambut Sedulur mendapatkan nutrisi untuk mencegah rambut bercabang.

2. Menggunakan Masker Rambut

2.   Menggunakan Masker Rambut

Masker rambut dapat membuat rambut lembat dan membuat akar rambut menjadi lebih kuat. Salah satu penyebab rambut bercabang adalah rambut yang kering dan akar rambut yang rapuh. Salah satu cara mengatasi rambut bercabang yang ampuh adalah dengan menggunakan masker rambut.

Sedulur dapat membeli produk masker rambut yang sesuai dan cocok dengan rambut Sedulur, banyak toko kecantikan ataupun supermarket yang menjual banyak jenis masker rambut yang bisa Sedulur pilih dengan bebas sesuai selera.

3. Bilas Rambut dengan Air Lemon

3.   Bilas Rambut dengan Air Lemon

Air lemon bisa digunakan untuk merawat rambut dan menghindari rambut bercabang. Air lemon juga merupakan kondisioner alami yang ampuh untuk membersihkan segala kuman dan kotoran yang ada pada rambut. Air lemon merupakan bahan alami yang ampun untuk mencegah kerusakan rambut.

Sedulur bisa menggunakan air lemon dan oleskan pada rambut. Diamkan sebentar dan lalu keramas menggunakan shampo dan bilang menggunakan air hangat. Rambut bercabang pun dijamin akan hilang.

4. Menggunakan Lidah Buaya

4.   Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki manfaat yang baik untuk rambut. Banyak sekali produk kesehatan rambut yang memiliki kandungan lidah buaya di dalamnya. Agar dapat merawat rambut lebih alami, Sedulur bisa menggunakan lidah buaya secara langsung.

Oleskan lidah buaya pada rambut, dan ratakan hingga rambut dan kulit kepala terkena lidah buaya. Tunggu beberapa saat, dan bilas dengan air hangat. Lebih baik lagi ketika membilas sambil melakukan gerakan memijat kulit kepala.

Tunggu rambut hingga kering, lalu berkeramas menggunakan shampo dan bilas. Rambut Sedulur pun dijamin akan terasa lebih sehat, dan rambut bercabang pun akan hilang secara perlahan. Lakukan ini secara rutin, maka rambut Sedulur pun akan lebih sehat lagi.

Baca Juga: 13 Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

5. Menyisir Rambut dengan Benar

5.   Menyisir Rambut dengan Benar

Untuk mencegah rambut Sedulur bercabang dan juga sekaligus untuk merawat rambut agar lebih sehat, Sedulur harus menyisir rambut dengan benar. Berikut cara menyisir rambut yang benar akan dijelaskan di bawah ini:

  • Jangan pernah menyisir rambut langsung setelah keramas. Rambut yang basah ternyata lebih rentan patah dibandingkan rambut kering. Solusinya, tunggu rambut hingga kering baru kemudian sisir rambut hingga rapi.
  • Gunakan sisir bergigi jarang, atau wet brush. Agar menghindari rambut kusut yang biasa terjadi setelah keramas, disarankan untuk menggunakan sisir bergigi jarang. Atau, gunakan sisir dengan label wet brush yang memang dirancang untuk rambut basah.
  • Lebih baik menyisir rambut sebelum keramas atau ketika keramas. Ada baiknya Sedulur mengurai kusut sebelum berkeramas. Hal ini dapat  menghemat waktu dan mengurangi risiko rambut kusut, patah, atau tertarik.
  • Yang paling penting adalah memilih sisir sesuai jenis rambut. Sisir tidak hanya 1 jenis, dan setiap jenisnya diperuntukan bagi setiap rambut yang berbeda. Pilih sisir yang sesuai dengan jenis rambut Sedulur.

 6. Potong Rambut Secara Rutin

 6.   Potong Rambut Secara Rutin

Memotong rambut secara rutin adalah bagian dari cara merawat rambut. Terutama memotong rambut bagian bawah, menghilangkan rambut yang bercabang. Rambut bercabang menandakan adanya kerusakan pada struktur rambut.

Jika dibiarkan, rambut akan mengalami kerusakan bahkan hingga ke akar rambut di kulit kepala. Maka cara yang paling tepat untuk mencegah akar rambut rusak adalah dengan rutin memotong rambut sekitar 6-8 minggu.

Rambut bercabang menandakan rambut kering dan telah kekurangan nutrisi, agar kekeringan tidak terus merambat hingga akar rambut, Sedulur hanya perlu memotong sekitar 2-3 cm saja. Tidak perlu memotong secara keseluruhan atau memotong secara berlebihan.

7. Gunakan Handuk dengan Benar

7.   Gunakan Handuk dengan Benar

Penyebab umum rambut menjadi bercabang, kering, rusak dan mudah patah adalah cara penggunaan handuk yang tidak benar. Sedulur pasti seringkali menggosok rambut basah dengan cara digesek agar rambut cepat kering. Namun ternyata cara tersebut salah besar.

Cara mengeringkan rambut menggunakan handuk adalah dengan memijat rambut secara lembut, agar air yang terdapat dalam rambut dapat terserap dengan sempurna. Pemilihan handuk dengan bahan yang tepat juga merupakan bagian penting dalam cara merawat rambut.

8. Perhatikan Nutrisi untuk Rambut

8.   Perhatikan Nutrisi untuk Rambut

Akan sangat percuma Sedulur melakukan cara merawat rambut untuk mengatasi rambut bercabang tetapi di sisi lain tidak memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Cara merawat rambut pun akan sia-sia jika kebutuhan nutrisi untuk rambut tidak tercukupi.

Berikut ini beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut agar tetap sehat dan mengkilap:

  • Protein: telur, ikan, daging, dan kacang-kacangan
  • Vitamin A: wortel, labu, bayam, susu, telur, dan yogurt
  • Vitamin B: kuning telur, hati, salmon, alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian, dan produk susu
  • Vitamin C: jeruk, stroberi, dan paprika
  • Vitamin D: ikan berlemak, dan kuning telur
  • Vitamin E: biji bunga matahari, almond, bayam, dan alpukat
  • Zat besi: tiram, kerang, telur, daging merah, dan bayam
  • Zinc: tiram, daging sapi, dan biji labu
  • Omega 3: salmon, sereal, sarden, dan yogurt

Sedulur bisa mengonsumsi makanan di atas sebagai bagian penting untuk nutrisi bagi rambut. Jangan lupa juga untuk membeli shampoo, conditioner dan alat kecantikan lainnya di Aplikasi Super. Karena Apikasi Super menyediakan kebutuhan dengan lengkap.

Sedulur juga bisa membeli makanan untuk melengkapi nutrisi kebutuhan rambut dengan membelinya di Aplikasi Super. Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, jangan lupa pelajari segala sesuatu tentang Aplikasi Super.