Apa saja sih daftar makanan khas Madiun? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Jika berkunjung ke suatu kota atau daerah, mencari makanan khas sudah menjadi kegiatan wajib. Belum sah rasanya jika berkunjung ke suatu kota tanpa mencicipi makanan khasnya. Salah satu kota yang memiliki segudang makanan khas terkenal adalah Madiun.

Makanan khas Madiun yang paling dikenal luas oleh masyarakat Indonesia adalah nasi pecel. Hingga banyak warung nasi pecel yang didirikan di luar kota Madiun untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan nasi pecel.

Namun bukan hanya nasi pecel saja makanan khas Madiun, terdapat beberapa makanan khas lainnya. Mulai dari oleh oleh khas Madiun, kuliner khas Madiun, makanan enak di Madiun dan berbagai tempat wisata kuliner di Madiun yang menjual makanan khasnya.

-->

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar makanan khas Madiun yang wajib Sedulur coba ketika berada di Madiun, apa saja makanan khasnya? Yuk, mari langsung saja kita simak ulasannya.

Baca Juga: 7 Wisata Kuliner Lamongan Paling Enak, Wajib Coba!

Daftar Makanan Khas Madiun yang Wajib Sedulur Coba!

1. Nasi Pecel

1.   Nasi Pecel

Nasi pecel sudah pasti menjadi kuliner Madiun pertama yang harus Sedulur coba ketika berada di Madiun. Beragam aneka sayuran dan aneka lauk yang disajikan dengan nasi putih dan disiram dengan sambal pecel yang khas, menjadi kenikmatan dari nasi pecel itu sendiri. Jangan sekali-kali melewatkan kesempatan untuk mencoba nasi pecel khas Madiun, jika Sedulur tidak ingin menyesal.

2. Soto Kutilang

2.   Soto Kutilang

Walaupun tidak sepopuler soto Lamongan atau Soto Madura, soto Madiun juga merupakan salah satu makanan khas Madiun yang wajib Sedulur coba. Soto Kutilang merupakan salah satu soto khas Madiun dengan menggunakan ayam kampung sebagai bahan utamanya.

3. Nasi Jotos

3.   Nasi Jotos

Berbeda dengan nasi pecel, nasi jotos serupa dengan nasi kucing yang ada di warung nasi angkringan khas Jogja. Sambal nasi jotos sangat pedas, cocok dengan lauk yang berupa tempe, tahu, sate usus, ayam dan berbagai aneka lauk lainnya.

4. Pentol Corah

4.   Pentol Corah

Tidak ingin makan berat, Sedulur bisa menikmati pentol corah sebagai makanan khas Madiun lainnya. Pentol corah cocok dijadikan camilan saat Sedulur sedang jalan-jalan atau berkeliling di sekitar kota Madiun untuk berwisata.

5. Lento

5.   Lento

Terbuat dari parutan singkong, yang dicampur dengan tempe, cabai keriting, cabai rawit, lengkuas, bawang putih, dan daun jeruk ini, memberikan rasa yang segar sekaligus pedas. Lento juga sering kali dijadikan oleh-oleh khas Madiun.

Baca Juga: 20 Wisata Kuliner Surabaya Enak & Murah. Wajib Ke Sini!

6. Brem

6.   Brem

Masyarakat Indonesia secara luas telah mengenal kuliner satu ini. Oleh-oleh khas Madiun ini terbuat dari beras yang telah difermentasi. Saat ini brem telah tersedia dengan aneka macam rasa yang semakin menambah kekhasan rasa brem itu sendiri.

7. Madumongso

7. Madumongso

Madumongso merupakan makanan khas Madiun serupa jenang. Menggunakan ketan hitam hitam sebagai bahan pembuatan utamanya, madumongso memiliki rasa yang agak asam dan manis sehingga menghasilkan rasa yang unik dan tentu saja enak.

8. Bluder Cokro

8.   Bluder Cokro

Bluder Cokro merupakan tujuan wisata kuliner di Madiun. Banyak sekali yang menitip bluder cokro kepada setiap yang berkunjung ke Madiun. Roti yang memiliki tekstur lembut dengan beraneka ragam isian ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Madiun yang selalu banyak dibeli.

9. Kue Manco

9.   Kue Manco

Kue manco merupakan kue tradisional dari Madiun. Terbuat dari ketan, beras dan kacang ini memiliki rasa yang khas dan nikmat ketika dikunyah. Kabarnya, hanya masyarakat di Desa Tambakmas, Madiun yang mampu membuat kue manco dengan rasa yang enak dan sempurna.

10. Lempeng Puli

10.   Lempeng Puli

Lempeng Puli merupakan kerupuk khas Madiun, serupa dengan kecimpring dari Jawa Barat. Terbuat dari nasi yang diolah sedemikian rupa, lempeng puli memiliki rasa yang enak dan renyah. Hati-hati, lempeng puli ini tidak bertahan lama dan mudah basi, karena sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet.

11. Lontong Tahu Telor

11.   Lontong Tahu Telor

Makanan khas Madiun yang terakhir adalah lontong tahu telor yang dijual sebagai hidangan untuk sarapan. Lontong tahu telor juga memiliki nama lain yaitu tahu panggung, kuliner yang terdiri dari lontong, tahu dan telur yang disiram dengan bumbu kacang yang merupakan sambal khas Madiun.

Semoga daftar kuliner khas Madiun yang telah diulas di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur sekaligus juga menjadi panduan Sedulur yang berencana untuk berwisata kuliner di Madiun. Jangan lupa untuk menggunakan Aplikasi Super selama Sedulur di Madiun ya. Agar kegiatan Sedulur menjadi lebih mudah dan menguntungkan.

Jangan lupa juga klik di sini untuk mengunjungi lama Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih jauh. Pelajari bagaimana cara mendapatkan untung super melimpah yang diberikan oleh Aplikasi Super.