software engineer

Software engineering adalah pekerjaan yang berkaitan dengan dunia IT, software engineer biasa juga disingkat dengan SE. Profesi atau karir ini menjanjikan gaji yang menggiurkan, terutama di era digital saat ini, pekerjaan ini merupakan salah satu pekerjaan dengan status sosial yang tinggi.

Bagi kamu yang tertarik dengan pekerjaan ini, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama segala hal terkait software engineer itu sendiri. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Ide Bisnis Digital yang Paling Menguntungkan

Apa itu software engineer?

Software Engineer
Techarea

Software engineer adalah ahli yang bekerja menganalisis kebutuhan dan desain pengguna, konstruksi, serta uji perangkat lunak seperti aplikasi. Pekerjaannya berkaitan dengan bahasa pemrograman seperti C++, Java, dan Python saat merancang software untuk aplikasi komputer, aplikasi seluler, platform cloud, dan aplikasi web.

SE juga biasanya bekerja dengan jenis pekerjaan lain, seperti i software developer, programmer, dan spesialis quality control untuk memastikan aplikasi dapat berjalan dengan lancar. Sederhananya, seorang SE berperan dalam penerapan software dan memastikan software tetap berjalan.

Tugas dan tanggung jawab

Techarea

Mungkin Sedulur bertanya terkait tugas dan tanggung jawab seorang SE? Berikut ini beberapa tugas dan tanggung jawab yang wajib diemban oleh seorang software engineer, yaitu:

  • Bekerja dengan pengguna untuk mengetahui kebutuhan mereka mengenai software
  • Merancang, membangun, dan juga mengetes sebuah sistem atau aplikasi berdasarkan spesifikasi yang diminta oleh pengguna
  • Bekerja sama dengan developer untuk menciptakan kode yang sesuai untuk sistem atau aplikasi dengan menggambarkan model atau diagram
  • Mendokumentasikan semua sistem atau aplikasi secara detil sebagai bentuk pertanggung jawaban saat melakukan maintenance.
  • Mengelola aplikasi atau software secara berkala serta memperbaiki kesalahan yang terjadi
  • Merekomendasikan software update untuk aplikasi atau sistem yang sudah ada
  • Berkolaborasi dengan developer dan engineer lainnya untuk menciptakan software

Segala hal terkait penerapan software dan juga berjalannya sebuah software merupakan tugas dan tanggung jawab dari seorang SE.

Lantas apa saja sih skill yang dibutuhkan oleh seorang software engineer? atau kita sering mendengarnya dengan istilah software engineer requirements. Berikut ini beberapa skill atau kemampuan yang dibutuhkan:

1. Kemampuan programming

Software engineer
Depositphotos

Karena software engineer tugas berkaitan dengan sebuah sistem bagian dalam komputer, maka untuk menjadi seorang SE kamu wajib memiliki skill programming. C++, Java, Python, C#/.Net, dan Ruby. Jika Sedulur merupakan lulusan dari universitas dengan studi IT kemungkinan besar Sedulur akan lebih banyak mengetahui bahasa pemrograman lainnya.

Nah, hal ini bisa menjadi salah satu nilai plus untuk menunjukkan kelebihan Sedulur dalam bidang programming. Kemampuan ini bisa didapatkan bukan hanya melalui pendidikan kuliah saja, namun juga dengan mengikuti berbagai workshop dan juga latihan-latihan yang dilakukan secara disiplin.

2. Harus teliti

Unsplash

Software engineer job description berkaitan dengan berjalannya sebuah software, untuk memastikan software berjalan dengan baik, seorang SE harus melakukan banyak hal setiap harinya. Salah satunya dengan cek secara teliti barisan kode yang menjadi dasar sebuah software itu sendiri.

Maka dari itu, tidak heran jika seorang SE setiap harinya harus cek barisan kode yang tentu saja hal ini dapat membuat pusing. Ada satu huruf, angka atau kombinasi huruf-angka-simbol yang tidak sesuai, hal tersebut dapat membuat sebuah software atau program tidak berjalan dengan baik.

Untuk itu, diperlukan sebuah ketelitian bagi seorang SE, untuk memastikan segalanya berjalan lancar. Bukan hanya itu, seorang SE juga harus siap dengan kegiatan seperti testing atau debugging yang dibutuhkan kesabaran dan ketelitian. Menjadi seorang yang teliti  akan membuatmu menyelesaikan masalah dan memastikan bahwa tidak akan ada kesalahan sama yang akan terjadi.

3. Kerja sama tim

Deposit Photos

Seorang software engineer harus mampu dan memiliki kemampuan kerja tim yang baik. Seorang software engineer bekerja di bidang teknologi yang terus mengalami perubahan dan perkembangan yang cepat setiap harinya, tentu ini menuntut seorang SE untuk mampu beradaptasi dengan perubahan.

Beradaptasi dan mengikuti alur kerja yang lumayan berat juga merupakan kewajiban yang harus dimiliki oleh seorang SE itu sendiri.

4. Mudah beradaptasi

software engineer
Techaeris

Penjelasan sebelumnya menyinggung bahwa seorang SE harus mudah beradaptasi. Bagian dari beradaptasi adalah memiliki fleksibilitas kerja dan memiliki kemauan untuk mempelajari kemampuan-kemampuan baru. Seorang SE bekerja di bidang teknologi yang terus berubah dan berkembang secara cepat.

Hal ini membuat SE akan dihadapkan banyak tantangan dan membuatmu terus beradaptasi. Oleh karena itu, penting untuk beradaptasi dengan pace kerja yang cepat, beradaptasi untuk kerja di mana saja, bahkan beradaptasi dengan orang-orang baru.

5. Kemampuan multitasking

Global Tech Entrepreneurship

Sering kali Sedulur dituntut untuk bisa mengelola beberapa proyek dalam tenggat waktu tertentu. Hal inilah yang membuat Sedulur harus dapat menyusun skala prioritas dalam mengelola proyek. Tujuannya agar semua pekerjaan bisa selesai tepat waktu sesuai prioritasnya.

Multitasking bagi software engineer juga berarti melibatkan beberapa tugas secara berurutan. Apalagi dalam pengembangan perangkat lunak, ada berbagai tahapan yang harus dilakukan. Jadi, Sedulur harus mampu melakukan semua proses tersebut dengan efisien.

6. Memiliki rasa ingin tahu

Software Engineering
AECC Global

Sebagai seorang SE Sedulur harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, karena perkembangan teknologi yang cepat dan dinamis, mengharuskan Sedulur harus terus menggali informasi baru dan selalu mengikuti tren. Dengan rasa ingin tahu yang tinggi, Sedulur akan menambah pemahaman yang lebih luas terkait software itu sendiri.

Banyak media yang kini bisa Sedulur dengarkan untuk mengisi rasa ingin tahu, seperti mendengarkan podcast dan youtube tentang software atau juga mengikuti trend software di media sosial.

Jenjang karir software engineer

ZipRecruiter

Kamu yang tertarik menjadi seorang SE karena merasa memiliki kualifikasi yang telah dijelaskan di atas, bisa mulai belajar dan mengembangkan diri agar kamu bisa menjadi seorang SE yang baik dan layak. Namun, apakah Sedulur sudah tahu jenjang karir bagi profesi software engineer itu apa saja?

Berikut ini jenjang karir dari seorang SE yang umum dimiliki oleh setiap perusahaan teknologi digital saat ini. Yaitu:

  • Junior software engineering
  • Software engineering
  • Senior software engineering
  • Architect/principal software engineering

Selain jenjang karir dan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang SE. Kamu juga harus tahu kualifikasi yang harus dimiliki oleh seorang SE. Atau prasyarat yang harus dipenuhi. Berikut ini beberapa daftar kualifikasi yang harus dimiliki seorang SE yang selalu diminta oleh perusahaan teknologi, yaitu:

1. Ijazah S-1

software engineer
NU Online

Hampir setiap pekerjaan saat ini membutuhkan ijazah sarjana atau S-1. Secara spesifik ijazah sarja dalam bidang teknologi atau jurusan lain yang berkaitan. Karena di Indonesia sendiri saat ini mustahil untuk mendaftar kerja jika tidak memiliki ijazah sarjana. Terutama mendaftar kerja yang memiliki jenjang karir.

Program studi yang biasanya dibutuhkan untuk menjadi seorang SE adalah matematika, fisika, IT, teknik komputer dan jurusan atau program studi yang berkaitan lainnya.

2. Telah magang

Techaeris

Perusahaan yang akan merekrut seorang SE biasanya akan melihat satu poin plus, apakah mereka pernah melakukan magang atau tidak. Peluang seseorang yang pernah melakukan magang dengan pekerjaan yang serupa akan memiliki kesempatan yang lebih besar.

Alasannya jelas, [perusahaan akan menganggap seseorang yang pernah magang sudah siap untuk bekerja, ditambah pengalaman bekerjanya bisa dilacak dan dapat memiliki indikasi atau ukuran yang jelas. Setidaknya, mereka sudah akrab dengan tanggung jawab penuh seorang SE.

Tatapi, jika Sedulur baru mulai ingin magang, jangan lupa untuk memperbaiki CV menjadi lebih meyakinkan dan terlihat bahwa Sedulur benar-benar memiliki antusias dengan pekerjaan itu. Akan lebih baik pula jika kamu sudah memiliki portofolio.

3. Memiliki sertifikat

Pinhome

Menjadi seorang software engineer yang berkualitas harus memiliki beberapa sertifikasi yang berkaitan dengan pengembangan kemampuan dan skill yang kamu miliki. Banyak workshop atau pelatihan yang memberikan sertifikasi. Berikut ini beberapa lembaga pelatihan yang bisa memberikan sertifikat yang bernilai, yaitu:

  • Oracle Certified Associate and Oracle Certified Professional (OCA and OCP)
  • Microsoft Certified Solutions Developer (MCSD): App Builder
  • Certified Secure Software Lifecycle Professional (CSSLP)

4. Telah menerima penghargaan

Software Engineer
ZipRecruiter

Ini memang bukan sebuah kualifikasi yang wajib dimiliki oleh seorang SE, namun jika kamu memiliki penghargaan yang telah kamu capai, tentu saja akan lebih baik dan memudahkan Sedulur untuk bisa menjadi SE di perusahaan teknologi yang kamu inginkan.

Cara mendapatkan penghargaan bisa Sedulur lakukan dengan rajin mengikuti perlombaan. Dengan berpartisipasi mengikuti perlombaan, Sedulur bisa mendapatkan penghargaan yang akhirnya akan bermanfaat sebagai bagian dari kualifikasi yang Sedulur miliki. Ini juga berpengaruh bagi Sedulur saat negosiasi gaji yang Sedulur inginkan.

BACA JUGA: Telemarketing: Pengertian, Tugas, Karir & Skill yang Dibutuhkan

Berapa gaji software engineer?

Boot.dev

Lantas berapa sih gaji software engineer di Indonesia? Tentu setiap perusahaan yang bergerak di bidang digital dan berbasis aplikasi pasti memiliki seorang software engineer. Setiap perusahaan pun memiliki gaji yang berbeda-beda untuk setiap SE yang mereka kerjakan.

Namun umumnya, software engineer gaji di Indonesia berkisar di angka Rp 5 juta hingga Rp 8 juta. Ini tercatat sebagai seorang SE pemula atau fresh graduate. Seiring dengan bertambahnya pengalaman dan kemampuan kerja seorang SE, gajinya pun secara perlahan akan bertambah. Bahkan dapat mencapai hingga Rp 30 juta setiap tahunnya.

Nilai gaji yang fantastis tentu saja, namun hal tersebut sebanding dengan tugas dan tanggung jawab yang dijalankan seorang SE. Ditambah lagi, skill yang dibutuhkan pun merupakan skill yang berkualitas yang didapatkan secara resmi melalui sebuah pelatihan.

Nah itulah tadi segalah hal terkait pekerjaan yang bernama software engineer, semoga pekerjaan di atas bisa membantu Sedulur menambah wawasan, terutama terkait pilihan karir yang bisa dipilih dan ditekuni. Pada dasarnya, seperti apapun jenis pekerjaannya, kita harus selalu bertanggung jawab dan baik dalam tugas dan tanggung jawab kerja.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.