Yuk simak cara membuat dan resep keripik kulit lumpia di bawah ini, sebagai alternatif camilan untuk Sedulur.

Keripik kulit lumpia merupakan camilan yang biasa kita jumpai saat hari raya tiba. Baik hari raya Idul Fitri atau hari raya Idul Adha, keripik kulit lumpia merupakan camilan yang renyah dan gurih. Sedulur bisa membuatnya sendiri, karena bahan dan cara membuatnya sangat mudah untuk dilakukan.

Supperapp.id dalam artikel kali ini akan membahas resep dan cara membuat keripik dari kulit lumpia. Salah satu jenis resep kulit lumpia dari beberapa resep lumpia ini bisa menjadi alternatif camilan nikmat untuk menikmati minum kopi atau minum teh.

Tanpa harus berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak cara membuat keripik kulit lumpia dengan beberapa tahapan di bawah ini.

-->

Baca Juga: Resep Membuat Kulit Lumpia Kering & Basah Anti Gagal

Resep dan Cara Membuat Keripik Kulit Lumpia

1. Bahan yang Dibutuhkan

Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat resep makanan apapun, Sedulur tentu saja membutuhkan bahan-bahan. Termasuk membuat keripik lumpia. Bahan yang Sedulur butuhkan untuk membuat kripik lumpia ini adalah:

  • 8 lembar kulit lumpia
  • Tepung terigu 2 sdm
  • Air sebanyak 60 ml
  • Garam, cabai bubuk dan penyedap rasa secukupnya

 2. Buat Adonan Basah Kripik Lumpia

Buat Adonan Basah Kripik Lumpia

Setelah bahan terkumpul, selanjutnya adalah  cara membuat kulit lumpia. Sedulur siapkan mangkuk atau wadah untuk membuat adonan basah untuk keripik kulit lumpia. Masukkan tepung terigu sebanyak 2 sdm ke dalam wadah, tambahkan air 60 ml. Aduk rata adonan hingga basah.

Adonan basah ini digunakan sebagai lem agar kulit lumpia rapat dan memiliki bentuk bulat sempurna. Jika ingin memberikan garam dan penyedap rasa pada adonan, Sedulur bisa menambahkan secukupnya. Karena fungsi adonan ini hanya sebagai perekat saja.

3. Lipat-Lipat Kulit Lumpia

Lipat-Lipat Kulit Lumpia

Langkah selanjutnya adalah melipat atau menggulung kulit lumpia. Siapkan lembaran kulit lumpia yang telah disediakan, gulung atau lipat kulit lumpia. Ukurannya sesuai selera. Jika Sedulur menginginkan keripik kulit lumpia yang besar, Sedulur bisa menggulungnya dengan lingkaran yang besar.

Jika Sedulur menginginkan keripik kulit lumpia yang kecil, Sedulur bisa menggulungnya dengan lingkaran kecil. Setelah digulung, gunakan adonan untuk merekatkan gulungan kulit lumpia dan buat beberapa gulungan kulit lumpia sesuai selera.

4. Gunting Gulungan Kulit Lumpia

Gunting Gulungan Kulit Lumpia

Sebelum digoreng, Sedulur harus menggunting gulungan kulit lumpia tadi. Sebenarnya Sedulur bisa menggunting sesuai selera Sedulur. Namun, agar ketika digoreng memiliki bentuk yang cantik, Sedulur disarankan menggunting gulungan kulit lumpia secara menyerong.

Gunting serong kulit lumpia, masukkan dalam wadah hingga penuh. Jika gulungan kulit lumpia telah tergunting semua, Sedulur selanjutnya menyiapkan minyak panas untuk menggoreng keripik kulit lumpia.

Baca Juga: 20+ Resep Lumpia Spesial Terenak yang Bikin Nagih

5. Goreng Keripik Kulit Lumpia

Goreng Keripik Kulit Lumpia

Langkah terakhir adalah menggoreng keripik kulit lumpia. Siapkan minyak dalam wajan, panaskan menggunakan api kecil. Tunggu minyak panas terlebih dahulu, setelah panas masukan perlahan potongan kulit lumpia, lalu goreng hingga berubah warna.

Setelah kulit lumpia kering, angkat kulit lumpia dan tiriskan. Simpan kulit lumpia dalam wadah lalu tambahkan garam, penyedap bubuk, dan cabai bubuk sesuai selera. Keripik kulit lumpia pun siap disajikan dan dihidangkan.

Cara membuat keripik kulit lumpia di atas tidak terlalu sulit. Bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah untuk di dapat. Terutama kulit lumpia, Sedulur tidak akan kesulitan untuk mendapatkan kulit lumpia. Hampir setiap toko kelontong menjual kulit lumpia.

Karena saat ini banyak cemilan atau jajanan yang menggunakan bahan dasar kulit lumpia. Oleh karena itu telah banyak warung yang menyediakan kulit lumpia. Namun jika Sedulur menginginkan kulit lumpia dengan kualitas bagus dan harga super murah, Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super.

Aplikasi Super menyediakan kulit lumpia dan aneka bahan masakan makanan beku lainnya. Kualitasnya terjamin dan harga beli pun sangat murah. Dua hal tersebut merupakan keuntungan yang akan Sedulur dapatkan ketika belanja kebutuhan dapur di Aplikasi Super.

Sedulur jangan lupa untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini, pelajari lebih jauh segala hal yang berkaitan dengan Aplikasi Super. Jangan lupa juga download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya. Gunakan Aplikasi Super mulai dari sekarang untuk setiap kebutuhan harian Sedulur Super sekalian.