contoh landasan teori

Landasan teori sangat diperlukan untuk mengerjakan skripsi, penelitian maupun karya ilmiah. Landasan teori bisanya terdapat pada bab 2 dan berisi tentang teori-teori yang akan mendukung penelitian. Nah, artikel ini akan membahas mengenari contoh landasan teori.

Landasan teori akan mendukung pokok permasalahan yang akan diteliti sehingga diharapkan mampu menjadi acuan atau pedoman. Lantas apakah sudah paham mengenai apa itu landasan teori? Yuk simak artikel di bawah ini yang akan membahas mengenai pengertian dan cara membuat landasan teori.

BACA JUGA : Pengertian Frasa Beserta Jenis-Jenisnya & Contohnya

Pengertian

contoh landasan teori
pixabay

Landasan teori adalah teori-teori yang relevan dengan penelitian yang sedang dilakukan. Landasan teori ini selanjutnya akan dijadikan sebagai dasar analisi untuk menjelaskan fakta-fakta yang ada.

Melansir dari digilib.unimed.ac.id,landasan teori adalah alur logika atau penalaran yang merupakan seperangkat konsep, definisi, dan proporsi yang disusun dengan sistematis. Penelitian yang baru tidak dapat lepas dari penelitian yang terlebih dahulu yang telah dilakukan oleh peneliti lain.

Sedangkan menurut Sugiono (2010:54) dalam salah satu bukunya berpendapat bahwa landasan akan menjadi dasar yang kuat falam peneitian yang akan dilakukan. Dapat disimpulkan bahwa landasan teori merupakan pernyataan yang disusun secara sistematis dan mempunyai variabel yang akan menguatkan serta memperjelas masalah yang akan diteliti. Isi landasan teori  adalah teori-teori dan hasil penelitian, dimana teori dan hasil penelitian yang digunakan ini digunakan sebagai kerangka teori peneliti untuk menyelesaikan penelitian.

Pengertian landasan teori menurut para ahli

Unsplash

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai landasan teori menurut para ahli :

  • Sugiyono (2012)

Sugiyono berpendapat bahwa landasan teori adalah dasar riset yang perlu ditegakkan agar penelitian memiliki dasar yang kokoh dan bukan sekadar perbuatan coba-coba atau trial and error.

  • Neuman

Neuman berpendapat mengenai teori ini sebagai konsep, proposisi, dan definisi yang digunakan untuk dapat melihat sebuah fenomena secara sistematis. Digunakan untuk melihat spesifikasi hubungan antar-variabel yang memudahkan dalam meramalkan fenomena penelitian.

  • Moleong

Menurut pendapat Moleong. landasan tersebut didefinisikan sebagai seperangkat proposisi yang terintegrasi secara sintaksis (mengikuti aturan tertentu yang menghubungkan secara logis dengan data yang diamati) dan berperan sebagai wahana untuk meramalkan dan menjelaskan fenomena yang diamati.

  • Sardar Ziauddin

Sardar Ziauddin mengemukakan pendapat bahwa landasan teori sebagai sistem konsep abstrak yang digunakan untuk melihat apakah ada hubungan konsep. Dimana teori ini digunakan untuk memahami sebuah fenomena yang terjadi dan beliau memandang teori ini sebagai konsep dasar penelitian sosial yang dapat menjelaskan hubungan dengan tersistematis, terperinci atau tidak.

BACA JUGA : Legislatif: Pengertian, Tugas, Fungsi dan Contohnya

Fungsi landasan teori

contoh landasan teori
Pexels

Landasan teori harus memenuhi fungsi dari landasan teori yang meliputi :

  • Explanation :untuk memperjelas masalah yang akan diteliti
  • Prediction : sebagai dasar dari perumusahan hipotesisi dalam penelitian
  • Control : untuk memberikan saran dan upaya dari pemecahan masalah penelitian

Jadi landasan teori akan menjelaskan variabel yang dilakukan penelitian, merumuskan hipotesis ataupun menyusun instrumen penelitian, hingga mengontrol masalah dalam sebuah penelitian.

Cara membuat landasan teori

contoh landasan teori
Pixabay

Setelah mengetahui pengertian dan juga fungsi dari landasan teori, berikut cara menulis landasan teori yang perlu Sedulur perhatikan :

1. Menentukan teori

Langkah pertam ayang harus dilakukan adalah menentukan teroi yang relevan dengan permasalahan penelitian yang sedang dilakukan. Sedulur dapat melakukan ini dengan menetapkan variabel apa saja yang akan diteliti. Mencari variabel dapat menggunakan judul penelitian sebagai dasarnya, seperti Sedulur membuat latar belakang.

2. Mengumpulkan sumber

Setelah mennruka teori, langkah berikutnya adalah mencari dan mengumpulkan sumber dengan sebanyak-banyaknya. Perlu diperhatikan bahwa sumber yang dicari harus sesuai dan relevan dengan penelitian yang dilakukan. Sumber dapat didapatkan melalui buku, jurnal, artikel dan yang lainnya. Sumber yang diambil harus kredibel dan juga terbaru, terbitan mulai dari 5-10 tahun.

3. Menyeleksi sumber

Setelah mendapatkan sumber yang banyak, maka Sedulur harus menyeleksinya terlebih dahulu sebelum digunakan. Baca dengan cermat dan juga analislah poin-poin penting yang ada dalam sumber. Jika sudah sesuai dengan variabel yang akan teliti, maka sumber tersebut dapat digunakan.

4. Merumuskan kembali teori

Langkah selanjutnya adalah merumuskan kembali teori yang ada di dalam sumber. Catatlah judul, nama penulis dan tahun terbit sumber yang akan dikutip. Kemudian Sedulur dapat merumuskan kembali teori tersebut menggunakan bahasa Sedulur sendiri tanpa merubah isi dan juga maksudnya.

5. Menulis landasan teori

Langkah terkahir adalah menulis landasan teori yang sudah dikumpulkan. Penulisan landasan teori selalu berkaitan dengan menulis kutipan dan daftar pustaka. Oleh sebab itu, Sedulur harus dapat mempelajari bagaimana cara menulis kutipan dan daftar pustaka.

Nah, untuk lebih jelasanya, simak beberapa contoh landasan teori di bawah ini.

BACA JUGA : Sishankamrata: Pengertian, Ciri-ciri dan Komponennya

Contoh landasan teori

1. Contoh landasan teori makalah

 

contoh landasan teori
99.co

2. Contoh landasan teori karya ilmiah

contoh landasan teori
99.co

3. Contoh landasan teori paper

 

contoh landasan teori
mapel.id

4. Contoh landasan teori skripsi

contoh landasan teori
mapel.id

5. Contoh landasan teori proposal penelitian kualitatif

contoh landasan teori
mapel.id

Demikianlah penjelasan tentang landasan teori, cara membuat dan juga contohnya. Landasan teori biasanya terdapat pada bab 2 dan berisi mengenai teori-teori yang dapat mendukung penelitian.  Landasan teori harus ada di dalam setiap penelitian meskipun masih dalam bentuk proposal karya ilmiah.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!