Sedang fokus mempelajari cara memulai bisnis online? Yuk, langsung saja simak tips di bawah ini.

Menjalankan bisnis secara online sedang menjadi tren saat ini. Banyak pebisnis yang mulai mencari cara memulai bisnis online dari nol. Bagaimana cara memulai bisnis online sama dengan memulai bisnis sebagaimana umumnya, namun penggunaan teknologi digital menjadi fokus dalam menjalankan bisnis online.

Artikel kali ini akan memberi tips dan cara memulai bisnis online untuk pemula. Seperti cara memulai bisnis online di instagram dan juga termasuk di dalamnya cara memulai bisnis online shop baju. Mengetahui cara memulai bisnis online memang sebuah keharusan, mengingat dunia saat ini bergerak secara digital.

Perkembangan teknologi digital yang pesat turut mempengaruhi dan menentukan jalannya bisnis yang dilakukan secara online. Dinamika bisnis online tidak bisa terlepas dari perkembangan teknologi digital yang terus memberikan kemajuan setiap harinya.

Teknologi digital dan bisnis online saling mempengaruhi satu sama lain, tanpa berlama-lama, langsung saja kita simak ulasan langkah dan tips dalam cara memulai bisnis online apa saja yang bisa Sedulur lakukan.

Baca Juga: 10 Tips Memulai Bisnis Frozen Food, Cara Jual dan Modalnya

Daftar Cara Memulai Bisnis Online

1. Memperhatikan Produk yang Akan Dijual

Memperhatikan Produk yang Akan Dijual

Wajib Sedulur ketahui dan jangan sampai lupa, bahwa setiap bisnis selalu memiliki risiko. Termasuk juga dalam cara memulai bisnis online. Selalu Ingat beberapa risiko yang akan terjadi ketika Sedulur berjualan barang secara online, terutama dalam proses pengiriman.

Pertimbangkan dan pastikan bahwa barang yang akan dijual aman dan terkirim sampai kepada pembeli. Sedulur pun harus mengetahui kurir mana yang cocok dengan produk yang Sedulur jual. Contohnya dalam menjual baju, menggunakan jasa kurir dengan pengiriman selama dua hari tentu saja akan aman. Memperhatikan produk dan kurir merupakan tips pertama dalam cara memulai bisnis online.

Namun berbeda halnya  ketika Sedulur akan menjual makanan yang memang tidak tahan lama. Kita harus pandai mencari kurir yang dapat mengantar makanan secara cepat dalam waktu beberapa jam, agar ketika sampai ke tangan pembeli rasa dan bentuk makanan tidak rusak dan masih dapat dinikmati.

2. Tentukan Platform Bisnis Online

Tentukan Platform Bisnis Online

Cara memulai bisnis online selanjutnya adalah memilih dan menentukan platform bisnis online yang sesuai. Akan sangat bijak menentukan platform apa saja yang akan digunakan untuk mempromosikan bisnis online yang dijalani. Dengan begitu, Sedulur bisa menyusun strategi yang tepat untuk produk yang akan dijual di bisnis online yang sedang ditekuni.

Jangan sampai Sedulur menjual produk pada platform yang tidak sesuai dengan target pembeli. Dan pastikan platform tersebut dapat mempermudah para pembeli untuk mendapatkan produk yang Sedulur jual.

Ambil contoh, misalkan Sedulur menjual barang-barang elektronik yang harganya mencapai jutaan rupiah, Sedulur harus pandai dalam memilih platform yang memang sudah menyediakan sistem pembelian secara kredit dengan perhitungan dan keamanan yang terjamin.

Platform bisnis online saat ini banyak tersedia dan juga banyak yang memberikan tawaran kerjasama yang menggiurkan. Pelajari dengan baik dan secara seksama setiap kebijakan dan peraturan dari setiap platform bisnis online.

Banyak juga marketplace yang memberikan ruang untuk setiap pengusaha online menjual produknya. Betapa pun menggiurkannya promosi dan bonus yang diberikan oleh setiap platform dan marketplace online, Sedulur harus tetap hati-hati dan jangan mudah tergiur. Sebagai cara untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan terjadi di depan.

3. Perhatikan Kualitas Produk

Perhatikan Kualitas Produk

Dalam cara menjalankan bisnis online, kualitas produk harus benar-benar diperhatikan. Penjualan secara online berarti pembeli hanya dapat melihat produk yang kita jual dari foto dan dari keterangan yang Sedulur berikan mengenai produk tersebut. Maka, kita harus menjaga kepercayaan pelanggan dengan memperhatikan kualitas produk yang kita jual.

Jangan lupa bahwa menarik pelanggan tidak hanya melalui platform digital saja, bisa jadi dari mulut ke mulut. Ketika produk yang Sedulur tawarkan memang bagus dan tidak mengecewakan pembeli, maka memungkinkan para pembeli menyebarkannya kepada rekan sejawatnya

Seperti sebuah testimoni, penyebaran informasi dari mulut ke mulut juga masih sangat ampuh sebagai ajang untuk mempromosikan bisnis. Terutama untuk meyakinkan dan meningkatkan kepercayaan para calon pembeli terhadap produk dari bisnis online yang Sedulur jalani.

Bayangkan saja jika kita kecolongan dan menjual barang dengan kualitas buruk, hal tersebut tentu saja akan mengecewakan pembeli dan akan membuat pembeli tersebut tidak lagi belanja di online shop Sedulur. Pembeli tersebut pun akan menyebarkan kabar kekecewaannya kepada rekan-rekannya.

Hal ini akan memberikan dampak buruk bagi perkembangan bisnis online shop yang kita jalani. Bisnis online shop juga merupakan bisnis kepercayaan. Saling percaya antara pembeli dan penjual merupakan faktor utama yang menentukan bisnis online shop kita sukses atau tidak.

4. Buat Foto Produk yang Jujur dan Menarik

Buat Foto Produk yang Jujur dan Menarik

Karena pembeli tidak langsung melihat produk yang Sedulur jual, membuat foto produk yang jujur dan menarik adalah cara selanjutnya dalam langkah dan cara memulai bisnis online.Hal ini dilakukan agar menarik para pembeli.

Foto produk yang menarik juga bisa menyihir pelanggan untuk membeli produk online yang Sedulur jual. Namun tetap perhatikan kejujuran dan usahakan memotret produk apa adanya sebagaimana yang produk yang Sedulur miliki, tidak perlu di lebih-lebihkan atau dikurangi.

Sebelum membuat foto produk, Sedulur dapat mencari contoh foto produk yang menurut kita sesuai untuk menarik pembeli. Tak ada salahnya kita mencontoh konsep foto tersebut, namun jangan lupa kita harus fokus dalam pengambilan foto produk sebagai objek utama.

Di era digital saat ini, foto produk merupakan hal penting. Karena kita menjual barang yang tidak dapat langsung dilihat oleh calon pembeli, untuk mengatasi hal tersebut maka foto produk diciptakan agar pembeli dapat yakin untuk membeli produk kita.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Toko Kelontong Modern Untuk Pemula

5. Berikan Promosi dan Diskon

Berikan Promosi dan Diskon

Salah satu strategi dalam menjalankan bisnis online adalah memberikan beberapa promosi dengan memberikan potongan harga. Promosi akan lebih dapat menarik pembeli, hal ini sangat ampuh karena tidak ada yang tidak menyukai diskon.

Promosi dan diskon juga bisa dilakukan sebagai bagian dari pengenalan brand online shop yang dijalani. Branding merupakan hal penting dalam menjalankan bisnis. Karena setiap bisnis yang sukses merupakan bisnis yang memiliki branding yang kuat.

Bahkan jika branding bisnis kita telah kuat, semahal apapun harga produk yang kita jual, pembeli akan rela membeli walaupun mereka sadar bahwa harganya sangat mahal. Hal tersebut manfaat dari memiliki branding yang kuat.

Cara memulai bisnis online dan menjalankannya akan sangat mengandalkan bagaimana strategi bisnis dilakukan. Salah satu strategi bisnis yang ampuh adalah dengan memberikan promosi dan diskon. Namun terdapat beberapa strategi bisnis lainnya yang bisa Sedulur lakukan sebagai bagian dalam cara memulai bisnis online. Yuk, langsung saja simak ulasannya.

6. Ketahui Target Pasar

Ketahui Target Pasar

Strategi bisnis dalam cara memulai bisnis online adalah mengetahui target pasar. Dengan mengetahui target pasar juga akan sangat mempengaruhi langkah Sedulur menentukan platform yang sesuai. Lakukan survey langsung, agar Sedulur mengetahui kondisi lapangan dan target pasar dan bisa menentukan langkah yang sesuai.

Sebelum menjual sebuah produk secara profesional, tentu saja Sedulur harus menjadi konsumen terlebih dahulu. Dengan menjadi pemakai produk yang Sedulur jual, maka Sedulur dapat mengetahui siapa target pasar dan apa yang mereka inginkan dari produk yang kita jual tersebut.

Menjadi konsumen untuk produk sendiri bisa dilakukan setelah Sedulur melakukan survey sebagai data perbandingan. Hal ini akan membuat Sedulur lebih mengerti kebutuhan pasar dan apa yang diinginkan pembeli dari bisnis online yang dijalani.

Dengan mengetahui target pasar Sedulur juga akan lebih efisien dan lebih fokus dalam menentukan arah jalannya bisnis online yang sedang dirintis. Mengetahui target pasar adalah salah satu jenis strategi bisnis yang penting untuk diketahui, karena dengan mengetahui target pasar kita dapat menentukan visi bisnis online Sedulur ke depannya.

7. Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas dan inovasi merupakan modal penting dalam cara memulai bisnis online dan menjalankannya. Oleh karena itu, setiap pengusaha atau pelaku bisnis harus membekali diri dengan berbagai ilmu pengetahuan dan wacana lainnya sebagai sumber inspirasi.

Ide kreatif dapat menjadi sumber inspirasi dalam menciptakan suatu inovasi produk tertentu sehingga akan memberikan peluang sukses yang lebih besar pada bisnis online yang sedang Sedulur jalankan. Selain itu, dengan kreativitas dan inovasi yang Sedulur tawarkan dapat juga meningkatkan kepercayaan konsumen.

Tingkat kepercayaan konsumen sangat penting untuk kita dapatkan, karena dengan mendapatkan kepercayaan konsumen apapun produk yang kita jual, konsumen akan dengan yakin membelinya. Itu mengapa kreativitas dan inovasi masuk sebagai strategi bisnis yang wajib diketahui.

8. Manajemen Bisnis

Manajemen Bisnis

Manajemen merupakan hal yang tidak kalah penting dalam menjalankan suatu bisnis, termasuk juga bisnis online. Salah satu hal penting yang berkaitan dengan manajemen yang dimaksud adalah manajemen keuangan. Ingat, keuangan merupakan nyawa dari setiap bisnis yang kita jalankan.

Salah satu manajemen keuangan yang penting untuk dilakukan adalah melakukan proses akuntansi secara tepat dan akurat. Selain itu mengandalkan teknologi dalam proses akuntansi juga salah satu strategi untuk mendapatkan keuntungan maksimal pada bisnis.

Walaupun menjalankan bisnis online dapat memangkas biaya operasional, namun pengaturan keuangan harus dilakukan agar bisnis dapat berjalan sebagaimana seharusnya.

9. Berhemat Dalam Penggunaan Uang

Berhemat Dalam Penggunaan Uang

Selain mengetahui cara memulai bisnis online, dan juga mengetahui strategi bisnis yang tepat, Sedulur juga harus sebisa mungkin berupaya mempertahankan bisnis. Khawatir kondisi buruk bisa tiba-tiba terjadi. Seperti saat ini, adanya Covid-19 tentu saja mempengaruhi sektor bisnis.

Covid-19 sangat dikhawatirkan dapat memicu krisis finansial yang lebih buruk dibandingkan krisis keuangan yang pernah terjadi sebelumnya. Penting bagi Sedulur untuk menempuh langkah-langkah berbeda agar nafas bisnis online bisa berjalan lebih lama.

Langkah wajib yang perlu Sedulur tempuh dengan menekan pengeluaran dengan berbagai cara supaya likuiditas bisa lebih kuat. Misalnya, menekan biaya operasional dari pos-pos rutin seperti tagihan listrik, air, dan internet.

Kita ambil contoh lainnya, jika usaha kita bergerak di bidang makanan. Kebijakan work from home membuat pembelian di tempat turun drastis. Sedulur bisa menekan biaya operasional dengan mengoptimalkan layanan pemesanan dan antar pesanan, yang tidak membutuhkan kehadiran karyawan terlalu banyak. Hal ini juga yang menjadi poin utama dalam cara memulai bisnis online, yaitu melakukannya secara online, walaupun secara offline urusan administrasi tetap berjalan.

Karena tidak melayani pembeli di tempat, Sedulur juga tidak perlu menyalakan semua lampu dan mesin pendingin udara di kedai sepanjang waktu operasional. Hemat juga biaya pemasaran dengan mengoptimalkan media sosial secara maksimal.

Tunda dulu pengeluaran untuk belanja modal yang menguras dana besar. Jika memungkinkan, lakukan negosiasi dengan pemasok terkait pembayaran yang mungkin bisa diperpanjang. Pertimbangkan juga negosiasi dengan perbankan bila pembayaran cicilan utang terasa memberatkan.

10. Persiapkan untuk Skenario Terburuk

Persiapkan untuk Skenario Terburuk

Walaupun artikel ini membahas mengenai cara memulai bisnis online, bukan berarti tidak memikirkan skenario terburuk. Pebisnis yang baik adalah pebisnis yang memikirkan setiap langkah ke depan, dengan segala risiko yang membayanginya.

Selain itu, mempersiapkan skenario terburuk juga merupakan cara mempertahankan bisnis di tengah krisis, seperti saat ini, musibah pandemi COVID-19 ini jelas berpengaruh besar terhadap bisnis siapapun.

Bukan hanya pasar yang mendadak lesu secara drastis seiring kebijakan PSBB, gangguan pasokan barang dan bahan juga mengganggu aktivitas bisnis. Belum lagi pembatalan permintaan atau project yang sebelumnya telah disepakati seiring kejadian wabah ini. Hal itu jelas mempengaruhi nasib bisnis.

Maka itu, sebagai langkah antisipasi, buatlah business plan atau perencanaan yang juga memuat proyeksi atas keberlanjutan usaha kita, paling tidak hingga setahun ke depan. Misalnya, proyeksi dari sisi pendapatan usaha, tingkat pengeluaran, kelanjutan permodalan dan sebagainya.

Bisnis online merupakan bisnis yang sangat bergantung dengan teknologi. Memanfaatkan dan mengoptimalkan teknologi sudah menjadi sebuah keharusan dalam cara memulai bisnis online. Cara memulai bisnis selanjutnya adalah dengan memanfaatkan teknologi sebagai sesuatu yang wajib dilakukan oleh setiap pebisnis yang bergerak di secara online.

Bukan hanya manajemen bisnis dan keuangan yang menjadi nyawa dalam setiap bisnis, di era digital seperti saat ini, memanfaatkan teknologi merupakan hal yang penting dan juga menjadi nyawa agar bisnis dapat berjalan.

Pemanfaatan teknologi untuk bisnis dapat memotong biaya produksi yang dibutuhkan. Contohnya jika sebuah pekerjaan dapat dilakukan dengan teknologi mesin hingga robot, makan otomatis biaya operasional karyawan juga dapat ditekan.

Terlebih lagi jika kita bergerak di sebuah bisnis digital, kita dapat menjalankan bisnis secara otomatis dengan memanfaatkan platform yang ada. Saat ini banyak platform yang ada, yang menawarkan segala kemudahan dalam menjalankan hidup.

Salah satu platform yang dimaksud adalah Aplikasi Super. Aplikasi Super menawarkan kemudahan kepada setiap masyarakat yang akan belanja sembako. Selain belanja sembako lebih mudah karena bisa dilakukan secara online, belanja sembako di Aplikasi Super juga jauh lebih untung.

Hal ini membuat setiap masyarakat yang belanja sembako di Aplikasi Super bisa berkemungkinan mendapatkan keuntungan dari harga sembako murah yang Aplikasi Super berikan. Apa yang dilakukan Aplikasi Super, merupakan penerapan dalam memanfaatkan teknologi yang baik dan optimal.

Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari cara daftar Aplikasi Super agar kita bisa lebih memaksimalkan Aplikasi Super untuk kebutuhan sehari-hari. Jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki Aplikasi Super.