Butuh ide bisnis makanan ringan? Yuk simak daftarnya di bawah ini.

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang sangat suka camilan menyebabkan berjamurnya bisnis makanan ringan. Mulai dari makanan ringan berkuah atau goreng, beragam jenis makanan ringan yang ditawarkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

Bagi Sedulur yang berminat menjalankan bisnis makanan ringan, ada baiknya mempelajari contoh rencana bisnis makanan ringan yang telah terbukti kesuksesannya. Selain itu, artikel kali ini juga akan membahas beragam ide bisnis makanan ringan yang mungkin bisa menjadi inspirasi bisnis Sedulur.

Mulai dari bisnis makanan ringan kriuk, bisnis makanan ringan unik, bisnis makanan ringan kekinian, bisnis makanan ringan modal kecil, hingga bisnis makanan ringan online. Yuk, mari langsung saja kita simak daftar bisnis makanan ringan sebagai referensi bisnis Sedulur.

-->

Baca Juga: 18+ Ide dan Peluang Bisnis Online Yang Terbukti Menghasilkan

Daftar Ide Bisnis Makanan Ringan Kekinian dan Menguntungkan

1. Cireng Khas Jawa barat

Cireng Khas Jawa barat

Cireng atau kepanjangan dari aci digoreng, merupakan makanan ringan yang dalam beberapa tahun belakang sedang menjadi tren. Aci merupakan tepung tapioka atau tepung kanji. Cireng berasal dari dari Jawa Barat yang mayoritas adalah suku Sunda.

Orang Sunda menyebut tepung tapioka atau tepung kanji dengan nama aci. Banyak inovasi cireng yang saat ini dijual, mulai dari cireng dengan bumbu rujak, hingga cireng dengan bumbu siomay. Karena banyaknya bahan yang dapat dikreasikan dengan cireng, menjadikan cireng salah satu bisnis makanan ringan yang menjanjikan.

2. Bakso Bakar Khas Malang

Bakso Bakar Khas Malang

Jika Sedulur orang asli Malang, tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan ringan satu ini. Bakso bakar merupakan makanan ringan khas Malang yang sudah dijual sejak lama. Bumbu bakso bakar khas Malang juga berbeda dengan bumbu bakso bakar lainnya.

Oleh karena itu, menjadikan bakso bakar khas Malang sebagai ide bisnis makanan ringan bisa sangat menguntungkan. Sekaligus mengenalkan bakso bakar Malang kepada masyarakat yang lebih luas lagi.

3. Keripik Pisang

Keripik Pisang

Salah satu makanan ringan yang menguntungkan untuk dijadikan ide bisnis makanan ringan adalah keripik pisang. Keripik pisang memiliki rasa gurih, manis dan asin. Banyak masyarakat yang menyukai keripik pisang sebagai camilan.

Kebiasaan camilan masyarakat Indonesia ini menjadikan munculnya berbagai macam kuliner yang diolah sedemikian rupa agar bisa dikonsumsi sebagai camilan. Salah satu contohnya adalah keripik pisang. Pisang yang belum sepenuhnya matang, diolah sedemikian rupa dan digoreng agar bisa memiliki tekstur kriuk seperti keripik pada umumnya.

4. Siomay Kering

Siomay Kering

Inovasi dan kreasi dari siomay satu ini menghasilkan sebuah camilan yang gurih dan nikmat. Siomay kering, makanan ringan yang memiliki rasa gurih dan kriuk. Selain itu, siomay kering juga banyak digunakan sebagai campuran untuk makanan ringan lain, contohnya seperti seblak.

Memiliki rasa yang nikmat dan dibutuhkan untuk makanan lain, akan sangat menguntungkan dengan menjadikan siomay kering sebagai ide bisnis makanan ringan.

5. Aneka Seblak

Aneka Seblak

Makanan khas Sunda ini dalam 10 tahun belakangan tengah berkembang pesat, mulai dari seblak basah hingga seblak kering banyak dijadikan sebagai bisnis makanan ringan yang bisa dititipkan di warung. Seblak termasuk kategori usaha makanan ringan dan juga usaha makanan rumahan.

Hal tersebut karena seblak bisa kita jual di rumah secara online dan juga seblak bukan termasuk makanan berat. Banyak orang membeli seblak sebagai cemilan untuk menghilangkan lapar, namun malas untuk makan berat.

Seblak ini memiliki rasa yang unik dan khas, aroma yang kuat dan rasanya yang pedas bisa membuat tubuh kita hangat. Apalagi jika dimakan saat cuaca sedang dingin. Menjadikan seblak sebagai usaha rumahan sudah pasti dijamin dapat memberi kita keuntungan dan menambah pemasukan kita.

Baca Juga: Ide Bisnis Fotografi yang Menguntungkan

6. Gurilem Bandung

Gurilem Bandung

Gurilem merupakan singkatan dari gurih dan pelem, dalam bahasa Sunda pelem berarti lembut. Gurilem memiliki bentuk seperti kerupuk, dengan bentuk panjang dan rasanya yang pedas. Jika Sedulur kebetulan berkunjung ke Bandung, Sedulur akan menemui banyak penjual gurilem.

Gurilem sangat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, menjadikan gurilem sebagai ide bisnis makanan ringan akan sangat menguntungkan bagi dan memberikan kita pemasukan yang tidak terduga.

7. Kue Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang

Kue kering manis yang memiliki bentuk seperti bunga ini merupakan makanan ringan khas Betawi. Kita akan menemukannya dalam setiap perayaan hari raya seperti Idul Fitri atau Idul Adha. Setiap toko makanan ringan umumnya telah menyediakan kue kembang goyang sebagai salah satu menu dagangan.

Menjual kue kembang goyang bisa kita jadikan referensi untuk menjalankan bisnis makanan ringan. Karena pamornya yang telah dikenal oleh masyarakat, kita tidak akan begitu kesulitan untuk memasarkan kembang goyang.

8. Lidi Pedas

Lidi Pedas

Makanan ringan yang sedang ramai saat ini adalah lidi pedas. Lidi berasal dari spaghetti yang digoreng kering, dan dibumbi oleh bumbu asin dan pedas. Menghasilkan rasa yang gurih dan pedas dengan lidi yang kriuk.

Banyak masyarakat yang menyukai lidi pedas ini, hal tersebut terbukti dengan banyaknya penjual lidi pedas yang bisa kita temui di pinggir jalan. Kita hanya perlu mengemas lidi pedas sedikit lebih rapi, dan juga menambahkan varian rasa seperti rasa jagung bakar, balado dan bawang goreng.

9. Makaroni Basah

Makaroni Basah

Makaroni yang digoreng setengah matang, akan menghasilkan tekstur yang lembut dan cenderung basah. Kemudian, dibumbui dengan bumbu asin dan pedas. Salah satu makanan ringan yang sedang tren saat ini adalah makaroni basah.

Namun bagi yang memiliki permasalahan lambung atau tidak kuat pedas, tidak disarankan untuk menikmati makaroni basah. Karena rasanya yang pedas dapat memberikan dampak buruk bagi pencernaan.

10. Gorengan

Gorengan

Makanan ringan yang tidak diragukan lagi kelezatannya adalah gorengan. Coba Sedulur perhatikan, hampir di setiap daerah dan di setiap kota, Sedulur bisa melihat penjual gorengan dengan aneka gorengan yang ditawarkan.

Gorengan merupakan salah satu ide bisnis makanan ringan yang cemerlang, karena banyak masyarakat yang menyukai gorengan, keuntungan yang bisa didapatkan juga tidak sedikit.

11. Tahu Sumedang

Tahu Sumedang

Masyarakat Jawa Barat pasti sudah sangat mengenal kuliner satu ini. Makanan ringan satu ini memiliki warna cokelat, berbeda dengan tahu yang umumnya berwarna kuning. Kita bisa menikmati tahu Sumedang dengan ketupat atau lontong.

Biasanya di terminal atau jalan lintas provinsi bisa ditemukan penjual tahu Sumedang. Tahu Sumedang sangat cocok dijadikan ide bisnis makanan ringan, karena bisa memberikan keuntungan yang tidak sedikit.

12. Keripik Singkong

Keripik Singkong

Salah satu jenis keripik lainnya, yaitu keripik singkong. Di supermarket atau di minimarket pun kita bisa menemukan berbagai macam produk yang menjual keripik singkong. Keripik singkong memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang kriuk.

Menjual keripik singkong akan sangat menguntungkan, ditambah lagi bahan singkong untuk membuat keripik singkong tidak terlalu sulit di dapat.

13. Kuaci

Kuaci

Salah satu makanan ringan yang cocok untuk menemani nonton film salah satunya adalah kuaci, menjadikan kuaci sebagai ide bisnis makanan ringan sangat cocok sekali. Kuaci yang berasal dari biji bunga matahari ini, sangat cocok menjadi camilan, karena tidak terlalu mengenyangkan makan sebanyak apapun juga.

14. Siomay

Siomay

Siomay merupakan salah satu makanan ringan yang bisa kita jual untuk mendapatkan keuntungan. Menjual siomay sangat menguntungkan, karena rasanya yang gurih dan bumbu kacang yang disukai banyak orang menjadikan siomay memiliki daya tarik tersendiri.

15. Batagor

Batagor

Batagor atau versi goreng dari siomay, merupakan alternatif lain untuk ide bisnis makanan ringan. Menjual batagor juga bisa berbarengan dengan siomay, karena siomay dan batagor memiliki bumbu kacang yang sama. Dalam salah satu usaha, kita bisa sekaligus menjalankan dua ide bisnis yang berbeda.

16. Nugget Sosis Goreng

Nugget Sosis Goreng

Menjual nugget goreng dan menjadikannya sebagai ide bisnis makanan ringan akan sangat menguntungkan, karena kita bisa berkreasi dengan menjualnya bersama dengan sosis yang dijual dengan bentuk tusukan dan lalu digoreng. Kita bisa menjual makanan ringan satu ini di depan SD atau SMP.

17. Telur Gulung

Telur Gulung

Menjadikan telur gulung sebagai bisnis makanan ringan dapat memberikan kita keuntungan yang berlimpah, pasalnya kita tidak membutuhkan modal besar untuk menjual telur gulung, cukup telur yang dicampur dengan sedikit air dan digoreng lalu digulung dengan lidi. Kita bisa menjualnya langsung dan menyajikannya.

18. Piscok

Piscok

Pisang coklat merupakan salah satu ide bisnis makanan ringan yang juga patut dicoba. Pisang dan coklat yang digulung dengan kulit lumpia dan lalu digoreng hingga matang, memiliki rasa gurih yang sangat cocok dijadikan camilan.

19. Donat Kentang

Donat Kentang

Donat dengan berbahan kentang juga bisa kita coba sebagai bisnis makanan ringan. Menjual donat dengan berbagai topping, baik itu keju, coklat, hingga green tea. Kita bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual donat, karena rasanya yang lezat dan bentuknya yang unik merupakan perpaduan untuk laris di pasaran.

20. Sistik

Sistik

Salah satu jenis kue kering yang biasa kita temui ketika lebaran tiba. Kita juga bisa menjual sistik sebagai ide bisnis makanan ringan. Sistik sangat menguntungkan, karena rasanya yang gurih dan setiap memakannya akan kesulitan untuk berhenti. Karena itu menjual sistik bisa memberikan kita keuntungan yang melimpah.

Semoga daftar ide bisnis makanan ringan di atas bisa menjadi inspirasi bisnis untuk Sedulur bagi yang ingin mulai mencoba berbisnis. Jangan lupa siapkan setiap bahan untuk membuat makanan ringan di atas, agar bisnis yang dijalankan lancar.

Sedulur bisa membeli bahan untuk membuat makanan ringan di atas di Aplikasi Super. Setiap bahan yang tersedia di Aplikasi Super dijamin lengkap dan juga memiliki harga yang sangat murah. Jangan lupa juga untuk mulai menggunakan Aplikasi Super, karena Aplikasi Super juga bisa dijadikan sebagai partner untuk mengembangkan usaha.

Jika tidak percaya, klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, dan pelajari lebih jauh segala sesuatu yang berkaitan dengan Aplikasi Super. Jangan lupa juga download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya. Karena Aplikasi Super bisa memenuhi setiap kebutuhan sehari-hari dan juga bisa memberikan pelayanan yang dibutuhkan, salah satunya adalah transaksi digital.