resep peyek udang

Sedang mencari referensi camilan atau lauk makan hari ini? Sedulur bisa mencoba resep peyek udang sederhana. Sajian ini hampir disukai semua orang karena rasanya yang enak, renyah, dan gurih. Selain enak, udang juga mengandung protein tinggi yang baik untuk tubuh.

Cara membuat peyek udang terbilang praktis. Bahan-bahannya pun mudah didapat. Penasaran seperti apa cara membuatnya? Intip resep peyek udang tepung terigu berikut ini.

BACA JUGA: 8 Resep Risol Mayo Gurih, Nikmat, Mudah & Anti Gagal

Resep peyek udang renyah dan tahan lama

resep peyek udang
SiapGrak!com

Peyek atau rempeyek merupakan sajian yang umum ditemui di Indonesia. Ada beragam jenis rempeyek dan yang paling terkenal adalah peyek udang. Biasanya, udang yang digunakan adalah yang berukuran kecil seperti udang rebon. Resep peyek udang rebon memiliki tekstur renyah dan rasanya lebih gurih.

Apabila adonan peyek dan proses menggorengnya tepat, maka peyek udang akan makin nikmat. Yang penting, goreng peyek dalam minyak panas dan banyak agar garing sempurna. Kemudian, tambah peyek dengan irisan daun jeruk atau daun kunyit agar aromanya makin harum dan menggugah selera. Terkait bahan-bahan yang dibutuhkan, bumbu, cara dan tips membuatnya, mari simak artikel ini sampai selesai, ya.

Bahan yang dibutuhkan

Kompas
  • 50 gram udang rebon
  • 175 gram tepung terigu atau tepung beras
  • 250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 500 ml minyak goreng
  • 1 butir telur, ambil kuningnya
  • 8 lembar daun jeruk

Bumbu halus

resep peyek udang
Grid.ID
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri, sangrai
  • 1 ruas kencur
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 2 sdt garam

BACA JUGA: 12 Resep Ikan Patin Enak & Gurih untuk Makanan Keluarga

Cara membuatnya

Grid.ID
  1. Cuci bersih udang rebon, tiris dan sisihkan.
  2. Haluskan bumbu. Setelah itu, buang tulang daun jeruk dan iris tipis.
  3. Siapkan wadah, masukkan tepung, bumbu halus, dan santan. Aduk rata.
  4. Masukkan kuning telur dan irisan daun jeruk. Campur rata.
  5. Siapkan wajan, tuang minyak goreng, lalu panaskan dengan api sedang.
  6. Gunakan sendok sayur, ambil adonan, beri udang rebon secukupnya. Tuang ke pinggir wajan, lalu siram peyek dengan minyak goreng sampai adonan lepas sendiri.
  7. Goreng peyek hingga matang dan kering. Angkat dan sajikan.

Tips memasak resep peyek udang kriuk

resep peyek udang
Kompas

Membuat rempeyek yang renyah, kriuk, dan tahan lama menjadi persoalan yang susah-susah gampang. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar peyek udang yang Sedulur buat garing dan kriuk. Tips pertama berkaitan dengan wajan untuk menggoreng. Sebaiknya, gunakan wajan berukuran besar dan lebar supaya adonan peyek bisa mengalir setipis mungkin.

Siram-siram peyek dengan minyak panas yang ada di sekelilingnya dan pakailah banyak minyak (deep frying). Cara menggoreng ini membuat tekstur peyek garing dan tidak mudah melempem.

Tips kedua yaitu memakai udang rebon yang kering. Peyek mudah melempem umumnya karena pembuatannya memakai udang basah. Maka dari itu, Sedulur perlu mengelap udang rebon yang sudah dicuci dengan tisu supaya lebih kering. Alternatif lainnya, goreng udang rebon sebelum dimasukkan ke dalam adonan peyek. Selain itu, peyek udang sebaiknya langsung disajikan setelah digoreng. Jika ingin dikonsumsi untuk beberapa hari, pastikan rempeyek disimpan dalam wadah yang tertutup rapat.

Itu dia resep peyek udang yang bisa Sedulur coba di rumah. Resep di atas termasuk peyek udang yang memakai santan. Apabila Sedulur ingin membuat resep peyek udang tanpa santan, maka bisa diganti dengan air, lalu tambahkan tepung kanji dan kaldu jamur.

Sudah siap menyantap peyek udang lezat? Pastikan mengikuti resep dan tips-tips yang sudah dibahas, ya. Jangan lupa menggunakan bahan-bahan berkualitas agar cita rasanya makin nikmat. Selamat mencoba resepnya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!