Bisnis frozen food merupakan salah satu bisnis memiliki peluang tinggi di tahun 2020 ini.

Bisnis merupakan salah satu cara mendapatkan penghasilan yang bisa menjadi pilihan, namun yang sering muncul pertanyaan adalah bisnis apa sekiranya yang bisa dilakukan? Mengingat telah banyak yang menjalankan bisnis dari berbagai aspek.

Salah satu bisnis yang menarik untuk dijalankan pada tahun 2020 ini adalah bisnis frozen food. Hal tersebut dikarenakan tingginya jumlah permintaan masyarakat akan frozen food atau makanan beku. Pelaku usaha frozen food masih belum banyak yang menjalankan.

Artikel kali ini akan membahas mengenai tips menjalankan bisnis frozen food rumahan, karena menjual frozen food merupakan bisnis yang bisa dilakukan di mana saja. Di tambah adanya pandemi virus corona, banyak masyarakat yang dilarang untuk keluar rumah untuk memutus rantai penyebaran virus.

-->

Oleh karena itu, masyarakat mengharuskan stok makanan yang cukup, salah satu bahan makanan yang bertahan lama adalah frozen food. Oleh karena itu peluang bisnis frozen food sangat tinggi untuk dilakukan. Dinamika kesehatan saat ini juga turut mempengaruhi perkembangan bisnis frozen food.

Yuk, mari kita langsung saja simak tips memulai bisnis frozen food bagi Sedulur yang sekiranya tertarik untuk menjalankan bisnis frozen food.

Baca Juga: 18+ Ide dan Peluang Bisnis Online Yang Terbukti Menghasilkan

Daftar Tips Memulai Bisnis Frozen Food Beserta Modal dan Cara Menjualnya

1. Tentukan Jenis Frozen Food yang Akan Dijual

Tentukan Jenis Frozen Food yang Akan Dijual

Langkah pertama dalam memulai bisnis frozen food adalah menentukan jenis makanan beku yang akan dijual. Langkah pertama ini akan turut mempengaruhi perkembangan bisnis frozen food yang dijalankan, karena fokus pada jenis frozen food akan menjadi daya jual tersendiri.

Terutama jika bisnis frozen food Sedulur sudah mendapatkan kepercayaan pelanggan karena terbukti memiliki kualitas makanan beku yang baik. Dengan menentukan jenis frozen food yang akan dijual, akan membuat Sedulur dapat fokus dalam memperhatikan kualitas barang dagang.

Jika terlalu banyak jenis frozen food yang dijual, Sedulur dalam masa awal menjalankan bisnis frozen food akan kesulitan untuk mengetahui makanan beku mana yang memiliki kualitas baik. Kualitas dari frozen food yang dijual akan sangat mempengaruhi perkembangan bisnis yang dijalankan.

2. Memperhitungkan Modal Awal dengan Tepat

Memperhitungkan Modal Awal dengan Tepat

Setiap bisnis harus memiliki perhitungan modal yang tepat. Berapa modal yang dibutuhkan untuk membeli bahan frozen food awal yang akan dijual. Peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis frozen food, dan berapa jumlah modal untuk membelinya?

Belum lagi modal awal untuk biaya operasional bisnis. Seperti biaya toko, biaya listrik dan segala sesuatunya dalam menjalankan bisnis. Jangan lupa juga untuk menghitung biaya yang akan dikeluarkan jika melakukan kerjasama dengan beberapa pihak.

Modal awal dalam menjalankan bisnis, ibarat sebuah pondasi dalam bangunan. Bisnis akan berjalan dengan perhitungan modal yang memadai, termasuk juga dalam menjalankan bisnis frozen food.

3. Siapkan Peralatan Penunjang Bisnis Frozen Food

Peralatan Penunjang Bisnis Frozen Food

Saat menghitung modal, sekaligus juga harus membuat kategorisasi peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis. Seperti peralatan primer hingga sekunder. Jangan melupakan juga mempersiapkan peralatan yang memiliki sifat mendesak. Fokuskan sebagian anggaran modal untuk membelanjakan peralatan.

Dalam konteks menjalankan bisnis frozen food, peralatan utama yang dibutuhkan seperti mesin pendingin untuk menyimpan stok makanan beku. Seperti yang Sedulur ketahui, mesin pendingin memiliki harga yang mahal, tidak usah ragu untuk membeli peralatan, bisa dibilang berinvestasi pada sebuah barang.

Baca Juga: 5 Tips Fokus Dalam Berbisnis

4. Memikirkan Metode Pengemasan

Memikirkan Metode Pengemasan

Poin penting selanjutnya setelah modal dan peralatan, yang harus Sedulur pikirkan dalam menjalankan bisnis frozen food adalah sistem pengemasan atau packaging produk makanan beku yang akan dijual. Pengemasan yang rapi dan baik sesuai prosedur akan mempengaruhi kualitas frozen food itu sendiri.

Maka dari itu, pilih untuk menggunakan plastik khusus dengan kualitas terbaik yang diperuntukan khusus bagi makanan beku. Plastik pembungkus khusus frozen food biasanya tidak memiliki pori sehingga makanan bisa tahan lebih lama.

Frozen food juga perlu disedot udara saat dikemas untuk mengeliminasi bakteri di dalam ruang penyimpanan makanan beku dalam plastik, agar makanan beku tidak mudah membusuk. Jangan lupa untuk memberi label pada kemasan, serta keterangan kadaluarsa produk.

Hal lain yang harus diperhatikan selain pengemasan, adalah teknik dan metode penyimpanan stok makanan beku, hal ini juga penting untuk diperhatikan. Sedulur harus pastikan konsistensi suhu penyimpanan pada mesin pendingin yang digunakan, yaitu tidak lebih dari 18 derajat celcius.

5. Pasarkan Secara Online

Pasarkan Secara Online

Memasarkan makanan beku secara online akan membantu Sedulur untuk dapat menjangkau lebih banyak pembeli. Media sosial juga dapat digunakan sebagai media untuk melakukan perluasan bisnis sehingga produk frozen food Sedulur bisa semakin dikenali oleh pasar.

Di era digital seperti saat ini, berdagang secara online dan memanfaatkan media digital adalah pilihan yang tepat. Sedulur dapat memberikan informasi dan mengedukasi konsumen terkait produk-produk dari bisnis frozen food yang Sedulur jalankan.

Salah satunya termasuk memberikan promosi khusus melalui media sosial, Promosi merupakan salah satu strategi bisnis yang harus dilakukan untuk menarik pelanggan, Strategi bisnis menggunakan media sosial dapat mendukung berkembangnya bisnis frozen food yang sedang dijalankan.

6. Kantongi Izin Edar Resmi

Kantongi Izin Edar Resmi

Bisnis frozen food merupakan bisnis yang menjual produk makanan, maka sudah dapat dipastikan Sedulur harus mengantongi izin edar secara resmi. Untuk mendapatkan hal tersebut Sedulur harus mengikuti regulasi yang dapat menjamin bahwa produk yang dijual oleh Sedulur aman.

Maka dari itu, pastikan Sedulur telah memiliki izin edar resmi untuk produk makanan beku yang akan dijual. Dengan begitu, Sedulur akan mendapatkan kepercayaan konsumen perihal produk frozen food yang Sedulur jual.

7. Mencoba Menjadi Distributor atau Reseller

Mencoba Menjadi Distributor atau Reseller

Jika Sedulur belum berani menjual produk frozen food sendiri, sebelum menjalankan bisnis frozen food, Sedulur bisa menjadi distributor atau reseller makanan beku terlebih dahulu. Dengan menjalankan tips ini juga dapat memberikan Sedulur jaringan bisnis.

Jaringan yang Sedulur dapatkan saat menjadi distributor atau reseller akan mempengaruhi perjalanan bisnis frozen food yang akan Sedulur mulai.

8. Memiliki Spesialisasi

Memiliki Spesialisasi

Tips ini berkaitan dengan poin pertama, yaitu fokus jenis produk yang dijual. Jika Sedulur berhasil fokus dalam menjual produk, Sedulur dapat memiliki spesialisasi khusus dalam produk makanan beku. Hal ini dapat menjadi nilai tambah bagi usaha frozen food yang Sedulur jalankan.

Dengan fokus dalam menjual produk secara bertahap, secara perlahan Sedulur akan mengetahui kualitas yang dijual. Standar kualitas yang tinggi, juga akan memberikan kepercayaan bagi pelanggan Sedulur untuk selalu setia membeli makanan beku di toko Sedulur.

9. Peluang Bisnis Makanan Beku

Peluang Bisnis Makanan Beku

Makanan beku merupakan makanan yang praktis dan tahan lama. Dua unsur tersebut merupakan unsur penting yang menunjukan sebuah usaha memiliki peluang tinggi. Terutama ditambah kondisi pandemi saat ini yang sangat membatasi pergerakan sosial.

Memiliki stok makanan beku yang tahan lama merupakan hal penting yang harus dipenuhi oleh masyarakat. Dari penjelasan tersebut menunjukan seberapa menjanjikannya bisnis makanan beku untuk dijalankan.

10. Gunakan Aplikasi Super untuk Menjalankan Bisnis Frozen Food

Gunakan Aplikasi Super untuk Menjalankan Bisnis Frozen Food

Bagi Sedulur yang menjalankan bisnis frozen food di Surabaya, menggunakan Aplikasi Super merupakan pilihan tepat. Karena Aplikasi Super memberikan berbagai keuntungan dan program pembinaan untuk setiap pelaku bisnis sembako, salah satunya bisnis makanan beku.

Ditambah lagi saat ini Aplikasi Super telah menyediakan makanan beku sebagai salah satu produk unggulan yang dijual di Aplikasi Super, dengan harga murah dan kualitas terjamin, Sedulur bisa membeli stok barang dagang di Aplikasi Super.

Aplikasi Super juga memiliki fitur yang sangat memudahkan para Sedulur Super untuk belanja sembako. Aplikasi Super membuat beberapa kategori sembako yang bisa dikulak oleh Sedulur Super. Dari mulai sayuran, buah-buahan, minyak dan makanan beku.

Banyak bonus dan keuntungan yang bisa Sedulur Super dapatkan dan nikmati dengan belanja menggunakan Aplikasi Super. Keuntungan pertama, harga barang dan sembako yang dijamin murah oleh Aplikasi Super. Aplikasi Super memberikan harga yang murah dibanding belanja sembako di tempat lain. Hal ini memungkinkan Sedulur Super untuk mendapatkan untung super melimpah.

Menggunakan Aplikasi Super bukan hanya memberikan keuntungan dan kemudahan dalam hal belanja sembako. Dalam kondisi apapun Aplikasi Super siap melayani setiap kebutuhan sembako yang dibutuhkan oleh Sedulur Super sekalian.

Aplikasi Super merupakan platform digital yang memiliki misi untuk meningkatkan kesejahteraan hidup dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal tersebut yang menjadi dasar pemilihan sembako yang menjadi objek utama dari Aplikasi Super.

Namun tidak selesai hanya dengan sembako saja, Aplikasi Super juga melebarkan pelayanannya dengan menyediakan fitur pembayaran online untuk setiap kebutuhan, seperti membeli pulsa, internet dan membayar tagihan online lainnya.

Aplikasi Super akan memberikan pelayanan yang maksimal dan prima bagi setiap Sedulur Super sekalian. Hal ini dikarenakan Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia.

Seperti apapun kondisi yang terjadi, Aplikasi Super sebagai sebuah platform digital yang bergerak di bidang sembako selalu siap untuk memberikan pelayanan bagi setiap Sedulur Super, para pelanggan setia Aplikasi Super.

Menggunakan Aplikasi Super akan semakin mengembangkan bisnis frozen food yang Sedulur jalani. Karena Aplikasi Super memiliki berbagai fitur dan program yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh para pelaku usaha. Aplikasi Super salah satu platform digital yang fokus terhadap para pengusaha UMKM. Di antaranya para pengusaha frozen food.

Jangan sampai Sedulur sebagai pengusaha mengabaikan kesempatan emas untuk mengembangkan usaha yang terdapat di Aplikasi Super. Menjalankan sebuah bisnis merupakan dambaan bagi sebagian orang, dan memiliki bisnis yang sukses dan berkembang adalah dambaan bagi setiap pengusaha. Jangan ragu untuk menggunakan Aplikasi Super demi kebaikan bisnis Sedulur.

Klik di sini untuk mengenal lebih jauh tentang Aplikasi Super. Bagi Sedulur Super yang belum download Aplikasi Super, segera download Aplikasi Super dan mulai gunakan Aplikasi Super untuk kulak sembako dan jangan sekali-kali menyia-nyiakan keuntungan dan manfaat yang diberikan oleh Aplikasi Super untuk memudahkan Sedulur dalam melengkapi kebutuhan sembako Sedulur Super sekalian.