Simak berbagai cara membuat sosis di bawah ini, agar bisa menikmati sosis dengan cara yang berbeda.

Sosis merupakan salah satu makanan beku yang paling banyak dibeli dan dipilih oleh masyarakat. Selain rasanya yang enak, harga yang terjangkau dan banyak jenis sosis juga membuat daya tarik sosis semakin tinggi.

Artikel kali ini akan membahas cara membuat sosis, mulai dari cara membuat sosis sayur, cara membuat sosis ayam dengan blender, cara membuat sosis sapi, cara membuat sosis dari tepung terigu, dan cara membuat sosis ayam goreng.

Sosis merupakan bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Cara membuat sosis dari tepung kanji dan cara membuat sosis ikan agar lebih nikmat dan lezat disantap. Yuk, langsung saja kita simak berbagai resep dan cara membuat sosis.

-->

Baca Juga: 11 Resep Sosis Bakar ala Restoran, Bisa Untuk di Jual Lagi

Daftar Cara Membuat Sosis yang Enak dan Mudah Dilakukan di Rumah

1. Sosis Ayam

Sosis Ayam

Bahan yang dibutuhkan dalam cara membuat sosis yang pertama adalah daging ayam giling, telur, garam, ketumbar, air es, tepung tapioka, bawang putih bubuk, es serut, air sebanyak 2 liter, merica bubuk, gula pasir, dan plastik selongsong untuk membungkus sosis.

Cara membuat sosis ayam dengan bahan di atas adalah pertama mencampurkan daging dengan es serut dan garam halus, aduk rata hingga tercampur. Pada proses pengadukan, tuang minyak secara perlahan. Tambahkan gula, ketumbar, bawang putih, putih telur, tepung tapioka dan es serut. Aduk rata kembali adonan hingga bahan semua tercampur rata.

Setelah adonan rampung, masukkan ke dalam plastik selongsong dan bungkus sesuai selera. Ikat plastik adonan sosis dan lalu siapkan air rebus hingga mendidih. Rebus sosis hingga matang. Angkat sosis dan rendam di air es selama 5 menit dan setelah itu masukan sosis ke dalam freezer. Cara membuat sosis yang pertama pun telah selesai dilakukan.

2. Sosis Tanpa Daging

Sosis Tanpa Daging

Selanjutnya adalah cara membuat sosis tanpa daging apapun. Bahan yang diperlukan adalah tepung terigu, telur, lada, tepung tapioka, bawang putih, bubuk balado, garam, gula, minyak goreng, kaldu bubuk, tusuk sate sebanyak 10 tusuk, 200 ml air, plastik untuk membungkus sosis dan saus sambal sachet.

Cara membuatnya pertama campurkan bahan di atas dan aduk rata hingga membentuk adonan. Ketika proses pengadukan, tuang air secara perlahan hingga adonan memiliki kekenyalan yang pas. Siapkan plastik untuk membungkus sosis.

Rebus air hingga mendidih, masukan sosis yang telah dicetak, rebus selama kurang lebih 15 menit, hingga sosis mengapung. Angkat sosis yang telah mengapung, tiriskan dan masukkan dalam freezer, setelah membeku, sosis siap diolah dan dinikmati.

3. Sosis Ayam Udang

Sosis Ayam Udang

Sosis selanjutnya adalah sosis ayam udang, cara membuat sosis satu ini sangat mudah. Pertama campurkan semua bahan dan aduk rata hingga kesat. Bahan yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dengan bahan membuat sosis ayam, hanya udang sebagai daging pelengkap.

Selanjutnya masukkan ke dalam plastik untuk mencetak adonan sosis dan ikat ujungnya hingga rapat. Siapkan air dan didihkan. Gunakan api kecil dan masukkan sosis dan lalu rebus dengan api kecil selama 30 menit. Angkat dan masukkan sosis ke air es. Setelah dingin, simpan sosis di wadah tertutup dan masukkan ke dalam freezer. Setelah beku, sosis pun siap untuk diolah sebagai bahan makanan.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Frozen Food Terbaik dan Sehat Terbaru 2020

4. Sosis Wortel

Sosis Wortel

Bahan utama yang dibutuhkan untuk melakukan cara membuat sosis satu ini adalah wortel. Bahan lain yang dibutuhkan sama dengan membuat sosis yang telah dijelaskan di atas. Pertama, campurkan wortel, daging, bawang bombay, bawang putih, maizena, bumbu asap/jerman, kaldu bubuk, garam, merica, telur, susu. Campur dan aduk menggunakan blender agar bisa menjadi halus.

Setelah adonan selesai, masukan adonan ke dalam plastik selongsong dan ikat dengan tali. Selanjutnya panaskan air untuk mengukus sosis. Masukkan sosis, kukus sosis wortel dengan tutup terbuka. Setelah sosis padat, angkat sosis dan masukkan ke freezer. Sosis wortel pun telah selesai dibuat.

5. Sosis Daging Sapi

Sosis Daging Sapi

Sosis satu ini, merupakan sosis yang paling banyak dibeli oleh masyarakat, tentu saja karena sosis sapi sangat disukai. Cara membuat sosis sapi tidak begitu sulit, sama dengan cara membuat sosis yang telah dijelaskan di atas. Bahan utama yang dibutuhkan untuk melakukan cara membuat sosis sapi adalah daging sapi yang telah digiling halus, yang akan dicampurkan dengan bahan lainnya.

Pertama campurkan daging giling, garam dan sebagian es serut ke dalam blender dan aduk hingga bahan tercampur rata. Selanjutnya masukan secara perlahan minyak nabati sambil diaduk rata. Masukan selurut bumbu dan sisa es serut ditambah dengan putih telur dan tepung tapioka.

Aduk kembali hingga rata dan selanjutnya memasukkan sosis pada cetakan plastik selongsong. Setelah sosis dicetak, rebus sosis hingga matang dan setelah matang masukkan sosis ke dalam freezer. Cara membuat sosis sapi pun telah selesai dilakukan. Sosis sapi siap dinikmati dan diolah menjadi berbagai macam olahan makanan.

6. Sosis Tempe

Sosis Tempe

Sosis satu ini mungkin terdengar cukup unik, karena menggunakan tempe sebagai bahan utamanya. Siapkan tempe yang telah ditumbuk halus, telur yang telah dikocok dan tepung tapioka. Siapkan juga bawang putih, daun seledri, bawang merah, lada bubuk, penyedap rasa, garam, dan baking powder.

Selanjutnya masuk ke cara membuat sosis tempe. Pertama, campur semua bahan hingga jadi adonan kental dan kemudian masukkan ke plastik selongsong untuk dicetak menjadi sosis. Siapkan rebusan air hingga mendidih, masukkan sosis tempe dan rebus hingga matang.

Selanjutnya, angkat sosis tempe dan tiriskan. Setelah sosis tempe dingin, masukan ke dalam freezer dan cara membuat sosis tempe pun telah selesai dilakukan. Sosis tempe sebenernya bisa langsung diolah seperti digoreng misalnya, karena bahan tempe tidak membutuhkan proses pembekuan terlebih dahulu di freezer.

7. Sosis Tahu

Sosis Tahu

Tahu dan tempe merupakan makanan yang terbuat dari bahan yang sama, yaitu kacang kedelai. Meskipun menggunakan proses yang berbeda sehingga menghasilkan bentuk dan tekstur yang berbeda. Membuat sosis tahu memiliki cara yang sama persis dengan sosis tempe.

Perbedaan utama hanya terletak pada bahan dasarnya. Membuat sosis tahu, tentu saja membutuhkan tahu sebagai bahan dasar utamanya.

8. Sosis Ayam Sayur

Sosis Ayam Sayur

Langkah untuk membuat sosis sayur adalah pertama menghaluskan daging ayam dan es batu, tambahkan semua bumbunya dan aduk hingga halus. Bahan dan bumbu yang digunakan sama dengan membuat sosis ayam pada poin nomor satu, namun pada resep sosis sayur menggunakan wortel dan kentang sebagai bahan pelengkap dan tambahan.

Langkah selanjutnya adalah mencetak adonan sosis ke dalam plastik selongsong, masukkan adonan ke dalam plastik dan ikat bagian atasnya. Masak air hingga mendidih lalu masukkan cetakan sosis, rebus dengan menggunakan api kecil.

Tunggu hingga sosis mengapun, lalu angkat dan masukan ke air es. Tunggu hingga suhu sosis dingin dan simpan di freezer hingga membeku.

9. Sosis Sapi Rasa Rendang

Sosis Sapi Rasa Rendang

Membuat sosis satu ini sama dengan membuat sosis sapi yang telah dijelaskan pada poin nomor 5. Yang membedakannya adalah menambahkan bahan bumbu rendang instan sesuai selera, untuk menghasilkan sosis yang memiliki rasa rendang.

Langkah selanjutnya adalah mencampur semua bahan hingga rata. Masukkan adonan sosis ke plastik selongsong sosis. Ikat plastik selongsongnya dan tusuk dengan jarum, lalu kukus selama 30 menit. Setelah matang tiriskan sosis dan masukkan ke dalam freezer.

10. Sosis Rumahan

Sosis Rumahan

Cara membuat sosis rumah ini sangat mudah, pertama gunakan bahan yang sama yang dengan membuat sosis di atas. Lakukan juga tahap dan langkah yang sama. Perbedaan membuat sosis satu ini terletak pada penggunaan alat yang sederhana yang ada di setiap dapur rumah. Karena pada dasarnya bahan dan cara membuat sosis apapun memiliki langkah yang sama.

11. Sosis Rasa Otak-otak

Sosis Rasa Otak-otak

Membuat sosis satu ini sama dengan membuat sosis pada umumnya, hanya saja bahan dasarnya menggunakan daging yang menjadi bahan utama dalam membuat otak-otak, yaitu ikan laut dan udang. Langkah dan proses yang ditempuh sama dengan membuat sosis yang telah dijelaskan pada pembahasan di poin sebelumnya.

12. Tips Mengolah Sosis

Tips Mengolah Sosis

Setelah tahu cara membuat sosis, kita juga harus tahu cara mengolah sosis yang benar. Perhatikan sosis ketika akan diolah, terdapat beberapa sosis yang siap makan tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Jika demikian, berarti sosis aman untuk diolah.

Namun jika sosis yang tidak ada pemberitahuan demikian, pastikan mengolah sosis hingga matang, karena dikhawatirkan masih terdapat kuman dan bakteri di dalam sosis yang belum hilang dalam proses pembuatannya.

Jangan lupa juga membeli sosis yang telah siap jadi dan siap olah di Aplikasi Super. Tersedia lengkap berbagai merk sosis di Aplikasi Super yang bisa kita beli. Klik di sini juga untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut, dan juga jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki Aplikasinya.