Akibat Rotasi Bumi

Sebagai fenomena alam, akibat rotasi bumi memberikan dampak bagi kita umat manusia yang hidup di sana. Bumi yang ditinggali saat ini mengalami perputaran atau rotasi pada porosnya dengan berputar dari arah barat ke timur. Waktu yang dibutuhkan oleh bumi untuk berotasi selama 23 jam 56 menit 4 detik.

Kenapa perputaran Bumi tidak bisa dirasakan oleh manusia? Jawabannya adalah kerena adanya daya gravitasi bumi yang sangat kuat. Salah satu akibat rotasi bumi bagi kehidupan manusia adalah perubahan waktu antara siang dan malam. Ini merupakan akibat yang sangat jelas.

BACA JUGA: 7 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan di Dunia

Pengertian rotasi Bumi

5 akibat rotasi bumi
Liputan 6

Sebelum masuk ke pembahasan terkait akibat apa saja yang dialami manusia di muka bumi dengan adanya rotasi bumi, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian dari rotasi bumi. Sebagaimana yang telah dibahas di awal pembukaan, bahwa rotasi adalah putaran bumi pada porosnya.

Sementara itu, terdapat juga istilah lainnya yaitu revolusi Bumi. Revolusi Bumi adalah peristiwa bergeraknya Bumi mengelilingi matahari. Waktu yang diperlukan bumi untuk satu kali revolusi disebut kala revolusi.  Berbeda dengan rotasi bumi, kala revolusi bumi adalah 365¼ hari atau disebut 1 tahun. Lintasan revolusi bumi berbentuk elips.

Selama satu tahun, Bumi berputar mengelilingi matahari sambil berotasi. Sama dengan rotasi, ketika dalam revolusi bumi juga mengalami beberapa akibat dan perbedaan terhadap Bumi dan umat manusia di dalamnya. Namun dalam kesempatan kali ini kita akan fokus terlebih dahulu kepada pembahasan akibat rotasi Bumi.

Ada akibat rotasi bumi dan revolusi bumi lainnya yang perlu Sedulur ketahui. Berikut ini adalah daftar dari akibatnya. Yuk, mari kita langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

1. Siang dan malam

4 akibat rotasi bumi
Bobo.ID

Salah satu dari 5 akibat rotasi bumi adalah siang dan malam. Perubahan waktu ini merupakan bukti nyata rotasi bumi. Kondisi ini terjadi akibat ada dua bagian bumi. Bagian pertama menghadap matahari akan mengalami siang hari. Sementara bagian bumi yang membelakangi matahari akan mengalami waktu malam.

Kondisi ini menjadi ukuran bahwa bumi berputar akan memberikan efek perubahan waktu bagi manusia di muka bumi. Waktu yang dialami oleh umat manusia adalah efek perubahan dari bumi yang berotasi.

2. Perbedaan kecepatan gravitasi bumi

3 akibat rotasi bumi
Solo Pos

Bagian dari 4 akibat rotasi bumi yaitu adanya perbedaan kecepatan gravitasi bumi. Perbedaan percepatan gravitasi terjadi karena bentuk bumi yang tidak baku di kedua kutubnya dan mengembang pada khatulistiwa. Hal ini menyebabkan perbedaan pada diameter kutub bumi dan diameter khatulistiwa sehingga kutub memiliki percepatan gravitasi lebih besar daripada wilayah khatulistiwa.

3. Gerak semu matahari

akibat rotasi bumi dan revolusi bumi
Kompasiana

Bagian dari 3 akibat rotasi bumi adalah gerak semu matahari. Bumi yang bergerak mengelilingi matahari, sekaligus menjadikan matahari menjadi pusat tata surya yang dikelilingi ileh planet-planet dalam orbit lainnya. Peristiwa itu disebut gerak semu harian matahari.

Pergerakan semu harian matahari disebabkan oleh rotasi bumi yang membuat matahari seolah-olah mengelilingi bumi. Matahari merupakan bintang yang menghasilkan energi atau cahaya sendiri. Matahari juga bergerak mengelilingi sebuah lubang hitam yang berada di pusat galaksi Bima Sakti.

4. Pembagian zona waktu

perputaran bumi mengelilingi matahari disebut
Geograph88

Perubahaan atau perbedaan waktu berpengaruh pada bagian-bagian bumi tertentu. Terdapat 24 daerah waktu yang ada di bumi. Pusat waktu berada di kota Greenwich, Inggris yang terletak pada bujur 0⁰. Setiap selisih bujur 15⁰, perbedaan waktu mengalami selisih satu jam.

Bagian bumi di sebelah timur Greenwich mengalami waktu yang lebih cepat dari Greenwich. Sedangkan bagian bumi di sebelah barat Greenwich mengalami waktu yang lebih lambat. Perputaran bumi mengelilingi matahari disebut revolusi bumi yang berimbar pada pembagian zona waktu dan perbedaan waktu itu sendiri.

5. Pembelokan arah arus laut

akibat rotasi bumi bagi kehidupan manusia
123Dok

Angin mengakibatkan terjadinya arus laut. Pada belahan bumi selatan, arah arus laut berbelok searah perputaran jarum jam. Pada belahan bumi bagian utara, arah arus laut berbelok berlawanan dengan arah putaran jarum jam. Gerak pembelokan arah angin dan pembelokan arus laut disebut efek Coriolis.

Akibat rotasi bumi sangat berdampak pada kehidupan manusia, sebagaimana yang bisa Sedulur baca dalam penjelasan di atas. Maka dari itu, kita sebagai umat manusia wajib mengetahuinya.

6. Perbedaan ketebalan atmosfer

ketebalan atmosfer
Mamikos

Rotasi bumi menyebabkan perbedaan ketebalan pada atmosfer bumi. Perbedaan ini terjadi karena beberapa hal seperti kondisi iklim antara zona kutub dan ekuatorial. Lapisan atmosfer bumi sendir terbentuk oleh stratosfer, troposfer, mesosfer, ionosfer, termosfer, dan eksosfer.

Salah satu bukti nyata adanya akibat rotasi bumi. Perbedaan ketebalan atmosfer ini sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia di bumi Atmosfer sendiri merupakan pelindung dari planet bumi yang menjaga umat manusia yang hidup di dalamnya.

BACA JUGA: Struktur Lapisan Bumi Beserta Pengertiannya

7. Efek jetlag saat naik pesawat

jetlag
Kompas

Akibat rotasi bumi yang paling dirasakan oleh umat manusia ketika kita melakukan perjalanan ke luar negeri dengan naik pesawat. Jika Sedulur mengalami jetlag, hal tersebut merupakan salah satu efek dari rotasi bumi. Jet lag adalah kondisi psikologis karena adanya perubahan ritme sirkadian akibat perjalanan di meridian dan durasi hari yang berubah, detikers.

Penyebab utamanya adalah adanya rotasi bumi. Makanya, banyak orang mengalami jet lag setelah penerbangan jarak jauh yang punya perbedaan waktu secara signifikan. Misalnya ketika Sedulur bepergian dari Indonesia ke Amerika, yang memang berada di sisi yang berbeda di bumi ini.

8. Adanya kehidupan di Bumi

kehidupan
Kompas

Akibat rotasi bumi yang terakhir dan yang paling dapat dirasakan oleh umat manusia adalah kehidupan di bumi itu sendiri. Dengan planet bumi yang berotasi, kehidupan di planet bumi menjadi mungkin. Selama bumi masih berotasi, maka kehidupan di muka bumi masih terus berlangsung.

Sebaliknya, jika tidak ada rotasi, maka bumi akan mengalami panas di siang hari selama 6 bulan lamanya. Begitu pun dengan dingin di malam hari yang terjadi selama 6 bulan. Bahkan mustahil kehidupan bisa terjadi di muka bumi ini jika bumi sendiri tidak berotasi.

Itulah tadi beberapa akibat rotasi bumi yang merupakan sebuah fenomena alam dan merupakan penyebab kehidupan di muka bumi terjadi. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan tentang ilmu pengetahuan dasar yang berkaitan dengan alam di sekitar.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!