Simak tips dan cara hemat listrik di bawah ini. Agar tagihan listrikmu tidak membludak.

Merasa kesal setiap membayar listrik? Padahal kita selalu merasa menggunakan listrik secukupnya. Mungkin ada beberapa bagian penggunaan listrik yang boros tanda disadari. Sebenarnya terdapat beberapa cara untuk hemat listrik.

Mulai dari cara menghemat listrik dengan kapasitor, cara menghemat listrik 900 watt dan cara menghemat listrik non subsidi. Mengapa kita harus menghemat listrik? Selain agar tidak selalu membengkak tagihan listrik tiap bulannya, kita juga bisa menghemat untuk pengguna lainnya.

Artikel kali ini akan membahas beberapa cara untuk menghemat listrik, dengan berbagai cara mudah yang bisa dilakukan. Yuk, langsung saja simak ulasannya bagaimana cara menghemat listrik yang bisa kita lakukan.

-->

Baca Juga: Cara Cek Tagihan Listrik PLN Lewat HP – Mudah Ga Ribet!

Daftar Cara Hemat Listrik yang Ampuh dan Terbukti Berhasil

1. Memanfaatkan Listrik Prabayar

Memanfaatkan Listrik Prabayar

Cara hemat listrik yang paling pertama adalah beralih dengan menggunakan listrik prabayar. Karena, dengan menggunakan listrik prabayar kita tidak usah khawatir penggunaan listrik berlebihan dan tagihan listrik setiap bulannya akan membludak.

Karena, dengan listrik prabayar kita bisa menentukan sendiri berapa penggunaan listrik kita tiap bulannya. Sistem listrik prabayar seperti sistem pulsa pada handphone. Semakin kita sering menggunakan listrik semakin cepat listrik habis.

Kita bisa membeli token sesuai kebutuhan dengan variasi harga yang tersedia. Kita bisa menjadi lebih hemat listrik dengan menggunakan listrik prabayar.

2. Menggunakan Lampu LED

Menggunakan Lampu LED

Agar bisa melakukan hemat listrik, mulai ganti semua lampu yang ada di rumah dengan menggunakan lampu LED. Walaupun memang harus diakui bahwa lampu LED memiliki harga lampu yang lebih mahal dibanding lampu biasa.

Namun harga lampu LED yang mahal tersebut akan sebanding dengan biaya hemat listrik yang digunakan. Hal tersebut akan memberikan dampak positif pada penggunaan listrik kita yang hemat setiap harinya. Dan tagihan listrik setiap bulannya pun tidak akan tinggi.

3. Menggunakan AC yang Hemat Listrik

Menggunakan AC yang Hemat Listrik

Jika di rumah Sedulur tidak menggunakan AC, Sedulur tidak usah khawatir tagihan listrik akan membludak dan boros menggunakan listrik. Karena AC merupakan alat yang menyedot banyak tenaga listrik. Terdapat salah satu cara untuk membuat tagihan listrik kita tidak mahal.

Salah satunya adalah dengan menggunakan AC yang hemat dalam penggunaan listrik. AC yang hemat tersebut akan membuat kita tidak terlalu kesulitan setiap harus membayar listrik di setiap bulannya.

Baca Juga: Cara Bayar & Cek Tagihan PDAM Online – Mudah, Aman, Cepat

4. Memanfaatkan Ventilasi Udara

Memanfaatkan Ventilasi Udara

Namun, jika belum bisa membeli AC yang hemat dalam penggunaan listrik. Kita bisa kurangi penggunaan AC dan memanfaatkan ventilasi udara untuk mendapatkan udara segar di dalam rumah. Dengan begitu penggunaan AC pun bisa digunakan secara maksimal.

Perbanyak jendela dan ventilasi udara dapat membuat rumah kita memiliki sirkulasi udara yang baik dan udara segar akan masuk ke dalam rumah tanpa harus menggunakan AC. Dan listrik pun akan semakin hemat digunakan.

5. Mencabut Steker Kabel Jika Tidak Digunakan

Mencabut Steker Kabel Jika Tidak Digunakan

Membiarkan steker kabel setelah digunakan dapat membuat listrik menjadi boros. Terutama charger hanphone atau laptop. Listrik akan terus menyedot sedangkan tidak sama sekali digunakan. Wajar belaka jika tagihan listrik setiap bulannya selalu tinggi dan mahal.

Mencabut steker kabel adalah pekerjaan yang sangat mudah dan sekaligus berperan penting untuk menghemat listrik rumah. Menghemat energi akan memberikan dampak postif terhadap lingkungan. Jangan sekali-kali meremehkan hal sepele, karena biasanya memiliki peran yang besar.

6. Matikan Semua Benda Elektronik di Malam Hari

Matikan Semua Benda Elektronik di Malam Hari

Salah satu cara yang paling ampuh untuk menghemat listrik adalah mematikan setiap penggunaan alat elektronik di malam hari. Karena malam hari adalah waktunya istirahat dan tidak ada benda elektronik yang kita gunakan.

Televisi, radio, lampu dalam rumah, magicom dan benda elektronik lainnya sudah seharusnya dimatikan untuk dapat menghemat listrik setiap bulannya. Agar kita tidak kaget saat akan membayar listrik setiap bulannya.

7. Kurangi Penggunaan Mesin Pengering

Kurangi Penggunaan Mesin Pengering

Mesin pengering dalam mesin cuci menyedot banyak listrik untuk menjalankannya. Kita bisa mengurangi penggunaan mesin pengering untuk dalam rangka menjalankan cara menghemat listrik. Lagi pula Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki banyak sinar matahari.

Tanpa harus dikeringkan pun, baju yang dicuci akan kering dengan sendirinya oleh panas sinar matahari yang tersedia banyak di Indonesia ini. Hal ini juga merupakan cara bijak menggunakan listrik setiap harinya. Gunakan listrik yang benar-benar diperlukan.

8. Menggunakan TV dan Monitor LED

Menggunakan TV dan Monitor LED

TV atau monitor tabung memang sudah tidak zaman lagi saat ini. Banyak TV dan Monitor LED yang juga memang lebih hemat dan tidak menyedot banyak listrik. Salah satu cara untuk menghemat listrik adalah dengan mulai menggunakan TV dan monitor LED.

Lagi pulsa di era internet saat ini, sudah jarang masyarakat yang menonton TV, banyak yang mengakses tontonan dan hiburan langsung di handphon atau tablet. Jangan terlalu sering menonton TV, dan bisakan mematikan TV ketika selesai ditonton, karena hal tersebut dapat menghemat listrik rumah.

9. Gunakan Laptop

Gunakan Laptop

Apakah masih ada Sedulur yang masih menggunakan PC di rumah? Mulai beralih menggunakan laptop. Karena penggunaan laptop tidak begitu boros dalam menyedot daya listrik. Selain itu, laptop juga memiliki battery yang bisa menyimpan daya listrik sehingga lebih hemat.

Menggunakan PC hanya akan menyedot tagihan listrik rumah dalam jumlah besar. Dan tagihan listrik setiap bulannya pun akan semakin besar dan kita akan terkaget-kaget setiap membayar tagihan listrik setiap bulannya.

10. Menggunakan Air Panas Saat Memasak Nasi dengan Rice Cooker

Menggunakan Air Panas Saat Memasak Nasi dengan Rice Cooker

Dengan menggunakan air panas, nasi akan cepat matang dan rice cooker pun tidak akan boros dalam menggunakan listrik. Karena saat memasak nasi, proses yang membutuhkan waktu lama dan menyedot listrik yang besar adalah saat memanaskan air.

Panaskan terlebih dahulu air, usahakan hingga mendidih. Dan masukan ke dalam wadah rice cooker. Lalu nyalakan rice cooker seperti biasa. Penggunaan listrik pun dijamin akan hemat, tidak terlalu boros seperti menggunakan rice cooker.

11. Mulai Gunakan Alat Elektronik Sesuai Kebutuhan

Mulai Gunakan Alat Elektronik Sesuai Kebutuhan

Salah satu alasan mengapa kita selalu gagal menghemat listrik adalah karena penggunaan alat elektronik yang tidak sesuai kebutuhan. Pasti selalu boros dan selalu dibiarkan setelah digunakan. Hal ini akan sangat membuat tagihan listrik menjadi lebih boros lagi.

Dan setiap bulannya kita akan membayar listrik dengan harga yang semakin tinggi. Membiasakan penggunaan alat eletronik sesuai kebutuhan dan kapasitas adalah sebuah kebaikan yang juga sangat patut untuk dicoba.

12. Banyak Menggunakan Tirai

Banyak Menggunakan Tirai

Perbanyak tirai di dalam rumah untuk menutupi jendela ketika panas matahari masuk ke dalam rumah. Hal ini untuk mengurangi penggunaan kipas angin atau AC agar dapat membuat ruangan di dalam rumah tetap sejuk.

Denngan banyak tirai, kita bisa menghemat dalam penggunaan kipas angin dan AC dan bisa membuat suhu di dalam rumah tidak terlalu panas. Hal tersebut akan sangat baik dalam menghemat listrik.

13. Menanam Banyak Tanaman

Menanam Banyak Tanaman

Agar suhu rumah bisa selalu sejuk dan nyaman, kita bisa memanfaatkan alam dengan menaman banyak tanaman di sekitar rumah. Dengan begitu, kita tidak perlu menggunakan kipas angin atau AC untuk membuat cuaca di dalam rumah kita selalu sejuk.

Memanfaatkan alam dengan baik juga bisa memberikan kita cara untuk menghemat listrik, salah satunya akan sangat berdampak pada penggunaan kipas angin, AC dan segala sesuatunya yang berkaitan dengan suhu rumah.

14. Pilih Warna Cat Terang untuk Eksterior Rumah

Pilih Warna Cat Terang untuk Eksterior Rumah

Dinding rumah dengan warna yang terang, bisa menyerap panas lebih cepat, dan suhu di dalam rumah pun tidak akan begitu panas. Hal ini bisa sangat baik untuk menghemat penggunaan AC atau kipas angin sehingga tidak terlalu boros.

Terutama bagi yang tinggal di daerah panas, sangat disarankan untuk memilih warna terang untuk eksterior dan interior rumah agar hawa panas mudah diserap. Hal ini tentu saja sangat baik dan berpengaruh besar untuk penggunaan listrik rumah.

15. Membuat Cadangan Listrik

Membuat Cadangan Listrik
Photo taken in Adelaide, Australia

Memiliki alat untuk menyerap panas matahari sebagai cadangan listrik adalah usaha yang tepat untuk menghemat listrik. Bahkan dengan memiliki alat tersebut, kita bisa mengandalkan listrik dari cadangan listrik yang kita miliki. Tidak lagi mengandalkan listrik pemerintah. Selain itu juga, kita bisa melakukan pemanfaatan potensi alam dengan sempurna.

16. Tidak Boros Menggunakan Air

16. Tidak Boros Menggunakan Air

Tips ini khusus untuk yang menggunakan air tanah untuk kebutuhan sehari-hari. Berhemat menggunakan air juga dapat mempengaruhi penggunaan listrik. Karena mesin air tidak akan sering digunakan, hal tersebut karena penggunaan air yang sangat hemat.

Menghemat air berarti menghemat listrik. Bagi yang menggunakan jasa layanan PDAM juga tidak ada salahnya untuk menghemat air. Karena dengan penggunaan air yang hemat, tagihan PDAM pun tidak akan membludak dan semakin membebankan.

17. Gunakan Aplikasi Super untuk Membayar Listrik

Gunakan Aplikasi Super untuk Membayar Listrik

Kali ini Aplikasi Super tidak hanya melayani kebutuhan sembako dan barang sehari-hari. Namun juga bisa digunakan untuk melayani kebutuhan transaksi digital dari masyarakat. Membayar listrik salah satunya. Kita bisa menggunakan Aplikasi Super untuk membayar listrik, dengan cara yang mudah.

Bukan hanya membayar listrik, namun Aplikasi Super juga bisa digunakan untuk membayar tagiahan lainnya, dan juga bisa digunakan untuk membeli pulsa. Internet dan transaksi digital lainnya. Setelah kita mengetahui cara menghemat listrik, kita juga harus mengetahui cara bayar tagihan listrik yang paling mudah dan nyaman.

Bukan hanya itu, Aplikasi Super juga menyediakan berbagai fitur dan program lainnya yang akan memberikan kita berbagai keuntungan super melimpah. Selain itu dengan adanya Aplikasi Super saja, berbagai aspek kehidupan kita juga sudah sangat terbantu dan menjadi lebih mudah.

Maka dari itu, download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya. Mulai gunakan Aplikasi Super sekarang juga. Buktikan secara langsung bahwa Aplikasi Super bisa memberikan berbagai kemudahan dan keuntungan.

Jangan lupa juga klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, dan mencari tahu lebih lanjut apa itu Aplikasi Super. Termasuk mencari tahu bagaimana cara daftar Aplikasi Super agar kita bisa mendapatkan keuntungan super melimpah.