Resep ayam saus tiram ala restoran di bawah ini, bisa kita masak di rumah, lho!

Saat ini banyak rumah makan yang menyajikan resep ayam saus tiram ala restoran, baik itu resep ayam saus tiram asam manis, tongseng ayam saus tiram, dan ayam saus tiram chinese food. Berbagai inovasi masakan ayam memang selalu menjadi daya tarik pelanggan.

Terdapat juga resep ayam saus tiram tanpa bawang bombay bagi yang tidak menyukai aroma bawang bombay. Ada juga resep ayam saus tiram pedas bagi para pecinta pedas. Dan untuk yang mendambakan makanan dengan rasa gurih ada resep ayam saus tiram mentega.

Artikel kali ini akan membahas mengenai resep ayam saus tiram dengan berbagai inovasinya. Yuk, langsung saja kita simak ulasannya.

Baca Juga: 6 Resep dan Cara Membuat Cumi Saus Tiram Ala Restoran di Rumah

Daftar Berbagai Resep Ayam Saus Tiram Ala Restoran

1. Ayam Bumbu Saus Tiram Biasa

Ayam Bumbu Saus Tiram Biasa

Bagi para pecinta ayam, memasak dengan menggunakan bumbu saus tiram merupakan pilihan yang tepat. Karena dalam bumbu saus tiram terdapat berbagai macam rasa dalam satu hidangan. Ada rasa manis, asam, pedas dan gurih.

Untuk membuat resep ayam saus tiram yang pertama, bahan yang dibutuhkan adalah daging ayam sesuai kebutuhan, 5 buah cabe merah, cabe hijau secukupnya, 3 siung bawang putih yang telah dicincang, 4 sdm saus tiram dan 2 sdm kecap manis.

Siapkan juga bawang bombay yang telah diiris tipis, namun bagi yang tidak menyukai bawang bombay, bisa tidak menggunakan bawang bombay. Siapkan juga garam, gula dan penyedap rasa secukupnya. Cara membuatnya sangat mudah sekali, yang akan dijelaskan di bawah ini.

Pertama rebus ayam hingga lunak. Lalu masukan bumbu-bumbu ke dalam wajan dan tumis bumbu hingga mengeluarkan aroma harum. Masukan ayam dan campur aduk dengan bumbu yang ditumis. Lalu masukkan saus tiram dan kecap, tambahkan air juga perlu.

Masak hingga matang, dan jangan lupa cek rasa. Jika telah sesuai selera ayam bumbu saus tiram biasa pun telah masah dan bisa kita nikmati.

2. Ayam Bumbu Saus Tiram Pedas

Ayam Bumbu Saus Tiram Pedas

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk membuat ayam pedas saus tiram ini sama dengan ayam bumbu saus tiram biasa. Namun perbedaannya adalah penggunaan cabe rawit yang agak banyak untuk menambahkan rasa pedas dalam resep ini.

Cara memasaknya pun sama persis, hanya penggunaan cabe rawit yang ditambahkan untuk menambah rasa pedas dari resep ayam pedas saus tiram satu ini. Ayam pedas saus tiram sangat nikmat disajikan dengan nasi putih dan kerupuk.

Baca Juga: 3 Resep dan Cara Membuat Sambal Terasi Dijamin Bikin Nagih

3. Ayam Goreng Mentega Saus Tiram

Ayam Goreng Mentega Saus Tiram

Resep ayam saus tiram selanjutnya adalah ayam goreng mentega saus tiram. Bahan yang dibutuhkan pun sama, hanya penggunaan mentega yang cukup banyak dan cara memasak yang sedikit berbeda. Cara pertama adalah lumuri ayam dengan bawang putih, garam dan merica. Ungkep ayam sebentar hingga matang dan bumbu meresap.

Goreng ayam terlebih dahulu, hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat lalu tiriskan. Selanjutnya siapkan bumbu mentega saus tiram dengan menumis bumbu menggunakan mentega. Tambahkan juga saus tiram, saus kecap dan jeruk nipis.

Masukkan ayam yang telah digoreng ke dalam tumisan bumbu mentega saus tiram. Aduk hingga rata, tunggu beberapa saat hingga bumbu mentega saus tiram menyeram ke dalam daging. Resep ayam goreng mentega saus tiram pun siap disajikan.

4. Ayam Panggang Saus Tiram

Ayam Panggang Saus Tiram

Hampir sama dengan ayam goreng mentega saus tiram, perbedaannya adalah dalam proses dan cara memasaknya. Siapkan bumbu kecap dan saus tiram, aduk bumbu hingga tercampur. Ungkep terlebih dahulu daging ayam, dan lalu tiriskan.

Setelah itu, panggang daging ayam dengan menggunakan olesan saus tiram dan kecal yang telah dibuat  Panggang hingga tingkat kematangan sesuai selera. Jangan lupa untuk rajin membolak-balik daging agar matang secara merata.

Setelah daging ayam panggang matang, siram dengan saus tiram dan kecap yang telah disediakan. Sediakan juga mentimun dan wortel sebagai irisan acar yang akan menambah kenikmatan ayam panggang saus tiram. Jangan lupa nikmati dengan sepiring nasi hangat.

Semoga daftar resep ayam saus tiram di atas bisa membantu Sedulur yang tengah membutuhkan ide olahan daging yang berbeda. Jangan lupa juga untuk menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan dengan membelinya di Aplikasi Super.

Download Aplikasi Super bagi yang belum download Aplikasinya, klik di sini juga untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari cara daftar Aplikasi Super agar bisa mendapatkan informasi terbaru terkait beberapa program menguntungkan dari Aplikasi Super.

Aplikasi Super memiliki beberapa program dan fitur yang bisa memberikan kita keuntungan yang menggiurkan. Jangan sampai kita melewatkan kesempatannya.