Resep sambal terasi dibutuhkan bagi masyarakat yang menyukai pedas.

Orang Indonesia rasanya kurang nikmat jika menyantap makan tanpa ditemani oleh sambal. Terutama orang Sunda, menyantap makan dengan sambal terasi merupakan salah satu kebiasaan yang sudah dilakukan sejak lama.

Sambal terasi terbuat dari cabai dan terasi yang dicampur dengan bawang merah dan bawang putih sebagai bahan utamanya. Artikel kali ini akan membahas beberapa resep sambal berikut dengan cara membuatnya.

Mulai dari resep sambal terasi mentah khas Sunda, resep sambal terasi matang, resep sambal terasi goreng, resep sambal terasi ayam penyet dan banyak lagi. Terdapat beberapa inovasi juga terhadap beberapa resep sambal terasi. Seperti resep sambal terasi tanpa tomat dan resep sambal terasi mentah yang enak.

-->

Yuk, langsung saja kita simak seperti apa saja resep sambal terasi beserta dengan cara pembuatannya yang akan dibahas dalam artikel di bawah ini.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Saus Sambal Bikin Nagih, Terbaru 2020

Daftar Resep Sambal Terasi Beserta Cara Membuatnya

1. Sambal Terasi Khas Sunda

Sambal Terasi Khas Sunda

Salah satu sambal terasi favorit dan paling disukai adalah resep sambal terasi khas Sunda. Rasanya yang pedas dan rasa terasi yang pas membuat sambal terasi sangat cocok menjadi teman makan dengan ikan asin dan lalapan.

Bahan yang dibutuhkan dalam membuat resep sambal terasi khas Sunda adalah 1 sdm terasi, bakar sampai harum, setengah buah tomat merah, 1 buah cabai keriting, 8 buah cabai rawit, 1 siung bawang putih, setengah ruas kencur, setengah sdt gula merah, dan setengah sdt garam.

Setelah bahan terkumpul, langsung saja masuk ke pembahasan cara membuat resep sambal terasi di bawah ini. Cara membuatnya sangatlah mudah, pertama kita masukan setiap bahan ke dalam ulekan, dan ulek hingga halus dan tercampur.

Kedua masukan bumbu seperti garam, gula dan penyedap rasa sesuai selera. Jangan lupa cicipi rasa sambal terasi, jika sudah cocok dan sesuai selera sambal terasi pun siap disajikan dan resep sambal terasi pun selesai dilakukan.

2. Sambal Terasi Petai

Sambal Terasi Petai

Banyak yang menyukai sambal terasi beserta petai, karena memiliki cita rasa yang nikmat dan lezat. Salah satu varian sambal terasi yang sangat pas dicocol dengan daging ayam atau ikan asin. Tidak terlalu sulit membuat sambal terasi petai, hanya harus siap sedia bahan petai yang agak sulit mendapatkannya.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep sambal terasi petai adalah 5 buah cabai rawit, 10 buah cabai merah keriting, 5 siung bawang merah, 1 papan petai, kupas dan buang kulit arinya, seperempat sdt garam, setengah gula merah, 1 blok terasi yang telah dibakar sampai harum, dan 3 sdm minyak untuk menumis.

Cara membuatnya yang pertama adalah masukan dan ulek semua bahan kecuali petai dan minyak. Ulek hingga lembut dan halus. Setelah ulekan halus, panaskan minyak, tumis ulekan sambal hingga harum dan berubah warna.

Masukkan petai sambil diaduk hingga merata. Aduk petai dengan sambal agak lama, agar sambal bisa menyerap ke dalam petai. Sambal terasi petai pun siap disajikan dan resep sambal terasi telah rampung dilakukan.

Baca Juga: 9 Cara Masak Sarden Kaleng Ala Restoran, Praktis dan Enak!

3. Sambal Terasi Jeruk Nipis

Sambal Terasi Jeruk Nipis

Bagi yang menyukai sensasi asam pedas gurih untuk sambal, membuat resep resep sambal terasi satu ini sangat cocok untuk dilakukan. Karena campuran jeruk nipis pada sambal akan memberikan tambahan rasa asam yang alami dan nikmat.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep sambal terasi jeruk nipis adalah 2 sdt terasi yang sudah dibakar sampai harum, 3 buah cabai merah besar, 5 buah cabai rawit merah, 3 siung bawang merah, 1 siung bawang putih.

Siapkan juga 1 buah tomat merah ukuran sedang, 2 sdt air jeruk nipis, setengah  sdt garam dan 5 sdm minyak. Cara memasaknya pertama adalah memanaskan minyak, goreng, lalu goreng bahan seperti  cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat merah hingga layu.

Lalu angkat dan sisihkan. Masukan semua bahan yang telah digoreng ke dalam ulekan, ulek semua bahan hingga halus, lalu tambahkan terasi dan ulek kembali.  Jangan lupa bumbui dengan garam dan gula merah serta air jeruk nipis. Aduk terus ulekan hingga merata dan sambal terasi jeruk nipis pun siap disajikan.

Pada dasarnya membuat sambal terasi merupakan hal yang mudah, karena hal yang paling penting dalam sambal terasi adalah terasi dan bahan untuk membuat sambal. Bahan lain merupakan bahan tambahan dan merupakan inovasi dari sambal terasi tersebut.

Jangan lupa untuk menyediakan bahan-bahan membuat sambal terasi dengan membeli bahan membuat sambal terasi di Aplikasi Super. Tersedia lengkap sembako dan barang untuk kebutuhan masak dan kebutuhan sehari-hari di Aplikasi Super.

Aplikasi Super bisa memberikan harga sembako murah dan pelayanan yang sangat mudah. Sedulur tidak perlu repot membeli sembako dengan keluar rumah karena setiap bahan yang dibeli akan diantarkan oleh Aplikasi Super dengan tanpa ongkos kirim.

Banyak program menguntungkan dari Aplikasi Super yang bisa kita nikmati untuk kepentingan sehari-hari. Download Aplikasi Super sekarang juga, jangan sampai menyia-nyiakan manfaat dan kemudahan dari Aplikasi Super.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini. Pelajari segala hal yang berkaitan dengan Aplikasi Super, termasuk cara daftar Aplikasi Super. Agar bisa mendapatkan keuntungan super melimpah dari Aplikasi Super.