Setiap kegiatan ada ilmunya, termasuk juga ilmu dagang sembako. Seperti apa saja ilmu dagang sembako? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya.

Ada banyak cara yang bisa Sedulur lakukan untuk menjalankan bisnis sembako. Salah satu ilmu yang harus dipelajari dalam menjalankan bisnis sembako adalah menarik perhatian para pelanggan agar belanja di toko sembako yang Sedulur jalani.

Namun, berjualan sembako bukan berarti bisa sembarangan kita lakukan. Berjualan sembako ada ilmunya. Artikel kali ini akan membahas ilmu dagang sembako yang bisa Sedulur pelajari untuk keberlangsungan toko sembako yang dijalankan.

Seperti apa saja ilmu dagang sembako yang dimaksud? Yuk, langsung saja, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Ini Cara Terbaik Memulai Usaha Sembako Dengan Modal Kecil

Ilmu Dagang Sembako yang Wajib Sedulur Kuasai

1. Membuat Rencana yang Matang

Membuat Rencana yang Matang

Ilmu dagang sembako yang pertama adalah membuat rencana yang matang dan teliti. Tentukan beberapa faktor penting yang bisa menjadikan usaha sembako laris dan banyak dikunjungi. Tentukan juga identitas utama yang mempengaruhi toko sembako agar bisa menimbulkan kesan kepada pelanggan.

Jangan bertindak gegabah, segala sesuatunya memiliki ilmu dan cara yang harus dipelajari. Ikuti langkah-langkah dan pola yang telah dibuat untuk keberlangsungan toko sembako yang sedang dijalani. Pastikan rencana yang disusun telah matang dan siap dilakukan.

Jangan sampai membuat rencana sembarangan dan menjalankannya tanpa siap dengan resiko yang akan dihadapi. Yaitu resiko gagal dan bangkrut. Dalam sebuah usaha, kegagalan dan bangkrut adalah sesuatu yang ditakuti.

2. Modal dan Anggaran

Modal dan Anggaran

Ilmu dagang sembako selanjutnya adalah menghitung modal dan anggaran yang dimiliki. Menghitung modal harus disesuaikan dengan setiap rencana yang telah kita susun. Jangan menghitung modal terlalu sedikit atau bahkan berlebihan dari rencana yang telah kita susun.

Hal ini akan membuat kita kesulitan dalam menjalankan toko sembako, karena rencana dan modal tidak sesuai. Jangan lupa juga untuk menyiapkan anggaran untuk biaya oprasional sehari-hari. Hal ini sangat penting dilakukan, agar toko sembako dapat berjalan dengan lancar.

3. Lokasi yang Strategis

Lokasi yang Strategis

Berbekal ilmu dagang sembako dan didukung dengan lokasi yang strategis, merupakan sebuah kombinasi mantap untuk menjalankan usaha sembako agar laris manis dibeli oleh pelanggan. Karena faktor lokasi merupakan faktor utama dalam menjalankan bisnis.

Pelanggan tidak akan kesulitan untuk mendatangi toko sembako yang kita miliki. Hal ini merupakan salah satu ilmu dagang sembako, atau bahkan ilmu dagang apapun selalu mengutamakan tempat sebagai faktor penentu keberhasilan toko.

Lokasi yang berada di sisi lain raya atau jalan utama merupakan lokasi yang sangat strategis untuk sebuah bisnis, terutama bisnis sembako. Selain itu, memiliki halaman luas juga merupakan sebuah faktor pendukung dari lokasi yang strategis.

4. Melakukan Pembukuan

Melakukan Pembukuan

Walaupun bagian ini merupakan bagian sulit dan merepotkan, namun melakukan pembukuan keuangan merupakan hal penting dan juga salah satu bagian dari ilmu dagang sembako. Pembukuan keuangan ini juga akan memberi informasi uang yang masuk dan keluar, sekaligus juga memberi tahu berapa keuntungan yang didapat setiap harinya.

Buat pembukuan keuangan sederhana saja. Cukup memberikan informasi terkait uang masuk, uang keluar dan kebutuhan barang yang kurang. Catat juga segala pinjaman yang kita lakukan atau yang pelanggan lakukan. Baru, ketika toko sembako kita telah maju dan berkembang, Sedulur wajib membuat pembukuan yang rinci agar uang tetap bisa terkontrol dengan baik.

5. Produk yang Dijual

Produk yang Dijual

Menentukan produk yang dijual adalah salah satu ilmu dagang sembako yang wajib untuk dipelajari. Untuk menentukan produk apa saja yang dijual, harus melakukan beberapa riset dan survey jika ingin mendapatkan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Dengan mengetahui produk yang dibutuhkan oleh masyarakat, toko sembako yang kita jalani tidak akan kekurangan pelanggan dan justru akan untung super melimpah. Toko sembako yang Sedulur jalani pun akan menjadi pilihan utama dan satu-satunya oleh masyarakat karena ketersediaan barang dan produk yang dijual.

6. Gabung Bersama Aplikasi Super

Gabung Bersama Aplikasi Super

Dengan bergabung bersama Aplikasi Super, Sedulur sebagai pemilik toko sembako akan mendapatkan banyak ilmu terkait usaha sembako. Karena Aplikasi Super akan memberikan pelatihan bisnis bagi setiap pengusaha sembako yang tergabung menjadi Mitra Super Center.

Selain memberikan pelatihan bisnis, pembinaan lain akan dilakukan oleh Aplikasi Super dengan memberikan kasir digital untuk menunjang pelayanan dan juga Aplikasi Super akan memberikan promosi gratis kepada setiap toko kelontong.

Hal tersebut dilakukan oleh Aplikasi Super sebagai wujud komitmen Aplikasi Super untuk meningkatkan kesejahteraan hidup dan tingkat perekonomian masyarakat. Download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya.

Jangan lupa juga kunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini, pelajari juga cara daftar Aplikasi Super agar kita bisa mendapatkan keuntungan dan bonus dari Aplikasi Super lainnya.