Suka dengan soto? Yuk simak resep soto ayam Lamongan di bawah ini agar kita bisa membuatnya di rumah.

Soto merupakan salah satu olahan makanan yang menjadi khas Indonesia. Salah satu soto yang terkenal dan disukai masyarakat Indonesia adalah soto Lamongan. Resep soto ayam Lamongan merupakan resep soto yang paling banyak dicari.

Hal tersebut dikarenakan soto ayam Lamongan merupakan jenis kuliner yang paling banyak ditemui di pedangan pecel lele yang banyak tersebar di setiap daerah di Indonesia. Terdapat beberapa resep soto ayam lamongan yang bisa kita buat di rumah sendiri.

Mulai dari  resep soto ayam Lamongan kuah bening, resep rahasia soto Lamongan asli, resep soto Lamongan kuah kental, hingga resep soto ayam Lamongan yang sedap banyak dicari oleh masyarakat, terutama masyarakat Jawa Timur.

-->

Resep soto ayam Lamongan merupakan resep kebanggaan masyarakat Jawa Timur. Jawa Timur sendiri merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak makanan khas dengan cita rasa yang tinggi.

Artikel kali ini akan membahas cara dan resep soto ayam Lamongan agar bisa kita buat di rumah sendiri. Seperti apa cara membuat dan resep soto ayam Lamongan? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: 5 Resep Kari Ayam Sederhana, Enak & Mudah Buat di Rumah

Daftar Resep Soto Ayam Lamongan yang Bisa Dibuat Sendiri Di Rumah

1. Soto Ayam Lamongan Koya

Soto Ayam Lamongan Koya

Pertama adalah resep soto Lamongan koya. Untuk membuat soto Lamongan satu ini, kita membutuhkan bahan, yaitu kubis atau kembang kol, bawang daun, seledri, tauge, telur ayam rebus, daging ayam, dan jeruk nipis.

Sediakan juga bumbu seperti kemiri, jahe, kunyit, bawang merah, dan bawang putih. Jangan lupa juga batang serai, daun jeruk dan juga daun salam serta lengkuas yang telah digeprek. Cara membuat resep soto ayam kuning satu ini sangat mudah.

Pertama kita masak air hingga mendidih di dalam panci, selanjutnya jangan lupa rebus ayam untuk menghilangkan bakteri di dalam ayam. Buang air kaldu ayam lalu rebus kembali ayam hingga lembut dan masak sempurna.

Selanjutnya tumis semua bumbu hingga wangi. Jangan lupa untuk menambahkan serai, salam, lengkuas. Terus tumis bumbu hingga matang. Setelah matang masukkan bumbu yang telah ditumis ke dalam rebusan ayam dan lalu aduk rata.

Jangan lupa garam, gula, merica dan kaldu. Lalu aduk kembali hingga rata dan jangan lupa cek rasa sesuai selera. Masak beberapa menit lagi, kemudian jangan lupa untuk memasukan seledri ke dalam irisan soto. Kita siapkan ayam, tauge dan bunga kol dalam mangkok, lalu siram dengan air kuah soto yang telah selesai dimasak.

Baca Juga: Resep Tempe Kecap Untuk Kesehatan dan Menambah Imun

2. Soto Ayam Lamongan Spesial

Soto Ayam Lamongan Spesial

Resep soto ayam Lamongan selanjutnya adalah resep yang spesial. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep soto ayam Lamongan satu ini adalah 500 gr ayam, 1 batang bawang prei, 1 batang sereh 7 lembar daun jeruk dan 3 lembar daun salam.

Jangan lupa juga menyiapkan bumbu halus yang terdiri dari 3 cm kunyit, 2 cm jahe, 8 siung bawang merah, 9 siung bawang putih, 2 butir kemiri sangrai, 2 butir kapulaga dan 3 butir cengkeh. Kita juga bisa menyediakan bahan tambahan berupa 2 batang daun bawang, 3 batang seledri, 2 ons tauge dan telur rebus.

Cara membuat resep soto ayam Lamongan ini sangat mudah, haluskan bumbu hingga lembut dan lalu tumis bumbu sambil memasukan batang serai, daun salam, daun jeruk, dan potongan bawang prei.

Didihkan kuah soto menggunakan bumbu yang ditumis. Sambil kita melakukan langkah selanjutnya dalam membuat resep soto ayam Lamongan satu ini, yaitu memasukan ayam dengan ditambah sedikit air agar bumbu yang ditumis meresap ke dalam ayam.

Sediakan nasi, lalu resep soto ayam Lamongan satu ini pun siap dinikmati. Akan lebih nikmat menikmati hidangan resep soto ayam Lamongan di saat cuaca dingin atau sedang hujan.

3. Soto Lamongan Ayam Kampung

Soto Lamongan Ayam Kampung

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat soto Lamongan Ayam Kampung adalah 1/2 ekor ayam kampung, 1 ruas lengkuas yang telah digeprek, 2 batang serai yang telah digeprek, 3 lembar daun salam, 4 lembar daun jeruk dan minyak goreng secukupnya.

Sediakan juga air secukupnya, serta garam, gula dan penyedap ayam secukupnya. Kita sediakan juga bahan untuk bumbu halus, seperti 1 ruas jahe, 1 ruas kunyit, 6 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 4 butir kemiri, 1 sdm merica butir, 1/4 sdm ketumbar.

Jangan lupa juga menyiapkan bahan pelengkap, agar resep soto ayam Lamongan satu ini semakin nikmat, seperti 2 butir telur rebus, seledri, bawang goreng, tomat, koya, soun yang telah direndam air dingin, daun bawang.

Cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu pertama tumis bumbu halus dengan minyak goreng menggunakan api sedang. Lalu masukkan  daun salam, daun jeruk serai dan lengkuas. Selanjutnya masukkan ayam, dan aduk-aduk hingga merata. Ayam yang dimasukan jangan lupa rebus hingga matang terlebih dahulu.

Selanjutnya adalah dengan memasukkan ayam ke dalam rebusan kaldu, agar masak lebih sempurna. Jangan lupa untuk cek rasa, setelah pas, lalu masukkan daun bawang sebelum kompor dimatikan. Soto lamongan ayam kampung pun siap dinikmati dengan sepiring nasi hangat.

Ketiga resep soto ayam Lamongan yang telah dijelaskan di atas merupakan resep soto Lamongan yang banyak dijual oleh para pedagang soto dan pecel lele kaki lima. Masih banyak jenis soto lamongan, namun ketiga jenis soto Lamongan di atas merupakan yang paling banyak dijual.

Jangan lupa untuk menyediakan bahan-bahan dan perlengkapan membuat soto Lamongan secara lengkap. Sedulur bisa mendapatkan bahan sembako membuat soto yang lengkap di Aplikasi Super.

Belanja Bahan Resep Soto Ayam Lamongan di Aplikasi Super

Belanja Bahan Resep Soto Ayam Lamongan di Aplikasi Super

Soto Lamongan merupakan kuliner khas Jawa Timur, dan Aplikasi Super merupakan platform digital yang melayani kebutuhan sembako yang memiliki basis di Jawa Timur. Banyak sembako yang tersedia lengkap di Aplikasi Super, apalagi bahan untuk resep soto ayam Lamongan, soto  kebanggaan masyarakat Jawa Timur.

Belanja kebutuhan sembako di Aplikasi Super pun akan semakin memudahkan kita untuk memenuhi kebutuhan sembako. Kita bisa belanja sembako tanpa harus keluar rumah dengan menggunakan Aplikasi Super.

Selain itu juga harga sembako yang ada di Aplikasi Super sangat murah dibandingkan di tempat lain. Banyak bonus dan keuntungan yang bisa kita dapatkan di Aplikasi Super. Jika tidak percaya buktikan saja langsung dengan belanja sembako menggunakan Aplikasi Super.

Klik di sini untuk berkunjung ke laman Aplikasi Super, dan jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki Aplikasi Super di smartphone kita yang canggih saat ini.