Pie susu Bali merupakan salah satu kuliner khas Pulau Dewata yang kini semakin banyak digandrungi masyarakat. Bahkan, para wisatawan merasa harus wajib membawa pie susu sebagai oleh-oleh apabila pulang dari Bali.

Meskipun jadi cemilan khas dan sudah dicap sebagai makanan yang ikonik, ternyata pie susu bukanlah makanan tradisional Bali. Hal ini dikarenakan makanan yang memiliki cita rasa manis dan nikmat ini merupakan kudapan yang terinspirasi dari egg tart Hong Kong.

Nah, bagi Sedulur yang sedang mencari rekomendasi pie susu Bali terenak yang cocok dijadikan oleh-oleh sanak saudara di rumah. Berikut ini daftarnya!

BACA JUGA: Resep Ayam Betutu Asli Khas Bali Pedas Berempah

Sejarah pie susu Bali

Sejarah makanan khas bali
Kompas

Menurut sejarah, pie ini populer di Pulau Bali pada tahun 1989 ketika seorang pedagang bernama ibu Tantri membuka usaha Pie Susu Asli Enaaak.

Saat itu dirinya terinspirasi dari egg tart Hong Kong yang sangat populer pada tahun 1940-an. Makanan ini merupakan salah satu kudapan yang waktu itu hanya disajikan kepada pejabat dan kelompok menengah atas.

Bertahun-tahun menjadi cemilan kaum atas, Tantri pun berniat membuat versi sederhana dari egg tart sehingga juga bisa dimakan oleh banyak orang dengan nama pie susu.

Usaha Tantri pun berbuah hasil, berawal dengan cara menitipkan pie di toko dan pasar, pada tahun 1990 mulai banyak wisatawan yang mencari cemilan buatannya.

Semenjak saat itu, cemilan satu ini semakin berkembang dan banyak wirausaha lokal Bali yang ikut membuatnya.

Demikian sejarah pie susu bali secara singkat dan berikut ini beberapa rekomendasi toko dengan sajian cemilan terenak yang bisa dicoba.

1. Nirmala

Nirmala
Grab

Pie Nirmala merupakan salah satu pie terbaik yang ada di Bali. Hal ini tak lepas dari ciri khasnya yang memiliki pinggiran yang lebih renyah, tipis tapi dengan adonan egg tart yang tebal.

Rasa yang ditawarkan pun sangat beragam, karena Nirmala memiliki rasa original, coklat, kacang hijau dan keju.

Sedulur juga tidak perlu khawatir karena pie susu bali halal untuk dinikmati semua orang. Bahannya tidak mengandung elemen yang diharamkan dalam agama Islam.

Bagi kamu yang penasaran dengan pie susu bali harganya berapa, maka Nirmala memiliki harga yang sangat bersaing, yaitu sekitar Rp 18.000 sampai Rp 96.000.

2. Sisy Bali

Sisy Bali
Pie Susu Sisy

Sisy Bali jadi rekomendasi selanjutnya. Tokonya berada di kawasan Jalan Raya Sesetan, Denpasar Selatan dan buka pada pukul 07.00 – 23.00 malam waktu setempat.

Apabila kamu mencoba pie satu ini, maka akan menemukan beberapa varian unik seperti moka, green tea, pandan, dan durian.

Pie susu Sisy Bali juga dikenal sebagai pie yang tidak menggunakan pengawet dan selalu disajikan secara fresh. Jadi pastikan kalau Sedulur menjadikannya oleh-oleh untuk segera dimakan dan tidak disimpan terlalu lama.

Pie Sisy Bali juga disebut sebagai pie susu bali terenak saat ini lho. Harga pie Sisy berkisar di Rp 20.000 sampai Rp 100.000 saja lho. Murah meriah bukan.

3. Bli Man

Pie Susu Bali Terenak
Bali Beauty & Lifestyle

Selanjutnya pie susu bali halal yang cocok kamu jadikan oleh-oleh adalah Bli Man. Cemilan satu ini memiliki ukuran yang lebih kecil tetapi rasa egg tartnya sungguh legit dan manis.

Selain itu, ada beberapa varian yang tidak dimiliki toko lain seperti almod dan kismis. Pie susu bali harga untuk toko ini cenderung lebih mahal yaitu Rp 35.000 sampai Rp 119.000.

Tetapi dengan harganya yang cukup mahal, makanan satu ini bisa bertahan cukup lama yaitu sekitar 5 hari di luar kulkas.

Baca Juga: Resep Sate Lilit Khas Bali Gurih Nikmat, Mudah Dibuat

4. Pie Susu Dhian

Pie Susu Dhian
Pemkot Denpasar

Toko satu ini jadi salah satu yang banyak direkomendasikan oleh wisatawan. Toko yang didirikan oleh Komang Sukadasna ini memang cukup unik karena memiliki tekstur egg tart yang legit dan besar.

Selain itu, pinggiran kuenya tidak terlalu manis dan crispy. Harga pie susu ini juga cukup murah yaitu Rp 25.000 sampai Rp 112.000.

Pie susu bali tahan berapa lama? Untuk Dhian mereka dikenal memiliki keawetan yang baik. Bila disimpan di kulkas, makanan ini bisa bertahan sampai 2 minggu.

5. Asli Enaaak

Rekomendasi pie susu bali
Traveloka

Melihat sejarah pie susu Bali, maka Asli Enaaak memang patut jadi pilihan untuk oleh-oleh sanak saudara di rumah.

Pie ini juga jadi salah satu pelopor kemunculan cemilan egg tart di Bali, jadi untuk rasa pastinya enak dan lezat.

Salah satu toko pertama yang bisa jadi pilihanmu memilih Asli Enaaak adalah toko di Jalan Nangka, Bali.

6. Pie Susu 21

Rekomendasi pie susu bali
Tripadvisor

Nah, selanjutnya ada 21 yang jadi pie susu bali halal terbaik untuk oleh-oleh. Rasanya beragam dan tentunya enak.

Egg tart yang disajikan pun memiliki rasanya manis legit yang sempurna. Kalau kamu tertarik dengan makanan ini, kamu bisa mencarinya di Jalan Raya Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

7. Arjuna

pie susu bali
Tribun

Rekomendasi merk pie susu selanjutnya yaitu pie susu Arjuna. Pie susu ini merupakan salah satu pie susu yang cukup terkenal dan legendaris di Bali. Untuk mendapatkan pie susu ini, Sedulur bisa datang ke pusat oleh-oleh Arjuna di Jalan Raya Batubulan Nomor 60, Sukawati, Kabupaten Gianyar.

Sedulur juga bisa mendatangi tempat di Arjuna Mart Park 23 lantau 1, Jalan Kediri, Kuta, Kabupaten Badung. Harganya mulai Rp14 ribu per kotak. Mereka menyediakan varian original, keju, mocca, stroberi, dan lainnya.

8. Barong

IDN Times

Pie Susu Barong terletak di Gang Nuri 1, Dangin Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar. Berbeda dengan pie susu lainnya, Barong tidak dijual sembarangan. Bagi Sedulur yang ingin membeli Barong Sedulur harus pre order terlebih dahulu.

Hal tersebut disebabkan karena pie susu ini menggunakan resep khusus dan bisa by request melakukan pemesanan. Untuk pemesanan sendiri, Sedulur bisa menghubungi nomor 081246548622. Harga Pie Susu Barong dijual mulai dari Rp95 ribu per kotak.

9. Cening

pie susu bali
IDN Times

Cening merupakan merk pie susu Bali selanjutnya yang rumah produksinya beralamat di  Jalan Raya Celuk Nomor 6x, Sukawati, Kabupaten Gianyar. Varian rasanya terdiri dari original, dan cokelat. Di alamat ini juga terdapat camilan dan oleh-oleh lainnya yang bisa Sedulur beli.

Kelebihan dari Cening yaitu Sedulur bisa order dan langsung dikirim ke tempat tinggal Sedulur, Sedulur juga bisa menguhubungi nomor kontak yaitu  082237818100.

10. Chandra

Cove

Chandra merupakan merk pie susu yang bisa jadi alternatif pilihan Sedulur. Salah satu varian rasa andalannya yaitu pie kacang yang dijual dengan harga Rp55.000 satu kotak dengan isi 50 buah. Per satu buah pie susu dibanderol dengan harga hanya Rp1000 saja.

Bukan hanya pie kacang, tersedia juga varian rasa lain seperti original, cokelat, keju, dan blueberry. Rumah produksinya di Gang Pelita I Nomor 11, Dauh Puri Klod, Kecamatn Denpasar Barat. Kamu bisa memesannya di nomor 085857228281.

11. Krisna Kirana

pie susu bali
ProductNation

Pusat oleh-olhe Krisna Kirana merupakan salah satu pusat oleh-oleh terkenal di Bali. Setiap wisatawan dan pengunjung pasti mampir ke tempat wisata ini untuk membeli oleh-oleh. Salah satu oleh-oleh yang diproduksi adalah pie susu.

Harga pie susu yang ditawarkan pun variatif dan cenderung murah terjangkau, mulai dari Rp20.000 per kotaknya, Sedulur bisa mendapatkan pie susu Bali dengan berbagai rasa. Mulai dari rasa original, keju, cokelat dan varian rasa lainnya.

12. Seruling Emas

IDN Times

Toko dan pusat oleh-oleh ini beralamat di Jalan Wahidin Nomor 37, Pemecutan, Kecamatan Denpasar Barat. Varian rasanya ada original, cokelat, keju, dan cokelat kacang dengan harga mulai Rp35.000 per kotak. Sedulur bisa memesannya melalui nomor 085100292986 atau 087861991163.

Di sebuah daerah atau kota tempat wisata, biasanya akan banyak sekali rekomendasi pusat oleh-oleh. Salah satu tips yang bisa Sedulur perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli oleh-oleh adalah riset kecil-kecil berbagai tempat oleh-oleh yang sekiranya cocok dengan Sedulur.

13. Valentine

pie susu bali
IDN Times

Pie Susu Valentine termasuk pusat produksi yang berada di Jalan Tukad Badung IIC Nomor 8, Kelurahan Renon, Kota Denpasar. Selain pie susu, Sedulur wajib beli produk pie kacangnya. Harga pie susu Valentine Rp1.250 per satu buah pie, sedangkan harga pie kacangnya Rp1.000 per biji.

Sedulur juga tidak perlu datang ke lokasi pembuatannya dan bisa menghubungi nomor kontak untuk melakukan pemesanan. Cukup telepon atau bisa menghubungi melalui WA di nomor 0818585222 pihak dari pie susu Valentine akan melayani setiap pemesanan Sedulur.

14. Komang

Lokasi atau alama pie susu Komang terletak di Gang Kenari III, Dangin Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar. Satu kotak Pie Susu Komang harganya Rp42.000 berisi 25 pie susu original. Sedulur bisa datang langsung ke toko maupun memesannya secara online melalui WA 081353197512.

15. Pie Susu Ajik

pie susu bali

Pie Susu Ajik diproduksi oleh Krisna Oleh-Oleh Bali. Memiliki tiga varian rasa yaitu original, keju, dan cokelat. Harga satu kotak Pie Susu Ajik mulai Rp35 ribu. Pie susu ini bisa diperoleh di seluruh outlet Krisna Oleh-Oleh Bali.

16. Dewata Agung

Rekomendasi terakhir Pie Susu Bali yang bisa Sedulur beli yaitu Dewata Agung. Pie susu ini menjual hanya varian rasa original dan beberapa rasa lainnya. Bukan hanya pie susu, Dewata Agung juga menjual amilan seperti corn flake, choco flake, milky chips, putri saljur, nastar, bolu dan aneka kue kering lainnya.

Bagi Sedulur yang sedang berkunjung ke Bali, Sedulur bisa mengunjungi Dewata Agung di Jalan Letda Kajeng Nomor 2, Yang Batu, Kota Denpasar. Untuk pemesanan online bisa melalui WA 082145749962 dan sampaikan titik lokasi tempat Sedulur menginap.

BACA JUGA: 14 Makanan Khas Bali yang Wajib Ada di Daftar Menu Harianmu

Resep pie susu sederhana

Resep pie susu
Cookpad

Kalau Sedulur penasaran ingin membuat makanan ini sendiri di rumah, maka ada beberapa tips dan resep sederhana membuat pie bali nih. Berikut ini bahan dan cara membuatnya.

Bahan kulit:

  • 250 gr tepung terigu
  • 1/2 sdm gula halus
  • 150 gr mentega
  • 2 butir kuning telur
  • Vanili secukupnya

Bahan egg tart:

  • 200 ml air
  • 180 gr susu kental manis (SKM)
  • 25 gr gula halus
  • 15 gr tepung custard
  • 4 butir kuning telur
  • Vanili secukupnya

Cara membuat resep pie susu bali sederhana:

  1. Campur semua bahan kulit hingga rata. Tutup dengan plastik wrap. Masukkan 5 menit ke dalam freezer.
  2. Cetak di cetakan pie. Lalu tusuk dasarnya dengan garpu. Panggang sebentar sekitar 15 menit.
  3. Campurkan semua bahan isian, aduk perlahan pakai whisk. Lalu saring.
  4. Masukkan bahan isian. Oven dengan suhu 100 derajat Celcius, selama 80 menit atau hingga matang. Sesuaikan dengan oven masing-masing.
  5. Bila sudah matang, masukkan dalam kulkas hingga set.

Nah, demikian beberapa rekomendasi pie susu terenak dan terbaik yang cocok dijadikan oleh-oleh untuk orang di rumah. Semoga bisa memberikan Sedulur inspirasi pilihan oleh-oleh ketika berwisata di Bali ya!

Pie susu Bali merupakan salah satu camilan enak dan mengenyangkan, Sedulur wajib beli sebagai stok jika berlibur ke Bali. Sedulur juga wajiib stok camilan lainnya yang tidak kalah enak dan mengenyangkan seperti pie susu. Coba buka Aplikasi Super sekarang dan cek camilan yang tersedia.

Sedulur bisa beli berbagai kebutuhan camilan di Aplikasi Super. Sedulur juga bisa beli aneka minuman yang cocok untuk menemani menyantap pie susu. Belanja di Aplikasi Super dijamin bisa bikin Sedulur untung melimpah dan hidup Sedulur jadi makin mudah. Rajin-rajin cek Aplikasi Super, ya!