Ingin tahu resep rendang daging? Yuk, mari simak ulasannya.

Rendang merupakan makanan kebanggaan Indonesia. Rendang merupakan makanan khas Minangkabau yang sempat mendapatkan predikat sebagai makanan paling enak di dunia oleh CNN, kanal berita terpercaya di dunia.

Oleh karena itu, tidak ada yang tidak menyukai rendang. Setiap masyarakat Indonesia pasti sangat menyukai rendang. Mengetahui resep rendang daging adalah hal yang wajib bagi para pecinta rendang yang ada di Indonesia.

Kita biasanya dapat menemukan rendang di rumah makan Padang yang hampir ada di setiap daerah di Indonesia. Rendang merupakan olahan daging yang memiliki cita rasa pedas yang didapat dari campuran bumbu rempah seperti jintan, merica, kapulaga, ketumbar dan rempah-rempah lainnya.

-->

Seperti apa saja resep rendang daging yang bisa kita buat sendiri di rumah? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Ide Menu Makanan Menyambut Idul Adha

Daftar Resep Rendang Daging dan Cara Membuatnya

1. Bahan dan Bumbu Resep Rendang Daging

Bahan dan Bumbu Resep Rendang Daging

Dalam membuat berbagai resep rendang daging, bumbu dan bahan yang dibutuhkan sama. Perbedaan ada pada cara pembuatan dan beberapa langkah yang berbeda. Selain itu juga perbedaan terdapat pada penambahan bahan yang berkaitan yang dilakukan berdasarkan selera.

Bumbu rendang daging sapi 1 kg biasanya harus terdiri dari bumbu yang seharusnya ada pada masakan rendang. Bumbu dan bahan yang dimaksud adalah 1 batang serai geprek, 3 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, 1 ruas lengkuas geprek, 2 cm kayu manis, 1 sendok gula merah, 1 sendok kaldu sapi dan garam, 1/2 sendok jintan bubuk,  setengah sendok merica bubuk, jeruk nipis dan 500 ml santan.

Setelah menyiapkan bahan bumbu di atas, kita juga harus menyiapkan beberapa bumbu yang harus dihaluskan, yaitu 4 siung bawang putih, 6 butir bawang merah, 2 butir kemiri, setengah sendok ketumbar, 3 cabai merah besar, 2 cm kunyit, dan 3 cm jahe.

2. Rendang Daging Biasa

Rendang Daging Biasa

Setelah bahan dan bumbu siap, kita lanjut ke cara pembuatan resep rendang daging biasa. Pertama cuci bersih daging lalu potong sesuai selera dan beri perasan jeruk nipis. Haluskan bumbu, lalu tumis bumbu halus dengan serai, daun jeruk, daun salam, kayu manis dan lengkuas sampai matang.

Masukkan daging sambil terus diaduk rata, lalu kemudian masukkan santan. Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk. Kemudian masukkan garam, kaldu, jintan, merica dan gula merah, diamkan hingga bumbu meresap dan airnya menyusut. Koreksi rasa, angkat dan rendang pun siap dihidangkan.

Baca Juga: Resep Gule Kambing Spesial & Cara Buat Daging Empuk dan Wangi

3. Rendang Daging Telur dan Kentang

Rendang Daging Telur dan Kentang

Resep rendang daging sapi spesial ini hampir sama dengan resep rendang daging biasa. Perbedaannya yang membuat resep rendang daging ini menjadi spesial adalah penggunaan telur dan kentang. Biasanya, di kota Padang, resep rendang daging padang ini yang digunakan di sana.

Karena bahan dan bumbu tidak jauh berbeda, hanya ada sedikit tambahan telur dan kentang dalam resep rendang ini. Kita akan langsung masuk ke pembahasan dalam cara membuatnya.

Langkah pertama dalam cara membuatnya adalah dengan menumis bumbu halus sampai benar-benar matang dan mengeluarkan minyak kemudian tambahkan serai, daun salam, daun jeruk, daun kunyit dan pekak masak lagi sampai wangi.

Selanjutnya masukkan potongan daging dan aduk sampai berubah warna. Lalu setelahnya tambahkan santan dan telur,  dan masak kembali dengan api sedang sambil diaduk secara perlahan. Bumbui dengan garam, kaldu jamur dan sedikit gula, masak terus sampai santan menyusut dan daging empuk.

Jika kita ingin warnanya kecoklatan dan agak merah, masak dengan api kecil selama 4-5 jam. Karena warna dari rendang didapatkan dari proses memasak yang memakan waktu yang lama. Langkah terakhir masukkan kentang dan telur lalu masak sampai kentangnya empuk. Rendang pun siap disajikan.

4. Resep Rendang Padang

Resep Rendang Padang

Cara membuat bumbu rendang Padang selanjutnya yang menjadi ciri khas yang bisa kita temui di kota Padang. Bumbu dan bahan yang kita gunakan sama dengan bumbu dalam resep rendang daging pada umumnya.

Cara membuat rendang daging sapi sederhana ini yang pertama adalah menghaluskan terlebih dahulu bawang merah dan putih, cabai, jahe, lengkuas, serta ketumbar. Lalu langkah selanjutnya adalah  ungkep potongan daging sapi dengan bumbu yang dihaluskan.

Tunggu ungkepan daging hingga mengeluarkan air dan daging ungkepan kering. Lalu setelahnya masukkan santan kental, serai, asam kandis, daun jeruk, daun salam, garam dan gula pasir. Kemudian aduk hingga merata, jangan lupa juga memasukan daun kunyit namun telah disobek-sobek terlebih dahulu.

Tunggu hingga santan mendidih dan mengeluarkan sedikit minyak, jangan lupa untuk mengecilkan api. Usahakan juga untuk terus mengaduk rendang agar tidak menempel pada wajan, tunggu rendang hingga berubah warna dan agak mengering. Setelah mongering, angkat rendang dan masakan siap untuk disajikan dengan nasi hangat.

5. Rendang Khas Payakumbuh

Rendang Khas Payakumbuh

Resep rendang daging khas dari kota Payakumbuh ini sama dengan resep rendang daging lainnya. Perbedaannya terdapat dalam cara pengolahan daging sapi. Resep rendang sapi praktis ini mengharuskan kita untuk membulatkan daging yang telah digiling dengan kelapa yang telah disangrai.

Rempah dan bumbu rendang daging sapi 1 kg ini sama seperti lainnya. Cara membuat resep rendang daging sapi empuk ini adalah dengan memasak sisa bumbu halus, seperti batang serai, daun salam, daun jeruk, daun kunyit, asam kandis, kari bubuk, garam, gula, kapulaga dan bawang lawang.

Kemudian masukkan santan sambil diaduk hingga kuah santan meletup-letup. Setelah kuah santan mengeluarkan minyak, masukkan bola-bola daging yang telah dibuat dan aduk sampai matang dengan api kecil. Masak hingga menyusut dan aduk-aduk terus rendang sampai kering dan berwarna kehitaman. Rendang khas payakumbuh pun siap dinikmati dengan sepiring nasi hangat.

6. Rendang Medan

Rendang Medan

Resep rendang daging khas Medan ini hampir sama dengan rendang telur dan kentang. Karena rendang Medan memiliki ciri khas dengan menambah kentang dalam olahannya. Selebihnya, bumbu rempah dan bahan yang dibutuhkan sama dengan resep rendang daging lainnya.

Langkah pertama dalam membuatnya adalah dengan memasukkan daging dan semua bumbu dalam wajan. Panaskan hingga semua bumbu mengeluarkan air. Biarkan air yang keluar agar surut dan menguap. Setelah itu, lalu masukkan santan kental dan aduk hingga mendidih.

Aduk santan hingga encer dan matang. Patokan santan telah matang adalah ketika santan mengeluarkan minyak. Setelah mengeluarkan minyak, masukan daging dan kentang lalu aduk rata dengan api kecil. Aduk terus hingga daging matang dan kuahnya sedikit agak kering.

7. Rendang Kering

Rendang Kering

Resep rendang daging selanjutnya adalah rendang kering. Cara membuatnya adalah dengan potong-potong daging menjadi 20 potong atau lebih sesuai selera. Masukkan santan ke dalam wajan, tambahkan serai, daun jeruk, daun salam dan bumbu halus.

Masak di atas api kecil dan jangan lupa untuk selalu diaduk perlahan. Aduk santan di bagian permukaannya, ambil sedikit demi sedikit dengan sendok. Aduk terus santan hingga mendidih lalu baru masukan daging sapi.

Setelah daging sapi dimasukan, aduk kembali hingga santan mendidih dan lalu beri bumbu perasa seperti garam dan gula sesuai selera. Aduk terus dengan api kecil, karena ini adalah rendang kering, aduk rendang hingga bumbu santan mongering dan kuahnya telah hilang. Setelah itu, rendang kering pun siap dihidangkan.

8. Rendang Sapi Suwir

Rendang Sapi Suwir

Resep rendang daging sama dengan yang lain, bumbu dan bahannya pun sama. Perbedaannya hanya dalam pengolahan dagingnya. Jika biasanya dalam resep rendang daging yang lain daging dipotong dadu atau dipotong sesuai selera, dalam resep ini daging tidak dipotong, namun disuwir.

Cara membuatnya pun sama dengan proses pembuatan rendang lainnya, perbedan dalam pembuatan resep rendang daging satu ini terletak dalam cara pengolahan daging saja.

9. Rendang Paru

Rendang Paru

Resep rendang daging satu ini tidak menggunakan daging sebagai bahan utama, tapi menggunakan paru sapi sebagai pengganti daging sapi. Bumbu dan rempah yang digunakan pun sama dengan bumbu dan rempah dalam resep rendang daging pada umumnya.

Cara pembuatannya adalah haluskan bumbu dengan menggunakan mesin blender atau bisa juga dengan cara diulek. Setelah halus, tumis bumbu halus hingga mengeluarkan wangi, dan lalu masukkan daun kunyit, daun jeruk, dan paru. Lalu aduk-aduk hingga setengah matang.

Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan santan lalu aduk rata agar santan tidak pecah dan masak hingga matang.  Sebelum mematikan api jangan lupa untuk masukkan 2 keping asam kandis dan rendang pun siap disajikan.

10. Rendang Daging Kambing

Rendang Daging Kambing

Perbedaan dalam resep rendang ini adalah bahan utamanya, jika biasanya menggunakan daging sapi, dalam resep rendang ini menggunakan daging kambing. Cara membuatnya pun sangat mudah, haluskan sebuah bumbu rempah yang dibutuhkan.

Selanjutnya jangan lupa untuk memotong daging kambing sesuai selera, dan mencucinya hingga bersih agar tidak mengeluarkan bau amis. Panaskan santan dan masukkan bumbu yang telah dihaluskan, jangan lupa juga tambahkan serai, daun kunyit, daun jeruk purut, dan asam kadis.

Tunggu hingga mendidih dan santan mengeluarkan minyak, lalu masukkan daging kambing dan aduk rata dengan santan hingga daging empuk dan kuah santan pun mongering. Rendang daging kambing pun siap disajikan.

11. Rendang Ayam Kampung

Rendang Ayam Kampung

Biasanya resep rendang daging satu ini merupakan resep rendang daging jawa. Karena biasanya di pulau Jawa, memasak rendang tidak harus dengan daging sapi, namun juga bisa menggunakan daging ayam kampung dan daging lainnya.

Resep rendang daging ini membutuhkan bumbu rempah yang sama yang telah dijabarkan pada poin nomor satu. Yang berbeda adalah bahan dasarnya, yaitu tidak menggunakan daging sapi namun mengunakan daging ayam kampung.

Langkah pertama adalah menumis bumbu halus hingga harum, tambahkan serai, daun salam, tumis hingga layu dan harum. Selanjutnya masukkan santan, tambahkan daun jeruk dan daun kunyit,  lalu masukkan ayam aduk-aduk.

Jangan lupa untuk menambahkan santan dan air asam jawa, tambahkan gula merah, garam, dan gula pasir.Masak sampai bumbu meresap dan santan menyusut, juga tekstur ayam menjadi sangat empuk. Kita bisa mendapatkannya dengan api kompor yang sangat kecil. Setelah masak, rendang ayam pun siap disajikan.

12. Rendang Kerang

Resep rendang satu ini cukup unik, karena menggunakan kerang sebagai bahan utama pengganti daging. Keluarkan terlebih dahulu daging kerang dari cangkangnya. Lalu lumuri kerang dengan perasan jeruk nipis lalu diamkan 15 menit untuk menghilangkan bau amis.

Setelah itu cuci kerang dengan air panas dan tiriskan. Jangan lupa untuk mencampur semua bumbu ke dalam blender, kemudian tambahkan minyak, giling bumbu hingga halus. Siapkan dan panaskan minyak kemudian lalu tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, daun kunyit, dan serai hingga harum.

Setelah bumbu harum dan matang. Masukkan santan lalu aduk bumbu hingga merata dengan gula pasir dan garam. Masukkan kerang dan aduk kembali, lalu masak hingga mendidih dengan api kecil. Setelah kuah mendidih, lanjutkan memasak hingga bumbu meresap dan matang.

Indikasinya hingga bumbu mengeluarkan minyak. Setelah itu, rendang kerang pun siap disajikan, akan lebih nikmat disajikan dengan tambahan bawang goreng.

13. Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Kali ini resep rendang dengan menggunakan jengkol sebagai bahan utamanya. Jengkol merupakan makanan yang memiliki cita rasa yang tinggi. Namun jengkol juga memiliki aroma yang tajam yang tidak disukai oleh beberapa orang.

Agar jengkol tidak terlalu menyengat, rendam jengkol seharian dengan air cucian beras dengan tujuan agar tidak terlalu mengeluarkan aroma yang begitu menyengat. Setelah direndam, kupas kulit jengkol lalu rebus sekitar 1 jam angkat tiriskan. Tumbuk jengkol sampai pipih.

Langkah selanjutnya panaskan minyak lalu tumis bumbu halus sampai wangi. Selanjutnya masukkan serai, lengkuas, salam, dan daun jeruk. Jangan lupa masukkan garam, gula, lada, dan kaldu. Kemudian masukkan 100 ml air, dan masukkan jengkol. Aduk hingga bumbu tercampur.

Masukkan santan dan tambahkan air sesuai selera. Aduk-aduk hingga rata dan tunggu sampai air menyusut dan bumbu meresap. Dan rendang jengkol siap dihidangkan.

14. Rendang Telur

Rendang Telur

Kali ini adalah resep rendang dengan menggunakan telur sebagai bahan utama. Cara membuatnya adalah rebus telur lalu tiriskan, setelah itu goreng telur sampai sedikit menguning. Siapkan bumbu dan rempah, lalu blender semua bumbu hingga halus.

Tumis bumbu halus, masukkan batang serai geprek, lengkuas geprek dan daun jeruk. Setelah harum masukan santan, tunggu sampai matang. Lalu masukan telur dan aduk-aduk sampai sedikit mengental. Jangan lupa tambahkan gula merah dan kecap secukupnya.

Cicipi rasa dari rendang telur, jika sudah sesuai selesai rendang telur pun siap disajikan.

15. Beli Perlengkapan Memasak Rendang di Aplikasi Super

Beli Perlengkapan Memasak Rendang di Aplikasi Super

Agar kita bisa memasak rendang kapanpun juga, kita harus menyediakan setiap bumbu dan bahan untuk membuat rendang. Kita bisa menyiapkannya dengan membeli bahan dan bumbu rendang di Aplikasi Super.

Aplikasi Super menyediakan segala sesuatu kebutuhan sembako secara lengkap, selain itu kulakan sembako di Aplikasi Super juga sangat mudah. Kita tidak perlu keluar rumah untuk dapat belanja kebutuhan sembako.Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari cara daftar Aplikasi Super. Jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki Aplikasi Super di smartphonemu. Selamat mencoba!