STMJ adalah minuman hangat yang biasa dikonsumsi ketika malam hari atau cuaca sedang dingin. Minuman ini kepanjangan dari Susu Telur Madu Jahe, yang semua racikan itu menjadi bahan untuk pembuatan STMJ. Di musim hujan seperti sekarang ini kadang kita suka cari minuman hangat yang pas, dan langsung mencari STMJ terdekat.

Tapi jika di sekitar rumah tidak ada, Sedulur tidak perlu khawatir. Sebab, kamu bisa membuat sendiri di rumah dengan bahan dan resep STMJ yang gampang. Atau, jika tidak mau repot, Sedulur bisa mencari STMJ sachet di beberapa warung terdekat. Tapi tentu saja, soal racikannya tidak bisa disesuaikan dengan selera.

Nah, berikut ini adalah resep minuman STMJ dengan bahan yang simpel dan proses yang mudah. Penasaran seperti apa langkahnya? Yuk, scroll ke bawah!

BACA JUGA: Mengenal Wedang Uwuh, Minuman ‘Sampah’ yang Kaya Manfaat

Resep STMJ untuk di rumah

Membuat STMJ Sendiri di Rumah yang Menyehatkan
kompas.com

Membuat minuman ini tak perlu banyak bahan atau alat yang susah. Jadi Sedulur akan dengan mudah membuatnya di rumah meskipun ini baru pertama kali. Berikut caranya!

Bahan-bahan (untuk 1 porsi)

  • 300 ml susu cair
  • 5 cm jahe, memarkan
  • 3 sendok makan madu murni
  • 1 butir telur ayam kampung
  • 1/2 sendok teh merica bubuk (opsional)

Langkah-langkah membuatnya:

  1. Pertama rebus dulu susu dengan jahe yang sudah dimemarkan sampai mendidih.
  2. Setelah itu, tuang susu dan jahe yang sudah direbus tadi ke dalam gelas saji.
  3. Kemudian siapkan telur kampungnya, pecahkan dan masukkan ke dalam gelas susu jahe tadi. Lalu aduk dengan cepat biar tidak menggumpal.
  4. Selanjutkan tambahkan madu dan merica (opsional) sesuai selera, lalu aduk-aduk kembali sampai benar-benar merata.
  5. STMJ ala racikan kamu pun siap disajikan. Paling enak diminum selagi hangat dan cuaca sedang dingin.

BACA JUGA: Cara Membuat Sekoteng, Minuman Hangat yang Menyegarkan

Manfaat STMJ

Membuat STMJ Sendiri di Rumah yang Menyehatkan
tagar.id

Minuman ini dipercaya memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah mengatasi masuk angin. Sehingga jika kamu sedang tidak enak badan atau perut kembung, minum minuman ini bisa dicoba. Selain itu, minuman tradisional ini juga bisa menjaga kebugaran karena di dalamnya terdapat madu dan telur. Namun beberapa orang ada yang bertanya apa bahaya STMJ, dan bisa dipastikan minuman ini aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

BACA JUGA: 6 Fakta Arak Bali, Minuman Beralkohol Legendaris dari Bali

STMJ berasal dari mana sih?

Membuat STMJ Sendiri di Rumah yang Menyehatkan
detik.com

Mungkin Sedulur belum tahu dari mana asal minuman ini, sebab di beberapa daerah banyak yang menjual STMJ. Tapi, ternyata minuman ini berasal dari Malang, Jawa Timur. Minuman tradisional ini memang sering dikonsumsi oleh masyarakat Malang karena daerahnya yang dingin, sehingga bagus untuk menghangatkan badan.

BACA JUGA: 12 Jenis Minuman Keras & Kandungannya yang Harus Kamu Tahu

STMJ untuk pria

Membuat STMJ Sendiri di Rumah yang Menyehatkan
pikiran-rakyat.com

Sejak dulu minuman tradisional ini memang dipercaya untuk meningkatkan stamina pria di atas ranjang. Sebab, susu, telur, jahe, dan madu memang dikenal sebagai penunjang libido pria. Tapi tentu saja terkait hal ini harus dibuktikan dulu secara ilmu kesehatan, ya.

Itulah tadi resep STMJ yang bisa Sedulur coba di rumah. Jika kamu punya bahan-bahannya, Sedulur bisa belanja kebutuhannya di Aplikasi Super. Harganya pun murah dan lengkap. Sedulur tinggal download dan instal aplikasinya di sini.