Apakah kegiatan di bawah ini biasa Sedulur lakukan di warung kelontong?

Warung kelontong atau toko kelontong merupakan tempat segala sesuatu kebutuhan rumah dan dapur tersedia di dalamnya. Sembako seperti beras, minyak, gula, dan lainnya menjadi barang utama yang dijual di warung kelontong.

Terdapat banyak kegiatan warung kelontong yang dilakukan. Ada kegiatan yang dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan, ada kegiatan yang dilakukan memang sebagai kewajiban pemilik warung kelontong untuk melakukannya.

Berikut ini beberapa daftar kegiatan yang biasa dilakukan di Warung Kelontong yang mungkin beberapa dari Sedulur belum mengetahuinya. Apa saja kegiatan tersebut? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Perbedaan Warung Dulu dan Sekarang

Daftar Kegiatan yang Biasa Dilakukan di Warung Kelontong

1. Membungkus Minyak Goreng

Kegiatan di warung kelontong yang pertama adalah membungkus minyak goreng. Kegiatan ini sangat umum kita lihat jika kita berkunjung atau belanja ke warung kelontong. Terutama jika anak-anak yang melihatnya.

Anak-anak akan sangat senang dan betah melihat pemilik warung kelontong yang sedang membungkus minyak goreng sesuai takaran. Ada yang dibungkus menjadi setengah liter, satu liter dan lebih. Kegiatan di warung kelontong ini harus dilakukan untuk memudahkan pelayanan.

Biasanya warung kelontong membeli minyak goreng dalam jumlah besar, dan perlu dibungkus sesuai takaran agar pelanggan bisa membelinya dengan mudah. Selain itu, membungkus minyak goreng juga merupakan kegiatan yang sangat menarik untuk dilihat.

2. Menghitung Uang

Menghitung uang sudah menjadi kegiatan di warung kelontong yang biasa dilakukan. Terutama bagi pemilik warung kelontong yang memiliki banyak pelanggan dan warungnya ramai dikunjungi oleh pembeli.

Menghitung uang merupakan kegiatan biasa di warung kelontong yang umum dilakukan. Pundi-pundi uang kertas bertebaran di mana saja dan membutuhkan waktu khusus untuk menghitungnya. Kadang jika kita datang sebagai pembeli melihat pemilik warung menghitung uang, kita akan sangat tergiur.

Tergiur oleh jumlah uang yang dihitung oleh pemilik warung yang memiliki uang banyak dan berantakan. Menghitung uang merupakan kegiatan di warung kelontong yang umum ditemui.

3. Mendengarkan Musik Dangdut

Mendengarkan musik dangdut merupakan kebiasaan yang sering dilakukan para pemilik warung saat jaga warung. Terutama bagi penjaga warung yang menyukai musik dangdut.

Secara umumnya, masyarakat Indonesia sangat menyukai musik dangdut dan penjaga warung seringkali mendengarkan dangdut untuk mengusir rasa bosan. Kegiatan di warung kelontong yang sangat sering kita temui adalah berjoged kecil sambil mendengarkan musik dangdut.

Selain itu juga musik dangdut ampuh untuk menarik pelanggan. Terutama pelanggan bapak-bapak dan ibu-ibu yang juga menyukai musik dangdut. Dangdut memang merupakan musik yang sangat dengan dengan masyarakat Indonesia.

Tidak heran mendengarkan musik dangdut dilakukan sebagai kebiasaan saat jaga warung untuk dapat menghilangkan rasa bosan yang menimpa saat jaga warung.

Baca Juga: Kebiasaan Saat Jaga Warung di Indonesia

4. Mengobrol dengan Pembeli

Tidak jarang, sebagian pemilik warung banyak yang larut dalam obrolan dengan pembeli. Bahkan hingga obrolan berlangsung sangat lama. Banyak pembeli yang terhambat mendapatkan pelayanan ketika pemilik warung keasyikan mengobrol dengan pembeli.

Hal ini yang paling sering kita temui di warung kelontong. Memang cenderung membuat kesal kepada pembeli lain yang sedang mengantri. Namun, pemilik warung juga merasa harus melakukan obrolan dengan pembeli.

Hal ini dilakukan sebagai bagian dari marketing, untuk mendekatkan diri dengan pelanggan dan mendengar segala keluh kesah pelanggan. Namun, sebagai pemilik warung kita harus melayani pembeli yang datang ketimbang melakukan obrolan panjang dengan pembeli lain.

Utamakan pelayanan kepada setiap pembeli, dahulukan yang sudah selesai belanja dan akan membayar. Jika telah selesai obrolan bisa dilanjutkan kembali.

5. Membaca Buku atau Memecahkan Teka-Teki Silang

Kegiatan ini sering dilakukan oleh pemilik warung untuk menghilangkan kebosanan. Membaca buku adalah kegiatan yang umum dilakukan, termasuk dilakukan di warung kelontong.

Kegiatan di warung selanjutnya yang sering dilakukan di Indonesia adalah memecahkan teka-teki silang. Percaya atau tidak, memecahkan teka-teki di saat sedang bosan dapat membuat kita merasa waktu cepat berlalu.

Hal ini dikarenakan otak kita dituntut untuk berpikir agar dapat memecahkan teka-teki tersebut sehingga kita tidak lagi fokus pada rasa bosan. Dan perasaan bosan dapat teralihkan. Tapi juga jangan terlalu fokus pada teka-teki yang dipikirkan, kita akan tidak sadar ketika pembeli datang.

Memecahkan teka-teki silang juga bukan hanya sebagai kebiasaan saat jaga warung saja, namun juga kebiasaan saat ingin menghilangkan kebosanan dalam hal lain. Semisal menunggu seseorang atau menunggu waktu berbuka puasa saat bulan puasa.

Memecahkan teka teki silang merupakan hal yang sering dilakukan di warung kelontong. Banyak manfaat yang didapat dengan mengisi teka teki silang, selain mengisi waktu kosong sekaligus juga mengasah wawasan kita.

Kegiatan di warung kelontong yang telah dijelaskan di atas semoga bisa memberikan pengetahuan seputar hal yang sering kita lakukan. Mengunjungi warung kelontong dan belanja di warung adalah hal yang sering kita lakukan.

Jangan sampai kita tidak mengetahui hal-hal yang terjadi di tempat yang sering kita lakukan. Namun, bagi Sedulur yang mulai jarang belanja di warung karena satu dan lain hal, tidak usah khawatir. Sedulur saat ini bisa belanja di warung hanya dengan di rumah aja.

Saat ini telah tersedia layanan Aplikasi Super yang memungkinkan Sedulur untuk belanja kebutuhan tanpa harus keluar rumah. Harga sembako yang diberikan pun sangat murah, ketimbang belanja secara langsung.

Barang yang dipesan pun akan diantarkan dengan biaya ongkos kirim gratis. Jika Sedulur mulai tertarik, gunakan Aplikasi Super sekarang juga. Jangan lupa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan pelajari cara download Aplikasi Super.

Download Aplikasi Super sekarang juga dan gunakan Aplikasi Super untuk belanja sembako mulai dari sekarang. Selamat mencoba!