Setiap orang memiliki ciri khas berbeda saat belanja di Toko Kelontong, kenali tipe-tipe pembeli di bawah ini dan pelajari cara menarik perhatiannya.

Bagi Sedulur Super yang menjalankan bisnis toko kelontong, Sedulur wajib mengetahui tipe-tipe orang yang belanja di toko kelontong Sedulur. Jika mengetahui seperti apa saja tipe pembeli Sedulur, hal ini dapat membantu Sedulur untuk melayani para pembeli.

Dampak positif yang akan Sedulur rasakan adalah Sedulur akan dapat mengerti keinginan orang-orang yang belanja, efeknya akan memberikan kenyamanan kepada pembeli Sedulur dan akan membuat toko kelontong Sedulur untung super melimpah. Seperti apa saja tipe-tipe orang saat belanja di toko kelontong? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Tips Super Untuk Mendapatkan Pelanggan Setia

Berbagai Tipe-Tipe Pembeli dan Cara Menarik Perhatiannya

1. Tipe-Tipe Datang-Beli-Pulang

Tipe-tipe pembeli pertama adalah tipe yang biasanya akan menyampaikan tujuannya langsung kepada Sedulur sebagai pemilik toko saat belanja. Tipe-tipe pembeli ini sangat anti basa-basi, langsung menanyakan barang yang akan mereka beli.

Setelah mendapatkan sembako atau barang yang akan dibeli, mereka akan langsung membayarnya dan pulang begitu saja. Tipe pembeli yang datang-beli-pulang ini biasanya tidak terlalu begitu suka berbelanja.

Jika bukan karena terdesak untuk membeli persediaan, paling juga disuruh untuk membeli sesuatu. Jika ditanya kepada tipe pembeli ini, alasan mereka secara umum adalah malas berbelanja atau tidak ada waktu untuk berbelanja.

Bagi mereka, menghabiskan waktu saat belanja adalah hal yang tidak perlu dan sangat membuang waktu. Sedulur harus sangat hati-hati melayani tipe pembeli satu ini, jangan sampai membuat mereka tidak nyaman.

2. Tipe Pembeli yang Berkeliling Dulu Belanja Kemudian

Tipe pembeli satu ini kebalikan dari tipe datang-beli-pulang. Biasanya orang yang belanja dengan tipe pembeli ini sangat menyukai berbelanja dan siap menghabiskan waktu selama mungkin di toko atau di tempat perbelanjaan lainnya.

Walaupun berkeliling di toko kelontong hingga satu jam lebih dan hanya membeli beras satu liter saja, mereka tidak akan mempermasalahkan hal tersebut. Tipe pembeli satu ini akan sangat detail melihat setiap barang di tempat perbelanjaan.

Biasanya mereka akan membandingkan harga dan cek kualitas barang. Sedulur Super harus melayani pelanggan satu ini dengan sangat ramah. Luangkan waktu untuk menemani tipe pembeli satu ini, karena mereka sangat senang ditemani dan akan bertanya banyak hal.

Baca Juga: Cara Super Mengatur Keuangan Selama Masa Pandemi Covid-19

3. Tipe Pembeli Berpura-Pura

Tipe orang yang berbelanja satu ini biasanya memiliki alibi andalan, mereka akan berkeliling mengecek barang belanjaan, seperti cek beras atau minyak. Berpura-pura memilih beras atau minyak dan barang lainnya, padahal sebenarnya mereka sedang melihat harga atau membandingkan harga.

Tipe pembeli satu ini biasanya sangat tidak yakin dengan sejumlah uang yang mereka bawa. Mereka akan memastikan jumlah uang cukup untuk berbelanja. Jika sekiranya tidak cukup mereka tidak akan membeli yang tidak perlu.

Ketika berpura-pura memilih sembako mereka sedang menghitung jumlah uang dengan total belanjaan. Hal tersebut merupakan alibi dari tipe pembeli satu ini. Biarkan saja tipe pembeli satu ini. Karena tipe pembeli ini akan merasa rishi jika ditanya atau ditemani.

4. Tipe Pembeli yang Banyak Tanya

Tipe pembeli satu ini akan sangat ramah dan biasanya banyak bertanya kepada Sedulur Super sebagai pemilik toko. Tipe satu ini akan cenderung banyak bertanya, menanyakan kualitas barang, menanyakan dari mana mendapatkan barang dan banyak hal lain yang ditanyakan.

Walaupun akhirnya tipe pembeli satu ini tidak akan jadi membeli barang di toko miliki Sedulur Super. Mereka sebenarnya sedang melakukan riset harga dan membandingkan harga barang murah diantara toko yang ada.

Jika di toko Sedulur Super harga barang sangat murah adalah yang paling ideal menurut tipe pembeli satu ini, mereka biasanya akan membeli sembako murah tersebut. Jika tidak, mereka akan pamit dan tidak membeli apapun di toko kelontong Sedulur Super.

Tipe pembeli satu ini harus dihadapi dengan sangat sabar, bisa jadi mereka akan kembali lagi, dan akan banyak bertanya kepada Sedulur Super.

5. Tipe Pembeli yang Membeli Sesukanya

Tipe pembeli satu ini adalah tipe yang sangat disukai oleh setiap pengusaha atau pemilik toko mana pun. Biasanya mereka memiliki kemampuan finansial yang tinggi, alias orang kaya. Tanpa banyak pikir, mereka akan membeli barang apapun sesukanya.

Sedulur Super sebagai pemilik toko harus melayani tipe pembeli satu ini dengan sangat ramah, karena bisa-bisa toko kelontong Sedulur Super untung melimpah diborong oleh tipe pembeli satu ini. Pastikan pembeli dengan tipe ini nyaman kulak barang di toko miliki Sedulur Super.

Karena kenyamanan yang dirasakan oleh tipe pembeli satu ini akan memberikan dampak baik bagi toko Sedulur sekalian. Karena nantinya mereka akan kembali lagi ke toko Sedulur Super, untuk belanja apapun membeli barang sesukanya.

6. Tipe Pembeli yang Menyukai Harga Murah

Jika Sedulur memiliki banyak barang dengan harga murah, tipe pembeli satu ini akan otomatis langsung mendatangi toko Sedulur Super. Mereka sangat menyukai harga barang yang murah. Bahkan jika perlu, tipe orang yang berbelanja satu ini akan menghabiskan waktu mereka sebanyak mungkin.

Menghabiskan waktu sebanyak mungkin untuk mendapatkan barang murah yang ada di toko belanja bukan menjadi persoalan bagi tipe pembeli satu ini. Tipe pembeli satu ini adalah tipe yang sangat potensial bagi Sedulur Super.

Mereka biasanya akan kulak barang dengan sangat banyak asalkan harganya adalah harga termurah. Kunci untuk mendapatkan hati tipe pembeli satu ini, Sedulur Super harus benar-benar meyakinkan mereka bahwa harga barang yang ada di toko Sedulur adalah yang paling murah yang pernah ada.

Atau, jika Sedulur Super ingin menarik hati tipe pembeli satu ini yang pada kenyataannya sangat banyak di Indonesia ini. Sedulur Super bisa bergabung di Aplikasi Super dan mendaftarkan toko miliki Sedulur Super menjadi Mitra Super Center yang dimiliki Aplikasi Super.

Karena dengan bergabung menjadi Mitra Super Center, Sedulur akan mendapatkan harga sembako murah untuk dijual kembali dan tipe pembeli yang menyukai harga murah akan ramai berdatangan ke toko kelontong Sedulur Super Sekalian.

Bukan hal yang mustahil, jika toko kelontong Sedulur Super sekalian akan mendapatkan untung super melimpah yang sangat didambakan oleh setiap pengusaha kelontong. Jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum download Aplikasi Super.

Mulai dari sekarang, kulak sembako di Aplikasi Super saja, dan daftarkan toko kelontong Sedulur di Aplikasi Super. Jangan lupa juga kunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini. Pelajari lebih lanjut terkait Aplikasi Super, termasuk mengetahui cara daftar Aplikasi Super.