Bisnis sampingan yang menguntungkan akan membantu mengatasi masalah keuangan kita.

Besarnya pengeluaran tiap bulan membuat kita harus memutar otak untuk menambah penghasilan tiap bulannya. Kebutuhan setiap orang memang berbeda-beda, ada yang menyesuaikan dengan penghasilan yang masuk, ada juga yang mengejar penghasilan untuk menutup kebutuhannya.

Walaupun kita telah memiliki pekerjaan, banyak bisnis sampingan yang dilakukan untuk menambah penghasilan perbulannya. Penghasilan tambahan dari bisnis sampingan tersebut bisa digunakan untuk menutup kekurangan biaya kebutuhan atau juga untuk menabung.

Penghasilan tambahan bisa didapat dari berbagai macam usaha yang dilakukan di luar pekerjaan utama. Usaha yang paling masuk akan adalah melakukan bisnis sampingan yang menguntungkan. Banyak pekerjaan dan usaha yang dilakukan.

-->

Biasanya yang menarik minat adalah melakukan berdagang, baik jasa atau pun produk yang dijadikan bisnis sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang diinginkan.

Terdapat beberapa jenis bisnis sampingan yang umum dilakukan oleh beberapa orang yang mencari pemasukan tambahan. Jenis bisnis sampingan ini merupakan yang paling banyak dilakukan dan terbukti menguntungkan. Apa saja jenis bisnis sampingan tersebut? Yuk mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Butuh Pemasukan Tambahan? Gabung Menjadi Super Agen

Daftar Bisnis Sampingan yang Menguntungkan

1. Fotografer

Man using professional camera in the studio

Perkembangan arus informasi dan berbagai macam inovasi teknologi saat ini sangat cepat dan pesat, hal tersebut juga mendorong media-media yang ada terus bersaing untuk mengabarkan berita tercepat yang sedang terjadi.

Apabila Sedulur Super memiliki hobi fotografi dan memiliki banyak stok foto atau kerap mengambil foto lingkungan sekitar, menjualnya bisa dijadikan salah satu cara untuk menambah penghasilan. Menjadikan fotografi sebagai bisnis sampingan di era digital adalah keuntungan tersendiri.

Sedulur Super juga bisa menjadi anggota situs foto berbayar, yang memberikan harga terhadap foto yang Sedulur miliki untuk digunakan di media yang mereka miliki. Apabila ada seseorang yang tertarik terhadap foto yang Sedulur miliki, foto Sedulur sudah barang tentu akan dibeli.

Hal ini sangat efisien apabila Sedulur tidak mau repot melakukan bisnis sampingan lain dan kebetulan memiliki bakat dalam dunia fotografi lengkap dengan peralatan yang dimiliki. Banyak startup dan perusahaan yang membutuhkan jasa para fotografer lepas.

2. Penulis Lepas

Bisnis sampingan yang bisa dilakukan selanjutnya adalah sebagai penulis lepas. Penulis lepas saat ini banyak dicari dan dibutuhkan sebagai pekerjaan lepas dan pekerjaan sampingan. Hal ini dipengaruhi dengan perkembangan usaha online yang pesat dan membutuhkan banyak penulis konten.

Penulis konten tersebut akan membuat beberapa artikel untuk mempromosikan produk dari usahanya. Selain itu, banyak juga dibutuhkan penulis konten untuk memberikan edukasi terkait produk usaha. Bisnis sampingan sebagai penulis konten juga sangat menguntungkan.

Terutama jika Sedulur memiliki minat terhadap dunia literasi. Bisnis sampingan sebagai penulis konten juga bisa dilakukan oleh siapapun, kita hanya memerlukan waktu luang dan konsentrasi saat menulis konten yang dipesan.

3. Penerjemah

Bisnis sampingan lainnya yang bisa Sedulur Super lakukan untuk mendapatkan keuntungan adalah menjadi penerjemah. Menjadi penerjemah merupakan jenis bisnis sampingan yang paling fleksibel dan bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Hal yang paling menarik adalah, Sedulur Super bisa menentukan tarif penerjemahan setiap lembar berdasarkan tingkat kesulitan dari teks yang diterjemahkan. Biasanya Sedulur yang berprofesi sebagai guru bahasa atau Sedulur yang memiliki pendidikan di bidang bahasa asing bisa melakukan ini.

Kemampuan utama yang dibutuhkan untuk bisnis sampingan ini adalah kemampuan bahasa. Apapun pekerjaan yang Sedulur tekuni, Sedulur bisa melakukan penerjemahan kapanpun dan dimanapun. Termasuk Sedulur juga yang menentukan kapan jadwal teks selesai diterjemahkan.

4. Guru Les Privat

Jenis bisnis sampingan selanjutnya yang bisa Sedulur Super coba adalah sebagai guru les privat. Terutama bagi Sedulur Super yang memang berprofesi sebagai guru, Sedulur bisa menawarkan les privat sepulang mengajar atau malam hari atau juga di akhir pekan yang disesuaikan jadwalnya.

Guru les privat cukup mudah dan fleksibel untuk dilakukan, karena Sedulur bisa menentukan jadwal les dalam seminggu dan berapa lama les berlangsung. Hal yang menarik dari menekuni bisnis sampingan ini ini, Sedulur Super tidak membutuhkan modal material yang besar.

Modal yang sangat diperlukan adalah pengetahuan yang Sedulur Super miliki dan juga melatih cara mengajar yang asyik dan dapat mudah dicerna oleh para murid. Enaknya menekuni bisnis sampingan ini, Sedulur Super bisa menentukan tarif Sedulur setiap jamnya.

5. Menjadi Super Agen di Aplikasi Super

Sedulur ingin mempunyai pengalaman sebagai pedagang namun belum memiliki modal? Bisnis sampingan satu ini bisa menjadi alternatif, yaitu menjadi reseller atau pedagang kedua. Reseller tidak membutuhkan modal yang banyak.

Apabila Sedulur pintar memilih produk apa yang bisa diambil untuk dijual, Sedulur tidak akan terlalu repot terutama apabila produk itu kerap dicari oleh masyarakat.

Reseller merupakan penjual kedua setelah distributor utama, Sedulur akan menjual kembali dan memperoleh keuntungan dari barang yang dijual. Beberapa reseller hanya menjual barang tanpa melakukan pengiriman atau harus membeli barangnya terlebih dahulu ke distributor utama.

Beberapa yang lain harus membeli dengan harga yang murah dan baru bisa menjualnya. Jika Sedulur tertarik melakukan bisnis sampingan dengan berdagang dan tidak memiliki modal sama sekali, Sedulur Super bisa bergabung menjadi Super Agen yang dimiliki oleh Aplikasi Super.

Dengan bergabung menjadi Super Agen, Sedulur Super akan mendapatkan untung super melimpah dengan tanpa sama sekali mengeluarkan modal. Hal ini dikarenakan, Aplikasi Super menerapkan sistem kerja sama yang sangat adil yaitu sistem bagi hasil yang sesuai dengan syariat agama.

Selain untung super melimpah, banyak bonus yang juga bisa Sedulur dapatkan saat menjadi Super Agen sebagai bisnis sampingan yang Sedulur tekuni. Bonus yang paling menggiurkan adalah Sedulur Super bisa diberangkatkan umroh secara gratis oleh Aplikasi Super.

Bagi Sedulur Super yang berminat, Sedulur bisa klik di sini untuk download aplikasi Super dan rasakan langsung manfaatnya menjadi Super Agen. Selain mendapatkan pemasukan tambahan, Sedulur Super juga bisa mendapatkan untung super melimpah dengan berbagai bonus yang bisa Sedulur dapatkan.

Jangan lupa juga kunjungi laman Aplikasi Super untuk mengetahui lebih lanjut berkaitan dengan Super Agen dan Aplikasi Super. Termasuk mengetahui bagaimana cara daftar Aplikasi Super untuk menjadi Super Agen.