Memulai bisnis online shop adalah keputusan tepat di era serba digital seperti saat ini.

Berbisnis online shop atau jualan online saat ini banyak sekali diminati oleh hampir sebagian masyarakat Indonesia. Bahkan memulai bisnis online shop saat ini seakan menjadi sebuah trend yang harus diikuti oleh para pengusaha muda.

Hal tersebut dikarenakan bisnis online shop dianggap memiliki sistem yang lebih efektif dibandingkan dengan jualan secara konvensional. Selain menghemat pengeluaran karena tidak harus sewa tempat untuk dijadikan toko, online shop juga memiliki waktu yang lebih fleksibel.

Jika salah satu dari Sedulur Super ada yang tertarik berbisnis online shop dan ingin mengetahui cara memulai bisnis online shop, berikut ini terdapat beberapa langkah efektif sebagai cara memulai bisnis online shop. Apa saja caranya? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Usaha Toko Kelontong, Cara Mulai dan 11 Tips Untung Jutaan

Cara Memulai Bisnis Online Shop yang Efektif

1. Perhatikan Produk yang Akan Dijual

Jangan lupa bahwa setiap bisnis selalu memiliki resiko. Termasuk juga bisnis online shop. Selalu Ingat beberapa resiko yang akan terjadi ketika Sedulur berjualan barang secara online, terutama dalam proses pengiriman.

Pertimbangkan dan pastikan bahwa barang yang akan dijual aman dan terkirim sampai kepada pembeli. Kita pun harus mengetahui kurir mana yang cocok dengan produk kita. Contohnya dalam menjual baju, menggunakan jasa kurir dengan pengiriman selama dua hari tentu saja akan aman.

Namun berbeda halnya  ketika kita menjual makanan yang memang tidak tahan lama. Kita harus pandai mencari kurir yang dapat mengantar makanan secara cepat dalam waktu beberapa jam, agar ketika sampai ke tangan pembeli rasa dan bentuk makanan tidak rusak dan masih dapat dinikmati.

2. Tentukan Platform Penjualan Bisnis Online Shop

Sangat bijak kita menentukan platform apa saja yang akan digunakan untuk mempromosikan bisnis online shop kita. Dengan begitu, kita bisa menyusun strategi yang tepat untuk produk yang akan dijual di bisnis online yang kita jalani.

Jangan sampai kita menjual pada platform yang tidak sesuai dengan target pembeli. Dan pastikan platform tersebut dapat mempermudah para pembeli untuk mendapatkan produk yang kita jual.

Ambil contoh, misalkan kita menjual barang-barang elektronik yang harganya mencapai jutaan rupiah, kita harus memilih platform yang memang sudah menyediakan sistem pembelian secara kredit dengan perhitungan dan keamanan yang terjamin.

3. Buat Foto Produk Secara Menarik

Karena kita menjual produk dilakukan secara online, sebaiknya kita membuat foto produk dengan semenarik mungkin. Hal ini dilakukan agar menarik para pembeli. Foto produk yang menarik juga bisa menyihir pelanggan untuk membeli produk online shop kita.

Sebelum membuat foto produk, kita dapat mencari contoh foto produk yang menurut kita sesuai untuk menarik pembeli. Tak ada salahnya kita mencontoh konsep foto tersebut, namun jangan lupa kita harus fokus dalam pengambilan foto produk sebagai objek utama.

Di era digital saat ini, foto produk merupakan hal penting. Karena kita menjual barang yang tidak dapat langsung dilihat oleh calon pembeli, untuk mengatasi hal tersebut maka foto produk diciptakan agar pembeli dapat yakin untuk membeli produk kita.

4. Berikan Promosi dan Diskon

Salah satu strategi dalam menjalankan bisnis online shop adalah memberikan beberapa promosi dengan memberikan potongan harga. Promosi akan lebih dapat menarik pembeli, hal ini sangat ampuh karena tidak ada yang tidak menyukai diskon.

Promosi dan diskon juga bisa dilakukan sebagai bagian dari pengenalan brand online shop yang dijalani. Branding merupakan hal penting dalam menjalankan bisnis. Karena setiap bisnis yang sukses merupakan bisnis yang memiliki branding yang kuat.

Bahkan jika branding bisnis kita telah kuat, semahal apapun harga produk yang kita jual, pembeli akan rela membeli walaupun mereka sadar bahwa harganya sangat mahal. Hal tersebut manfaat dari memiliki branding yang kuat.

5. Perhatikan Kualitas Produk

Penjualan secara online berarti pembeli hanya dapat melihat produk yang kita jual dari foto dan dari keterangan yang kita berikan mengenai produk tersebut. Maka, kita harus menjaga kepercayaan pelanggan dengan memperhatikan kualitas produk yang kita jual.

Jangan lupa bahwa menarik pelanggan tidak hanya melalui platform digital saja, bisa jadi dari mulut ke mulut. Ketika produk yang kita tawarkan memang bagus dan tidak mengecewakan pembeli, maka memungkinkan para pembeli menyebarkannya.

Seperti sebuah testimoni, penyebaran informasi dari mulut ke mulut juga masih sangat ampuh sebagai ajang untuk mempromosikan bisnis. Terutama untuk meyakinkan dan meningkatkan kepercayaan para calon pembeli terhadap produk dari online shop yang kita jalani.

Bayangkan saja jika kita kecolongan dan menjual barang dengan kualitas buruk, hal tersebut tentu saja akan mengecewakan pembeli dan akan membuat pembeli tersebut tidak lagi belanja di online shop kita. Pembeli tersebut pun akan menyebarkan kabar kekecewaannya kepada rekan-rekannya.

Hal ini akan memberikan dampak buruk bagi perkembangan bisnis online shop yang kita jalani. Bisnis online shop juga merupakan bisnis kepercayaan. Saling percaya antara pembeli dan penjual merupakan faktor utama yang menentukan bisnis online shop kita sukses atau tidak.

Jika Sedulur tertarik menjalankan bisnis online shop, Sedulur bisa mencoba menjual produk-produk sembako dan daftar sebagai Mitra Supercenter dari Aplikasi Super. Aplikasi Super baru-baru ini meluncurkan sebuah fitur baru yang bernama Toko Saya, yang semakin memudahkan berjualan online.

Aplikasi Super sangat cocok dijadikan sebagai platform untuk menjalankan bisnis online shop terutama dibidang sembako. Banyak keuntungan dan bonus yang bisa didapatkan. Kunjungi laman Aplikasi Super, agar Sedulur semakin yakin untuk menggunakan Aplikasi Super.

Klik di sini bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super. Download Aplikasi Super sekarang juga dan buktikan bahwa Aplikasi Super merupakan platform yang dapat memberikan kemajuan ekonomi. Selamat Mencoba.