Simak penjelasan di bawah ini, untuk mengetahui cara cek tagihan BPJS

BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) merupakan sebuah program dari pemerintah yang memberikan pelayanan kesehatan kepada setiap masyarakat Indonesia dengan harga yang sangat terjangkau.

Jika sebelum ada BPJS masyarakat Indonesia ada yang kesulitan untuk berobat ke rumah sakit, maka setelah BPJS diresmikan, masyarakat sangat menyambut baik dan bisa berobat ke rumah sakit dengan harga yang terjangkau.

Oleh karena itu, BPJS menjadi sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tapi, masih ada sebagian masyarakat yang belum tahu cara bayar BPJS, cara cek saldo BPJS, dan lain sebagainnya. Perlu diketahui juga bahwa BPJS memiliki dua jenis, yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

-->

Cek tagihan BPJS ketenagakerjaan berbeda dengan cek tagihan BPJS kesehatan perusahaan. Karena keduanya merupakan bagian yang terpisah walaupun masih berada di satu kesatuan BPJS. Bagaimana cara cek tagihan BPJS? Yuk mari simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Langkah dan Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Cara Cek Tagihan BPJS

1. Cek Melalui Website Resmi BPJS

Cara cek tagihan BPJS yang pertama yang harus Sedulur ketahui adalah melalui website resmi BPJS. Cara ini akan menjadi pilihan yang sangat tepat bagi kita yang aktif menggunakan layanan internet.

Sedulur Super cukup dengan masuk ke website resmi BPJS, dan melakukan pengecekan tagihan pembayaran dengan beberapa langkah di bawah ini:

  • Pada halaman utama sebelah kiri klik menu “Cek Iuran BPJS Kesehatan”
  • Setelah  halaman baru muncul pada layar, Anda akan diminta untuk mengisi dua kolom yang terdiri dari Nomor Kartu dan Tanggal Lahir Anda sebagai pemegang kartu BPJS tersebut.
  • Setelah mengisi kedua kolom tersebut, Anda juga harus mengetikkan Angka Validasi yang tertera di sana. Kemudian klik “Cek”. Rincian pembayaran Anda akan muncul pada layar. Rincian ini meliputi pembayaran yang telah dilakukan dan juga tagihan yang belum dibayarkan.

Selain melalui website, Sedulur juga bisa cek tagihan BPJS melalui SMS Gateway, jika menginginkan cara yang lebih mudah

2. Cek Melalui SMS Gateway

Selain melalui sambungan internet, pemerintah juga memberikan kemudahan bagi pengguna BPJS untuk melakukan pengecekan tagihan melalui layanan SMS. Layanan SMS Gateway ini tentu akan memudahkan Sedulur dan juga para pengguna BPJS lainnya.

Terutama bagi pengguna BPJS yang tidak atau jarang menggunakan layanan internet dalam kehidupan sehari-hari. Layanan ini bisa diakses dengan jaringan seluler di nomor 08777 5500 400.

Berbagai informasi mengenai layanan BPJS kesehatan yang digunakan dapat diakses melalui nomor tersebut, termasuk jumlah tagihan bulanan yang harus dibayarkan dan jumlah denda yang dikenakan jika terjadi penunggakan.

Informasi mengenai tagihan Sedulur Super tersebut bisa diakses dengan menggunakan salah satu data diri kita, antara lain Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA), atau Nomor Induk Pegawai yang kita miliki. Cek BPJS dengan NIK adalah yang paling umum dilakukan.

Gunakan salah satu dari nomor data diri tersebut untuk mengetahui jumlah tagihan iuran bulanan BPJS , dengan format tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan. Contoh, Tagihan 0000123456789. Lalu kirim ke 087775500400.

3. Cek Melalui Aplikasi Mobile JKN

Saat ini cek tagihan BPJS juga bisa melalui aplikasi cek tagihan BPJS Kesehatan. Cara untuk mengakses cek tagihan BPJS semakin mudah dan bisa dilakukan kapan saja.

Namun, jika pembayaran BPJS terlambat, tentu saja kita akan mendapatkan denda akibat keterlambatan tersebut. Maka dari itu gunakan aplikasi cek tagihan BPJS Kesehatan agar terhindar dari keterlambatan sehingga tidak akan didenda. Caranya adalah dengan mengikuti langkah di bawah ini:

  • Unduh dan instal aplikasi mobile JKN dari ponsel lewat Google Play Store atau App Store
  • Registrasi untuk membuat akun
  • Masuk ke akun mobile JKN Anda
  • Pilih menu Tagihan, lalu Premi
  • Nanti akan tertera informasi tagihan dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Saat ini kemajuan teknologi informatika memang sangat membantu kita untuk lebih mudah dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, salah satunya adalah cek tagihan BPJS bisa kita ketahui melalui smartphone.

Baca Juga: Tips dan Cara Transfer Pulsa Indosat Terbaru

4. Cek Melalui Channel Lain yang Tersedia

Namun jika beberapa cara cek tagihan BPJS di atas masih sulit untuk dilakukan karena satu dan lain hal. Ada beberapa alternatif cara yang bisa Sedulur Super tempuh untuk mengetahui cara cek tagihan BPJS.

Untuk mendapatkan informasi jumlah tagihan iuran BPJS  Kesehatan, Sedulur juga bisa dapatkan melalui Care Center di nomor telepon 1500 400, layanan jemput bola BPJS  Kesehatan Mobile Customer Service (MCS), dan di Mal Pelayanan Publik (MPP).

Mal Pelayanan Publik (MPP) BPJS sudah tersedia di beberapa mal yang ada di beberapa kota. Kota yang sudah ada di DKI Jakarta, Bekasi, Batam, Surabaya, Banyuwangi dan Denpasar. Kota dan daerah lain di Indonesia akan segera menyusul terkait MPP sebagai bagian dari fasilitas yang diberikan.

Setelah mengetahui cara cek tagihan BPJS di atas, Sedulur diharapkan untuk lebih cekatan lagi membayar BPJS agar tidak mendapatkan denda dan sanksi akibat keterlambatan membayar. Sedulur Super harus menjalankan segala kewajiban sebagai peserta BPJS sesuai aturan.

Banyak kemudahaan saat ini untuk melakukan apapun, salah satunya untuk cek tagihan BPJS. Kemudahan lainnya yang bermanfaat untuk kehidupan akibat dari kemajuan teknologi informatika adalah dengan adanya Aplikasi Super.

Aplikasi Super hadir untuk memudahkan kita semua belanja kebutuhan sembako sehari-hari. Jika belanja sembako di warung atau toko membutuhkan tenaga dan waktu lebih untuk kulakan sembako, melalui Aplikasi Super semuanya bisa dilakukan dengan sangat mudah dan harga murah.

Hal ini bisa memberikan keuntungan bagi setiap yang menggunakan Aplikasi Super. Selain itu Aplikasi Super juga memiliki Super Agen dan Supercenter sebagai program yang akan lebih meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan hidup kita.

Ditambah lagi, baru-baru ini Aplikasi Super meluncurkan fitur terbaru bernama Toko Saya, fitur yang semakin membuat kita nyaman belanja sembako di aplikasi kulakan satu ini. Selain itu aplikasi toko kelontong satu ini juga tentu saja menyiapkan sembako super dengan harga yang sangat murah.

Klik di sini untuk download Aplikasi Super dan juga jangan lupa kunjungi laman Aplikasi Super untuk mempelajari  cara daftar Aplikasi Super agar mendapatkan untung super melimpah.