Ide bisnis di hari kemerdekaan memiliki peluang yang menggiurkan.

Seperti yang sudah Sedulur ketahui, bahwa hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus sebentar lagi akan tiba. Banyak kegiatan yang terjadi untuk merayakan hari kemerdekaan. Mulai dari perayaan resmi seperti upacara, hingga perayaan ringan seperti perlombaan.

Melihat rutinnya kegiatan yang terjadi untuk merayakan hari kemerdekaan, memunculkan beberapa peluang bisnis yang bisa dikerjakan. Ide bisnis di hari kemerdekaan muncul akibat banyaknya kegiatan yang dilakukan saat hari kemerdekaan tiba.

Apa saja ide bisnis di hari kemerdekaan yang menarik yang bisa Sedulur Super coba untuk menambah pemasukan dan mendapatkan penghasilan tambahan? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Barang Sembako yang Paling Dicari Saat 17 Agustus

Ide Bisnis di Hari Kemerdekaan yang Menggiurkan

1. Sewa Pakaian Tradisional

Ide bisnis di hari kemerdekaan yang pertama adalah bisnis sewa pakaian tradisional. Pada hari kemerdekaan, biasanya banyak yang menyelenggarakan kegiatan upacara atau pawai menggunakan pakaian adat atau tradisional.

Kita bisa memanfaatkan hari kemerdekaan ini sebagai peluang bisnis dengan menyewakan pakaian adat yang pastinya bisa menghasilkan banyak keuntungan. Siapkan beberapa pakaian adat, mulai dari adat Jawa, Sunda, Sumatera, Kalimantan, Bali, dan sebagainya.

Semakin beragam pakaian adat yang kita miliki, semakin besar juga peluang yang akan didapatkan. Pakaian adat selalu menjad salah satu yang ditampilkan saat pawai kemerdekaan. Hal ini untuk menunjukan betapa kaya kebudayaan tradisional yang ada di Indonesia.

2. Jual Bendera Merah-Putih

Ide bisnis di hari kemerdekaan selanjutnya adalah menjual bendera merah putih. Salah satu kegiatan masyarakat Indonesia ketika memperingati hari kemerdekaan adalah dengan memasang bendera merah-putih di halaman rumah masing-masing.

Kita bisa memanfaatkan kegiatan tersebut sebagai ladang bisnis bulanan untuk menambah pemasukan. Usaha ini bisa dibilang cukup mudah, terlebih lagi jika kita memiliki kemampuan menjahit. Cukup dengan membeli kain berwarna merah dan putih dan bisa langsung jahit.

Atau jika kita tidak menjahit sendiri, kita bisa mebayar jasa seorang penjahit. Harganya tentu bisa lebih murah. Pada dasarnya, tidak dibutuhkan keterampilan menjahit yang sangat baik untuk menjalankan bisnis satu ini.

Hanya keterampilan menjahit sederhana saja yang diperlukan. Yang terpentin, jahitan bendera kita rapih dan disukai oleh masyarakat. Bendera merah-putih merupakan bendera negara Indonesia dan menjadi identitas perjuangan merebut kemerdekaan.

3. Jasa Fotografi

Man using professional camera in the studio

Ide bisnis di hari kemerdekaan ini berbeda dengan ide bisnis sebelumnya, yaitu menawarkan jasa fotografi. Bisnis jasa ini diberikan kepada penyelenggara kegiatan di hari kemerdekaan.

Diadakannya pawai ataupun lomba kemerdekaan 17 Agustus bisa menjadi peluang bisnis bagi kita yang punya hobi di dunia fotografi. Kita bisa menawarkan jasa foto di RT sekitar rumah ataupun di sekolah-sekolah, yang mengadakan kegiatan perayaan hari kemerdekaan.

Akan ada banyak orang tua yang menginginkan penampilan anak-anak mereka untuk diabadikan. Sediakan harga yang cukup bersaing, karena dengan begitu akan banyak pelanggan yang meminta bantuan jasa fotografi yang kita tawarkan.

4. Jual Kaos Tema Kemerdekaan

Jika kita memiliki hobi di dunia fashion, kita bisa mencoba untuk berjualan pakaian dengan tema hari kemerdekaan. Untuk menjalankan bisnis ini, kita hanya perlu pintar untuk memilih vendor supaya keuntungan yang didapat pun juga semakin banyak.

Kita bisa menjual t-shirt ini ke orang di sekitarmu atau secara online. Jika memang ingin dipasarkan secara online, buatlah sistem pre-order agar tidak ada kaus sisa dan mencegah terjadinya kerugian. Akan lebih menarik jika kita memiliki desain baju yang unik dan tidak pasaran.

Desain pada kaos juga merupakan bagian penting bagaimana kaos diminati dan terjual laris dipasaran. Cari teman atau kerabat yang memiliki kemampuan desain yang sangat baik, dan juga jangan lupa untuk ikut terlibat dalam proses pembuatan desain.

5. Bisnis Kuliner

Jika kita memiliki kemampuan memasak dan termasuk dalam kategori yang jago memasak, kita bisa mencoba untuk berjualan kuliner seperti kue-kue kecil atau kue basah. Atau juga kita bisa berjualan minuman segar seperti es buah atau teh manis.

Lakukan penjualan di area sekitar perlombaan 17 Agustus. Dengan begitu, akan ada banyak pelanggan yang berdatangan karena pastinya mereka butuh kudapan sehabis lelah mengikuti perlombaan. Walaupun hanya bisnis harian, namun jangan salah keuntungannya sangat menggiurkan.

Ide bisnis di hari kemerdekaan ini banyak dicoba oleh masyarakat. Usahakan menjual kuliner yang unik, seperti jajanan-jajanan untuk anak kecil. Karena pada saat perlombaan, akan banyak anak kecil yang berkeliaran di sekitar area perlombaan.

Untuk memulai usaha kuliner ini, tentu saja Sedulur membutuhkan sembako untuk membuatnya. Sedulur bisa lebih mendapatkan keuntungan dengan membeli sembako sebagai modal di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super memiliki harga sembako yang sangat murah.

Selain itu juga Aplikasi Super juga menawarkan banyak bonus yang bisa Sedulur nikmati, bonus-bonus ini akan memberikan keuntungan yang lebih lagi bagi Sedulur. Aplikasi Super memiliki pelayanan yang optimal dan juga ikut terlibat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Oleh karena itu, dari mulai memberikan pelayanan hingga fitur dan bonus yang disediakan Aplikasi Super merupakan langkah untuk mewujudkan keterlibatan Aplikasi Super untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain mencoba ide bisnis di hari kemerdekaan yang telah diulas pada penjelasan di atas, Sedulur juga bisa sambil mempelajari seputar Aplikasi Super dengan mengunjungi laman Aplikasi Super. Jika muncul ketertarikan, langsung pelajari cara daftar Aplikasi Super.

Jangan lupa juga download Aplikasi Super dengan klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super. Rasakan langsung keuntungan dari Aplikasi Super dengan ikut terlibat dalam memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia.