Menabung untuk Berkurban tiap tahunnya, merupakan cara yang bijak untuk dilakukan.

Berkurban di hari raya Idul Adha merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Terutama bagi yang memiliki rezeki cukup dan berpenghasilan. Namun, bagi kita yang memiliki pemasukan pas-pasan pun bisa berkurban.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk dapat melaksanakan ibadah. Salah satunya dengan cara menabung, secara perlahan mengumpulkan uang agar bisa berkurban tiap tahunnya. Tetapi, menabung pun bukan hal yang mudah dilakukan.

Banyak orang yang gagal menabung karena tidak konsisten dalam menyimpan uang. Hal tersebut juga bisa terjadi saat proses menabung untuk bisa berkurban. Terdapat tips dan cara mudah menabung agar bisa berkurban tiap tahunnya. Apa saja caranya? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Berbagai Ritual Merayakan Idul Adha di Berbagai Negara

Cara Mudah Menabung Untuk Berkurban di Hari Raya

1. Cicil Menabung Tiap Bulan

Cara mudah menabung adalah dengan mencicil tabungan, entah itu tiap minggu atau bisa juga tiap bulan. Kita juga bisa menerapkan cara mudah menabung untuk berkurban dengan mencicil tiap bulannya.

Namun sebelum memutuskan untuk menabung, tentukan terlebih dahulu jumlah biaya kurban yang akan kita laksanakan. Hal ini untuk target jumlah yang akan kita kumpulkan dalam menabung. Cara mudah menabung untuk berkurban, bisa juga kita anggap sebagai mencicil.

Setiap bulannya mungkin kita membayar cicilan seperti rumah, mobil atau motor. Kita bisa menabung untuk berkurban dengan menganggap seperti mencicil. Jangan lupa untuk menentukan jumlah cicilan tiap minggu atau tiap bulannya.

Lalu hitung target waktu dan jumlah yang akan terkumpul. Sesuaikan dengan biaya kurban yang dibutuhkan. Jika telah sesuai, lakukan cara mudah menabung untuk berkurban ini dengan konsisten dan disiplin. Agar bisa berkurban pada tiap tahunnya.

2. Mengikuti Arisan Kurban

Cara mudah menabung untuk berkurban selanjutnya adalah dengan mengikuti arisan kurban. Arisan merupakan budaya di Indonesia yang sudah menjadi ciri khas. Banyak hal yang dijadikan objek arisan, ada uang, emas dan bahkan hingga hewan kurban sekalipun.

Arisan kurban merupakan cara mudah menabung untuk berkurban. Cara ini juga terbilang efektif dan juga banyak dilakukan oleh orang agar dapat berkurban di tiap tahunnya. Semakin banyak yang terlibat arisan, semakin besar uang terkumpul.

Tetapi, sebelum mengikuti arisan, ada baiknya mencari tahu tentang cara pembayaran, jumlah arisan, jumlah peserta dan jangka waktu arisan. Jangan lupa juga untuk mempelajari dan memahami terkait hal-hal lain yang berkaitan dengan arisan.

3. Buat Rekening Tabungan Baru

Sebelum melaksanakan cara mudah menabung untuk berkurban, ada baiknya kita untuk membuat rekening bank atau rekening tabungan terpisah khusus untuk berkurban. Karena menyatukan tabungan dengan uang kebutuhan sehari-hari hanya akan membuat kita bingung.

Cara mudah menabung untuk berkurban satu ini terbilang efektif, karena uang tabungan dan uang kebutuhan lain tidak akan bercampur. Selain itu, dengan rekening baru, kita juga bisa menjadi lebih mudah memonitor jumlah uang yang sudah terkumpul.

Jangan sekali-kali mencoba atau memulai untuk mengambil uang tabungan, karena hal tersebut akan menjadi kebiasaan dan tabungan pun tidak junjung terkumpul.

Baca Juga: Tips Sehat Saat Lebaran Idul Adha 2020

4. Menabung Emas

Kita juga bisa menabung biaya kurban dengan menggunakan emas. Hal ini bisa kita lakukan jika dirasa sangat sulit untuk menyisihkan sebagian pendapatan. Jika tidak memikirkan berbagai cara mudah menabung untuk berkurban, uang untuk berkurban tidak akan terkumpul hingga kapanpun.

Menabung dengan emas juga merupakan salah satu cara alternatif yang bisa digunakan dalam menabung untuk berkurban. Cara ini selain mudah, tentunya juga bisa dijadikan sebagai ajang investasi. Seperti yang kita ketahui bahwa emas memiliki harga yang tinggi.

Cara menabung emas juga terbilang stabil karena harga emas yang tidak pernah turun. Saat ini banyak program tabungan emas yang dapat kita ikuti, misalnya saja di Pegadaian. Pilih program tabungan emas yang terjamin dan terpercaya.

Pelajari dulu program tabungan emas hingga paham dan mengerti, jangan sampai ada detail program yang terlewatkan. Jika menemukan sesuatu yang mencurigakan dan aneh, jangan ragu untuk meninggalkan program emas tersebut.

Karena belakangan ini banyak penipuan yang berkedok program investasi, salah satunya adalah tabungan emas. Kita sangat harus waspada dan berhati-hati jika tidak ingin rugi.

5. Menggunakan Jasa Pihak Ketiga

Bagi yang kesulitan untuk menabung secara pribadi, bahkan takut jika digunakan sewaktu waktu. Mengapa tak mencoba untuk menggunakan jasa pihak ketiga untuk menabung biaya kurban. Cara mudah menabung untuk berkurban ini sangat efektif dilakukan.

Terutama bagi kita yang sangat tidak disiplin dalam menabung. Saat ini banyak sekali lembaga khusus kurban yang dapat membantu menabung untuk membeli hewan qurban. Kita bisa memilih paket yang ditawarkan sesuai dengan lamanya simpanan tersebut.

Namun, jangan lupa untuk mempelajari dulu lembaga khusus kurban yang akan kita gunakan sebagai pihak ketiga. Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir kerugian dan tidak ada salahnya untuk selalu berwaspada.

Semoga kita bisa menabung dengan lancar sehingga setiap tahunnya kita bisa berkurban. Walaupun tahun ini belum berkesempatan untuk berkurban, jangan menjadi kecil hati. Idul Adha adalah hari raya di mana daging sapi atau kambing sangat berlimpah.

Walaupun kita tidak berkurban, kita masih bisa mencicipi daging sapi atau kambing yang kita dapatkan. Jangan lupa untuk mengolah daging secara baik, dan persiapkan bumbu untuk mengolah daging saat Idul Adha nanti.

Belanja bumbu dan sembako pelengkap hari raya Idul Adha di Aplikasi Super saja. Klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super, dan mulai belanja sembako di Aplikasi Super saat ini juga.