Manfaat kencur

Kencur merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat, tanaman ini biasanya dipakai sebagai bumbu dapur namun juga bisa dipakai sebagai obat-obatan herbal pula. Karenanya, manfaat kencur pun sangat beragam bagi kesehatan maupun urusan rumah tangga Sedulur.

Kencur merupakan tanaman yang berasal dari Asia dan masuk ke dalam keluarga Zingirberaceae. Tentu saja, kencur masih satu keluarga dekat jahe, lengkuas, ataupun kunyit. Seperti jenis rempah herbal lainnya, kencur juga merupakan jenis empon yang kaya dengan kandungan minyak atsiri dan senyawa alkaloid yang berkhasiat obat.

Kencur tumbuh subur di wilayah Asia.  Selain di Indonesia, kencur juga tumbuh di Cina, Myanmar, Malaysia, dan Thailand. Tak heran jika kencur kemudian dikenal sebagai bumbu masakan populer di Asia. Saking populernya di berbagai daerah, di Indonesia sendiri tanaman ini memiliki berbagai nama sebutan seperti cikur, ceku, cekor, tekur, suha, bataka.

Selain akarnya, daun kencur juga kerap dimanfaatkan sebagai lalapan dan urap. Sementara bagian rimpangnya sering digunakan untuk keperluan kosmetik. Kencur memiliki bau dan rasa yang khas. Sehingga meski bentuk dan penampakannya sangat mirip dengan rimpang lainnya seperti jahe dan lengkuas, namun kencur punya bau dan rasa yang berbeda.

Untuk manfaatnya sendiri, peneliti telah melakukan penelitian mengenai rempah-rempah untuk kesehatan. Ternyata kencur tak hanya memiliki manfaat bagi kelezatan masakan serta kosmetik. Rimpang satu ini bisa Sedulur manfaatkan untuk berbagai keperluan.

 

Tak heran jika melihat manfaat kencur ini, banyak perusahaan obat dan makanan mengolah tanaman kencur untuk berbagai keperluan. Agar pengetahuan Sedulur terkait rimpang ini bertambah dan Sedulur dapat memanfaatkan kencur dengan lebih baik, yuk simak penjelasan di bawah ini mengenai 15 manfaat kencur untuk kesehatan!

Kencur manfaat dan kegunaannya bagi kesehatan dan keperluan sehari-hari

1. Obat batuk

manfaat kencur
alodokter

Bagi Sedulur yang menderita batuk, tanaman kencur bisa Anda pakai untuk mengobatinya. Kencur memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang dapat meredakan gejala batuk Sedulur. Efek analgesik dari kencur pun mampu melegakan pernafasan Sedulur. Untuk mendapatkan manfaat kencur untuk paru-paru ini, Sedulur dapat mencampur kencur dengan garam untuk meredakan batuk berdahak. Meminum ramuan ini disebut-sebut bisa membuat pernapasan lebih lega dan membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat.

2. Menghilangkan stres

manfaat kencur
kompas

Sebuah penelitian yang dilakuan oleh para peneliti dari Departemen farmasi Universitas Jahangirnagar Bangladesh, berhasil menemukan manfaat kencur. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ekstrak tanaman kencur baik rimpang/akar dan daunnya memiliki sifat antidepresan terhadap sistem saraf pusat yang bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan.

Efek ini bisa Sedulur dapatkan dengan konsumsi kencur sebagai jamu, suplemen, atau aromaterapi. Melalui konsumsi kencur, Sedulur akan merasakan efek meredakan kecemasan dan stress yang berlebihan.

3. Mengobati Diare

manfaat kencur
bola

hasil penelitian sebelumnya yang dimuat dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, menemukan hal menarik. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa ekstrak kencur memiliki kandungan zat sitotoksik dan antibakteri dalam jumlah yang cukup banyak. Karena itu, kencur bisa dipakai untuk mengobati diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Selain itu, manfaat antiinflamasi pada kencur juga tak hanya membantu tenggorokan dan batuk Sedulur, namun juga untuk kesehatan saluran pencernaan. Inflamasi pada usus dan saluran pencernaan lainnya dapat diredakan melalui konsumsi kencur.

4. Bahan dasar Jamu

manfaat kencur
halodoc

Sedulur mungkin pernah meminum jamu beras kencur yang banyak dijual di tempat penjaja jamu ataupun di supermarket. Jamu ini sesuai namanya, dibuat dengan bahan dasar kencur dan beras. Ada alasannya pula mengapa jamu beras kencur jadi demikian populer dan disukai oleh banyak orang. Ada banyak manfaat jamu beras kencur bagi kesehatan jika dikonsumsi secara teratur dengan dosis yang tepat.

Manfaat  beras kencur salah satunya adalah bisa dipakai untuk meningkatkan nafsu makan, mengatasi masalah pencernaan, sakit perut, sesak napas, pilek bahkan untuk mengobati rasa sakit kepala.

5. Mencegah karies gigi

orami

Manfaat kencur juga ternyata bisa mencegah karies gigi lho Sedulur. Kencur memiliki sifat antimikroba, di mana kencur mampu menghambat pertumbuhan bakteri lactobacillus acidophilus dalam mulut. Karena itu, ini menjadi manfaat kencur untuk anak-anak yang sangat penting. Seperti yang Sedulur ketahui, anak-anak sangat rentan mengalami karies gigi. Hal ini bukan hanya karena anak-anak masih sukar menyikat gigi secara baik, namun juga karena makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak kerap mengandung gula tinggi.

6. Meningkatkan energi

manfaat kencur
merdeka

Tidak bisa diragukan lagi, jika manfaat Kencur, jahe, dan kunyit dapat meningkatkan energi. Tanaman-tanaman tersebut biasanya ada yang tumbuh secara liar, bahkan ada pula yang dibudidayakan. Caranya rebus 2 cm kencur, jahe, dan kayu manis. Minuman hangat ini dianjurkan diminum sebelum tidur. Kencur dapat meningkatkan energi, kesadaran, membuat tubuh rileks, dan mengatasi kelelahan.

Baca Juga: 15 Manfaat Jamu Beras Kencur yang Ajaib untuk Kesehatan

7. Meningkatkan nafsu makan

mothermag

Kencur dapat meningkatkan nafsu makan karena sifat karminatif. Beberapa suplemen makanan untuk anak juga ada tambahan kencur. Kencur bisa menjadi bumbu penyedap dan baik dikonsumsi anak-anak. Jadi bukan hal yang aneh, jika manfaat kencur untuk anak yaitu meningkatkan nafsu makan.

Karena alasan ini pula, banyak suplemen anak yang mengandung kencur sebagai penambah nafsu makan. Rasa rimpang mungkin tidak terlalu disukai oleh anak-anak. Oleh karena itu, memasukkan kencur ke dalam suplemen bisa menjadi solusi bagi Sedulur dan anak Sedulur yang mungkin sedang tidak nafsu makan.

8. Menurunkan kolesterol jahat

lifepack

Kencur dapat meningkatkan produksi empedu dalam tubuh. Empedu bekerja menyerap nutrisi, termasuk menghilangkan racun dan kolesterol jahat. Jadi bagi Anda yang memiliki kolestrol yang cukup tinggi, bisa mengkonsumsi ramuan dari kencur. Selain untuk menurunkan kolesterol, Sedulur juga bisa mendapatkan manfaat kencur untuk diabetes. Rimpang ini juga mampu menormalkan gula darah.

9. Sumber antioksidan

klikdokter

Antioksidan dalam kencur bisa mengurangi radikal bebas dan virus. Kencur dan kunyit diketahui bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Terlebih di masa pandemi seperti ini, manfaat kencur dan kunyit jadi sangat penting untuk membantu pernapasan atau untuk mengobati penyakit Covid-19.

10. Melawan bakteri

aaqr

Cuaca yang tidak mendukung seperti hujan yang cukup deras akhir-akhir ini, membuat banyak orang mencoba menggunakan obat-obatan herbal. Ya, maklum akan banyak virus atau penyakit yang bisa menyerang kekebalan kita. Dan kencurpun bisa menjadi solusi untuk mengobatinya atau menekan laju pertumbuhan virus dan penyakit tersebut.

11. Bahan dasar tabir surya

Manfaat kencur
mskcc

Tanaman ini memiliki senyawa Etil parametoksisinamat (EPMS). Senyawa ini, biasanya dipakai dan digunakan sebagai bahan tabir surya. Bagi Sedulur yang menyukai produk kosmetik natural, bisa mencoba menggunakan produk tabir surya dengan bahan dasar kencur.

12. Mengobati kencing batu

aruplab

Jika Sedulur mengalami penyakit kencing batu yang cukup menyiksa, maka kencur bisa menjadi solusinya. Sebab, dalam tanaman kencur terdapat senyawa untuk mengobati kencing batu. Sedulur tinggal ambil dan cuci dua rimpang kencur, lalu parut untuk dicampur dengan segelas air hangat. Setelah diaduk rata, hasil parutan kencur disaring dan tambahkan sedikit garam untuk diminum secara teratur sehari sekali saja.

13. Mengatasi muntah-muntah

Manfaat kencur
homage

Persoalan muntah atau mual tentu dirasakan oleh semua pihak, peristiwa ini biasanya muncul ketika hendak melakukan perjalanan jauh atau sebagainya. Nah, ada sebuah ramuan herbal yang cukup membantu yaitu, campuran kunyit. Manfaat kunyit bisa menjadi obat mengatasi rasa muntah-muntah.

Cara menggunakan kunyit untuk obat muntah-muntah yaitu, ambillah 1,5 jari kencur yang masih segar, kemudian dicuci bersih. Berikan kencur tersebut, untuk nantinya dikunyah dengan campuran sedikit garam. Sesudah dikunyah halus, kencur ditelan. Lakukan 2 kali sehari langkah ini sampai penderita merasa lega.

14. Mengatasi infeksi jamur

afmc

Selain dapat mengobati penyakit akibat bakteri, manfaat kencur dipercaya bisa juga mengatasi infeksi jamur. Ekstrak kencur terutama dapat membantu menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans yang pada umumnya hidup di dalam tubuh, seperti saluraran pencernaan, mulut, dan vagina. Jadi, patut  dipertimbangkan penggunaan dari kencur ini.

15. Mengobati masuk angin dan flu

cnnindonesia

Cuaca yang tidak mendukung seperti hujan dan panas yang datang silih berganti, bisa memunculkan beragam penyakit yang bisa menyerang saluran pernapasan seperti flu hingga masuk angin. Penggunaan obat-obatan kimia tentu tidak semestinya digunakan secara berlebihan. Butuh ramuan herbal yang bisa menangani persoalan tersebut. Kencur bisa Sedulur jadikan sebagai alternatif.

Wah, ternyata tanaman kencur memiliki banyak manfaat sebagai obatan-obatan herbal. Selain dapat mengobati penyakit yang cukup berat seperti kanker dan diare, nyatanya manfaat kencur bisa dipakai sebagai obat pernapasan seperti batuk atau flu.

Di masa cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, penggunaan ramuan kencur sangat diperlukan sekali.  Selain untuk mengobati beberapa macam penyakit, manfaat kencur untuk pria yaitu bisa menambah stamina dan energi di kala lelah.

Itu tadi rangkuman beberapa manfaat kencur untuk suplemen obat-obatan baik untuk mengatasi penyakit yang parah, sedang maupun penyakit yang masih tergolong ringan seperti, batuk, pilek ataupun sakit tenggorokan. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Sedulur di musim pancaroba ini. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan konsumsi makanan sehat yang bisa Sedulur dapatkan di Aplikasi Super. Yuk, install sekarang juga!