Sedulur merupakan salah satu pecinta kuliner khas minang? Dendeng balado merupakan salah satu andalannya. Simak resep dendeng balado di bawah ini, agar bisa membuat sendiri di rumah.

Selain rendang, salah satu kuliner andalan dan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia secara luas adalah dendeng balado. Sajian daging sapi yang digoreng dan kemudian disiram dengan bumbu lado atau bumbu balado yang terbuat dari cabai merah dan berbagai bumbu lainnya.

Dendeng balado merupakan salah satu lauk yang dapat meningkatkan selera dan nafsu makan. Dalam kesempatan ini, akan dibahas resep dendeng balado. Jika Sedulur ingin daging sapi yang krispi, terdapat juga resep dendeng balado kering krispi, begitu juga resep dendeng basah, bagi Sedulur yang menginginkan daging yang basah. Yuk, tanpa berlama-lama, mending kita simak langsung langkahnya di bawah ini.

Baca Juga: Resep Rawon Daging Surabaya Paling Enak & Sederhana

Langkah Dan Resep Dendeng Balado yang Super Mudah!

1. Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

1. Siapkan Bahan yang Dibutuhkan
pikiran-rakyat.com

Langkah pertama dalam resep dendeng sapi balado adalah menyiapkan bahan yang dibutuhkan, bahan-bahan tersebut adalah:

  • 500 gram daging sapi
  • 3 buah asam kandis
  • 1.000 ml air
  • 500 gram minyak untuk menggoreng

Bahan untuk Daging:

  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 2 cm jahe
  • 1 sdt garam

Bahan Lado (bumbu balado):

  • 12 butir bawang merah
  • 15 buah cabai merah besar
  • 3 buah tomat merah, belah empat
  • 100 ml air
  • 150 ml minyak untuk menumis
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt gula pasir
  • 4 lembar daun jeruk, buang tulangnya

2. Siapkan Daging Terlebih Dahulu

2. Siapkan Daging Terlebih Dahulu
kompas.com

Langkah selanjutnya dalam resep dendeng balado, setelah Sedulur menyiapkan bahan-bahan di atas, yatu mengolah terlebih dahulu daging sapi. Karena, jika daging sapi tidak diolah dengan baik, tekstur daging sapi akan alot dan susah dikunyah, hal ini akan menyulitkan Sedulur saat menyantap dendeng nantinya.

Haluskan bumbu yang disiapkan untuk daging, seperti jahe, ketumbar dan bawang putih, beri garam dan juga asam kandis. Lalu ratakan dengan daging terlebih dahulu. Rebus hingga daging benar-benar empuk. Setelah daging empuk, iris tipis dan memarkan agar benar-benar tipis. Selanjutnya goreng daging hingga kering. Bagi Sedulur yang ingin daging basah, bisa mengabaikan proses penggorengan daging. Karena pada dasarnya daging telah masak.

Proses perebusan dalam resep dendeng sapi ketumbar, peran bawang putih dan ketumbar dapat membuat daging menjadi lebih empuk dan mengeluarkan rasa gurih yang ada pada daging.

Baca Juga: Resep Semur Daging Sapi yang Super Enak dan Empuk

3. Buat Sambal Lado (Bumbu Balado)

3. Buat Sambal Lado (Bumbu Balado)
merdeka.com

Langkah selanjutnya dalam resep dendeng balado adalah membuat sambal lado, atau yang kita kenal dengan nama bumbu balado. Haluskan semua bumbu yang dibutuhkan untuk balado, lalu tumis bumbu dengan minyak secukupnya hingga matang. Tambahkan daun jeruk dan beri garam, gula, boleh ditambah penyedap rasa jika berkenan. Cek rasa, cika telah sesuai selera, Sedulur bisa memasukkan daging yang telah digoreng, dan masak hingga bumbu balado menyerap pada daging.

4. Sajikan Dendeng Balado

4. Sajikan Dendeng Balado
selerasa.com

Langkah terakhir dalam resep dendeng balado adalah dengan menyajikan dendeng balado dalam wadah khusus. Sedulur bisa menghias sajian dendeng balado dengan menambahkan bawang goreng atau daun bawang agar wangi dendeng lebih keluar. Menyantap dendeng balado dengan nasi hangat merupakan cara yang nikmat, siapkan minuman menyegarkan sebagai pendamping seperti es jeruk atau es teh manis.

Semoga langkah dalam resep dendeng balado di atas bisa menjadi rekomendasi menu masak Sedulur sehari-hari. Masakan padang terkenal dengan cita rasanya yang nikmat dan mampun meningkatkan nafsu makan. Sedulur bisa menjadikan dendeng balado untuk meningkatkan nafsu makan Sedulur.

Jangan lupa untuk membeli segala bahan yang dibutuhkan dalam resep di atas, Sedulur bisa membeli bahan-bahannya di Aplikasi Super. Selain cara membeli yang mudah dan pelayanan yang membuat Sedulur nyaman, tersedia banyak pilihan bahan sembako kebutuhan memasak dengan harga murah dan kualitas terjamin.

Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super, untuk terlebih dahulu download Aplikasi Super. Mulai gunakan Aplikasi Super untuk kebutuhan sehari-hari, agar kehidupan Sedulur semakin menguntungkan.