Berikut ini beberapa manfaat air kelapa yang baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Yuk, mari kita simak pembahasannya di bawah ini!

Sebagai buah-buahan, buah kelapa merupakan salah satu buah-buahan yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Terutama buah kelapa muda, yang terdiri dari elektrolit, mineral, dan berbagai vitamin. Selain itu, buah kelapa muda juga mengandung gula alami yang baik untuk tubuh.

Oleh karena itu, banyak yang mencari dan membutuhkan air kelapa muda. Baik untuk konsumsi setiap hari atau konsumsi demi kepentingan pengobatan. Sebelum masuk kepada pembahasan terkait manfaat air kelapa, kita simak terlebih dahulu bagaimana kandungan terdapat dalam air kelapa.

Berikut ini beberapa kandungan yang terdapat dalam air kelapa muda yang baik untuk kesehatan tubuh:

  • Energi: 17 Kalori (Kal)
  • Protein: 0.2 g
  • Lemak : 0.1 g
  • Karbohidrat: 3.8 g
  • Kalsium: 15 milligram (mg)
  • Fosfor: 8 mg
  • Besi: 0.2 mg
  • Natrium: 1 mg
  • Kalium: 149 mg

Dari daftar kandungan di atas, terdapat beberapa turunan yang memiliki berbagai manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit juga untuk menangkal penyakit lainnya. Mari kita langsung masuk ke pembahasan terkait berbagai manfaat air kelapa muda itu sendiri.

Baca Juga: 10 Manfaat Santan Kelapa Yang Jarang Diketahui

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Berbagai Penyakit

1. Memperlambat Penuaan

1. Memperlambat Penuaan
tribunnews.com

Menjadi tua itu sebuah kepastian, namun jika penuaan terjadi di usia yang belum seharusnya hal tersebut merupakan sebuah penyakit kulit wajah yang dikenal dengan nama penuaan dini. Sedulur bisa mencegah dan memperlambat penuaan dini dengan minum air kelapa.

Salah satu manfaat air kelapa adalah mengatur pertumbuhan, perkembangan dan penuaan sel tubuh. Hal tersebut didapatkan dari kandungan sitokinin, yang dapat membantu mengoptimalkan hormon pertumbuhan bekerja. Sitokinin juga memiliki efek anti penuaan dan anti pembekuan darah.

2. Menjaga Tekanan Darah dan Kolesterol

2. Menjaga Tekanan Darah dan Kolesterol
alodokter.com

Manfaat air kelapa yang kedua adalah menjaga tekanan darah dan kolesterol. Hal ini disebabkan karena air kelapa mengandung mineral yang meliputi kalsium, kalium, zat besi dan natrium. Kandungan-kandungan mineral tersebut sangat ampuh untuk menjaga tekanan darah dan kolesterol.

Bagi Sedulur yang memiliki penyakit hipertensi, mengkonsumsi air kelapa muda secara  rutin akan membantu melancarkan sirkulasi darah dan mencegah terjadinya penyumbatan arteri di tubuh yang menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Kandungan kolesterol dalam tubuh juga bisa dikontrol dengan baik.

3. Menyehatkan Pencernaan

3. Menyehatkan Pencernaan
harapanrakyat.com

Salah satu manfaat air kelapa yang dimasak adalah dapat menyehatkan sistem pencernaan. Kandungan yang terdapat dalam air kelapa dapat mendorong tumbuhnya mikroba baik dalam usus yang berperan untuk menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan tetap sehat. Selain itu, air kelapa juga sangat baik untuk mencegah penyakit batu ginjal. Kristal batu ginjal dapat larut secara perlahan dengan meminum air kelapa secara rutin.

4. Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

4. Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil
liputan6.com

Beberapa manfaat air kelapa untuk ibu hamil di antaranya adalah dapat menurunkan tekanan darah dan mendukung tumbuh kembang janin. Selain itu, air kelapa juga sangat bermanfaat untuk menggantikan elektrolit yang hilang dan juga memenuhi cairan tubuh. Selama hamil, setiap ibu harus tetap menjaga agar cairan tubuhnya tetap stabil.

Terutama jika ibu hamil dalam usia kehamilan tua, dehidrasi seringkali dialami. Untuk mencegahnya, kandungan kalsium, magnesium, dan beberapa zat yang dapat mencegah dehidrasi terkandung secara lengkap dalam air kelapa.

5. Mengoptimalkan Fungsi Organ Tubuh

5. Mengoptimalkan Fungsi Organ Tubuh
popmama.com

Terdapat manfaat air kelapa untuk mengoptimalkan fungsi organ dalam tubuh. Air kelapa merupakan sumber utama arigin, seperti asam amino yang dapat mendorong pembentukan protein yang bermanfaat untuk mengatasi stress tubuh saat beraktivitas fisik atau berolahraga.

Bagi Sedulur yang beraktivitas dengan banyak menggunakan organ tubuh, agar dapat mempertahankan kesehatan tubuh dan beraktivitas secara optimal, disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa secara rutin dan teratur.

6. Manfaat Air Kelapa Muda untuk Pria

6. Manfaat Air Kelapa Muda untuk Pria
today.line.me

Terdapat juga manfaat air kelapa muda bagi pria, manfaat air kelapa bagi pria berkisar seputar urusan seksualitas. Di antaranya adalah dapat mencegah disfungsi ereksi, menambah produksi sperma, menjaga elektrolit tubuh pria saat berhubungan intim, menambah kekuatan otot pada alat vital pria.

Hal penting selanjutnya adalah bahwa air kelapa dapat menghancurkan nikotin. Kebiasaan merokok dan minum kopi pria bisa berdampak buruk pada kesehatan alat vital pria, salah satunya dapat menyebabkan impotensi. Air kelapa bisa secara efektif menghancurkan nikotin yang terdapat dalam tubuh pria dan mencegah segala hal buruk bagi pria.

Baca Juga: 30+ Manfaat Air Beras Untuk Kesehatan Tubuh Kulit & Wajah

7. Mengganti Cairan Tubuh

7. Mengganti Cairan Tubuh
stikessurabaya.ac.id

Salah satu manfaat air kelapa yang paling terkenal adalah dapat mengganti cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas sehari-hari. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai aktivitas fisik yang sangat berat, seperti berolahraga contohnya. Untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, air kelapa merupakan pilihan terbaik karena elektrolit yang terdapat dalam air kelapa sangat baik bagi tubuh.

8. Berfungsi Sebagai Antioksidan

8. Berfungsi Sebagai Antioksidan
antaranews.com

Air kelapa juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat secara efektif mencegah efek dari radikal bebas. Hal ini akan menguntungkan Sedulur untuk beraktivitas di luar rumah. Terutama bagi daerah yang memiliki kandungan polusi dan radikal bebas yang dapat mengancam kesehatan tubuh.

Selain itu, di dalam kandungan air kelapa juga terdapat asam yang dapat membasmi tiga organisme aterogenik utama. Organisme aterogenik merupakan penyebab utama munculnya plak atau penyumbatan pada arteri. Hal ini dapat membuat jantung Sedulur bermasalah. Manfaat air kelapa ini sangat penting bagi Sedulur yang hidup di kota metropolitan.

9. Menjaga Nafsu Makan

9. Menjaga Nafsu Makan
depositphotos.com

Kali ini merupakan manfaat air kelapa untuk Sedulur yang tengah menjalankan diet. Dengan mengkonsumsi air kelapa secara rutin dan dengan takaran yang sesuai, Sedulur dapat menurunkan nafsu makan secara efektif.

Hal ini tentu saja akan mendukung program diet yang tengah dilakukan. Selain itu kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat membuat tubuh mendapatkan energi yang tahan lamadan sangat efektif menurunkan nafsu makan. Diet pun berhasil tanpa kendala sama sekali.

10. Menurunkan Berat Badan

10. Menurunkan Berat Badan
kompas.com

Manfaat minum air kelapa setiap hari juga dapat secara efektif menurunkan berat badan. Karena, jika nafsu makan berhasil turun secara efektif, berat badan Sedulur pun dapat turun secara drastis. Program diet yang Sedulur lakukan pun akan maksimal dan memberikan hasil yang memuaskan. Namun, jangan sekali-kali terbuai dengan efek maksimal dari air kelapa dan membuat Sedulur kendor menjaga program diet, karena Sedulur akan kebablasan dan diet gagal dilakukan.

11. Meningkatkan Imunitas Tubuh

11. Meningkatkan Imunitas Tubuh
kompas.com

Terakhir adalah manfaat air kelapa muda untuk Covid 19, karena salah satu faktor penting untuk mencegah virus Covid-19 masuk ke dalam tubuh kita adalah kuatnya imunitas tubuh atau sistem kekebalan tubuh. Baik air kelapa atau santan kelapa, mengandung asam laurat yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh, salah satunya yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Asam laurat ini memiliki sifat anti inflamasi dan antimikroba, hal tersebut dapat mencegah berbagai bakteri yang dapat menimbulkan penyakit. Selain itu, sifat anti inflamasi juga dapat berfungsi untuk kesehatan otot dan sendi dari peradangan. Di tengah kondisi pandemi virus corona saat ini, sudah seharusnya kita lebih memperkuat imunitas tubuh, selama vaksin virus corona belum ditemukan.

Semoga manfaat air kelapa di atas bisa menambah wawasan Sedulur terkait berbagai manfaat buah-buahan untuk kebutuhan tubuh. Jangan lupa juga untuk menyediakan air kelapa sebagai stok sehari-hari di rumah Sedulur. Saat ini, tersedia berbagai produk yang menjual air kelapa kemasan, sebagai kebutuhan harian dan kebutuhan rumah tangga.

Sedulur bisa belanja berbagai kebutuhan harian dan kebutuhan rumah tangga dengan membelinya di Aplikasi Super. Menggunakan Aplikasi Super bukan hanya memberikan keuntungan dan kemudahan dalam hal belanja sembako dan kebutuhan sehari-hari, namun dalam kondisi apapun Aplikasi Super siap melayani setiap kebutuhan sembako yang dibutuhkan oleh Sedulur Super sekalian.

Bagi Sedulur yang memiliki Aplikasi Super di smartphone Sedulur, Sedulur bisa klik di sini untuk download dan mulai gunakan Aplikasi Super untuk kebutuhan harian Sedulur.