Mengandung anak laki-laki dan perempuan ada perbedaannya. Apa saja perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan? Simak pembahasannya di bawah ini.

Telah terbukti secara ilmiah, bahwa perbedaan gerakan janin laki2 dan perempuan merupakan hal yang mendasar. Ketika Ibu Super sedang hamil, terutama hamil yang kesekian kalinya, Ibu Super akan merasakan dan mengetahui ciri hamil anak perempuan atau laki-laki, seperti apa perbedaannya dan lain sebagainya.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas bagaimana ciri-ciri hamil anak laki-laki yang akurat, bisa dari posisi bayi perempuan kiri atau kanan, atau dari pergerakannya di dalam kandungan. Namun sebelum membahas ciri-ciri hamil bayi laki-laki atau perempuan, lebih baik Ibu Super ketahui terlebih dahulu seperti apa saja tanda-tanda ketika Ibu Super hamil.

Tanda-tanda Kehamilan yang Harus Ibu Super Ketahui

Tanda-tanda Kehamilan yang Harus Ibu Super Ketahui
sangbuahhati.com

Sebelum masuk ke pembahasan ciri-ciri hamil anak laki-laki dan perempuan, juga perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan, Ibu Super harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa tanda-tanda jika Ibu Super mengalami kehamilan. Biasnaya tanda-tandanya bisa dilihat dari hal-hal di bawah ini

-->
  • Perut terasa kram
  • Masa menstruasi lewat
  • Perubahan Payudara
  • Sering buang air kecil
  • Berjerawat dan berat badan naik

Ciri-ciri atau tanda di atas merupakan tanda bahwa Ibu Super telah hamil. Namun, bagaimana ciri-ciri hamil anak laki-laki menurut dokter dan juga tanda-tanda mengandung anak perempuan atau laki-laki lainnya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 12 Cara Ampuh Agar Ibu Super Cepat Hamil

Daftar Ciri-Ciri Hamil Bayi Laki-Laki dan Perempuan

1. Morning Sickness

1. Morning Sickness
klikdokter.com

Salah satu indikasi yang bisa Ibu Super lihat sebagai perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan adalah morning sickness. Mual muntah di pagi hari merupakan kondisi yang sangat wajar dialami ibu hamil. Morning sickness juga bisa dilihat untuk mengetahui apakah sedang hamil anak perempuan atau laki-laki.

Bawaan hamil bayi perempuan biasanya mengalami morning sickness yang parah, sedangkan hamil anak laki-laki sama sekali tidak mengalami morning sickness. Kondisi morning sickness memang berkaitan dengan jenis kelamin janin. Dan morning sickness terjadi akibat perubahan hormon yang juga dipengaruhi oleh jenis kelamin janin yang dikandung.

2. Detak Jantung Janin

2. Detak Jantung Janin
halodoc.com

Perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan juga bisa dilihat dari detak jantung janin. Perubahan irama detak jantung juga kerap dihubungkan dengan jenis kelamin anak dalam kandungan. Detak jantung janin di bawah 140 per menit menunjukan bahwa Ibu Super sedang hamil anak laki-laki, sementara detak jantung janin di atas 140 per menit menunjukan bahwa ibu hamil sedang hamil anak perempuan.

Terlepas dari fakta dan kebenaran dari jenis kelamin anak, detak jantung janin normalnya adalah 120 hingga 160 per menit. Di awal kehamilan, detak jantung bisa lebih tinggi (140 sampai 160 per menit) atau lebih rendah menuju persalinan (120 sampai 140 per menit).

3. Perubahan Kulit dan Rambut

3. Perubahan Kulit dan Rambut
halodoc.com

Perubahan kulit dan rambut ibu hamil juga bisa menunjukan tanda atas perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan. Bagi beberapa orang percaya bahwa ibu hamil yang berjerawat sedang hamil anak perempuan. Sedangkan ibu hamil yang memiliki rambut berkilau dan rambut yang tumbuh subur, maka ibu hamil tersebut sedang mengandung bayi laki-laki.

Namun sayangnya, perubahan kulit dan rambut pada ibu hamil merupakan mitos belaka. Tidak ada buktinya secara ilmiah. Namun, satu hal yang pasti, perubahan kondisi kulit dan rambut yang dialami oleh ibu hamil merupakan persoalan hormon yang dialami oleh ibu hamil.

Baca Juga: 11 Arti Mimpi Hamil, Pertanda Baik atau Buruk?

4. Mengidam

4. Mengidam
alodokter.com

Satu hal unik yang bisa dialami oleh ibu super untuk melihat perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan adalah dari persoalan ngidam. Ibu hamil akan mengalami kondisi yang menginginkan sesuatu, baik itu makan atau hal lain saat kehamilan. Ibu hamil yang ngidam makanan gurih dan asin dipercaya sedang mengandung anak laki-laki, sementara ibu hamil yang doyan makan manis dipercaya dengan hamil bayi perempuan.

Namun persoalan ini masih simpang siur, perlu penelitian ilmiah lebih lanjut lagi. Tetapi, para ahli percaya bahwa ngidam yang dialami oleh ibu hamil berkaitan dengan perubahan kebutuhan nturisi, hormon, faktor budaya dan lain sebagainya.

5. Perubahan Postur Tubuh Ibu

5. Perubahan Postur Tubuh Ibu
kumparan.com

Perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan juga dapat dilihat dari perubahan postur tubuh ibu hamil. Jika ibu hamil yang mengalami perubahan postur tubuh signifikan, dipercaya bahwa ibu hamil tengah mengandung bayi laki-laki, sedangkan ibu hamil yang mengalami perubahan postur tubuh hanya pada bagian perut, maka diyakini ibu hamil sedang mengandung anak perempuan.

Sebuah studi yang diterbitkan jurnal Birth menjelaskan bahwa perubahan postur ibu tidak berkaitan dengan jenis kelamin bayi. Hal ini mungkin berhubungan dengan ukuran bayi dan bentuk rahim. Selain itu, hormon dari janin juga sangat mungkin mempengaruhi perubahan postur tubuh dari ibu hamil itu sendiri.

6. Perubahan Suasana Hati

6. Perubahan Suasana Hati
haibunda.com

Ibu hamil yang sangat sensitif dan mudah sekali tersinggung, depresi, atau marah, dipercaya tengah hamil anak perempuan. Sebaliknya, ibu hamil yang tidak mengalami perubahan suasana hati kemungkinan sedang hamil anak laki-laki. Perubahan mood ibu hamil sebenarnya tidak terkait dengan jenis kelamin anak. Karena, faktanya, perubahan suasana hati bisa disebabkan faktor hormonal yang sangat lumrah dialami ibu hamil.

Bukan hanya ibu hamil, perubahan suasana hati juga dialami oleh siapapun. Alih-alih dapat dilihat sebagai indikasi perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan, perubahan suasana hati merupakan hal yang rumah terjadi. Hormon merupakan faktor utama yang menentukan perubahan suasana hati.

Hormon pada perempuan merupakan hal yang sering menjadi faktor perubahan suasana hati, misalnya ketika mengalami menstruasi yang periodik. Suasana hati akan berubah secara drastis, begitu pun ketika sedang mengalami  kehamilan. Namun, perubahan suasana hati tidak bisa dilihat sebagai indikasi bayi laki-laki atau perempuan saat kehamilan.

7. Perubahan Warna Urine

7. Perubahan Warna Urine
popmama.com

Jika warna urine Ibu Super tampak gelap, hal tersebut menandakan bahwa Ibu Super sedang mengandung anak laki-laki. Sementara ketika Ibu Super memiliki warna urine kuning kusam, menunjukan Ibu Super sedang mengandung anak perempuan. Namun hal ini adalah mitos belaka, perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan tidak bisa dilihat dari perubahan warna urine.

Warna urine gelap menunjukan bahwa Ibu Super mengalami dehidrasi, mual-mual, dan juga muntah. Selain itu, perubahan warna urine sangat bergantung pada konsumsi makanan, obat-obatan, dan suplemen.

8. Ukuran Payudara

8. Ukuran Payudara
orami.co.id

Ukuran payudara Ibu Super juga bisa menjadi indikasi perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan. Namun, satu ini merupakan mitos. Mitosnya adalah jika Ibu Super memiliki payudara kanan yang lebih besar dari payudara kiri, maka anak yang sedang dikandung merupakan anak laki-laki. Sebaliknya, jika payudara kiri lebih besar dari payudara kanan, maka Ibu Super sedang hamil anak perempuan.

Namun, faktanya perubahan ukuran payudara yang dialami oleh Ibu Super saat masa kehamilan adalah hal yang lumrah dan disebabkan oleh perubahan hormon selama hamil. Selain itu, ukuran payudara yang membesar juga merupakan persiapan suplai ASI ketika bayi lahir nantinya.

9. Suhu Kaki Menjadi Dingin

9. Suhu Kaki Menjadi Dingin
halodoc.com

Tidak semua perubahan yang dialami oleh Ibu Super saat hamil bisa dilihat sebagai pola dari perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan. Beberapa di antaranya ada yang benar dan terbukti secara ilmiah, namun beberapa di antaranya juga ada yang merupakan mitos belaka.

Salah satunya yang merupakan mitos adalah perubahan suhu kaki Ibu Super. Jika Ibu Super mengalami kaki yang sedingin es, maka bayi yang dikandung adalah bayi laki-laki. Namun, sebenarnya kondisi kaki ibu hamil yang sedingin es tersebut disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk, perubahan cuaca dan juga permasalahan tubuh lainnya. Segera konsultasikan kepada dokter kandungan kondisi ini jika memang Ibu Super mengalami hal tersebut.

10. Penambahan Berat Badan

10. Penambahan Berat Badan
medisweb.com

Salah satu ciri kehamilan adalah berat badan yang bertambah. Berat badan Ibu Super akan bertambah seiring dengan perkembangan janin dalam kandungan. Perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan juga dapat terlihat dari penambahan berat badan. Hamil anak laki-laki penambahan berat badan hanya akan berfokus di bagian perut saja.

Namun hamil anak perempuan sedikit berbeda, penambahan berat badan terjadi secara merata ke seluruh tubuh, bukan hanya bagian perut saja. Biasa pada bagian paha, lengan, pipi dan bagian tubuh lainnya. Gejala tersebut bisa Ibu Super lihat, untuk mengetahui kehamilan yang dialami.­­­

Ciri-Ciri Umum Perbedaan Hamil Bayi Laki-Laki dan Perempuan dalam Tabel

Ciri-Ciri Umum Perbedaan Hamil Bayi Laki-Laki dan Perempuan dalam Tabel
detik.com

Untuk lebih memudahkan Ibu Super, dan dilansir dari berbagai sumber yang terpercaya oleh Superapp.id, berikut akan disampaikan perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan dalam tabel:

Ciri-ciri hamil anak perempuanCiri-ciri hamil anak laki-laki
Morning sickness hebatMual tidak separah hamil anak perempuan dan mualnya tidak hanya pada pagi hari
Perut melebarPerut mancung ke depan
Sakit di sekitar pangkal panggulSakit di tulang belakang
Detak jantung di atas 140 denyut per menitDetak jantung di bawah 140 denyut per menit

Semoga daftar perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan yang telah dijelaskan oleh Superapp.id di atas bisa menambah pengetahuan Ibu Super yang tengah hamil agar bisa menyiapkan segala persiapan untuk sang buah hati. Jangan lupa juga untuk menjaga kondisi kesehatan Ibu Super selama kehamilan. Dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang bergizi.

Sedulur bisa mendapatkan berbagai makanan yang bergizi dan berkualitas tinggi dengan membelinya di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super, dan langsung cek kelengkapan bahan makanan bergizi dan sembako lainnya kebutuhan sehari-hari Sedulur. Selamat mencoba!