Yuk simak daftar resep kepiting asam manis sebagai alternatif menu makan Sedulur di rumah. Super nikmat dan mudah dibuat, lho!

Salah satu olahan seafood yang paling banyak disukai adalah kepiting asam manis. Kepiting merupakan hewan laut yang memiliki daging yang sangat lembut. Namun, perlu usaha keras untuk mendapatkan daging lembut kepiting, hal ini menjadi keseruan tersendiri dalam menyantap kepiting.

SUPER akan membahas kepiting saus tiram atau asam manis kepiting, yang merupakan resep kepiting super nikmat dan paling mudah dibuat. Namun sebelum masuk ke pembahasan cara membuat kepiting asam manis, ada baiknya Sedulur mengetahui bagaimana tips membersihkan kepiting.

Karena kepiting merupakan hewan yang memiliki cangkang yang keras, oleh karena itu sebelum masuk pada pembahasan cara masak kepiting asam manis, Sedulur wajib mengetahui tips membersihkan kepiting. Agar proses memasak dalam resep kepiting asam manis bisa dilakukan dengan sempurna dan lancar.

Baca Juga: Resep Nasi Briyani Khas Timur Tengah yang Menggugah Selera

Tips Membersihkan dan Memasak Kepiting yang Benar

1. Rebus dan Kukus Kepiting

1. Rebus dan Kukus Kepiting
kompas.com

Langkah pertama yang harus Sedulur lakukan dalam membersihkan kepiting sebelum mulai melakukan langkah dalam resep kepiting asam manis adalah dengan merebus atau mengukus kepiting. Siapkan panci besar dan didihkan air, lalu masukkan kepiting dan pastikan kepiting terendam seluruhnya. Rebus selama 10-15 menit, hingga cangkang kepiting berubah warna.

Atau jika tidak direbus, Sedulur juga mengukus kepiting. Siapkan panci pengukus, dan kukus kepiting selama 20 menit. Pastikan kepiting matang dan cangkang kepiting berubah warna.

2. Buang Cangkang Keras Kepiting

2. Buang Cangkang Keras Kepiting
amazonaws.com

Langkah selanjutnya dalam tips membersihkan kepiting sebelum masuk pada resep kepiting asam manis adalah dengan membuat cangkang kepiting yang sangat keras. Pada bagian bawah kepiting terdapat cangkang keras yang berbentuk segitiga, buang cangkang tersebut dengan cara ditarik.

3. Tarik Cangkang Kepiting Bagian Atas

3. Tarik Cangkang Kepiting Bagian Atas
kompas.com

Setelah cangkang kepiting bagian bawah yang berbentuk segitiga berhasil ditarik, langkah selanjutnya adalah menarik cangkang kepiting bagian atas. Karena cara masak dan resep kepiting asam manis tidak akan bisa berlanjut jika bagian membersihkan cangkang kepiting tidak dilakukan dengan baik.

Menarik cangkang bagian atas atau karapas caranya sangat mudah, Sedulur tinggal memegang kepiting dengan satu tangan, lalu masukkan jari ke lubang kecil yang ada pada kepiting. Lalu kemudian tarik karapas dan nantinya akan terlihat lemak kepiting atau crab butter. Sedulur bisa menyimpannya dan menjadikannya sebagai bahan untuk membuat sup.

4. Buang Insang dan Rahang

4. Buang Insang dan Rahang
id.quora.com

Bagian penting lainnya adalah dengan membuang insang dari kepiting. Buang insang kepiting yang berbulu pada bagian dalam kepiting. Tarik dan buang seluruh insang kepiting. Selain itu, Sedulur juga wajib membuat rahang bagian depang kepiting dengan mencabutnya. Karena bagian insang dan rahang merupakan bagian yang kotor dari kepiting, maka dari itu harus dibuang.

Baca Juga: Resep Sambal Matah Super Pedas & Nikmat, Bikin Nagih!

5. Cuci Bersih Kepiting

5. Cuci Bersih Kepiting
sukalaper.com

Setelah proses di atas semua dilakukan, langkah terakhir adalah mencuci bersih seluruh daging kepiting yang telah dibuang dan dibersihkan dari cangkangnya. Cuci kepiting dengan air dingin yang mengalir. Setelah itu Sedulur bisa masuk dan lanjut pada resep kepiting asam manis. Simak langkah dalam resep kepiting asam manis di bawah ini.

Langkah Membuat dan Resep Kepiting Asam Manis yang Mudah Dibuat dan Super Nikmat

1. Bahan yang Dibutuhkan

1. Bahan yang Dibutuhkan
kompasiana.com

Langkah pertama dalam cara masak kepiting saus tiram atau asam manis, adalah menyiapkan bahannya. Bahan yang dibutuhkan adalah:

  • 6 ekor kepiting berukuran besar
  • 4 buah jeruk nipis yang diambil sari buahnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya

Bahan saus asam manis:

  • 20 sendok makan bubuk cabai
  • 10 sendok makan saus sambal
  • 10 sendok makan saus tiram
  • 6 siung bawang putih yang telah diiris
  • 4 sendok makan mentega
  • 4 sendok makan saus tomat
  • 4 lembar daun seledri yang diiris halus
  • 2 buah bawang bombay yang telah diiris
  • 2 sendok teh lada bubuk
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 2 sendok makan kecap inggris
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

2. Bersihkan Kepiting

2. Bersihkan Kepiting
bukalapak.com

Langkah selanjutnya dalam resep kepiting asam manis adalah dengan membersihkan kepiting, Sedulur bisa mengikuti langkahnya dengan baik sebagaimana yang telah disampaikan dalam bagian tips membersihkan kepiting di atas. Pastikan kepiting telah dibersihkan dengan baik, agar setiap kotorannya tidak terbawa saat dimasak. Setelah kepiting bersih, langkah selanjutnya adalah menyisihkan kepiting terlebih dahulu.

3. Masak Saus Asam Manis

3. Masak Saus Asam Manis
nyonyacooking.com

Langkah selanjutnya adalah memasak bumbu asam manis kepiting. Langkah pertama adalah menyiapkan wajan yang sudah diberi minyak secukupnya, lalu panaskan dan tumis bawang bombay, bawang putih, saus tiram, kecap inggris, lada bubuk, cabai bubuk, kecap manis, gula dan garam. Aduk semua bahan hingga merata. Dan masukkan air secara perlahan, lalu aduk kembali hingga saus asam manis mengental.

Sedulur juga sebenarnya bisa mengolah saus lain. Saus yang bisa digunakan untuk memasak kepiting adalah kepiting saus padang dan juga bumbu saus tiram kepiting. Sedulur bisa berkreasi sebebas mungkin sesuai selera Sedulur.

4. Campurkan Kepiting dengan Saus Asam Manis

4. Campurkan Kepiting dengan Saus Asam Manis
idntimes.com

Langkah terakhir dalam resep kepiting asam manis adalah mencampurkan saus asam manis yang telah matang dengan kepiting yang telah dibersihkan. Masukkan kepiting yang telah dibersihkan ke dalam wajan yang berisi saus asam manis, aduk rata hingga saus asam manis menyerap pada daging kepiting. Sedulur bisa mulai mengecilkan api, agar bumbu asam manis tidak gosong dan bisa menyerap dengan sempurna pada daging kepiting.

Rekomendasi Resep Kepiting Lainnya

Rekomendasi Resep Kepiting Lainnya
resepistimewa.com

Olahan kepiting bukan hanya bisa dimasak dengan resep kepiting asam manis saja. Salah satu andalan dari olahan makanan laut adalah seafood kepiting. Beberapa rekomendasi memasak kepiting selain resep kepiting asam manis adalah kepiting asam manis jumbo, resep kepiting saus padang, resep masakan kepiting asam manis mentega, resep kepiting asam manis pedas dan resep kepiting asam manis spesial.

Sedulur juga bisa bebas berkreasi memasak kepiting, tidak terpatok pada resep kepiting asam manis di atas. Namun kepiting asam manis merupakan olahan kepiting super nikmat dan super mudah dibuat. Jangan lupa juga untuk menyiapkan bahan-bahan dalam resep kepiting asam manis di atas.

Sedulur bisa mendapatkannya dengan mudah dan dengan harga yang super murah hanya di Aplikasi Super. Selain itu, kualitas barang akan sangat terjamin dan juga Aplikasi Super memberikan garansi penuh terhadap barang yang rusak selama proses antar pesanan. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super. Selamat mencoba!