Bukan hanya mendapatkan pahala, dengan berpuasa juga Sedulur akan mendapatkan hikmahnya. Simak daftar hikmah puasa ramadhan di bawah ini!

Umat Islam menjalankan ibadah puasa pada bulan ramadhan, sebentar lagi kita semua akan memasuki bulan ramadhan yang suci dan penuh dengan keberkahaan. Terdapat beberapa hikmah puasa ramadhan yang bisa Sedulur dapatkan, baik secara jasmani maupun rohani.

Hikmah berpuasa bukan hanya sekedar dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita sebagai umat muslim, lebih dari itu, hikmah bulan ramadhan sangat luas dan tinggi. Nah, kali ini SUPER akan membahas puasa ramadhan dan hikmahnya. Apa saja hikmat dan manfaat dari puasa ramadhan yang bisa dirasakan oleh umat muslim? Yuk, mari kita langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga:Tak Terduga! Ternyata Ini 10 Manfaat Puasa Untuk Kesehatanmu

Hikmah Puasa Ramadhan yang Wajib Sedulur Ketahui!

1. Mendekatkan Diri Pada Sang Pencipta

1. Mendekatkan Diri Pada Sang Pencipta
bincangsyariah.com

Hikmah ibadah puasa yang pertama yang bisa didapatkan oleh umat muslim saat menjalankan ibadah puasa adalah sebagai hamba dan umat kita bisa mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Karena ibadah puasa merupakan salah satu perintah wajib dari Allah SWT sebagai Sang Pencipta.

Bahkan, puasa merupakan ibadah yang masuk dalam rukun Islam yang menjadi benteng utama yang dapat memperkokoh keislaman. Maka dari itu, hikmah puasa ramadhan yang paling utama bisa dirasakan oleh setiap umat muslim adalah dapat mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, sebagai rasa syukur atas segala nikmatnya

2. Mendorong untuk Berbuat Baik

2. Mendorong untuk Berbuat Baik
pesantren.id

Ibadah puasa bisa mengajarkan kita untuk berbuat baik. Karena itu, berpuasa melatih sifat-sifat mulia yaitu salah satunya dapat mendorong setiap umat muslim untuk berbuat baik. Salah satu hikmah puasa ramadhan yang dapat meningkatkan toleransi kehidupan sosial umat Islam.

Salah satu perintah utama dalam menjalankan ibadah puasa adalah menahan hawa nafsu, maka dari itu segala perbuatan buruk akan dihindarkan oleh setiap umat muslim, dan oleh karenanya setiap umat muslim akan terdorong untuk berbuat baik dalam segala aspek sosial.

3. Meningkatkan Rasa Empati

3. Meningkatkan Rasa Empati
republika.co.id

Hikmah ibadah puasa satu ini masih berkaitan dengan hikmat sebelumnya, yang mendorong setiap umat muslim untuk berbuat baik. Hal tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan rasa empati setiap umat muslim, karena tidak mungkin sebuah perbuatan baik dilakukan tanpa adanya rasa empati.

Salah satu hikmah puasa ramadhan satu ini akan mendorong setiap umat muslim untuk saling membantu satu sama lain, tanpa terkecuali. Salah satu rasa empati yang beramai-ramai dilakukan selama bulan puasa adalah membagikan berbagai makanan untuk berbuka puasa kepada mereka yang membutuhkan.

4. Mencegah Perbuatan Maksiat

4. Mencegah Perbuatan Maksiat
sindonews.net

Salah satu tujuan puasa adalah bertujuan untuk mencegah segala perbuatan maksiat. Ibadah puasa memang dapat meningkatkan setiap umat muslim, termasuk juga Sedulur, untuk selalu berbuat baik. Otomatis, dengan segala perbuatan baik, segala perbuatan maksiat dapat dicegah.

Salah satu hikmah puasa ramadhan adalah setiap diri umat muslim yang menjalankan ibadah puasa akan dapat mencegah perbuatan maksiat, karena salah satu syarat sahnya puasa adalah menahan segala jenis hawa nafsu, termasuk makan, dan membicarakan keburukan orang lain atau ghibah.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Qadha & Tata Cara Melakukannya

5. Mengontrol Emosi

5. Mengontrol Emosi
genpi.co

Salah satu manfaat bulan ramadhan yang bisa didapatkan oleh setiap umat muslim adalah dapat dapat mengontrol emosi. Karena ibadah puasa menuntun setiap umat untuk menahan hawa nafsu yang merupakan bagian dari emosi diri itu sendiri. Seperti amarah, rasa sedih dan bahkan menangis.

Hikmah puasa ramadhan ini akan didapatkan oleh setiap umat muslim yang benar-benar menjalankan ibadah puasa dengan tulus dan dengan hati yang bersih.

6. Refleksi Diri

6. Refleksi Diri
riliv.co

Hikmah puasa ramadhan juga bisa dijadikan media untuk merefleksikan diri. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjalankan kehidupan yang lebih baik lagi di masa depan, dan agar dapat memberikan manfaat dan peran yang lebih signifikan kepada sesama. Segala perbuatan baik yang dilakukan selama bulan ramadhan bisa terus dilakukan setelah bulan ramadhan berlalu.

7. Melatih Hidup Sederhana

7. Melatih Hidup Sederhana
bisnis.com

Hikmah di balik puasa ramadhan yaitu dapat menjadi media untuk berlatih hidup sederhana. Karena, selama puasa ramadhan, kita telah dilatih untuk menahan segala hawa nafsu, termasuk nafsu makan dan minum. Sedulur bisa melatih hidup sederhana selama bulan puasa ramadhan, dan diaplikasikan dalam pola hidup sederhana dan tidak konsumtif. Agar hikmah puasa ramadhan bisa didapatkan dan diimplementasikan dengan hidup yang sederhana.

8. Menguatkan Silaturahmi

8. Menguatkan Silaturahmi
portalmadura.com

Salah satu hikmah puasa ramadhan yang bisa berdampak dalam keharmonisan hidup umat beragama adalah dapat menguatkan silaturahmi. Karena selama bulan puasa, umat muslim akan tergerak untuk melakukan hal baik, salah satunya bersilaturahmi. Maka dari itu, hikmah puasa ramadhan yang akan didapatkan adalah dapat menguatkan silaturahmi.

9. Meningkatkan Kesehatan Jasmani

9. Meningkatkan Kesehatan Jasmani
klikmu.co

Hikmah dan manfaat puasa sangat positif bagi kesehatan tubuh atau kesehatan jasmani. Manfaat puasa bagi kesehatan jasmani dan rohani bisa Sedulur dapatkan, karena puasa memberikan manfaat baik bagi tubuh yaitu menurunkan kadar gula dalam tubuh, menurunkan kadar kolesterol, detoksifikasi (pembersihan) racun dalam tubuh, dan juga manfaat lainnya.

Terdapat beberapa manfaat lain dari berpuasa yang bisa membuat Sedulur sehat, seperti menjaga berat badan, menjaga kesehatan jantung dan juga meningkatkan fungsi otak. Hal tersebut telah diuji secara klinis dan telah diuji secara ilmiah oleh para ahli kesehatan dan nutrisi.

10. Menjaga Berat Badan

10. Menjaga Berat Badan
alodokter.com

Hikmah puasa ramadhan satu menjadi dambaan bagi setiap orang yang sedang diet, puasa dapat memberikan manfaat dalam penurunan berat badan yang signifikan. Karena, selama puasa kita akan mengurangi asupan makanan ke dalam tubuh secara signifikan. Lalu, selama hampir 12 jam, tubuh kita tidak menerima asupan makanan sejak dari sahur hingga berbuka puasa.

Selama 12 jam berpuasa tersebut, tubuh akan menggunakan energi cadangan yang ada dalam tubuh yang digunakan sebagai energi untuk bergerak. Energi cadangan dalam tubuh yang dimaksud adalah lemak-lemak yang menggumpal. Dengan begitu, berat badan pun akan turun secara signifikan.

11. Menjaga Kesehatan Jantung

11. Menjaga Kesehatan Jantung
detik.com

Hikmah puasa ramadhan yang bisa Sedulur dapatkan untuk kesehatan tubuh adalah akan dapat menjaga kesehatan jantung. Sedulur juga pasti sudah mengetahui bahwa jantung merupakan organ vital yang memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Serangan jantung dan juga penyakit jantung lainnya merupakan salah satu penyebab kematian yang paling tinggi di dunia.

12. Meningkatkan Fungsi Otak

12. Meningkatkan Fungsi Otak
alodokter.com

Bukan hanya kesehatan jantung yang bisa Sedulur dapatkan dari hikmah puasa ramadhan, kinerja fungsi otak juga akan meningkat seiring Sedulur melaksanakan ibadah puasa. Berpuasa diyakinin dapat merangsang pelesapan BDNF untuk meningkatkan fungsi otak, selain itu, BDNF juga menghasilkan lebih banyak sel-sel dalam otak yang dapat menjaga kesehatan otak dan terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan otak, seperti pikun.

Semoga penjelasan terkait manfaat dan hikmah puasa ramadhan di atas bisa memberi tambahan pengetahuan terkait puasa ramadhan bagi Sedulur Super sekalian. Karena sebentar lagi akan memasuki bulan ramadhan, jangan lupa untuk menyiapkan segala kebutuhan sehari-hari saat menjalani ibadah puasa ramadhan.

Sedulur bisa membeli bahan-bahan kebutuhan selama menjalankan ibadah ramadhan dengan membelinya di di Aplikasi Super. Langsung saja gunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan harian Sedulur. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super. Jalani ibadah puasa ramadhan dengan khusyuk bersama Aplikasi Super!