Amalan di bulan ramadhan wajib diutamakan, agar Sedulur bisa mendapatkan ganjaran dan pahala yang berlipat. SImak

Ketika memasuki bulan ramadhan, banyak setiap umat muslim berlomba-lomba menjalankan ibadah dengan tujuan untuk mendapatkan amalan bulan ramadhan. Selain amalan puasa, terdapat beberapa amalan utama di bulan ramadhan yang memiliki pahala dan keutamaan tinggi.

Bulan ramadhan adalah bulan yang suci yang penuh dengan keberkahaan, terdapat beberapa amalan utama yang tinggi kedudukannya, hal tersebut akan disampaikan oleh Super dalam artikel ini. Sebutkan amalan-amalan di bulan ramadhan? Yuk simak penjelasannya di bawah ini. Sedulur wajib tahu, agar bisa semakin khusyu’ menjalankan ibadah.

Baca Juga: Keutamaan & Manfaat Doa Nabi Yunus Ini Perlu Kamu Tahu

Daftar Amalan Utama di Bulan Ramadhan yang Wajib Sedulur Ketahui

1. Sahur

1. Sahur
kompas.com

Amalan di bulan ramadhan yang paling pertama adalah sahur. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW dalam HR A-Bukhari No. 1923 dan HR Muslim No. 1095). Rasulullah SAW bersabda:

السَّحُورُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ، فَلَا تَدَعُوهُ، وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جُرْعَةً مِنْ مَاءٍ، فَإِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

Artinya: “Makan sahur adalah berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya, walau kalian hanya meminum seteguk air, karena Allah ‘Azza wa Jalla dan para malaikat mendoakan orang yang makan sahur. (HR. Ahmad dari Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiallahu ‘anhu). Berdasarkan sabda dari Rasulullah SAW tersebut, terdapat banyak keberkahan puasa bagi orang yang akan menjalankan ibadah puasa.

2. Memberi Makan Orang Berpuasa

2. Memberi Makan Orang Berpuasa
sindonews.net

Amal ibadah puasa akan semakin berkah dan berlipat ganda ketika Sedulur memberi makan orang berpuasa. Hal tersebut juga dijamin oleh Rasulullah SAW yang disampaikan dalan hadisnya yang berarti:

Barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang itu.” (HR. At Tirmidzi No. 807, Ahmad No. 21676, An Nasai dalam As Sunan Al Kubra No. 3332, Al Baihaqi dalam Syuabul Iman No. 3952).

3. Sholat Tarawih

3. Sholat Tarawih
tribunnews.com

Ibadah di bulan ramadhan yang hanya bisa kita lakukan saat bulan ramadhan adalah sholat tarawih. Sholat tarawih merupakan ibadah yang khusus dijalankan saat bulan puasa. Sholat tarawih dapat meningkatkan ibadah dan meningkatkan pahala bagi setiap umat muslim yang menjalankannya. Lebih baik menjalankan ibadah sholat tarawih selama sebulan penuh saat bulan ramadhan, tanpa meninggalkannya satu hari pun.

4. I’Tikaf

4. I’Tikaf
tribunnews.com

Amalan di bulan ramadhan yang juga banyak dirindukan oleh umat muslim adalah I’tikaf. Menghabiskan waktu luang selama menjalankan puasa dengan berdiam diri di masjid dan memperbanyak doa merupakan salah satu kegiatan dari I’tikaf.

Ibadah I’tikaf tidak hanya dapat memperkuat keimanan, namun dapat juga memperteguh kita sebagai umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa, dan sanggup melalui setiap godaan yang menghampiri selama menjalankan ibadah puasa. Terutama, dapat memperkuat kita untuk menjauhi perbuatan-perbuatan yang bisa merusak kualitas ibadah puasa kita.

Baca Juga: Selain Ramadhan, Macam-Macam Puasa Ini Perlu Kamu Tahu

5. Lailatul Qadar

5. Lailatul Qadar
sindonews.net

Amalan di bulan ramadhan yang dirindukan oleh umat muslim adalah Lailatul Qadar. Lailatul Qadar juga merupakan salah satu keutamaan bulan ramadhan bukan hanya sekedar amalan di bulan ramadhan. Banyak keberkahan dari Lailtul Qadar, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW:

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ يُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَتُغَلُّ فِيهِ الشَّيَاطِينُ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ

Artinya: “Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta syetan-syetan dibelenggu. di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak mendapatkan kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang/terjauhkan (dari kebaikan)” (HR. Ahmad)

6. Membaca dan Menamatkan Al-Quran

6. Membaca dan Menamatkan Al-Quran
detik.com

Salah satu amalan terbaik di bulan ramadhan adalah membaca dan menamatkan Al-Quran dalam waktu satu bulan selama bulan ramadhan. Amalan di bulan ramadhan bisa dilakukan bukan hanya saat bulan ramadhan saja, namun jika dibaca dan diamalkan selama bulan ramadhan.

Terdapat keutamaan yang tinggi melakukan amalan satu ini, dan Sedulur dapat mendapatkan ganjaran yang sangat tinggi ketika menamatkannya. Ribuan malaikat akan mendoakan setiap umat muslim yang berhasil menamatkan Al-Quran.

7. Zakat dan Sedekah

7. Zakat dan Sedekah
finansialku.com

Amalan di bulan ramadhan dilipatgandakan dan harus ditingkatkan adalah memperbanyak zakat dan sedekat. Terutama menunaikan zakat fitrah yang merupakan ibadah wajib setiap umat muslim. Amalan di bulan ramadhan ini juga bertujuan untuk membersihkan setiap harta yang dimiliki oleh setiap umat muslim.

8. Umroh dan Naik Haji (Bagi yang Mampu)

8. Umroh dan Naik Haji (Bagi yang Mampu)
tribunnews.com

Amalan di bulan ramadhan yang merupakan rukun islam ke lima, adalah naik haji. Namun ibadah satu ini terdapat penekanan yaitu bagi yang mampu, baik secara finansial dan juga secara mental. Amalan di bulan ramadhan dengan melakukan umroh atau naik haji akan semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita.

9. Taubat

9. Taubat
liputan6.com

Agar mempermudah ibadah puasa, Sedulur juga diwajibkan untuk melakukan taubat, agar ibadah selama bulan ramadhan bisa dilakukan dengan khusyu’. Namun, jangan melakukan taubat dan melakukan kesalahan dan dosa seakan tidak pernah melakukan taubat. Bertaubat dan berhenti melakukan setiap kesalahan dan larangan yang mendapatkan dosa.

10. Perbanyak Istighfar

10. Perbanyak Istighfar
nikmatislam.com

Amalan dan kebaikan di bulan ramadhan selanjutnya adalah memperbanyak istigfar dengan memohon ampunan kepada Allah SWT, hal ini bisa dilakukan ketika Sedulur benar-benar melakukan taubat. Pada bulan ramadhan, Allah SWT memberikan pengampunan bagi setiap dosa-dosa yang dilakukan hambarnya.

Karena bulan ramadhan juga merupakan bulan penuh pengampunan dosa, dan salah satu keutamaan dari bulan ramadhan adalah pengampunan dosa yang diberikan Allah SWT bagi setiap umatnya.

11. Perbanyak Doa

11. Perbanyak Doa
tribunnews.com

Memperbanyak doa merupakan amalan di bulan ramadhan, selain sebagai amalan di bulan ramadhan memperbanyak doa merupakan keutamaan dalam bulan ramadhan. Hal ini merupakan keistimewaan bulan ramadhan dan doa doa pilihan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW, yang bersabda:

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

Artinya: “Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizholimi” (HR. Tirmidzi; HR. Hasan)

Hal tersebut menunjukan bagaimana bulan puasa merupakan bulan yang penuh berkah dengan setiap doa yang dipanjatkan oleh umat muslim yang berpuasa ramadhan sangat mustajab. Hal ini juga merupakan salah satu yang dirindukan oleh setiap umat muslim di saat bulan ramadhan.

12. Dakwah

12. Dakwah
okezone.com

Berdakwah di bulan ramadhan juga merupakan sebuah amalan dan juga tindakan baik. Amalan di bulan ramadhan satu ini juga baik untuk perkembangan agama Islam itu sendiri. Sedulur bisa berdakwah dengan melakukan kegiatan sehari-hari dengan memberikan nasihat, seperti waktu sholat, zakat dan ibadah lainnya.

Semoga amalan di bulan ramadhan yang dijelaskan oleh Superapp.id di atas bisa memperkuat keimanan Sedulur agar lebih giat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan tahun ini. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan segala bahan kebutuhan selama ramadhan.

Sedulur bisa mendapatkannya dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menjual segala bahan kebutuhan sehari-hari dengan harga super murah namun kualitas tetap yang terbaik dan terjaga. Sedulur bisa membeli bahan untuk persiapan bulan ramadhan dengan membelinya di Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super. Gunakan Aplikasi Super, agar ibadah puasa Sedulur semakin khidmat dan hidup Sedulur lebih menguntungkan.